QnA Tentang Masalah KIP Kuliah 2021

 Artikel ini akan membahas lebih jelas dan lengkap tentang tanya-jawab masalah KIP Kuliah yang masih banyak dipikiran para peserta dan para calon mahasiswa.

Sebelum kita jauh-jauh, kita harus mulai dahulu dari pengertian apa itu sebenanrnya KIP Kuliah? dan mengapa KIP Kuliah bukan masuk dalam beasiswa tetapi dikatakan bantuan?

1. Pengertian KIP Kuliah

Jadi, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi serta ingin melajutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik D3, D4 ataupun S1.

2. Apakah KIP Kuliah hanya untuk yang berprestasi?

Prioritas utama KIP kuliah adalah bagi mereka yang berasal dari keluarga yang memiiki keterbatasan ekonomi yang rendah dan ingin kuliah. Poin kedua, yaitu mereka yang memiliki potensi akademik yang baik.

Jadi, dengan adanya bantuan ini, peserta didik dari keluarga kurang mampu juga memiliki hak yang sama di perguruan tinggi dan dapat meringankan masalah biaya kuliah, sehingga peserta didik nantinya bisa fokus kuliah dan dapat berprestasi selama kuliah ya.

3. Kelebihan KIP Kuliah

Dilansir dari website resmi KIP Kuliah Kemendikbud, ini beberapa kunggulan KIP Kuliah.

  1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa). 
  2. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi 
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. 
  4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kekompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi 
  5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

4. Apakah sama KIP Kuliah dan Bidikmisi?

Sama saja dan hanya berganti nama serta cakupan/jumlah lebih banyak daripada bidikmisi. Jadi, Bidikmisi yaitu diberikan kepada mereka yang sudah terdaftar sebelum tahun 2020. Sedangkan yang mulai tahun 2020, mereka bukan lagi dinamakan penerima bidikmisi, tetapi penerima KIP Kuliah.

Bagi yang sudah dapat bidikmisi, tidak perlu mendaftar lagi KIP Kuliah dan bidikmisi berlaku sampai kalian lulus nanti (jika tidak ada hal yang dilanggar oleh peserta bidikmisi).

5. Syarat KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2020 adalah sebagai berikut: 

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid; 
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP
  4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera (KKS)
  5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

6. Bagaimana jika siswa tidak mempunyai Kartu Indonesia Pintar ?

Tetap bisa mendaftar dengan syarat keluarga memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) - silakan baca poin 5 diatas ya.

7. Apakah siswa yang sudah memiliki KIP Pelajar juga harus mendaftar KIP Kuliah nanti 2021? apakah sudah otomatis terdaftar?

Siswa yang telah memiliki KIP Pelajar (PIP) HARUS MENDAFTAR AKUN KIP KULIAH nanti tahun 2021 secara mandiri di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ (bukan sekarang, karena masih tahun 2020).

8. Bagaimana Cara Mendaftar dan Mengisi KIP Kuliah ?

Silakan kalian baca secara lengkap pada : Cara, prosedur, dan berkas apa saja yang diperlukan untuk mendaftar KIP Kuliah 2021

9. Bagaimana jika peserta didik tidak mempunyai KIP pelajar atau KKS?

Bagi mereka siswa yang tidak terdaftar PIP Pelajar saat SMA dan juga tidak memiliki KKS, TETAP BISA DAFTAR dengan syarat harus terdaftar DTKS di web kemensos.

Mengapa sih harus terdaftar? karena data DTKS ini yang paling valid dan rekomended. Sehingga, bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi pasti terdaftar disana. Hal ini juga untuk menghindari penyalahgunaan SKTM pada jaman bidikmisi karena kadang ada oknum yang mudah membuat SKTM walaupun mereka kaya dan mampu.

Bagaimana peluang yang tidak punya DTKS, silakan baca Peserta Tidak Terdaftar DTKS Gagal KIP Kuliah?

10. Bagaimana jika tidak terdaftar di DTKS?

Silakan kalian cek dahulu nama kalian di laman kemensos ya. Nah, karena waktu persiapan tahun 2021 masih lama dan kalian juga tidak terdaftar DTKS. Segera urus sekarang. 

Tetap bisa daftar KIP Kuliah? bisa aja. Tapi, prioritas yang memperoleh KIP Kuliah adalah bagi mereka yang memiliki PIP Pelajar sewaktu SMA/SMK/sederajat, keluarga memiliki KKS, dan mereka yang terdaftar DTKS.

Apabila memang sudah tidak terdaftar DTKS, kalian bisa menggunakan SKTM dari kelurahan/desa dan diunggah di "dokumen pendukung ekonomi kip kuliah"

Karena proses pengajuan/validasi oleh dinas sosial terkait DTKS dilakukan setiap 3 bulan sekali, jadi butuh waktu lama untuk proses (karena butuh data, survei ke rumah kalian, dll). Silakan baca Cara Cek dan Daftar DTKS ke Dinas Sosial untuk KIP Kuliah.

Urus sekarang, kalo nanti-nanti ya ditanggung sendiri ya akibatnya kalo dipersulit oleh sistem. Karena semua sudah berbasis database dan juga untuk menghidari penyalahgunaan dana KIP Kuliah oleh mahasiswa yang ngaku-ngaku kurang mampu.

11.  Apa perlu yang dilakukan jika sudah punya KIP Pelajar & KKS?

Silakan kalian bawa KIP Pelajar dan KKS ke sekolah, kemudian minta operator sekolah untuk melakukan update data KIP Pelajar dan KKS ke Dapodik. Karena, data KIP Pelajar nantinya otomatis diambil dari sistem dapodik.

Jika tidak terdaftar di dapodik, maka kamu tidak terdaftar memiliki KIP pelajar nantinya pas daftar KIP Kuliah. Untuk itu, silakan baca Cara Update data KIP pelajar dan KKS di Dapodik untuk KIP Kuliah

12. Bagaimana jika data (seperti NIK, Nama, Tanggal lahir) di KIP pelajar salah?

Walaupun salah 1 hurus saja di Nama, sebaiknya dibenarkan ya, biar tidak repot di belakang. Yang paling utama adalah NIK benar. 

Silakan lapor ke sekolah untuk minta diajukan pembenaran data yang salah sekarang juga karena butuh proses lama. Mohon berkoordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing untuk melakukan perbaikan data tesebut di DAPODIK Kemendikbud. Jika sekolah tidak segera mengurus, langsung datang saja ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat dan mintalah untuk memperbaiki data KIP Pelajarnya ya. 

Segera diurus

Bagi siswa lulusan tahun 2019 dan 2020 silahkan bisa lakukan pengajuan perbaikan di Verval Lulusan di alamat http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan (pada waktunya nanti 2021).

 13. Kapan pendaftaran KIP Kuliah 2021?

Nanti ya, paling baru dibuka bulan Februari 2021. Tahun 2020 masih untuk pendaftaran lulusan 2020, 2019, dan 2018 saja. Sabar!

14. Apakah ada yang didanai KIP Kuliah selain UKT untuk pengguna KIPK ini?

Jadi, penerima KIP kuliah akan digratiskan untuk UKT per semesternya selama 3 tahun untuk D3 dan selama 4 tahun untuk S1.

Selain gratis UKT, mahasiswa juga mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar Rp4.200.000/semester.
Menyesuikan aturan yang berlaku

15. Bagaimana pendaftaran KIP Kuliah untuk Gapyear? 

Bagi kalian yang sudah memiliki KIP Kuliah (lulusan 2019 dan 2020), biasanya sih untuk seleksi tahun depan hanya tinggal "aktivasi ulang & update data". Biasanya data yang di update berupa yang data ekonomi dan data lulusan.

Jadi, simpan baik-baik email dan password yang digunakan untuk login ya. Pastikan email yang kalian gunakan untuk daftar aktif dan jangan sampai lupa, wkwk.

16. Bagaimana jika NISN saya berbeda dengan Ijazah?

NISN yang dapat digunakan untuk daftar adalah yang sudah tersinkronisasi oleh data dapodik. Jadi di dapodik sekolah NISN, NIK, dan NPSN sudah ada. Jika ternyata NISN yang ada di dapodik kalian salah, silakan minta dibenarkan oleh sekolah.

Yang digunakan adalah yang datanya benar dan juga sudah terdaftar secara online di NISN. Jika ada data NISN yang salah silakan baca Cara Memperbaiki data NISN yang salah

Kak saya sudah telanjur menggunakan NISN yang salah untuk daftar KIP Kuliah dan tidak sama dengan ijazah, bagaimana ya?

Seharusnya Ijazah menyesuaikan dengan NISN yang sama. Jika Ijazah sudah telanjur keluar, silakan meminta surat pernyataan kepada sekolah yang intinya adalah:

"Menyatakan bahwa atas nama .... SMA/SMK .... memiliki data NISN yang salah. NISN yang salah ...., dan Yang benar  ..... Untuk digunakan dalam pendaftaran : Misal KIP Kuliah dan Perguruan tinggi" + Cap sekolah + Tanda tangan kepala sekolah

Surat itu sebagai jaminan bahwa benar-benar NISN salah dan bisa ditunjukkan saat daftar ulang di PTN/PTS nantinya jika lolos. 

17. Apakah bisa mendaftar KIP Kuliah untuk PTS

Bisa. dan Sangat Bisa.

18. Apakah penerima KIP Kuliah, bisa mendaftar beasiswa lain?

Tergantung pemberi beasiswa. Jika beasiswa mensyaratkan peserta tidak sedang menerima bantuan atau beasiswa dari instansi lain, maka ya tidak bisa daftar.

Misalnya yang boleh daftar seperti Beasiswa Cargill, dll silakan explore sendiri.

19. Apakah penerima KIP Kuliah bisa daftar Beasiswa Unggulan?

Tidak bisa. Karena dari pendanaan APBN yang sama. Jadi, kalau sudah sebagai penerima KIP Kuliah tidak bisa daftar BU, ya.

20. Bagaimana jika sudah kuliah tetapi tidak jadi lolos KIP Kuliahnya?

Biasanya setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan masing-masing terkait ini. Kebanyakan adalah disesuaikan langsung dengan pendatapan yang di input ketika daftar KIP Kuliah, kemudian digolongkan nanti akan masuk ke golongan UKT berapa.

Jadi, tetap bisa kuliah kok dan kalo memang ekonomi keluarga sudah sesuai dengan yang di inputkan tidak akan mendapatkan UKT yang mahal.

Jika, masih mahal silakan meminta BEM Fakultas untuk mengadvokasi terkait UKT kalian, siapa tau bisa turun dengan alasan kondisi ekonomi sekarang ini.

21. Saya sudah telanjur sebagai Penerima KIP Kuliah di PTS, apakah bisa tahun depan daftar PTN dengan KIP Kuliah?

Tidak bisa. KIP Kuliah hanya berlaku sekali saja. Jika ingin pindah ke PTN, maka KIP Kuliah akan hangus.

Oleh karena itu, silakan pikir matang-matang apakah mau gapyear untuk daftar KIP Kuliah tahun depan, atau mau ke PTS dengan KIP kuliah tetapi jika sudah diterima di PTS dengan KIP Kuliah tidak bisa daftar KIP Kuliah di PTN tahun depan.

22. Berapa lama KIP kuliah berlaku?

Untuk S1 maksimal selama 4 tahun dan D3 maksimal 3 tahun. Jika melebihi tenggat waktu tersebut, maka UKT dibayarkan pribadi oleh pribadi.

Setiap perguruan tinggi punya syarat minimal IPK (kumulatif ) dan IPS (semester) supaya tetap bisa sebagai penerima KIP Kuliah. Jadi, harus memenuhi IPK dan IPS minimal ya, semangat!

23. Kapan KIP Kuliah bagi Mahaiswa Baru akan Cair?

Biasanya akan cair 3-4 bulan setelah masuk perguruan tinggi. Jadi, setelah dinyatakan lolos KIP Kuliah, peserta akan mendapatkan rekening dan ATM. Nah, ketika sudah jadi ATM-nya biasanya tidak lama lagi akan turun kok.

Oh iya, UKT otomatis masuk ke Perguruan Tinggi ya. Jadi aman, kalian nggak akan di tarik UKT kalau dana belum turun. Jadi yang akan masuk ke ATM kalian ya hanya uang makan (living cost) sebesar Rp4.200.000/semester itu saja.

Saran mimin, pastikan sudah mempersiapkan uang untuk hidup selama 4-5 bulan ya untuk maba. Karena kebutuhan maba pasti banyak di awal dan uang KIP kuliah belum cair. Semangat! 

24. Ada masalah NIK/NISN tidak terdaftar?

 Coba baca dulu FAQ Masalah yang muncul saat pendaftaran KIP Kuliah 2020

Buat angkatan 2021, daftarnya nanti ya pas udah tahun 2021 (sekitar bulan Februari paling) bukan sekarang.

25. Bagaimana Urutan Mendaftar KIP Kuliah, SNMPTN dan SBMPTN ?

Jadi, KIP Kuliah adalah sebuah bantuan biaya bagi siswa dari keluarga kurang mampu. Bukan jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Kemudian, bagaimana urutannya? 

  1. Mendaftar dan melengkapi akun KIP Kuliah
  2. Mendaftar SNMPTN (bagi lulusan 2021) dan memilih seleksi SNMPTN di akun KIP Kuliah
  3. Mendaftar UTBK - SBMPTN dan memilih seleksi UTBK-SBMPTN di akun KIP Kuliah (supaya nanti gratis biaya utbk dan terdaftar sebagai pelamar KIP Kuliah).
  4. Memasukkan No. KIP Kuliah di Akun LTMPT.
  5. Ikuti seleksi SNMPTN atau UTBK-SBMPTN.
  6. Pengumuman Lolos SNMPTN atau SBMPTN
  7. Daftar ulang dan seleksi khusus bagi pelamar KIP Kuliah (wawancara & survei tergantung kebijakan kampus).
  8. Penentapan penerima KIP Kuliah oleh Kampus dengan bukti SK Rektor.
  9. Pembuatan Rekening bank bagi yang sudah ditetapkan kampus.
  10. Pencairan dana living cost Rp700.000,-.

26. Bagaimana Cara Daftar KIP Kuliah di UIN?

Pendaftaran KIP Kuliah khusus untuk UIN (perguruan tinggi dibawah kemenag) dilakukan setelah lolos dan diterima sebagai mahasiswa. Jadi misalnya, kalian daftar UIN Y melalui SPANPTKIN atau SNMPTN. Maka, status anda adalah mahasiswa reguler dan daftar ulang harus membayar sesuai UKT yang ditentukan. Apabila nanti dari kampus sudah membuka bantuan KIP Kuliah bagi mahasiswa baru, maka silakan kalian daftar. 

Apabila nanti dinyatakan diterima, biasanya UKT awal tadi dikembalikan oleh kampus. 

Misalnya di UIN Alauiddin, proses pendaftarannya yaitu di kip.uin-alauddin.ac.id

27. Bagaimana untuk siswa Lulusan 2021 yang sudah telanjur membuat akun KIP Kuliah tahun 2020 lalu?

Tidak masalah karena telanjur. Tetapi, ketika nanti sudah waktunya dibuka maka siswa tersebut harus login ulang menggunakan akun tersebut dan juga mengisi data-data yang diperlukan termasuk data tahun lulus.

Saya merangkum dari pertanyaan yang sudah masuk, silakan jika ada pertanyaan lainnya langsung saja komentar ya. Jika ada yang salah mohon kritiknya. ~ Trims.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

129 comments for "QnA Tentang Masalah KIP Kuliah 2021"

  1. Comment Author Avatar
    kak kalau lulusan 2021 tapi sudah terlanjur daftar kip kuliah 2020 apakah akan bermasalah kak?
    1. Comment Author Avatar
      Iya kak, Mohon tanggapannya ya kak.. Terima Kasih kak🙏
  2. Comment Author Avatar
    bagaimana kak kalau yg lulusan tahun 2021 tetapi sudah terlanjur daftar KIP KULIAH nya kak?? mohon responnya kak
  3. Comment Author Avatar
    Saya lulusan 2018 sudah daftar kip kuliah dan juga sudah aktif. Tapi saya belum memilih kampus hingga sekarang. Apakah bisa untuk dipakai 2021? Terima kasih
  4. Comment Author Avatar
    Bagaimana jika sudah bayar UKT lalu 3_4 bulan kemudian KIP cair?
    Apakah UKT di kampus tersebut bisa kembali?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan tanyakan kepada pihak kampus ya, seharusnya kalau menerima KIP Kuliah sejak semester 1 berarti tidak membayar UKT. Akan tetapi lebih jelasnya silakan tanyakan kebijakan kampus Anda.
    2. Comment Author Avatar
      Di kampus ku uang ukt nya dikembalikan bagi yg sudah terlanjur bayar, harus menyertakan bukti pembayaran ukt
  5. Comment Author Avatar
    Kak,nisn saya sudah terdaftar tpi saya blm dapet no pendaftaran dan kode akses,saya coba kirim ulang dengan mengisi data" dan juga email,tapi tulisannya email saya tdk sesuai dengan nisn,padahal dlu saya menggunakan email itu,bagaimana solusinya kak?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan untuk cek "SPAM" pada email Anda ya, jika tidak ada silakan ajukan pertanyaan dan bantuan ke Helpdesk KIP Kuliah 2020
  6. Comment Author Avatar
    Ka saya lulusan 2020 sudah mendaftar kip juga tapi krn suatu alasan jdi saya memutuskan untuk gapyear, nah untuk pendaftaran KIP 2021 itu saya daftar lagi atau gimana ka? Terimakasih...
    1. Comment Author Avatar
      Silakan disimpan baik-baik akun untuk login website http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ nya ya, dan nanti digunakan untuk tahun 2021 lagi (menunggu keputusan resmi dulu karena belum ada pedoman tahun 2021).
  7. Comment Author Avatar
    Kak saya kan udah daftar masuk fakultas yang saya inginkan tapi saya terlambat ngurus untuk mahasiswa yang ada KIP nya bisa dapat beasiswa tapi saat ini saya udah masuk semster 1.apakah untuk semester 2 atau 3 nanti nya saya bisa urus agar bisa masuk.
    Padahal saya punya KIP kak
    1. Comment Author Avatar
      Silakan anda bertanya kepada pihak fakultas/universitas ya. Apakah ada KIP Kuliah tambahan (susulan) atau KIP Kuliah pengganti? Karena kalau sudah masuk kuliah dan mahasiswa yang mengurus adalah pihak fakultas dan universitas.
    2. Comment Author Avatar
      Kak mau tanya, saya sudah lolos jalur snmptn dan saya pendaftar kip kukiah, tetapi saat ini belum ada pengumuman fix lolos penerima kip kuliah, tetapi saya merasa salah jurusan, Apabila saya mengundurkan diri pada saat kip k belum ada pengumuman, apakah tahun depan saya bisa ikut program kip k lagi?
  8. Comment Author Avatar
    Kak misal nya IPK kita di semester awal rendah apakah KIP kuliah kita langsung di cabut?
    1. Comment Author Avatar
      Tergantung kebijakan kampus. Biasanya ada yang mewajibkan minimal 3.00 untuk setiap semesternya bagi penerima KIP Kuliah (atau dulu bidikmisi).

      Nah, untuk masalah dicabut tidaknya tergantung kebijakan kampus. Ada yang apabila ipk dibawah yang diharapkan (<3.00) maka nanti akan ada bimbingan khusus dari kampus untuk mhs tsb supaya semester depan naik. Jika 2 kali berturut-turut dibawah 3.00 maka akan dicabut.

      Silakan tanyakan kampusnya ya, bagaimana kebijakannya.
  9. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak,, saya sekarang kuliah di PTN,, jika tahun depan saya daftar di PTS/ di PTN yg berbeda, apakah Kip-kuliah saya masih bisa berlaku kak??
    Atau harus mendaftar sekali lagi??
    Mohon responnya kak,terimakasih🙏🏻😊
    1. Comment Author Avatar
      Apabila kuliahmu sekarang sudah sebagai penerima KIP Kuliah, maka untuk tahun depan TIDAK BISA menggunakan KIP Kuliah lagi. Akan tetapi jika sekarang kuliah dengan biaya reguler dan tahun depan ingin mengulang lagi dengan jalur KIP Kuliah maka BISA.

      Apabila sudah diterima sebagai penerima KIP Kuliah maka tidak dapat digunakan untuk pindah jurusan/pindah kampus.
  10. Comment Author Avatar
    Bajk pak, terimakasih atas penjelasannya 😊🙏🏻
  11. Comment Author Avatar
    Slamat sore pak, ijin bertanya saya penerim kip pada saat sleksi kip kuliah saya sudah dinyatakan lulus tapi pada saat penetapan kip kuliah saya ketinggalan info dan di anggap tidak mengambil kip kuliah tersebut, apakah bisa di usulkan kembali pak ?,,atau apakah tahun depan saya bisa daftar kembali ?,,,sekian dari saya terima kasih🙏
  12. Comment Author Avatar
    apabila tahun ini sudah menerima KIPK dari PTN dan tahun depan ingin mendaftar di PTS jalur KIPK apakah boleh?
    1. Comment Author Avatar
      maksud saya mengulang semester 1, bukan pindah kampus/jurusan.
    2. Comment Author Avatar
      Tidak bisa ya. Kan pindah kampus tu, dari PTN ke PTS.
    3. Comment Author Avatar
      Bagimana jika sudah diterima di pts sebagai penerima kip kuliah tetapi ingin gapyear di pts lain untuk tahun depan apakah bosa?
  13. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  14. Comment Author Avatar
    Kak kan kip bayar 2,4 juta buat ukt. Nah kalo ukt saya 3 juta gimana? Apakah nanti saya bayar sisanya kah? Mohon jawabannya
    1. Comment Author Avatar
      Biasanya yg masuk dalam KIP Kuliah untuk UKT gratis. Untuk lebih jelasnya silakan tanyakan pihak fakultas/univ kamu ya.
  15. Comment Author Avatar
    Assalamu alaikum pak,
    Anak saya putus sekolah di kelas 2
    Karena tdk bisa bayar biaya sekolah. Padahal sudah punya kartu KIP tapi tdk bisa digunakan.
    Sekarang anak saya ingin kuliah ikutan sekolah paket C. Apa bisa
    Mendaftar KIP kuliah dari paket C?
    Anak saya lulus smp tahun 2016-2017
  16. Comment Author Avatar
    Assalamu alaikum pak,
    Anak saya putus sekolah di kelas 2
    Karena tdk bisa bayar biaya sekolah. Padahal sudah punya kartu KIP tapi tdk bisa digunakan.
    Sekarang anak saya ingin kuliah ikutan sekolah paket C. Apa bisa
    Mendaftar KIP kuliah dari paket C?
    Anak saya lulus smp tahun 2016-2017
  17. Comment Author Avatar
    Kak anak sy putus sekolah di sma klas 2..sekarang ikutan paket c untuk mengikuti kuliah. Apakah bisa mendaptarkan kip kuliah ( sebelumnya sudah dapat kartu kip ) tapi udah ga terdaftar lagi..apa masih bisa daftar kip kuliah ?
    1. Comment Author Avatar
      Bisa. Silakan ketika mau daftar kuliah nanti juga mendaftar akun KIP Kuliah di website resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ ya Pak.
  18. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum..
    Kk sy mau bertanya, apa penerimaan KIP setiap semester 4jt 200rb itu sudah dipotong dengan uang semesternya kita.
    Atau dari 4jt 200rb itu akan dipotong lagi? Misalkan setiap semester sy bayarnya 1,800,000 - 4.200.000 = jadi yg sy terima adalah 2.400.000 ?
    Jadi gimana yah Kk?
    1. Comment Author Avatar
      Biasanya sih ya, untuk UKT dibebaskan (gratis) dan setiap semesternya akan mendapatkan uang sebesar 700.000/bulan atau 4.200.000/semester.

      Silakan tanyakan pihak akademik univ kamu siapa tau ada kebijakan lain.
    2. Comment Author Avatar
      saya penerima kipk angkatan 2020 . Kalau saya 4,2jt itu bersih masuk ke rek setiap 6 bln skli. Alias gaperlu lagi mikirin ukt . Nanti tinggal sertakan bukti aja klo diminta kampus bukti pembayaran uktnya.
  19. Comment Author Avatar
    Min mau nanya, kalau misal tahun ini sudah daftar kipk dan lolos kipk di satu ptn, jika tahun dpn ingin kuliah lagi di kampus berbeda tetapi dgn uang sendiri apakah boleh? Atau akan ada pengaruhnya pada ptn awal sy /kipk sy ya ?
    1. Comment Author Avatar
      Apabila ingin pindah jurusan/univ dengan menggunakan biaya sendiri silakan bisa. Tp jika menggunakan KIP Kuliah lagi tidak bisa karena sudah tercatat disalah satu Univ datamu.
    2. Comment Author Avatar
      Berarti klo gtu boleh ya kuliah di 2 kampus? Satu pake kipk satunya dgn biaya sendiri?
    3. Comment Author Avatar
      Boleh. Asalkan bisa menjalani kuliah di 2 kampus sekaligus ya.
    4. Comment Author Avatar
      Makasih penjelasannya
  20. Comment Author Avatar
    Ijin bertanya kak,.
    Bila kita tidak segera mengaktifkan buku tabungan untuk KIP K, apakah dananya akan ditarik kembali?
  21. Comment Author Avatar
    Hi Ka mau nanya.....

    Saya tidak punya KIP,KKS, dan kartu lainnya....dan disarankan membuat SKTM....sebagai data pelengkap....
    Tapi saya tidak bisa buat SKTM,dikarenakan saya Tidak memenuhi syarat....kira kira ada kemungkinan gk Ka saya dapet KIP k?....
  22. Comment Author Avatar
    Permisi kak saya mau bertanya
    Untuk dana kip kuliah sejumlah Rp 4.200.000 itu bisa digunakan untuk apa saja ya? Apakah ada ketentuan mengenai penggunaan dananya? Dan keperluan yang bisa dibeli dan yang tidak bisa dibeli menggunakan kip kuliah itu apa saja?
    Terima kasih
  23. Comment Author Avatar
    Pak saya mau bertanya, saya sudah mendaftar KIP Kuliah di tahun 2020,dan KIP Kuliah saya tidak di terima Tahun ini. Apakah bisa mendaftar lagi ditahun berikutnya kak.

    Kak mohon tanggapannya dan responnya.
    1. Comment Author Avatar
      Silakan pakai akun tersebut untuk tahun 2021, nanti bakal diminta update beberapa informasi seperti ekonomi dll sesuai kondisi sekarang.
  24. Comment Author Avatar
    Pak, saya mau tanya, kalau untuk penerima KJP meneruskannya itu kemana pak?
  25. Comment Author Avatar
    kak adik saya lulusan 2021 tahuni, tetapi belum punya kip . terus mau buat kip kuliah . itu gimna iu kak?



    plis balas responnya ya kak, SANGAT PENTING UNTUK ADIK SAYA.
    1. Comment Author Avatar
      Silakan buat akun baru di http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ apabila sudah dibuka ya (silakan cek jadwalnya di website tersebut).
  26. Comment Author Avatar
    kak mau tanya,misal saya dafar di ptn pake kipk lalu saya ngga lolos di PTN tersebut, trus saya daftar di pts pake kipk apakah masih bisa?terimakasih
    1. Comment Author Avatar
      Bisa, Kak Dira. Asalkan PTS tersebut menerima program KIP Kuliah juga ya.
  27. Comment Author Avatar
    Kak, mau tanya. Anak saya dapat KIP dan sudah cair semester 1 lalu bagaimana yang semester 2 ? Apa ada pemberitahuan lagi kapan cairnya?
    1. Comment Author Avatar
      Untuk masalah kapan pencarian, silakan pantau kampus masing-masing ya. Pasti dapat.
  28. Comment Author Avatar
    Kak saya mau nanya, saya daftar di PTS pakai kip kuliah, lalu saya dinyatakan tidak lulus sebagai penerima kip kuliah, karena tidak sanggup membayar kuliah, saya ingin mengundurkan diri ,lalu apakah kip kuliah nya masih bisa terpakai untuk tahun selanjutnya?

    Terima kasih....
    1. Comment Author Avatar
      Apabila di PTS tersebut anda "Tidak ditetapkan sebagai Penerima KIP Kuliah", maka akun KIP Kuliah masih bisa digunakan untuk tahun 2021 nanti untuk seleksi UTBK, SBMPN, ataupun seleksi mandiri (baik PTN & PTS).
  29. Comment Author Avatar
    Hallo kak, aku mau tanya. Aku udah lolos sebagai penerima KIP Kuliah di PTN tapi ternyata prodi aku ini akreditasinya kurang sehingga semua mahasiswa yang tadinya jadi penerima KIP otomatis jadi mahasiswa reguler.
    Untuk kasus tersebut apakah KIP masih bisa digunakan ditahun berikutnya saat mendaftar SBMPTN kak?
    1. Comment Author Avatar
      Apabila di kampus tsb kamu tidak diputuskan sebagai penerima KIP Kuliah, maka tahun depannya bisa lagi daftar menggunakan KIP Kuliah.
  30. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya , saya dh kliah 1 smster di PTN , kip k saya jga d terima,, lalu saya ada rncana mau kluar dri PTN trsbt dan daftar masuk ke politeknik... kalau saya d trima di politeknik tsb apakah saya bisa mengajukan kip k kembali?. Terimakasih...
    1. Comment Author Avatar
      Apabila sebelumnya sudah diterima sebagai penerima kip kuliah disebuah kampus, maka tidak dapat digukan mendaftar lagi tahun depannya.

      Jika ingin daftar di kampus lain bisa tetapi tanpa KIP Kuliah (ingat juga lapor kemahasiswaan kampus sebelumnya jika pindah kampus supaya tidak terkena teguran ttg KIP Kuliah).
  31. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum
    Saya Wulan, ka mau tanya..
    Saya kan penerima kip tetapi tidak bisa dibuatkan Atm karena kesalahan nik di sistem kip k, dan saya sudah mengajukan verval kelulusan tapi belum ada respon/tanggapan masuk ke email. Itu solusi nya gimana ya kak? Sekiranya saya harus nunggu beberapa minggu lagi untuk bisa merubah nik itu? 🥺
    Terimakasihh, mohon jaawabannya kaka🙏
  32. Comment Author Avatar
    Kak mohon maaf sebelumnya mau bertanya saya kemaren daftar kip kuliah sudah dapat nomor pendaftarannya mau masuk di pts tapi masih ada kendala di pekerjaan jadi tidak jadi daftar di pts. Nah apakah tahun ini masih bisa masuk pts lewat jalur kip ya kak? Saya lulus 2018. Terimakasih
  33. Comment Author Avatar
    *Kak bagaimana saya bisa daftar akun untuk KIP Kuliah? Dan kapan? Saya lulusan tahun 2021.
    Dan saya tidak punya KIP dulunya akan tetapi saya terdaftar di dtks bagaimana nanti saat daftar akun KIP kuliah apakah akan sama saja dengan yg memiliki KIP pelajar atau berbeda? Apa saja yg harus saya siapkan untuk nanti daftar akun KIP kuliah nya? Berhubung saya tidak ada KIP dulunya
  34. Comment Author Avatar
    assalamu'alaikum kak
    Saya penerima beasiswa KIP-Kuliah. UKT saya 4,5 jt sedangkan bantuan biaya pendidikan dari KIP K 2,4 . Itu apakah saya membayar kekurangannya ?
  35. Comment Author Avatar
    Kak, Saya ingin tanya, bagaimana bagi lulusan 2020 dan sudah daftar kip, tapi ga dapat uang kip,dan bagaimana cara dapatin nya di 2021,Harus gmna kak?
  36. Comment Author Avatar
    Halo kak, saya cari data penerima pip di web. Ada nama saya. Itu juga harus datang ke sekolah untuk edit dapodik kah? Terimakasih sebelumnya kak
  37. Comment Author Avatar
    Kak
    Kok kamipunya kampus itu tetap di bayar uang semesternya bagi mahasiswa yg menerima Kip
  38. Comment Author Avatar
    Kak
    Masa kami punya kampus itu disurus bayar lagi uang persemesternya
    Walaupun kita penerima Kip.
    Apakah benar begitu pak
    Karna di bilang kami punya dosen itu
    Uang kip itu belum masuk dalam rekening kampus
    1. Comment Author Avatar
      Mungkin sementara dirusuh bayar, tapi biasanya akan dikembalikan oleh kampus jika dana sudah cair (untuk PTN). Kalau untuk swasta kami kurang tau ya.
  39. Comment Author Avatar
    Selamat pagi kak. Izin bertanya
    Saya masi maba di tetapkan sbg penerima KIP K di kampus Swasta. Untuk pengeluaran smester 1 itu 9 jt sudah termasuk UKT dan praktik lainnya. Apakah yang di bayarkan UKT saja 2,4 juta trus sisa 7 juta kita bayar sndiri kak.

    Mohon untuk di jawab kk
    Terimakasih ��
    1. Comment Author Avatar
      Untuk masalah itu, lebih baik ditanyakan kampusnya kebijakannya bagaimana. Apakah gratis total atau dipotong 2,4 Jt dari KIP kuliah ya.
  40. Comment Author Avatar
    Apakah UKT untuk pemegang kartu KIP Kuliah di PTN/Politeknik Negeri dipukul sama rata 2,4 jt semester.? Bagaimana jika UKT di PTN/Politeknik Negeri melebihi 2,4 Jt/Semester?
  41. Comment Author Avatar
    Permisi kak, saya mau tanya terkait rekening.
    Rekening yang di aktivasi untuk pencairan dana KIPK itu apakah boleh di gunakan untuk transaksi lain, misalnya untuk transfer? Atau hanya di khususkan untuk pencairan dana saja
    Terimakasih kak sebelumnya
  42. Comment Author Avatar
    Halo kak, izin bertanya saya ada masalah di dtks nih kak..
    Waktu saya cek di web dtks Kemensos nama saya terdaftar sedangkan pas saya mau daftar kip-k di web kip kuliah Kemendikbud id dtks saya tidak terdaftar..kok bisa gitu ya? Solusinya gimana kak? Atau harus ke asal sekolah kita dulu kak?
    Terimakasih sebelumnya
  43. Comment Author Avatar
    Ka mau tanya, kalau kita lulusan 2018, tp udh punya kip 2020. Karna tahun lalu belum sempat memenuhi biaya pendaftaran, apakah tahun 2021 masih bisa ikut?


    Mohon jawabannya🙏🏻
    Terimakasih
  44. Comment Author Avatar
    halo kak
    ka mau tanya, saya gapyear 2020 jadi saya sudah punya akun kip k dan belum digunakan, namun saat ini saya tidak dapat log in di portal nya, kira kira itu kenapa ya kak? mohon dijawab
  45. Comment Author Avatar
    Permisi Pak, apakah jika uang living cost cair haruskah segera diambil semua dari tabungan? Atau boleh dibiarkan, dan diambil semester berikutnya tidak papa? Atau mungkin living cost semester 1 yg belum diambil itu akan hilang? Jika livingcost semester berikutnya turun lagi
  46. Comment Author Avatar
    kak, saya mau tanya apa boleh mendaftar 2 kip sekaligus (kip PTN & kip PTKN)?
  47. Comment Author Avatar
    kak, saya mau tanya apa boleh mendaftar 2 kip sekaligus (kip PTN & kip PTKN) saat mau mendaftar snmptn dan spanptkin atau sbmptn dan umptkin secara bersamaan (di kedua jalur itu sama sama mendaftar kip)?
  48. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak,
    Kenalin,aku fatimah,
    Mau nanya kak,untuk calon pelamar KIP kuliah yang udah punya kartu KIS apa masih perlu bikin SKTM.?
  49. Comment Author Avatar
    Bantu donk kk,tahun lalu saya sudah daftar KIP kuliah d slh satu PTS,dan saya lolos kk,dan mslh nya saya tidak menggambil atau mengikuti kuliah itu istilahnya saya menolak Krn GK sesuai dngn jurusan yg saya minatin,truss taun ini apakah saya bisa mendaftar lagi untuk mengganti universitas nya???🙏
  50. Comment Author Avatar
    halo kak, mau nanya.. bagaimana jika sudah terlanjur mendaftar SNMPTN terlebih dahulu dan baru mendaftar KIP-K setelahnya?? thanks
  51. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya, jika saya mendaftar kip k dan saya tidak diterima di univ yang saya tuju apakah tahun depan saya masih bisa mendaftar kuliah dengan kip k lagi?
  52. Comment Author Avatar
    Hi kak, ijin bertanya, gimana kalau tidak diterima kip kuliahnya, tapi ternyata diterima disuatu kampus, dan meskipun dengan ukt yang murah tapi keluarga tetap gk mampu,gimana kak?
  53. Comment Author Avatar
    Mau nanya kak, dibagian detail data rumah kalau rumah kita kosan NJOP, luas bangunan dan luas tanah diisi apaya? Kan rumah itu bkan rmah kita
  54. Comment Author Avatar
    Mau nanya kak, dibagian detail data rumah kalau rumah kita kosan NJOP, luas bangunan dan luas tanah diisi apaya? Kan rumah itu bkan rmah kita
  55. Comment Author Avatar
    Mas sy mau daftar KIP kuliah utk anak sy, yp kok gagal terus yah... keterangannya gagal mengambil data siswa di dapotik, anak sy adala penerima bantuan PIP tahun 2020 dan terdaftar di DTKS.. apakah ada masalah atau hanya jaringan yg sibuk krn banyak yg mendaftar saja... tolong pencerahannya..thx🙏
  56. Comment Author Avatar
    Kak izin bertanya, saya sekarang udah semester 1 dan KIP kuliahnya sudah diterima dan sudah cair untuk semester 1, rencananya saya mau ulang tes, jdi saya daftar utbk, barusan saya daftar utbk pakai KIP kuliah, karena terburu buru ngak sengaja kepencet tombol permanennya kak, jdi rencananya saya ngak jdi lgi ikut kak, tpi data utbknya sudah permanen, seandainya saya tidak jadi ikut utbk apakah KIP kuliahnya hangus apa tetap berjalan kak?
  57. Comment Author Avatar
    Kak izin bertanya, saya sekarang udah semester 1 dan KIP kuliahnya sudah diterima dan sudah cair untuk semester 1, rencananya saya mau ulang tes, jdi saya daftar utbk, barusan saya daftar utbk pakai KIP kuliah, karena terburu buru ngak sengaja kepencet tombol permanennya kak, jdi rencananya saya ngak jdi lgi ikut kak, tpi data utbknya sudah permanen, seandainya saya tidak jadi ikut utbk apakah KIP kuliahnya tetap berjalan sampai semester yang telah ditetapkan atau KIP kuliah nya hangus?
    1. Comment Author Avatar
    2. Comment Author Avatar
      Apakah beasiswa KIP akan dicabut jika mahasiswa mengulang mata kuliah nya?
  58. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya apakah bisa penerima kip k tahun lalu mendaftar sbmptn 2021 ini?
    Soalnya kak tdi malam saya sudah daftar tampa tahu kalau penerima sdh tidak bisa menggunakan no kip k nya lagi terus di ltmpt tetap menerima no kip k saya jadi saya kira boleh kak
    Gimana solusinya kak?
  59. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya apakah bisa penerima kip k tahun lalu mendaftar sbmptn 2021 ini?
    Soalnya kak tdi malam saya sudah daftar tampa tahu kalau penerima sdh tidak bisa menggunakan no kip k nya lagi terus di ltmpt tetap menerima no kip k saya jadi saya kira boleh kak
    Gimana solusinya kak?
    1. Comment Author Avatar
      Jika sudah kuliah dan sebagai penerima KIP kuliah juga, maka tidak bisa menggunakan KIP Kuliah untuk UTBK 2021.
  60. Comment Author Avatar
    Kak izin bertanya, apabila uang kip-k yang sudah masuk ke rekening itu tidak segera digunakan apakah akan dibekukan? Atau dapat hangus?
  61. Comment Author Avatar
    Kak jika tidak lolos SNMPTN apakah KIP tetap bisa digunakan untuk mendaftar SBMPTN?
  62. Comment Author Avatar
    Maaf kak, kalo misalkan SBMPTN daftar dengan menggunakan KIP itu lolos, terus tidak diambil, tapi malah daftar lagi jalur mandiri, apakah masih bisa mengajukan KIP itu?
  63. Comment Author Avatar
    Selamat sore, saya mahasiswa penerima kip kuliah tahun 2020, tetapo saya mengajukan cuti kuliah selama satu semester, apakah dana kip kuliah tetap cair ya kak? Terimakasih
  64. Comment Author Avatar
    Kalo daftar kipk sesudah daftar utbk apa masi bisa kak?
  65. Comment Author Avatar
    Saya kemarin mendaftar SBMPTN namun tanpa menyertakan KIP K jadi saya tidak terdaftar sbg peserta KIP K kemudian saya baru mendaftar KIP K sekarang apakah jika lulus sbm bisa menjadi penerima KIP K di universitas?


    Mohon dengan sangat bantuannya, terimakasih
  66. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak
    Gimana cara mengurus atm KIP kuliah yang hilang?
  67. Comment Author Avatar
    Permisi Ka, saya mau nanya saya sudah lolos di salah satu kampus melalui SNMPN dan telah lolos KIP-K juga, apakah saya masih bisa mendaftar di kampus lain dan mengajukan KIP-K? selain itu apakah jika saya mendaftar KIP-K di kampus yang lain akan mempengaruhi status KIP-K saya di kampus yang sudah lolos?
    1. Comment Author Avatar
      Iya kak tolong jawabannya
  68. Comment Author Avatar
    Permisi Ka,
    Izin tanya
    Misalkan kita dapat UKT golongan I (500 k) apakah bisa mendaftar KIP kuliah?
  69. Comment Author Avatar
    Maaf mau nanya kak, kalau misalkan kita udah lolos kip kuliah jalur sbmptn tapi tidak kita ambil. Nah terus ditahun ini mau daftar mandiri pakai kip kuliah kira-kira bisa atau tidak?
    Dan misalnya kalau kita mahasiswa kip kuliah apakah bisa kuliah di dua universitas berbeda misalnya di PTS..
    Terimakasih..
  70. Comment Author Avatar
    Hallo kak..izin bertanya.. saya sebagai pendaftar kipk dan sudah memilikk nomor kipk, dan lulus tes sbmptn d salah satu kampus, karna ada alasan tertentu, saya tidak jadi kuliah d kampus yg saya sdh lulus tsb ( tidak ikut dftr ulang)..pertanyaan saya , apakah tahun depan saya mash bisa ikut utbk sebagai pendftr kipk???
  71. Comment Author Avatar
    Halo kak izin bertanya, jadi adik saya mendaftar di salah satu PTS kemudian dia sudah lolos dan sudah membayar UKT untuk semester 1. Kemudian saya baru ingin membuatkan KIP apakah bisa kak untuk semester selanjutnya?
  72. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya saya dinyatakan lolos di Sbmptn tapi tidak lolos seleksi kip nya, apakah bisa kip nya digunakan lagi di utbk tahun depan?
  73. Comment Author Avatar
    Assalamu alaikum
    Mau nanys, klo misalkn daftar mandiri pke kip kuliah trus dinyatskan lulus tp tidak daftar ulang. Apakah kip kuliah msh bisa digunakn daftr sbmptn tahun depan?
    Mohon jawabannya
    1. Comment Author Avatar
      Sepemikiran,saya juga punya alasan lain,itu bagaimana yaa
  74. Comment Author Avatar
    Kak kalau misalkan kita daftar lagi kip kuliah tahun depan bisa untuk lulusan 2020?
    Sedangkan saya sudah keterima di ptn jalur reguler
  75. Comment Author Avatar
    Kak kalau misalkan taun sekarang saya daftar kuliah melalu KIPK tpi tidak keterima apakah taun depan masih bisa daftar pake KIP?
  76. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  77. Comment Author Avatar
    Pak saya mau tanya. Sebelumnya saya ceritakan dulu pak. Jadi, saya lolos di politeknik melalui jalur snmpn Dan lolos KIP juga dan sudah daftar ulang. sebelum jalur snmpn pengumuman saya sudah daftar sbmptn untuk peluang bisa kuliah. Nah sbmptn juga lolos di universitas dengan kip juga dan sudah daftar ulang tapi status penerimaan KIP nya itu belum ditetapkan. Pertanyaan saya, apakah bisa KIP saya ditetapkan yang di universitas?
    Terimakasih 🙏🙏
  78. Comment Author Avatar
    Selamat siang mohon di jawab yaa pak, sayakan mau daftar kip secara online tapi gabisa karena saya sudah terdaftar di universitas lain sementara dipendaftaran kip yang belum daftar diuniversitas lainn padahal saya tidak aktif diuniversitas itu karena saya mau daftar utbk saja trs tidak jebol, Dan saya mau daftar kip tidak bisa, saya mohon yaa gimana caranya agar saya bisa login masuk
  79. Comment Author Avatar
    halo kak, aku mau tanya. untuk lulusan sekolah tahun 2019, klo daftar kip kuliah sekarang2 tapi ikut sbmptn tahun depan bisa gak ya?terimakasi🙏
  80. Comment Author Avatar
    Halo kak mohon maaf mau nanya
    Apakah bisa pindah data dr universitas yg sudah dipilih pertama tapi keinginan di Universitas kedua
    Terimakasih
  81. Comment Author Avatar
    Kak saya mau Tanya, gi mana kalau kita mau login ke kip kulya tapi lupa kode nya, pas di coba untuk kirim Ulang kode aksesnya, tapi gak bisa katanya email nya salah, padahal dulu saya masukannya pakai email yang saya punya, email saya cuma satu kak gak perna buat email baru. Mohon bantuanya kak,
  82. Comment Author Avatar
    Maaf ka aku mau tanya, sebelumnya aku daftar sbm pakai KIP-k, karena pengumuman sbm masih lama aku ikut seleksi kip-k di pts. Pengumuman pertama aku lolos sbm aku terima, gk lama dari itu ada pengumuman hasil kip-k di pts dan aku lulus, tapi aku tolak/mengundurkan diri. Nah sampai sekarang aku lg nunggu pengumuman kip-k dr kampus di ptn. Menurut Kaka itu bakalan berpengaruh nggk buat aku dapat/nggknya kip-k di PTN. Mohon jawabannya ya ka, makasih^_^
  83. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  84. Comment Author Avatar
    Maaf ka aku mau nanya kan aku udh daftar di STAI trus aku dftr lagi ke Universitas semuanya jalur KIp yg di STAI Dtks aku udh lengkap,trus itu hrus bikin akun lagi KIPK atau nggk ya ka?
  85. Comment Author Avatar
    Ka gimana cara ngerubah jalur seleksi PTS KIP Kuliah. Soal nya saya salah enter nama kampus.
  86. Comment Author Avatar
    kak izin bertanya
    saya daftar kipk di pts sudah keterima juga dan berniat di cabut,cara pencabutan kipk gimana ya kak? apakah dengan pencabutan tersebut saya masih bisa mengikuti program kipk tahun depan(2022)?
    mohon dibalas soalnya urgent
  87. Comment Author Avatar
    permisi kak izin bertanya. saya daftar kipk di PTS dan sudah keterima juga tetapi berniat mencabut kipk nya. cara pencabutan kipk gimana ya kak? apakah dengan pencabutan kipk tersebut saya masih bisa mengikuti program kipk ke PTN tahun depan (2022)?
  88. Comment Author Avatar
    Kak saya mau tanya.. Saya kn baru daftar di universitas jalur kip nah dulunya saya juga pernah daftar jalur kip di univ lain tapi ga lolos, dan sekarang kip saya bermasalah karna terdata di kampus lain sehingga saya ga bisa ikut seleksi kampus yg saya daftar sekarang, solusinya gimana kak bingung banget ini harus gimana
  89. Comment Author Avatar
    Kak izin bertanya.
    Saya camaba tahun 2022.ortu saya penerima bantuan PKH.Sehingga nama saya terdaftar di dtks.

    Kalo misal saya milih gap year satu tahun. Kemudian saya mau daftar Sbmptn dan kip k pada tahun 2023.

    Apakah nama saya masih terdaftar di DTKS pada tahun itu?

    Mohon bantuannya kak.
  90. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak saya mau bertanya apakah jika sudah mendaftar akun KIP kuliah di tahun ini terus lolos tapi belum di validasi dan belum aktif sebagai mahasiswa di kampus tersebut apakah tahun depan masih bisa mengikuti lagi KIP kuliah di kampus lain?
  91. Comment Author Avatar
    Kak kalo misal, aku mau daftar sbmptn menggunakan kip k tapi ternyata sbmptn nya galolos, apakah saya bisa ganti menjadi pts atau ptn lain di tahun yang sama?

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.