Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Siswa di SNMPTN

Yusufstudi.com - Halo semuanya temen-temen, sebelumnya saya sudah menulis tentang SNMPTN dan SBMPTN 2019 yang aturannya berubah daripada tahun lalu. Sedangka untuk SNMPTN masih sama sih seperti tahun lalu secara teknis dan mekanismenya.

Nah ada beberapa tahapan dalam pendaftaran SNMPTN apabila diacu pada tahun 2018 lalu.

Pertama, pendaftaran semua siswa sekolah ke PDSS oleh pihak sekolah
Kedua, memasukkan nilai siswa (rapor semester 1-5) ke dalam PDSS
Ketiga, perangkingan siapa saja yang boleh lanjut daftar SNMPTN (Akreditasi A 40% dari siswa yang didaftarkan)
Keempat, peserta yang lolos perangkingan melajutkan pendaftaran untuk mengisi prestasi, data diri, dan memilih PTN dan jurusan yang diinginkan

Kira-kira seperti itulah secara singkat proses pendaftarannya. Jika ada yang ditanyakan silahkan langsung komenter dibawah ya.

Nah sebenarnya apa ajasih yang mempengaruhi siswa bisa Lolos SNMPTN atau tidak?

Ada banyak hal sih sebenarnya yang mempenaruhi hal tersebut.

Pertama, Kualifikasi dari Siswa. Maksudnya apa nih ? maksdunya adalah yang dinilai dari siswanya sendiri ada beberapa hal yang terkait dengan prestasi siswa. Prestasi ini bisa dilihat dari

a. Nilai Rapor.
Nilai rapor yang dimasukkan adalah nilai semester 1-5 semua mata elajaran (untuk PDSS) yang hal ini menentukan lolos tidaknya saringan dari sekolah (pemeringkatan sekolah :Cara Perankingan SNMPTN 2018!  ). Kemudian jika sudah lolos pemeringkatan maka akan bersaing se-Indonesia nih.
 
b. Prestasi Akademik/non Akademik
Prestasi ini bisa berupa prestasi kejuaraan yang didapatkan, misalnya juara OSN, O2SN, LKTI, Lomba Pencak silat, dsb. Dan yang digunaan yang bersertifikat juara saja ya. Untuk non akademik bisa berupa keorganisasian, misalnya ketua MPK, OSIS, dsb.
Kedua, Nilai Dari Sekolah. Banyak hal yang mempengaruhi dari nilai sekolah. Antara lain sebagai berikut.

a. Akreditasi sekolah (A, B, C, dan Belum terakreditas). Akreditasi sekolah menentukan banyaknya yang boleh daftar ke SNMPTN. Jadi semuanya berpeluang bisa lolos SNMPTN ya. Nilai A, B, dan C dalam akreditasi memiliki nilai pastinya (rentang 1-100) jadi bisa ditanyakan saja ke BK/sekolah jika ingin mengetahui

b. Alumni. Alumni berkaitan dengan nilai IPK dari alumni yang masuk ke PTN tersebut dan banyaknya yang masuk ke PTN tersebut. Jadi, kalo ingin besar peluangnya cari PTN dimana alumninya banyak ya.
c. Banyaknya siswa yang lolos SNMPTN tahun lalu

d. Nilai SBMPTN tahun lalu di PTN tersebut

e. Track record perlombaan sekolah di tingkat nasional ataupun internasional.

Ketiga, adalah terkait dengan wilayah PTN yang dituju. Wilayah ini biasanya lebih dikenal dengan "anak daerah" yang lebih diutamakan terlebih dahulu dengan kuota tertentu. Nah ini tergantung dari masing-masing PTN. 
Dalam prakteknya, biasanya sih kalau kalian daftar kuliah di ITS Surabaya kebanyakan mahasiswa disana ya yang berasal dari jawa timur. Bisa juga misalnya di UGM kebanyakan juga yang kuliah disana sekitar Yogyakarta-Jawa Tengah. Jadi untuk SNMPTN lebih seperti itu (dari yang dilihat).

Oleh karena itu, jika ingin mekasimalkan pilihlah PTN yang sedaerah dengan asal SMA kalian ya. Apabila kurang yakin dan pilihannya di luar asal daerah tetap ada peluang tetapi ya tergantung penilaian yang lainnya (poin 1 dan 2). 

Apalagi tahun ini kuota SNMPTN hanya 20%. Jadi silahkan fokus juga untuk SBMPTN yang metodenya sangat berbeda dengan tahun lalu lho. APa sih bedanya ? silahkan baca aja penjelasannya di  Aturan Baru SNMPTN dan SBMPTN 2019 (Akreditasi Sekolah dan Sistem Pelaksanaan)

Jika ada yang ditanyakan silahkan komentar dibawah ya!
(yaa/ys) 

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Siswa di SNMPTN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel