Cara Melihat dan Daftar DTKS BDT ke Dinas Sosial untuk KIP Kuliah 2020


Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara daftar bdt untuk kip kuliah atau data dtks untuk kip kuliah 2020

Ada informasi terbaru dari Permadani Diksi Nasional (Bidikmisi Nasional), bahwa menurut Dikti-Kemdikbud, bagi siswa yang ingin memperoleh dan mendapatkan bantuan bidikmisi diharapakan untuk terdaftar di Dinas Sosial terkait DTKS/BDT.


Nah, DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang dikelola oleh kementerian Sosial yang digunakan sebagai acuan untuk pemberia bantuan kepada masyarakat atau keluarga kurang mampu. Salah satunya untuk memperoleh program KIP Kuliah yang menggantikan peran Bidikmisi ini.

Cara cek dan melihat status kita di akun DTKS/BDT sudah terdaftar atau belum sebagai berikut.


Pertama, login ke alamat https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/kemsos/pencarian menggunakan browser baik smartphone atau PC ya.


Kedua, pilihlah bagian bagian “Pilih ID” yaitu “NIK” karena ini menyangkut perorangan bukan keluarga. Jadi, atas nama anda sendiri ya. Jika sudah isikan Nomor NIK kalian (biasanya ada di KTP atau di kartu keluarga (KK). Setelah itu, masukkan captcha sesuai yang ada dan klik “cari”.


Setelah itu, jika kalian sudah terdaftar maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Akan tetapi jika belum, maka tampilan akan kosong.

Mengapa Data DTKS ini Penting untuk KIP Kuliah?

Data DTKS BDT ini menggunakan NIK (Nomor Induk Keluarga) sehingga nantinya NIK inilah yang akan dilakukan sinkronisasi host-to-host dalam pogram KIP Kuliah. Intinya adalah bagi yang mendaftar KIP kuliah (tidak mempunyai KIP Pelajar/KKS) harus mempunyai data DTKS ini sebagai bukti datanya. 

Jadi, wajib diurus walaupun waktunya memang lama butuh 1-3 bulan proses, tetapi tetap akan diproses sebagai pelamar KIP kuliah jika sudah terdaftar di DTKS. Bagi yang sudah mempunyai KIP/KKS bisa langsung diisi dilaman pendaftaran SNMPTN/SBMPTN kolom "KIP Kuliah".

Bagaimana jika tidak terdaftar BDT tetapi terdaftar sebagai penerima KIP/KIS ? saran dari akun Permadani Diksi adalah siswa diharapkan untuk mendaftarkan diri ke Dinas Sosial Setempat.

Cara mendaftar ke Dinas Sosial untuk pengajuan data BDT/DTKS untuk KIP Kuliah 

Pertama. Siswa meminta rekomendasi dari desa (SKTM) sebagai syarat untuk mendaftarkan diri bahwa benar-benar “termasuk keluarga yang kurang mampu dalam segi ekonomi” dan untuk syarat mengajukan “Pendataan DTKS/BDT untuk Pengajuan KIP Kuliah”.

Kedua, setelah mendapatkan surat SKTM (surat rekomendasi dari desa) ini maka langsung saja ke Dinas Sosial Kabupaten/kota untuk mengurusnya.

Berkas untuk pengajuan BDT ke Dinas Sosial setempat untuk KIP Kuliah 2020 pada umumnya sebagai berikut.
  1. Fotocopy (FC) KK dan KTP
  2. FC Rekening Listrik 3 bulan terkahir atau struk pembelian pulsa listrik
  3. Foto rumah (tampak depan, samping, dan ruang tamu dimana terdapat anda dalam foto depan dan ruang tamu)
  4. Surat Pengantar RT/RW bahwa benar-benar warga daerah situ dan kurang mampu
  5. SKTM dari desa/kecamatan
  6. Membawa KTP orang tua (+ FC)
  7. Bukti Pajak PBB rumah + tanah yg dipunyai (+FC)
  8. Membawa kartu KIS/KIP PELAJAR/KJS/KPS (Jika mempunyai)
Untuk prosedur dan berkas, akan beda tiap kabupaten/kota. Jadi, silahkan ditanyakan dahulu saja disana tentang berkas, bagaimana alurnya dan syarat apa saja yang dibawa. Supaya tidak bolak balik menghabiskan waktu.

Karena proses yang panjang dan butuh validasi maka diharapkan mengajak orang tua dalam proses pedaftaran serta membawa bukti lain seperti KIP/KIS/atau KPS jika mempunyai.

Pengajuan harus siswa secara langsung, tidak bisa diwakilkan
Alur untuk mendaftarkan diri di data DTKS/BTD


| Baca Juga : Mengenal Prosedur, Syarat dan Ketentuan Lengkap dan Tuntas Tentang KIP Kuliah 2020

Update terkahir 18 Februrai 2020 berdasarkan draft Panduan KIP Kuliah. Akan diupade jika resmi sudah keluar
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

7 comments for "Cara Melihat dan Daftar DTKS BDT ke Dinas Sosial untuk KIP Kuliah 2020"

  1. Kak mau tanya, kan di tulisan kakak di atas butuh waktu 1-3 bulan ya kak buat terdaftar bdt. Kalo saya baru buat sekarang sedangkan tanggal 30 maret nanti udah mulai daftar sbm kira kira nanti kip kuliah saya udah bisa digunakan atau belum ya kak? Makasih bantuannya

    ReplyDelete
  2. Kak, saya sama juga. Krn dr kmaren sy bingung org tua sy dah k ktr lurah buat nanya dtks skalian mo pengajuan, ttp mrka jwb hrs tunggu pendataan bln april nanti. Smntra akhir maret ddtr kip k sdh tutup. Bgmn solusiny. Mhn pencerahannya kk.

    ReplyDelete
  3. Mohon kesediaannya dengan sangat pihak yang terkait untuk menjawab kedua pertanyaan diatas, karena banyak yang menunggu konfimasi jawabannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Ka kalau pas di cari munculnya nm prov nm kab nm kec itu gimana?

    ReplyDelete
  5. kak, aku blm punya sktm gimana?

    ReplyDelete
  6. Kak nomor NIK saya salah satu angka, tdk sesuai dengan data emis, sehingga saya tdk bisa daftar sampai sekarang. Apa yg harus saya lakukan pak. Mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
  7. Kak mau nanya, kan saya mau mengurus bdt ke dinas sosial setelah ujian sekolah ini tapi ternyata ada kendala terkait munculnya kasus virus lalu di tutup nya kantor2 kemungkinan buka sampai tgl 30 lalu tgl 30 kami sudah ujian nasional lagi, dan pendaftaran akan tertutup. Jadi solusinya gimana kak? Sementara prosesnya juga membutuhkan waktu yg lama

    ReplyDelete

Post a comment