Monday, 19 June 2017

Full Day School 5 Hari, Dibatalkan oleh Jokowi, Ini Alasannya!

Yusufstudi.com - Rencana 5 hari sekolah dengan 8 Jam belajar disekolah dibatalkan oleh Joko Widodo. Dulunya adanya 5 hari sekolah ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa pada hari sabtu dan minggunya dan juga disesuaikan dengan libur PNS dan rencana ini telah di sahkan dalam rapat besar kabinet dan tertuang dalam Peraturan Menteri (permen) nomor 23 tahun 2017  ( Sumber kabar.news)

Ma'ruf Amin (ketua MUI) - kabar.news

.

Setelah memanggil Ketua Umum MUI dan menteri pendidikan, maka diadakan rapat terbatas . Inilah alasan Jokowi membatalkan full day school karena menanggapi respon berbagi masyarakat dan ormas tentang kebijakan ini yang banyak kontroversi dan diputuskan bahwa permen ini akan ditingkatkan menjadi perpres dalam waktu dekat. Dalam pembuatan dan penataan ualng perpres ini, akan menampung aspirasi para seperti menteri pendidikan dan agama, ormas, mui, dsb.

Nantinya, terkait Madrasah Dinniyah tidak haya dilindungi tapi akan dikuatkan tetapi harus bisa menangkal bahaya radikalisme yang saat ini melanda.

Kata Ma'ruf Amin, Program 5 Hari sekolah ini mungkin akan diganti dengan pendidikan penguatan karakter (batam.tribunnews.com)

Saturday, 17 June 2017

Hilangkan Kebiasaan SMA Yang Alay Ini Ketika Sudah Kuliah!

Yusufstudi.com - Fakta mengungkapkan bahwa Indonesia adalah pengguna terbanyak dalam hal sosial media. Akan tetapi, penggunaan sosial media kadang membuat perilaku yang tidak sengaja dan menjadi hal yang lucu ketika sudah kuliah nanti.
Bercakap-cakap (sumber:okezone.com)


Bagi kalian para siswa SMA yang mau kuliah jangan lupa hilangin kebiasaan alay kalian ya. Antara lain :

.

1. Kata-kata SMS/Chating yang Alay

Ini adalah masalah yang kadang dihiraukan oleh para ana muda. Kadang nulis chat itu kalau panjang males jadi sukanya disingkat dan ada kata-kata aneh bahkan aku aja gk tau. hehe.
Gimn kbrx Pak u/ kmrn proyekx? 
Aneeh kan wkwk "x" =nya, u/ = untuk itu bahasa apa coba. Kalo Sedang sms dosen bisa kacau semua tuh.

2. Update Status yang Gak perlu

La ini masalah anak sekarang yang viral. Sedikit-dikit update status, story, boomerang, dsb. Apa coba hayoo ngaku deh.

Sebenarnya kalo kalian update status di FB/LINE/ sosmed lainnya ketika daftar kerja ada yang melacak akun sosmed kalian dan mengetahui postingan yang pernah kalian posting walaupun kalian telah menghapusnya.

Jadi jaga diri deh. Dan sekarang ada badan siber nasional kan hati-hati semua percakapan direkap oleh badan siber ini.

3. Belajar Bahasa Yang Baku

Belajarlah bahasa baku untuk menghubungi dosen. Bahasa baku sebenarnya hanya untuk memudahkan dan menghormati dosen/guru dan mudah dipahami. Boleh sih disingkat singkat tapi singkatannya yang benar, misal mhs (mahasiswa), bpk (bapak), dsb. Jangan Asal.

4. Jangan Asal Ngomong

Maksusnya yaitu ketika akan menghubungi orang baik teman atau seseorang yang lebih tinggi jabatannya kenalkan diri anda dahulu. Misalnya :
Selamat siang Pak Andi, Saya Azza anak bimbingan bapak dari jurusan X kelas X
Setelah itu baru isi apa yang kalian inginkan jelas dan padat. kemudian tambahkan kalimat "minta maaf menggangu waktunya" ketika pertama dan teeakhir sms


Oke semoga bisa menghilangkan kebiasaan yang membahayakan hehe 

Sunday, 11 June 2017

Bila Kalian Teman, Jangan Tanyakan Hal ini Setelah Lulus SMA!

Yusufstudi.com - Masa SMA telah usai nih gimana rasanya ? sakit atau manis nih. Masa SMA menurut gue sih masa paling enak dan seru apalagi banyak menemukan teman yang kocak, pendiem, rajin, ngeband, dsb bdnyak lah pokoknya.

Proses menentukan masa depan


Kalo kalian gak punya kenangan dan teman akrab di SMA, rugi lah menurutku. Kenapa? nanti juga paham sendiri kog. Oke, langsung saja jika kaluan telah lulus nih ada beberapa pertanyaan yang "jangan ditantayakan" habis lulus SMA nih. Ini masalah hati guys (Baver nih)

.

1. Kuliah apa Belum?

Ini nih pertanyaan pertama yang menjadi momok hehe. Kalau jaman dulu ada sih pertanyaan yang jadi momok yaitu "Lu lulus UN ngk?" tapi sekarang kan UN tidak menentukan kelulusan ya, jadi tenang aja. Buat kalian yang udah mendapat PTN lewat jalur SNMPTN/SBMPTN atau yang lainnya jangan tanyakan hal tersebut karena itu menyiksa tau. hehe. Bener kan pejuang yang ditolak SNM/SBM?
Kalo lu gak lolos SNM/SBM boleh lah tanya kan senasib  hehe. Jadi, hargai lah walaupun udah lolos kuliah dan lu gak tau mending jangan tanya deh.

2. Kuliah dimana dan Jurusan Apa?

Oh udah diterima kuliah? Alhamdulillah (seneng nih). Lu kuliah dimana dan jurusan apa? ( woww pertanyaannya kenapa itu sih)

"Gw kulia di PT UXX dan jurusan TYY" (iya rendah tapi itu pilihan gw)
"ow disitu"( hehe)
Nyesek tau pilihan jurusan dan PTN itu pilihan gw gak usah ngurusin orang lain toh kesenengan orang berbeda-beda.

3. Masuk Jalur Apa ?

Masuk jalur apa nih? ini pertanyaan terkhusus yang masuk jalur mandiri. Kebanyakan orang mikir bahwa jalur mandiri adalah jalur "uang" knpa? ya karena bayarnya mahal. Tapi asal kalian tau aja tidak semua gitu ya walaupun ada yang bayar mahal tapi ada universitas yang tidak ada ung pangkal dan UKT juga disesuain dengan pendapatan ortu kog.

Ada lagi yang mikir "oh jalur mandiri pasti mudah masuknya" lu kira gampang? susah tau wkwk


Jangan dipikir berat kawan-kawan ini hanya hiburan kog. Kalaupun salah ya minta maaf kalau bener ya Alhamdulillah 

hehe semangat berjuang pejuang pendidikan

Salam,

penulis

Ini Yang Dilakukan Anak Cerdas Malam Hari. Bagaimana Kamu?

Yusufstudi.com - Kebiasaan membetuk jati diri dan karakter sangat penting bagi anak demi mas depan yang gemilang nantinya. Kebiasaan merupakan hal yang membuat karakter seseoarang menjadi berubah. Karakter buruk membuat seseorang juga menjadi buruk begitu sebaliknya.

Maka untuk membentuk anak menjadi seseorang yang baik maka harus dimulai sejak kecil dengan kebiasaan baik. Kebiasaan baik dimulai dari hal yang kecil dan dilakukan setiap hari mulai bangun tidur sampai tidur kembali.

Ada beberapa ciri yang menggambarkan kebanyakan anak cerdas. Akan tetapi, ini bukan  hal mutlak. Biasanya anak cerdas sering begadang pada malam hari. Cerdas berbeda dengan pintar ya kawan. Pengen tau bedanya? carai aja di buku-buku banyak kog.


Oke, langsung saja ini yang biasa dilakukan anak cerdas pada malam hari.


1. Mengulas Ulang Mata Pelajaran

Bagi anak yang sudah mulai beranjak ke dunia Pendidikan, hal yang paling mencolok yaitu rasa ingin tahu. Biasanya anak yang cerdas ingin mengulas mata pelajaran yang diajarkan pada pagi harinya. Akan tetapi, saat udah dewasa rasa ini semakin turun. Ciri ini lah yang membedakan, jadi anak yang masih kepo-kepo sampai dewasa dan mempelajari materi yang pernah diajarkan adalah salah satu buktinya.

.

2. Mengembangkan Diri

Mengembangkan diri sesuai hobi yang dimiliki. Setiap orang pastinya memiliki hobi masing-masing dan terkadang bagi anak cerdas hobilah yang menjadi hal penting supaya akademisnya bagus kareba hobi bisa menjadi tempat meluapkan perasaan bahkan bisa menghasilkan sesuatu dari hobi itu lho.

3. Mencatat

Ciri anak cerdas selanjutnya adalah selalu mencatat baik materi da yang paling mencirikan anak cerdas adalah mencatat hal yang tidak disuruh. Misalnya hari ini diajarkan bab matematika turunan, tetapi si anak malah belajar bab integral padahal bab itu masih jauh. Mencatat hal yang ditemui siapa tau bisa jadi ide bagus dan brilian.

4. Merenung


Merenung bukan berarti introvet ya. Mereng disini adalah menyadari kesalahan kekurangan dan kelebihan. Dengan begitu akan dekat dengan Yang Maha Kuasa. Anak yang cerdas biasanya rajin ibadah dan suka memaafkan seseorang.

Bagaimana dengan kalian? sudah?

Saturday, 10 June 2017

Ranking Perguruan Tinggi Berdasarkan Kemristek Dikti | Terbaru

Yusufstudi.com - Secara resmi Kemenristekdikti mengeluarkan pengumuman peringkat/ranking Perguruan Tinggi se-Indonesia. Berapa nih ranking Perguruan Tinggi yang kalian idamin ? hehe
Jadi, sebenarnya banyak lembaga survei/pemeringkat Perguruan tinggi seluruh dunia. Seperti QS, webometrics, dsb. Kalau untuk lokal acuan kita adalah Kemenristek Dikti. Setiap lembaga peranking memiliki penilian sendiri-sendiri jadi tidak boleh menganggap bahwa satu lembaga adalah yang paling benar. 
Ranking Perguruan Tinggi Indonesia Kemenristek Dikti

Peringkat/ranking 10 besar Perguruan Tinggi di Indonesia 2016

  1. Institut Teknologi Bandung, score 3,78
  2. Universitas Gadjah Mada, score 3,72
  3. Universitas Indonesia, score 3,69
  4. Institut Pertanian Bogor, score 3,54
  5. Universitas Brawijaya, score 3,24
  6. Institut Teknologi Sepuluh November, score 3,17
  7. Universitas Airlangga, score 3,15
  8. Universitas Hasanudin, score 3,06
  9. Universitas Dipenogoro, score 3,04, dan 
  10. Universitas Padjadjaran, score 2,97.
Jika ingin membandingkan dengan tahun sebelumnya apakah naik atau turun, silahkan download semua ranking PT 2015 se-Indonesia resmi berdasarkan Kemristek Dikti, silahkan klik download

Untuk ranking PT se-Indonesia 2017 belum keluar ya teman-teman. Apabila sudah ketemu nanti kami bantu share