Pendaftaran Jalur PBUTM UGM 2017/2018

Yusufstudi.com - selamat datang para pejuang perguruan tinggi. Bagaimana sudah menentukan tujuan kesalah satu universitas? hehe jika kalian ingin masuk ke salah satu universitas maka updatelah informasi di laman resmi universitas tersebut ya. Kali ini aku akan bahas salah salah satu jalur masuk ke UGM tahun ajaran 2017/2018 ini yaitu PBUTM. Informasi ini berdasrkan informasi resmi dari UGM melalui website: http://um.ugm.ac.id  Apa sih PBUTM itu ?

Jalur masuk ugm (um.ugm.ac.id)


Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) 2017 adalah Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi (pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya). Peserta memperoleh beasiswa biaya pendidikan selama 8 semester dari UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.
Begitulah pengertian umum PBUTM ini jadi maksudnya adalah jalur masuk yang diperuntukan untuk siswa yang kurang mampu dan mempunyai prestasi ya. Sehingga buat kalian yang mampu ya jangan daftar kasih kesempatan ke siswa yang benar-benar mampu ya. Terus apa syarat umum dan khususnya mendaftar PBUTM UGM 2017 ini ? langsung saja

Syarat mendaftar jalur PBUTM UGM 2017 

Syarat Umum
  1. Lulusan SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri tahun 2017.
  2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4 (empat).
  3. Peserta jalur prestasi diusulkan oleh sekolah dan termasuk 25% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi. Dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk setiap calon pendaftar.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya

Syarat Khusus
  1. Siswa dengan kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
  2. Pendaftar mengunggah hasil scan dokumen:
    1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
    2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 25% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
    3. Bukti prestasi terbaik di jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada).
    4. Kartu Keluarga (C1).
    5. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali. Untuk pegawai negeri atau swasta, surat keterangan penghasilan disahkan oleh Bendaharawan Gaji Pegawai. Khusus pekerja sektor informal/wiraswata surat keterangan penghasilan disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama enam bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali.
    6. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).
    7. Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, dan pembayaran PBB (bila ada untuk tiga bulan terakhir). Apabila listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.

Persyaratan diatas harus dipenuhi sebagai syarat mendaftar. *Perhatikan kalimat yang di dicetak tebal jangan sampai salah. 

Jadwal pelaksanaan

Pendaftaran Online
Pendaftaran Online
Pembayaran Biaya Pendaftarane
Pengumuman Lolos Berkas
Cetak Kartu Tes
Tes Tertulis
Pengumuman
23 Maret - 4 April 2017
23 Maret - 6 April 2017
11 April 2017
11 April 2017
22 April 2017
9 Mei 2017
Tahapan seleksi PBUTM:
  1. Seleksi administratif;
  2. Tes tertulis (bagi yang lolos seleksi administratif).
Materi tes tertulis PBUTM:
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU)
Tempat tes tertulis PBUTM: Tes tertulis diselenggarakan di Yogyakarta.


Prosedur mendaftar PBUTM 2017 :
  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUTM berhak untuk memilih 2 (dua) Program Studi pilihan, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 25.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BSM, BNI, BRI atau BTN dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini .
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas, sesuai jadwal yang ditentukan.
  6. Dari hasil seleksi berkas:
    1. Peserta yang tidak lolos seleksi berkas tidak dapat mengikuti seleksi tahap berikutnya.
    2. Peserta yang lolos seleksi berkas dapat mengikuti seleksi tahap berikutnya dengan mengunduh/mencetak kartu ujian peserta sesuai jadwal yang ditentukan.
Catatan Penting : cek ulang sebelum mengunci data karena data yang telah dikunci tidak dapat diperbaiki dan data pengusulan yang benar tidak akan diproses.

Kelengkapan
Kelengkapan ini adalah kelengkapan atau berkas yang di-upload saat pendaftaran. Antara lain:

Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen berwarna dan harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar secara online.
No Dokumen yang diunggah Format
1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru. *.jpg
2. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima).
  2. bagi siswa SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh).
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
*.pdf
3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. (unduh format surat) *.pdf
4. Piagam Kejuaraan/Sertifikat terbaik yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada). *.pdf
5. Kartu Keluarga (C1). *.pdf
6. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan oleh camat bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji bagi karyawan institusi. *.pdf
7. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu). *.pdf
8. Foto rumah tampak depan. *.pdf
9. Foto tempat belajar. *.pdf
10. Foto bersama anggota keluarga. *.pdf
11. Tagihan listrik (3 bulan terakhir) dan bukti pembayaran PBB. *.pdf
12 Tagihan air dan tagihan internet (3 bulan terakhir; jika ada). *.pdf 
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

3 comments for "Pendaftaran Jalur PBUTM UGM 2017/2018"

  1. Comment Author Avatar
    Itu syaratnya kan ada foto kluarga, sedangkan saya merantau ke jakarta,gimana solusinya
    Terimakasih?
  2. Comment Author Avatar
    Itu syaratnya kan ada foto kluarga, sedangkan saya merantau ke jakarta,gimana solusinya
    Terimakasih?
  3. Comment Author Avatar
    Cara pengisian nilainya bagaimana
    Terimakasih

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.