Khusus Pelamar Bidikmisi, Daftar SBMPTN atau Bidikmisi Dahulu?

Yusufstudi.com - Pendaftaran SNMPTN sudah berakhir dan tinggal menunggu pengumuman saja nant. Nah bagi yang tidak lolos SNMPTN silahkan daftar SBMPTN 2018 karena ini adalah jalur yang diadakan oleh kemristekdikti dan dilaksanakan serentak.

Apasih SBMPTN itu kak? Sedikti copas dari webnya ya 
SBMPTN 2018 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC atau UTBK, atau kombinasi hasil ujian tulis dan/atau ujian keterampilan

Maksudnya apa? mudahnya yaitu seleksi masuk perguruan tinggi Negeri yang menggunakan nilai tes. Jadi, di SBMPTN itu kalian gak kayak SNMPTN yang menggunakan nilai rapor ya. Akan tetapi menggunakan nilai tes serentak yang nanti akan dilakukan. Jadwalnya sebagai berikut  :



daftar Bidikmisi atau SBMPTN dahulu


  1. Pendaftaran Online SBMPTN UTBC dibuka mulai tanggal 5 April 2018 sampai dengan tanggal 27 April 2018.
  2. Pendaftaran Online SBMPTN UTBK dibuka mulai tanggal 18 April 2018 sampai dengan tanggal 27 April 2018.
  3. Ujian tertulis (UTBC dan UTBK) dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018.
  4. Ujian Keterampilan (bagi peserta yang memilih program studi tertentu) dilaksanakan pada tanggal 9 dan/atau 11 Mei 2018

 Keterangan : UTBC = Ujian berbasis Cetak/Kertas/PBT
                       UTBK= Ujian Berbasis Komputer/CBT

Nah, aku gk bahas panjang lebar tentang sbm kalian bisa baca di www.sbmptn.ac.id ya. Silahakn gunakan gadget kalian untuk kebaikan diri kalian sendiri.

Kali ini aku akan bahas buat khusus pelamar Bidikmisi yang mengikuti SBMPTN 2018. Sebenarnya bagaimana sih buat pelamar Bidikmisi?

Bagi pelamar bidikmisi yang ingin daftar SBMPTN maka biayanya Gratis ya
Nah, bagaimana alur pendaftarannya. Karena belum keluar alurnya maka akan kami berikan berdasrkan tahun-tahun lalu dan biasanya sama setiap tahunnya

Pertama, kalian harus mempunyai akaun Bidikmisi dahulu. JIka belum mempunyai silhakan minta sekolah untuk merekomendasikan kalian sebagai pendaftar bidikmisi.

catatan: Bidikmisi hanya untuk siswa dari keluarga yang kurang mampu dalam ekonomi ya. Buat yang sudah cukup dan lebih dilarang keras dan dosa hukumnya untuk daftar Bidikmisi

Kedua, silahakn login menggunakan kode akses serta PIN yang diberikan oleh BK ke kalian. Setelah itu isi semua data dan berkas yang diminta. Buat kalian yang udah memiliki akun bidikmisi dan sudah diisi lanjut saja baca langkah ketiga.

Ketiga, silahakn klik "Dapatkan PIN dan KAP untuk SBMPTN", nah pin dan kap ini yang nantinya akan digunakan untuk menftar sbmptn dan gratis (tidak dikenakan biaya pendafttaran Rp200.000,00)

Keempat, silahakn masuk ke halaman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/ dan nanti akan dihadapakan pada pilihan mendaftar sebagai "pendafftar bidikmisi atau reguler" klik Pendaftar Bidikmisi, kemudian akan suruh memasukkan nama, alamat, NISN (jangan sampai salah lagi ya). setelah itu silahakn klik lanjutkan dan masukkan PIN dan KAP yang kalian dapatkan tadi ya.

kelima, lanjutkan pendaftaran dan isi semua data yang dibutuhkan.

Catatan besar : JANGAN SAMPAI SALAH ISI NAMA, NIS, NISN, ALAMAT, dsb. yang rugi kalian sendiri. 

 Mungkin itu dulu dari kami, setelah penduan keluar maka kan segera juga diperbaharui artikel ini. Pada intinya :
BIDIKMISI DAHULU BARU DAFTAR SBMPTN 2018

Sekian dan sukses
(yaa/ys)
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

3 comments for "Khusus Pelamar Bidikmisi, Daftar SBMPTN atau Bidikmisi Dahulu?"

  1. Comment Author Avatar
    Bagi pendaftar bidikmisi sbmptn bisa milih kampus uin gak?
  2. Comment Author Avatar
    Bagi pendaftar bidikmisi sbmptn bisa milih kampus uin gak?

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.