Jangan Asal Finalisasi SNMPTN 2018

Yusufstudi.com - SNMPTN 2018 sudah melewati tahap pengisian PDSS dan pemeringkatan. bagi yang lolos pemeringkatan maka akan bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya tetapi bagi yang tidak lolos maka disarankan mendaftar SBMPTN 2018 (jalur tes tulis).


Jangan Asal Finalisasi SNMPTN
Pengisian pendaftaran SNMPTN harus dilakukan secara teliti dan berhati-hati. Kenapa demikian? karena apabila ada data yang salah maka ketika kalian lolos SNMPTN bisa digugurkan karena dianggap curang (manipulasi).

Ketentuan pemilihan  PTN yaitu kalian dapat memilih maksimum 3 program studi, kalian dapat memilih maksimum 2 perguruan tinggi, kalian dapat memilih maksimum 2 program studi untuk tiap perguruan tinggi. Salah satu dari perguruan tinggi yang dipilih harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah Anda (kecuali untuk provinsi Sulawesi Barat dan sekolah RI di luar negeri (karena tidak ada perguruan tinggi untuk provinsi tersebut)

Urutan PTN dan program studi yang kalian pilih menentukan prioritas pilihan. Siswa akan diseleksi dari proritas pertama (PTN pilihan 1 dan program studi pilihan 1) dan ika tidak lolos seleksi, maka siswa akan diseleksi untuk pilihan berikutnya, dan begitu seterusnya.

Ketentuan Upload Foto yaitu foto berisi wajah yang jelas, ukuran foto 4x6 resolusi 400x600pixel, format (.JPG), serta ukuran tidak boleh melebihi 1MB.
yang selanjutnya yaitu pengisian tetetolet wkwk. Ya pengisian pendaftaran yang penting teliti, selanjutnya yaitu pengisian prestasi  dalam pengisian prestasi saranku yaitu pilih 3 terbaik piagam/sertifikat yang juara Saja atau konferensi nasioal/internasioanl  Karena kalau cuma peserta berarti kalian cuma berpartisipasi. Tapi jika tidak punya Tidak masalah dilampirkan. Sertifikat ini tidak berlaku untuk JUARA KELAS. Yang selanjutnya yaitu pengisian Portofolio Bagi yang ada syaratnya. Bisa dilihat di sini teknisnya

Slanjutnya yaitu bagi kalian pendaftar Bidikmisi 2017.
Kalian harus mendapatkan PIN dan KAP dari web bidikmisi setalah selesai mengisi data di bidikmisi. Pilih mendaptkan PIN dan KAP untuk SNMPTN. Setelah itu gunkana PIN dan KAP itu di SNMPTN dan masukkan seperti gambar :




Terakhir, Finalisasi

Ini adalah tahap krusial bila sudah diisi semua, bagi kalian yang telah mengisi semua jangan asal FINALISASI. Apa akibat dari finalisi yang gak mikir-mikir?


Kalian disodorkan dengan pernyataan diatas berart kalian mematuhi semua yang ada. Perhatikan Konfirmasi Siswa poin 1.  Disana telah ada perkataan tidak mengubah lagi berarti konsekuensinya jika ada yang salah atau bagaiman hal itu tidak bisa dirubah kembali. Di panduan juga sudah tertulis jelas :
Jika pendafftaran sudah selesai dilakukan, Anda dapat melakukan finalisasi pendaftaran. Setelah finalisasi, data pendaftaran tidak dapat diubah kembali. Pastikan kembali seluruh data yang diperlukan sudah Anda isikan. Untuk melakukan finalisasi, klik tombol Finalisasi Pendaftara.
Maka dari itu kalian harus HATI-HATI apakah sudah yakin atau belum. Banyak pertanyaan begini.

kak Saya kan jalur bidikmisi, tetapi saya belum memasukkan PIN dan KAP di web Bidikmisi, tetapi SNMPTN saya sudah terlanjur saya FINALISASI, apakah bisa diperbaharui?
Itu pertanyaan yang sering terjadi. Bagi kalian yang daftar Bidikmisi dan jika PIN dan KAP  belum keluar di web bidikmisi maka tunggu beberapa hari, web pasti lemot. Klik aja simpan dan jangan finalisasi. Langsung Logout aja gak apa-apa dan itu tersimpan tetapi belum terfinalisasi. Jika sudah di finalisasi maka pendaftaran sudah tidak bisa diganti lagi.
Jika sudah terlanjur finalisasi ternyata masih bisa upload KAP dan PIN, caranya baca :
Cara Memasukkan PIN dan KAP yang terlanjur Finalisasi 

Baca juga : Kumpulan soal STAN SBMPTN STIS 
                    Tutorial Mengisi Pendaftaran SNMPTN 2018 dengan Benar 
                    Soal Utul UGM 2007-2008
                    Tips memaksimalkan Lolos SNMPTN 2018 
Semoga bermanfaat dan barokah untuk semuanya. . . .
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

249 comments for "Jangan Asal Finalisasi SNMPTN 2018"

  1. Comment Author Avatar
    kak mau tanya kalo pas simpan portofolio terus log out sendiri itu kenapa ya?
  2. Comment Author Avatar
    Kak.. kalo sudah terlanjur pake foto yang kepalanya agak miring gimana???
    Apakah bakal mempengaruhi hasil SNMPTN?
  3. Comment Author Avatar
    kak kalau misalnya aku mau kasi masuk prestasi tapi udh di finalisasi bisa dikasi masuk lagi ga kak ?
  4. Comment Author Avatar
    Kak saya mau nanya kalau kita sudah verifikasi kap dan pin apakah masih bisa merubah data di BM?
  5. Comment Author Avatar
    Kak kl bulan lahir saya salah gmn ya?
  6. Comment Author Avatar
    Kakkk, kalau pada fotonya bermasala, tetapi sudah difinalisasi apakah nanti akan berpengaruh gak kak ? Trus bisa di ganti atau tidak ?
  7. Comment Author Avatar
    kak gimana klo udah finalisasi tp terdapat kesalahan pada portofolio? apakah akan di diskualifikasi juga? kesalahannya karena salah membaca ketentuan portofolio, jd harusnya gambar buah jadi gambar hewan dan saya tidak menyertakan borang dari sekolah, bagaimana ya kak? mohon di jawab yaa
  8. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya , kalau sudah difinalisasi tapi ternyata salah penulisan rt/rw , berpengaruh ga kak? mohon bantuannya
  9. Comment Author Avatar
    Ka mau tanya, kalo salah menuliskan gaji per bulan bagaimana? Berpengaruh tidak?
  10. Comment Author Avatar
    Kak foto itu berpengaruh atau tidak buat snmptn? Gimana cara tiap universitas memilih camabanya? Katanya berdasarkan foto? Sedangkan saya waktu ngisi foto itu tidak terlalu close up dan foto backgroud merah tembok. mohon bantuan ya kak🙏🙏
    1. Comment Author Avatar
      Silahkan baca artikel kami kak yang lain terkait foto yang salah/kurang benar. Semoga menjawab
  11. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya kalo misal salah masukin gaji, harusnya gaji kotor malah saya masukin gaji bersih, gimana itu? Apa tidak akan bermasalah untuk kedepannya? Atau bisa diperbaiki waktu pendaftaran ulang? Mohon bantuannya kak
  12. Comment Author Avatar
    Halo kak. Saya mau tanya dong. Kalo tgl lahir saya salah tapi sudah ke helpdesk nya, kira kira bisa dibenerin gak ya? Terimakasih
  13. Comment Author Avatar
    Kak bila nama di kartu tanda peserta bidikmisi saa kartu peserta snmptn beda gimana kak? Soalnya skolah salah tulis nama.
  14. Comment Author Avatar
    Kak bila nama di kartu tanda peserta bidikmisi saa kartu peserta snmptn beda gimana kak? Soalnya skolah salah tulis nama.
    1. Comment Author Avatar
      Tanyakan ke pihak PTN yang menerimamu nanti ya. Nama kok bisa salah sih kak.
      Jangan diulangi yang repot kamu sedniri kan
  15. Comment Author Avatar
    Kak saya sudah ngefinalisasi tetapi saya belum mengunduh kartu peserta terus pas mau ngunduh ternyata udahh telat waktunya apakah itu termasuk gagal?
  16. Comment Author Avatar
    Kak , cara membatalkan pendaftaran snmptn gimana ya? Bisa tidak? Karena suatu kendala mendesak.
  17. Comment Author Avatar
    Ka kalo salah ngisi pekerjaan ortu gmna ya ka. Malah sudah difinalisasi
  18. Comment Author Avatar
    Ka mau nanya. Saya salah ngisi alamat di google maps harusnya kan saya ditegal tapi di gmaps saya ngisinya semarang. Dan udah terlanjur difinalisasi gimana dong? Mohon bantuannya ya ka
  19. Comment Author Avatar
    kak gimana ni kalau salah nisn beda dengan sd sama sma gimana tuh kak 29terahir please jawab
  20. Comment Author Avatar
    Kak saya salah masukkan NIK yg saya masukkan nomor NIK bukan nik saya, jadi gimana kak
  21. Comment Author Avatar
    Kak saya salah masukkan yg saya masukkan Nomor KK bukan NIK . Apa bisa diubah ?
    Tapi sudah terfinalisasi
  22. Comment Author Avatar
    ka kalo saya mengisi biaya pendidikan up sekolah dan spp 0 karena memang tidak bayar akan bermasalah apa tidak? karena saya sudah finalisasi data. kalaupun salah apakah bisa diperbaiki? terimakasih
  23. Comment Author Avatar
    Kak, saya udah coba alhamdulillah bisa kak, makasih infonya kak
  24. Comment Author Avatar
    Kaka sya ubh ppt sya pas udh di ubh sya slh pijit langsung difinalisasi tapi pas sya lht ulng ppt yang sya ubah kosong kah hnya video aj yang ad jdi berpengaruh pa tdk kak?
  25. Comment Author Avatar
    Kak kalo udah finalisasi pendaftaran trus baru nyadar klo tmpt tgl lahir salah itu gmn ?
  26. Comment Author Avatar
    Kak kalo udah finalisasi pendaftaran trus baru nyadar klo tempat tanggal lahirnya salah gimana?
  27. Comment Author Avatar
    kak mau tanya kalau sudah difinalisasi tapi lupa belum menginput verifikasi bidikmisi apakah bisa me login ulang? mohon bantuannya kak
  28. Comment Author Avatar
    Kak,kalau keterangan nya belum di finalisasi,itu gimana cara buat merubah data yg ada ? Kemarin belum selesai ngisi data hp nya langsung tekembali,pas di buka lagi,masuk,keterangannya belum difinalisasi. Itu gimana ya kak ?
  29. Comment Author Avatar
    Kak saya mau tanya, saya sudah selesai isi pendaftatan terus saya fikir nunggu pagi sampai saya finalisasikan data tersebut. Tapi pagi ini pendaftaran yang akan saya finalisasikan tidak bisa. Setiap masuk/Login terus klik lihat pendataran tapi malah balik lagi ke dinding awal login.
    Bagaimana ya ?
  30. Comment Author Avatar
    Kak saya mau tanya, saya sudah selesai isi pendaftatan terus saya fikir nunggu pagi sampai saya finalisasikan data tersebut. Tapi pagi ini pendaftaran yang akan saya finalisasikan tidak bisa. Setiap masuk/Login terus klik lihat pendataran tapi malah balik lagi ke dinding awal login.
    Bagaimana ya ?
  31. Comment Author Avatar
    Kak punya saya terlanjur finalisasi sebelum masukin PIN dan KAP,setelah saya coba ikutin seause yg kak bilang,tertulis anda tidak terdaftar penerima Bidikmisi
  32. Comment Author Avatar
    Kak saya verifikasi Bidikmisi di SNMPTN yg sudah finalisasi ,malah tertulis anda tidak terdaftar sebagai penerima Bidikmisi
  33. Comment Author Avatar
    kak saya mau tanya kak...
    saya kan udah lama finalisasi tapi tiba2 pas bukak lagi, dibilang fotonya belum mencukupi kriteria close up kak.., katanya hubungi pihak sekolah,kak.. tapi udah jelas selesai difinalisasinya kak..
    dimana ya kak solusinya?
  34. Comment Author Avatar
    kak saya mau tanya kak...
    saya kan udah lama finalisasi tapi tiba2 pas bukak lagi, dibilang fotonya belum mencukupi kriteria close up kak.., katanya hubungi pihak sekolah,kak.. tapi udah jelas selesai difinalisasinya kak..
    dimana ya kak solusinya?
  35. Comment Author Avatar
    ka saya mau nanya...
    foto saya sudah difinalisasi dan sya sudah unduh kartu pesertanya. masalahnya, foto saya jdi lain ka. ngga ada mukanya. kaya error gitu. tapi berwarna ko. kira kira bisa ngga di ganti?
  36. Comment Author Avatar
    Bang mau nanya soal lupa password utbk udah ketik lupa password tapi waktu ngebuka lupa lagi malahan yang muncul pencarian saja,kalo boleh tau bang bagaimana solusi dan cara nya

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.