Sedikit Tentang Seleksi SNMPTN Supaya Punya Pandangan dan Persiapan PART 1

Yusufstudi.com - Halo temen-temen yang masih di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) diseluruh Indonesia. Sebentar lahi pasti akan menjalankan Ujian Akhir Sekolah kan? kalian fokus dulu aja buat nilai semester 5 supaya tidak menyesal kahirnya dan kalo bisa melebihi semester 5 atau 3 kalian.


Mengapa harus begi min?
Jadi kalian tau SNMPTN nggak? SNMPTN adalah jalur masuk perguruan tinggi yang tidak menggunakan tes dalam pendaftarannya akan tetapi menggunakan nilai Rapor kalian dari semester 1-5. Kalo nilai kalian semester 1-5 jelek kemungkinan akan lolos kan kecil.

Mengapa? karena yang boleh daftar SNMPTN itu tidak semua siswa. Ada kriterianya yaitu untuk sekolah akreditasi A yang boleh ikut 50% dari siswanya, Akreditasi B akan lebih rendah yaitu 35%, dst.

Siapa 50% itu? yaitu siswa-siswa yang mendapat nilai atau ranking 50% sesekolahan dari semster 1-5. Kalo misal kamu semester 3 dapat ranking ke 70% dan yang lainnya 40% maka kamu tidak boleh daftar karena ada yang tidak 50%.

Siapa yang menentukan itu? Pihak dari Kemristekdikti.
Sistemnya yaitu, misalnya siswa di sekolah kalian 100 orang, maka nilai semester 1-5 dari 100 orang tersebut di inputkan dan nanti sebulan kemudian akan diumumkan 50% dari 100 siswa yang boleh daftar SNMPTN dari Kemristekdikti.

JANGAN SAMPAI SALAH PAHAMKadang ada sekolahan yang salah paham mengenai ini. Biasanya ada Sekolah yang melakukan perankingan sendiri.
Misalnya kayak gini. Disekolah A terdapat 100 siswa, dimana guru salah paham maka sekolah melakukan perankingan siapa saja yang masuk 50 besar. Terus yang didaftarkan hanya 50 siswa saja. Ini artinya nanti ketika di seleksi kemristek ditti 50% maka yang boleh daftar hanya 25 orang saja. Jadi kalo guru kalian salah paham dibenarkan ya.

Semoga tahun depan masih sama sistemnya.

Kelanjutanyya tunggu ya . . . masih banyak sebenarnya yang mau diulas. Pantengin blog kami . .

Terimakasih

Admin
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Sedikit Tentang Seleksi SNMPTN Supaya Punya Pandangan dan Persiapan PART 1"