Tips Memaksimalkan Peluang Besar Lolos SNMPTN 2018

Yusufstudi.com -Halo temen yusufstudi, Sebentar lagi akan menghadapi yang namanya masa pendaftaran kuliah. Dari pemerintah memberikan jalur masuk yang pertama kali dan serentak yang dinamakan dengan SNMPTN. Seleksi SNMPTN biasanya dilaksanakan mulai bulan Februari pertengahan dimulai dengan pengisian PDSS.

Memaksimalkan peluang lolos SNMPTN
Peluang Besar Lolos SNMPTN

Apasih SNMPTN? Berdasarkan penegertian yang dikutip dari web resmi SNMPTN,  SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik (www.snmptn.ac.id, 2017)

Jadi jalur ini tidak ada yang namanya tes seleksi dan gratis. Jadi, siapin deh apa saja yang diperlukan supaya mempermudah sekolah untuk input nilai, data dan sebagainya apalagi terkait dengan Bidikmisi yang sedikit agak ribet.

Oke, langsung saja ke topik pembicaraan sesuai dengan judul, apasih yang harus disiapkan atau tips lolos SNMPTN supaya tepat sasaran dan mak nyuss . . .

1. Memilih Jurusan

 Jursan merupakan hal penting dan krusian menurut mimin. Kenapa? ya karena nantinya kalian kerja pasti akan berkutat dengan jurusan kalian ketika kuliah nanti. Tapi ada yang bilang, " halah nanti kerja gk sesuai dengan jurusan kok" 

Mana mungkin (?), yang ada adalah kalian tetep belajar tapi gak memperdalam. Jangan sampai ada kata-kata lagi"SALAH JURUSAN". jadi, bener bener dalam memilih jurusan sangatlah penting. 

Tips, Pilihlah sesuai dengan kemampuanmu bisa dilihat dari nilai rapor SMA mu, kemudian jangan sampai LINTAS MINAT, kalo kamu jurusan IPA ya pilihlah jurusan IPA(saintek) karena di SNMPTN lintas minat kemungkinan lolos kecil, (berbeda ketika nanti SBMPTN).

2. Mencari Informasi terkait Jurusan

Sudah aku bilangin di poin satu diatas bahwa jangan sampai alasan "SALAH JURUSAN". Oleh karena itu carilah informasi sesuai dengan bakat dan minat serta tanyakan pada diri sendiri dan Guru BK.
Kemudian, Kalian ini di jaman Milenial lho jadi manfaatin mesin pencari yang pintar "Google" yang memberikan beberapa pandangan terkait jurusan pilihan pertama kalian. Kalo kalian banyak tanya tapi gak mau tanya ya tenggelamlah saja.

Note : BACA artikel di blog/web resmi dan terpercaya (misal : web pemerintah .go.id, PT ac.id, dan .com seperti web ini)  

TIPS: Tanya Google -> tanya BK-> Evaluasi diri dan Keluarga -> Kakak kelas yang ada di jurusan tersebut (mintain pandangan). 

3. Memilih PTN

Setelah menentukan jurusan yang tepat langkah selanjutnya PTN yang sesuai. Mengapa memilih PTN kok malah setelah memilih jurusan? karena yang terpenting adalah jurusan. Jurusan lah yang akan mengarahkan kalian belajar kedepannya bukan PTN. PTN hanya sekedar "Nama".

Tapi, tergantung juga ada yang ambisius mengejar "NAMA PTN" dan tidak memikirkan jurusan. Akhir-akhirnya bingung dan merasa salah jurusan dan tidak mendapat ilmunya.

TIPS: Cari PTN dimana kakak kelas kalian banyak diterima. Misalnya, kakak kelas kalian banyak lolos di UNESA dan UNS. Maka, sebaiknya biar peluang besar daftarlah di kedua PTN tersebut. 

Mengapa? karena PTN menilai adik kelasnya melalui kakak kelasnya yang diterima (dari nilai IPK dan prestasinya). Inilah yang dinamakan Faktor Alumni yang paling membantu untuk lolos seleksi SNMPTN.

4. Faktor Sekolah

Faktor sekolahan berkaitan dengan nilai sekolahan. Dari aturan tahun 2017 kemarin, Sekolah akreditasi A yang boleh mendaftar hanya 50%, B hanya 30% dan C hanya 20% terbaiknya, untuk yang belum terakreditasi hanya 5%.

Dengan semakin tinggi Akreditasi makan semakin besar lolosnya.

TIPS: Tanyain ke BK berapa nilai sekolahmu. Soalnya akreditasi A itu aja ada nilainya 91, 92, ataupun 97, dsb. 

5. Berdoa 

Kunci utama adalah berdoa dirisendiri dan keluarga. Karena fakto ini tidak dapat diprediksi dan hanya kepada-Nya kita berserah diri. Rajin beribadah dan bermalah soleh.

Tips: Untuk yang muslim : Puasa senin-kamis, Sedekah, solat malam.

Jadi, Seleksi ini adalah seleksi tanpa tes dan penilainnya yang tau hanya panitia SNMPTN. Beberap Tisp diatas berdasrkan pengalaman kakak kelas penulis, guru BK, dan panitia SNMPTN yang sosilaisasi di SMA mimin.

Segitu dulu ya dari mimin semoga sobat yusufstudi selalu bersemangat dan pantengin artikel selanjtnya yang akan kami update demi kelulusan para siswa-siswa penerus bangsa Indonesia lebih baik.


Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Tips Memaksimalkan Peluang Besar Lolos SNMPTN 2018"