Saran Jurusan Yang Cocok Bagi Pencinta Kimia

Artikel ini membahas tentang jurusan yang cocok untuk siswa yang suka atau cinta dengan mata pelajaran Kimia.

Yusufstudi.com - Kimia merupakan pelajaran yang menurut mimin sih mudah dipahami dan juga paling mudah dibayangkan karena simpel aja. Nah, buat kalian yang suka dengan kimia, terutama nih yang bakat banget untuk mengerjakan soal reaksi kimia (stoikiometri), senyawa anorganik, dan senyawa organik. Bisa pilih jurusan berikut ya.




Teknik Kimia

Teknik biasanya terkenal dengan matematika dan fisikanya tetapi pada teknik kimia harus menguasai ketiganya. Teknik kimia adalah ilmu rekayasa untuk menghasilkan produk yang berlandaskan ilmu kimia. Pekerjaan yang menjadi rujukan yaitu HRD, Teknik pemrosesan tanaman, menejemen, dan teknisi kimia.

Kimia Murni

Kimia murni yaitu ilmu yang mempelajari dasar kimia. Jadi perbedaan kimia teknik fan murni yaitu pada tujuan akhir dan rekayasanya. Kimia murni lebih ke detilnya kimia (analis/ilmuan) sehingga mempeljari isomer, atom, dsb sampai detailnya. Banyak prospek kerja yang bisa diambil yaitu asisten lab, kimia farma, les privat, ilmuan, dsb.

Farmasi

Farmasi adalah ilmu yang bersangkutan dengan kesehatan. Pasti yang terlintas dibenak kalian yaitu berhubungan dengan obat-obatan kan? aku juga gitu sebelumnya dan ternyata benar. Jadi, farmasi terkait obat dan bagaimana cara membuat obat yang bermanfaat untuk orang lain. 

Di farmasi tidak hanya diajari tentang obat saja, disana juga diajari seperti kedokteran seperti histologi fisiologi, faal, dsb. Untuk urusan kerja jangan tanya lagi deh ya. Kalian bisa kerja sebagai apoteker, pembuat obat, bahkan pabrik kosmetik lho

Cocok buat para cewe nih bisa buat kosmetik sendiri kan irit dan juga skin care ya.

Ilmu Gizi

Ilmu gizi juga berhubungan dengan kesehatan. Intinya ilmu gizi itu berkaitan bagaimana makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak terjadi kesalahan sehingga terjadi kekurangan gizi. Mata kuliah yang dipelajari terkait kimia, biologi, dan sosial seseorang. pekerjaan yang aku saranin yaitu BPOM sih dan enak banget punya cewe anak gizi kan kita bisa sehat terus. Hehe.

Teknik Pangan

Teknik pangan ada dibeberapa univ misalnya UGM, IPB, dsb. Teknik pangan mempelajari tentan g sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan. Disana diajari bagaimana membuat yogurt, keju, roti, dsb. Pokonya praktikumnya masak-masak. Hihi. Ada spesialisasi di teknik pangan misal kalian pengen bakteri atau jamur atupun yang lain nanti di semster 3-4.

Kerja? Bukak usaha lah gunakan skill untuk usaha dong. Bagi yang pengen pns bisa ke BPOM.

Agroindustri/Teknologi Industri Pertanian

Agroindusri/TIP biasa sangat erat kaitannya dengan teknik pangan dan teknik Industri. Dalam kuliahnya ada sentuhan manajemen dan ekonomi pada industri dan perusahaan serta sentuhan kimia dari teknik pangan berisi mata pelajaran kimia, biologi, mikrobiologi, dll

Kerja ? lebih luas lagi dong bisa masuk dimana saja.

Sekian dulu dari aku cuma itu saja yang saya ketahui semoga bermnafaat yaa. See ya jangan lupa kritik dan komentarnya. Jika masih bingung tinggal komentar maka akan dijawab 1-2 jam paling lama kok.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

2 comments for "Saran Jurusan Yang Cocok Bagi Pencinta Kimia"

  1. Comment Author Avatar
    Salam...
    kok teknologi industri pertanian bisa masuk ke mana aja ?
    emang contoh nya yang udah banyak dimasukin sama lulusan teknologi industri pertanian apa aja ya ?
    Terimakasih...
    1. Comment Author Avatar
      Banyak dong. Bisa masuk di pemasaran, manajemen risiko perusahaan, RnD, QA, QC product, manajemen keuangan, ritel, distributor, supply chain, dll.

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.