Jurusan dan PTN Favorit di SNMPTN 2016

 
Jurusan dan PTN favorit dengan banyak pendaftar SNMPTN 2016 - Yusuf Studi
Jurusan dan PTN favorit dengan banyak pendaftar SNMPTN 2016 - Yusufstudi.com


Yusufstudi.com -  Selamat datang pejuang PTN 2017, masih semangat belajar kan? apa masih menunggu SNMPTN 2017?. Oke jadi, sya akan membahas sedikit jurusan apa saja yang paling diminati di SNMPTN 2016 kemarin Serta universitas yang paling diminati juga. Jurusan adalah salah satu pertimbangan siswa dalam menetukan pilihannya ketika ingin masuk jenjang perguruan tinggi. Banyak alasan yang melatarbelakangi memilih jurusan tersebut antar lain : (1) prospek kerja kedepan (pertanyaan utamanya para camaba), (2) akreditasi jurusan, (3) saingan atau keketatan masuk lewat jalur SNMPTN, (4) alumni, (5) dsb bisa diisi sendiri ya. langsung saja ya jadi ada beberapa jurusan yang banyak peminatnya bahkan melebihi ekspetasi kita sendiri.

 1. Jurusan Manajemen

Manajemen masuk dalam rumpun SOSHUM atau IPS sehingga pendaftar utamnya adalah anak IPS. Akan tetapi, jangan heran yang masuk jurusan ini ternyata banyak anak IPA nya lho.  Tidak tau kenapa kog seperti itu mungkin terkait hal lain ya. Terus untuk prospek kerja jurusan manajemen sangat luas dan hampir seluruh perusahaan kecilpun membutuhkan dan yang masuk ke jurusan ini  biasanya anak-anak yess gitu lah.

 2. Jurusan Akuntansi

Jurusan kedua yang menjadi pilihan banyak siswa adalah akuntansi. Akuntansi lebih didominasi oleh pendaftar anak IPA karena anak sains lebih kental dengan nuansa hitunganya ya. tapi anak IPA jika ingin masuk jalur SNMPTN biasanya agak berat karena prioritas tetap anak IPS yang sudah basicnya akuntansi dari sejak SMA-nya. Dengan adanya kurikulum 2013 yang ada pelajaran lintas jurusan anak IPA bisa memilih akuntansi(ekonomi) sehingga persaingan di seleksi masuk juga besar. Akuntansi sangat bagus prospek kerjanya dan banyak perusahaan besar melirik lulusan jurusan ini apalagi akreditasi jurusan ini di PTN X sangat tinggi dan banyak jalinan hubungan dengan perusahaan pasti mahasiswa yang baru lulus banyak lowongan yang sudah ada dari hubungan itu.

 3. Jurusan PGSD

PDSD  adalah jurusan yang sangat mengejutkan di SNMPTN 2016 karena pada tahun 2015 jurusan ini sepi peminat. PGSD adalah pendidikan guru SD sehingga pada tahun 2015 masih kurang peminat. Karena jumah guru SD menurun atau kurang maka ada spekulasi dari siswa bahwa jurusan ini dibutuhkan banyak kerja di masa yang akan datang dan jumlah pendaftar pasti akan sedikit. Tetapi kenyataan berbalik dengan rencana. Jumlah pendaftar di jurusan sangat membludak misalnya di UNESA. Prospek kerja lulusan PGSD adalah menjadi guru SD yang sekarang masih banyak dibutuhkan karena guru SD harus bisa seluruh mata pelajaran beda dengan guru SMP/SMA yang sudah menjurus. So, daftara aja nanti heheh

 4. Jurusan Pend. Dokter

Pendidikan doketer sudah tau sendiri pasti menjadi pujaan para siswa apalagi yang pakar biologi dan kimia di SMA nya. heheh sebenarnya tidak juga. Alasan yang tepat adalah dokter di Indonesia adalah jurusan yang paling besar prospek kerjanya karena masih banyak tenaga medis yang kurang bahkan di wilayah jwa sendiri lho. So, lumrah lah kalo banyak peminatnya. tahun kemarin 2016 untuk pend. dokter di UNPAD digratiskan oleh pihak universitas jadi pendaftar  di UNPAD sangat banyak bahkan mengalahkan UI dan UNAIR.


Universitas yang banyak peminatnya di SNMPTN 2016 kemarin

Untuk universitas yang banyak pendaftarnya dan menjadi favorot tahun 2016 adalah sebagai berikut (Sumber : Okezone.com)
1. Universitas Padjadjaran (58.937 pendaftar dengan pend. dokter terbanyak )
2. Universitas Brawijaya  (47.452 pendaftar)
3. Universitas Diponegoro (43.634 pendaftar)
4. Universitas Gadjah Mada (43.326 pendaftar)
5. Universitas Sumatera Utara (39.143 pendaftar)
6. Universitas Sebelas Maret (39.017 pendaftar)
7. Universitas Pendidikan Indonesia (38.098 pendaftar)


Dengan mengatahui informasi tersebut diharapakan para siswa dapat memilih jurusan yang tepat dengan kemampuannya. Jangan sampai salah jurusan karena salah jurusan yang rugi adalah kalian sendiri. Jangan hanya bagaiman cara mudah masukknya tetapi bagaimana besok menjalani di jurusan tersebut. 

update berita kami di
fanpage : http://facebook.com/yusufstudi
fb/ig : @yusufabdhul

Tags : jurusan yang bakal banyak peminat di SNMPTN 2017, jurusan dengan peminat terbanyak di SNMPTN 2016, trik masuk SNMPTN mudah dan 100% terbukti. SNMPTN 2017, Prospek kerja jurusan manajemen dokter akuntansi dokter, Universitas dengan peminat pendaftar ternbanyak SNMPTN


Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

6 comments for "Jurusan dan PTN Favorit di SNMPTN 2016"

  1. Comment Author Avatar
    1. Comment Author Avatar
      Harus mas. Misi saya kan memberi informasi
  2. Comment Author Avatar
    Makasih infonya sangat membantu Mas Yusuf Abdul Aziz
    1. Comment Author Avatar
      Iya sama2. Kakk kelas berapa? ikuti kamk di google Plus kak
  3. Comment Author Avatar
    Mas mau nanya, kalau misalnya kita mau kuliah di Univ. A, tapi hanya ada satu alumni saja yang kuliah di Univ. tsb?
    1. Comment Author Avatar
      Ya itu terserah kamu. Alumni gk ada juga boleh daftar kog

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.