SBMPTN 2019 Berubah! Ini Rangkuman Aturan Barunya



Yusuf Studi (Yogyakarta) - Siswa SMA/SMK/MA sederajat sedang memasuki semester pertama kelas 12. Hal ini sebentar lagi akan memasuki masa pendaftaran masuk perguruan tinggi Negeri.
Ada 3 jalur masuk PTN yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Kita fokus sesuai judulnya yaitu membahas tentang bagaimana sih aturan SBMTPTN 2019? Apakah masih sama?

 Berdasarkan keterangan dari Ketua SBMPTN sekaligus rektor UNS Bapak Ravik Karsidi dilansir dari nasional.tempo.co, mengatakan bahwa SBMPTN 2019 tidak memakai Ujian berbasis Cetak dan Android seperti tahun sebelumnya.
Aturan main untuk SBMPTN 2019 berubah. Pertama, 2 metode diatas UTBC dan Android diganti menjadi UTBK (Ujian Berbasi Komputer). Perhatikan 5 hal berikut supaya tidak bingung.

1. Pelaksanaan. 
Pelaksanaan tes UTBK ini akan dilaksanakan sekitar 24 hari mulai maret hingga mei pada hari Sabtu dan Minggu saja. Selain itu, siswa pendaftar bisa menentukan sendiri kapan dan dimana tempatnya supaya tidak menumpuk pada satu kota saja.

2. Kesempatan Ujian 
Kesempatan setiap siswa untuk tes adalah 2 kali. Dengan begitu siswa dapat memilih nilai mana yang digunakan untuk daftar PTN dengan memilih nilai tertinggi dari 2 percobaan.

3. Pengumuman Hasil 
Hasil tes UTBK akan terbit setelah 10-15 hari. Sistem ini seperti pada tes TOEFL, dimana setelah tes akan ada report ke siswa terkait nilai dan masing-masing bagian berapa nilainya.

4. Jenis Tes 
Tes yang akan dijalani adalah tes TPA (Potensial Akademik) dan kemampuan komprehensif dan diberi waktu sekittar 2,5-3 jam.

5. Lolos PTN 
Nilai bukanlah penentu utama lolos PTN, karena dibandingkan dengan pendaftar lain dan rata-rata para pesaing. Saat tes belum memilih jurusan. Pemilihan jurusan setelah tau nilainya dan siswa baru memilih jurusan sesuai dengan minat dan pertimbanga nilai yang didapatkan

Jika ada yang ditanyakan bisa komentar atau hubungi kontak

Sumber : nasional.tempo.co
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

2 comments for "SBMPTN 2019 Berubah! Ini Rangkuman Aturan Barunya"

  1. Comment Author Avatar
    Saya pernah baca katanya juga ada TPS (Tes Potensi Skolastik), itu benerkah?
    Dan TPS itu maksudnya gimana?
    Mohon Penjelasannya🙏

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.