UTBK 2020 yang Kedua itu Rugi! Suer Pahami


Artikel ini akan membahas tentang seluk beluk UTBK kedua (gelombang 2)

UTBK 2020 akan berlangsung sebanyak 2 (dua) kali, apakah ini menguntungkan atau merugikan? 

Setelah pendaftaran SNMPTN 2020 oleh calon lulusan SMA/SMK sederajad telah usai dilakukan dan sekarang sedang menunggu proses seleksi serta pengumuman. Ternyata, pengumuman SNMPTN 2020 juga diundur menjadi tanggal 8 April 2020 yang semula 4 April.

Seleksi yang akan berlangsung setelah SNMPTN ini dan menjadi yang terbesar adalah SBMPTN dimana seleksinya menggunakan nilai dari tes UTBK kalian. Kemudian, terkait dengan UTBK akhirnya muncul pers rilis Nomor : 07/sipers/ ltmpt/III/2020 yang isinya dapat dilihat pada gambar berikut ini ya. 


UTBK 2020 dilaksanakan 2 Kali - Sumber : ltmpt.ac.id

Yang menjadi pertanyaan banyak siswa dan guru adalah sebagai berikut ini.
Sebenarnya UTBK 2020 dilaksanakan itu menguntungkan atau merugikan sih, sedangkan pengumuman hasil tes UTBK-nya saja dilakukan bersama? Nyari duit aja?

Oke, kita akan ulas apakah UTBK 2020 kedua ini penting dan menguntungkan atau merugikan bagi siswa? 

Beberapa Alasan Mengapa Menguntungkan
Kita mulai dulu sesuatu dengan kebaikan ya, jadi bahas yang menguntungkan dulu hehe.

1. Penting itu pasti.

Mengapa UTBK ke-2 itu penting? yaps. Tujuannya diadakan dua kali adalah supaya bagi siswa yang "merasa" belum mencapai nilai maksimal yang diharapkan bisa mengulang UTBK kedua suapaya harapannya mendapatkan nilai yang tinggi daripad UTBK pertama.

Loh, bagaimana kita tau nilai yang pertama sedangkan pengumuman hasil saja bersamaan? yaps. Ingat! yang "MERASA" belum maksimal bisa mengulang lagi siapa tau nilainya tinggi.

2.  Sudah Siap Tes

Keuntungan kedua adalah siswa sudah siap untuk melakukan tes UTBK kedua karena sudah mengetahui tipe-tipe soal UTBK pertama. Selain itu, mental kalian pasti akan lebih terlatih, tenang, dan bisa mengerjakan dengan baik.

3. Ekonomi
Ini hanya pendapat pribadi saja sih, dimana ada kebutuhan akan suatu barang (ujian UTBK misalnya) yang tinggi maka disitu ada peluang untuk mendapatkan keuntungan. Bukan menyalah-nyalahkan pemerintah atau bagaimana ya ini, saya tegaskan lo!. 

Bayangkan saja biaya Rp200.000,- untuk sekali tes dan kalau ujian UTBK dua kali ya berarti siswa harus mengeluarkan biaya Rp400.000,-. Oke, memang itu bakal buat biaya pengadaan soal, pengadaan database, penyiapan sever, dll. Semoga saja tidak down.

4. Dah itu aja.

Kemudian Bahas Beberapa Alasan Mengapa UTBK Kedua Merugikan
Baru ya disini bakal dibahas kerugian (ini menurut asumsiku sendiri).

1. Jadwal Pengumuman Hasil

Nah, jika dilihat dari jadwal yang diberikan oleh panitia untuk pelaksanaan Tes UTBK pertama adalah tanggal 20-26 April 2020 serta UTBK kedua 1-3 Mei 2020. Tidak masalah ya, hehe. Nah yang membingungkan adalah mengapa pengumuman hasil UTBK-1 dan UTBK-2 itu barengan, yaitu tanggal 12 Mei 2020?
Ini akan merugikan buat kalian yang sudah MERASA nilainya tinggi untuk mengikuti UTBK-2 karena belum tentu UTBK-2 kalian akan lebih baik nilainya.
Jadi, dapat digarisbawahi bahwa UTBK kedua ini seperti nanggung karena kita tidak tau nilai UTBK-1 kita berapa untuk menjadi acuan mau ambil UTBK-2 atau tidak. Alhasil semua hanya "kira-kira dan asumsi". Siapa tau ilmu penerwangan nilai laris manis disini, hehe.

2. Biaya 2 Kali Bagi Reguler dan Pelamar KIP Kuliah Harus Bayar

Pertama, buat kalian yang mendaftar UTBK lewat reguler (karena memang mampu) maka kalian akan membayar 400.000,- jika ikut UTBK-1 dan UTBK-2. Ingat! kalian belum tau nilai UTBK-1 kalian lo ya buat ikut UTBK-2.

Kedua, buat kalian yang pelamar KIP Kuliah (karena dari keluarga yang kurang mampu), biaya gratis tes UTBK hanya pada UTBK-1. Jadi gimana dan gimana harus bagus nilainya ya. Kalau "merasa" tidak bagus nilainya ya silakan bisa ikut UTBK-2 dengan biaya Rp200.000,- ya.

3. Tidak Bisa Pindah Kelompok Ujian

Masalah yang krusial adalah sejak awal kalian harus sudah memutuskan pilihan jurusan yang akan kalian ambil ya. Apakah jurusan-jursan yang kalian pilih nanti semuanya masuk kelompok SAINTEK, SOSHUM, atau ada 1 Sainten dan 1 soshum?

Karena, ini menentukan kelompok Ujian kalian nanti apakah ujian saintek, soshum, ataupun campuran. Sayangnya, untuk UBTK-2 kelompok ujian harus sama tidak bisa ganti (baca poin 5 siaran pers) jadi yang UTBK Pertama Saintek ya UTBK-2 harus saintek juga.

4. Nilai UTBK-2 Biasanya Lebih Jelek

Sebelumnya silakan pahami prinsip penilaian dengan Item response theory yang digunakan untuk penilaian UTBK 2020 nanti ya pada Mengenal Penialan dengan IRT UTBK 2020

Intinya pada UTBK Pertama adalah :
Nilai UTBK-1 tinggi karena biasanya banyak siswa yang belum siap untuk mengerjakan soal-soal sehingga banyak yang Salah dan Kosong, akibatnya nilai butir-butir soal tersebut menjadi TINGGI. Semakin banyak yang tidak bisa soal tersebut nilai (poin) soal tersebut bakal tinggi.
Sedangkan pada UTBK Kedua:
Nilai UTBK-2 lebih rendah daripada pertama, karena pada UTBK-2 siswa lebih siap baik ilmu maupun mental karena sudah mengetahui tipe-tipe soal yang keluar di UTBK-1. Akibanya, banyak yang bisa mengerjakan dan yang salah/kosong sedikit yang mengakibatkan nilai menjadi RENDAH. Semakin Banyak yang BISA mengerjakan dengan benar soal tersebut maka nilai (poin) soal tersebut bakal RENDAH (kecil)
Kesimpulannya adalah, akumulasi (total) nilai untuk UTBK-1 akan tinggi walaupun hanya bisa mengerjakan soal sedikit karena nilai per soalnya tinggi (akibat banyak yang tidak bisa mengerjakan/salah dan soal tersebut akan dianggap level sulit).

Sedangkan UTBK-2 total nilai akan rendah karena sudah pada pinter sehingga nilai per soalnya menjadi rendah/kecil (akibat banyak yang benar mengerjakan soal tersebut dan soal akan dianggap level mudah)

Ini hanya pendapat saya dengan beberapa perhitungan diatas ya, jika tidak sesuai dengan kalian apalagi buat yang kemarin UTBK-2 nilainya lebih tinggi ya Alhamdulillah. Apalagi yang saya garis bawahi disini adalah jadwal pengumuman hasil UTBK 1 dan 2 bebarengan. Kalau yang tahun 2019 pengumuman hasil UTBK 10 hari setelah tes dilakukan sehingga bisa evaluasi diri sebelum UTBK-2 nya dari UTBK 1.  oke?
| Sumber foto : blog.bias-pare.com
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

No comments for "UTBK 2020 yang Kedua itu Rugi! Suer Pahami"