Yusuf Studi - Selamat datang di blog pendidikan saya Yusuf Studi Multimedia. Sekarang adalah waktunya bagi anak kelas XII untuk memikirkan masa depannya mau kuliah kemana kan? pasti bingung mau lanjut kemana dan jurusan apa kan? itu wajar saja kok. Apalagi kalian baru selesai UAS yang bikin hmmm. hehe. oke langsung saja lah. Ada beberapa jalur masuk ke UGM antara lain PBU ,SNMPTN, SBMPTN, dan masih banyak lain. Bisa dicek di web ugm aja karena banyaknya jalur masuk ke ugm di  http://um.ugm.ac.id/ . Salah satu jalur khusus masuk ke UGM yang sangat terkenal adalah UM - UGM atau UTUL(Ujian Tulis). Seperti halnya SBM jalur masuk ini menggunakan sistem tes yang soal-soalnya dibuat oleh pihak UGM dan tergolong lebih sulit. Langsung saja bisa di download untuk soal UM UGM atau UTUL UGM 2016 untuk mata pelajaran Matematika IPA paket 381 di bawah ini ya.. cuss

Soal Matematika IPA 381 2016 - [UNDUH]

Sekian dari saya semoga bermanfaat. Maaf jika banyak coretan di soal. Abaikan jawaban di soal tersebut ya. hehe. oke untuk soal selanjutnya akan saya tambah untuk Biologi, Kimia, dan Fisika nya. Tunggu ya..

Unduh juga :

Soal UTUL UGM 2005- 2006 (unduh

Soal utul FISIKA 2016 (Unduh)

Soal UTUL semua (unduh)

ig/fb: @yusufabdhul

Tags : Soal dan Pembahasan UM-UGM UTUL UGM 2016, UTUL UGM, Soal Utul ugm 2016

[PDF] Baru Download Soal UTUL UGM 2016 Matematika IPA

Yusufstudi.com - Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 (SBMPTN) akan dilaksanakan tanggal 8 Mei 2018. Soal-soal cetak sudah dikirim ke daerah-daerah di Indonesia yang menjadi panlok diseluruh Indonesia.


Sebelum melakukan tes ujian SBMPTN 2018 yuk list apa saja yang dibawa dan syarat apa yang harus dipatuhi ya. Baca sebagai berikut


1. Peserta harus sudah datang ditempat ujian sehari sebelum  ujian. Tujuannya yaitu supaya peserta mencari ruang untuk ujian dan tidak salah ruangan.

2. Membawa pensil 2B seceukupnya (Saranku sih bawa min 2), rautan, karet penghapus yang bersih, bolpoint, yang tebal.

3. Membawa fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah bagi angatkan lulusan 2016 dan 2017 serta minimal membawa SKL (Surat Keterangan Lulus) dari sekolah yang ditempelkan foto bewarna terbaru dan dibubuhi cap bagi lulusan 2018.

*) Catatan
    a. Bagi lulusan 2018 yang SKL memakai foto hitam putih karena aturan sekolah tidak masalah dibawa saja. Bagi yang tidak ada foto silahkan minta lagi dan ditempel foto serta di cap. 
 Apa fungsinya? fungsinya adalah mengecek apakah benar-benar yang mengerjakan soal adalah kamu aslinya jadi sebaiknya ada fotonya ya.
    b. Bagi yang tidak ada SKL tapi SKHU atau SKHU sementara sudah keluar bawa saja SKHU tersebut tanpa ada SKL tidak apa-apa.

4.  Peserta dilarang memakai pakaian dengan kaos oblong/T-shirt/tidak berkerah. Pakailah pakaian berkerah/kemeja/kaos polo(kalau terpakasa tidak ada).

5. Peserta sampai ditempat ujian 30 menit sebelum Ujian dimulai

6. Peserta dilarang membawa tabel matematika, rumus, dsb serta dilarang membawa alat elektronik seperti jam digital, handphone, kalkulator dsb kedalam ruang ujian.

7. Peserta membawa Kartu Ujian Peserta SBMPTN 2018. Dicetak dengan jelas ya bisa memakai kertas F4/A4

8.Peserta duduk sesuai nomor yang ada di Kartu ujian 

9. Peserta yang kehilangan kartu peserta segera melapor ke pengawas ujian.
Nah, udah tau kan apa saja yang dibawa dan apa saja yang dipakai. Untuk itu siapkan dengan matang-matang dan penuh keihklasan supaya lancar dalam mengerjakan ujian.

Untuk jaga jaga dan memaksimalkan dalam ujian siapkan hal berikut :  Hal Penting Jangan Dilupakan Sebelum Ujian SBMPTN 2018



Apabila artikel ini membantu silahkan dibagikan ke yang lain ya jangan lupa bagi yang bingung atau perlu ditanyakan langsung komentar di kolom komentar ya. Kami akan membalas 1-5 menit setelah ada notifikasi komentar masuk.

-  - - - - - - - - -
Penulis : Yusuf 

Bingung Pakaian yang Dipakai, SKL dan Aturan Lain? Baca Sebelum Tes SBMPTN 2018

Yusufstudi.com - Sebentar lagi ujian SBMPTN 2018 segera dilaksanakan. Pelaksaan Ujian SBMPTN 2018 dilaksanakan pada tangga 8 Mei 2018. Sebelum ujian SBMPTN yuk kenali beberapa tips dan hal penting yang harus disiapkan sebelum melaksanakan ujian

Tips ini diberikan karena kesalahan-kesalahn yang sering dilakukan oleh peserta SBMPTN yang terkadang mengabaikan hal-hal kecil yang padahal itu penting dan sangat krusial lho. Nah apa saja sih hal yang harus disiapkan sebelum melaksanakan Ujian SBMPTN 2018?

yusufstudi.com - Langka Sebelum Ujian SBMPTN

1. Cek Ruang Ujian H-1

 

Melakukan cek ruang ujian sebelum ujian dimulai sangatlah penting. Oleh karena itu, sebelum hari ujian atau minimal tgl 7 Mei 2018 sudah sampai di wilayah sekitar tempat ujian. Untuk yang rumahnya jauh dari tempat tes segera sampai di tempat sekitar wilayah tes pagi hari tanggal 7 Mei 2018 dan mencari kos harian.

Apabila mempunyai kakak kelas yang kuliah disekitar wilayah tersebut minta bantuan saja untuk menginap 1 hari satu malam dan pasti mau membantu kok. Nah, setelah sampai di tempat segera kunjungi dan cari tempat ujian kalian misalnya di PTN X, Ruang 1.02 fakultas Y. Minta bantuan kakak kelas atau dengan mencari mandiri.

Apasih manfatnya? biar kalian tidak dadakan mencari ruang ketika udah mulai ujian di hari H. Kebanyakan siswa sih menganggap bahwa wilayahnya dekat dan tidak mencari ruang sebelum hari H dan ketika hari H ujian kebingungan mencari ruangannya.

Akibat fatalnya adalah telat masuk ke ujian ataupun malah tidak tenang mengerjakan ujian dengan baik dan hasil yang akan dipengaruhi.

 

2. Makan Pagi (Sarapan)

 

Jumlah soal dalam ujian SBMPTN tidak tanggung-tanggung dan banyak. Apalagi aturan penilaian di SBMPTN 2018 yang baru ini tidak diketahui juga jumlah soal dan jenis soal apa saja yang keluar sehingga diperlukan energi untuk berjam-jam mengerjakan soal ujian. 

Oleh karena itu, makanlah makanan yang mengenyangkan dan mengandung protein yang banyak karena dapat menahan lapar lebih lama seperti telur, minum susu, makan tempe dan tahu disaat sarapan.

 

3. Bawa Bekal Cukup


Ternyata sarapan saja tidak cukup sobat, maka bawalah bekal yang cukup minimal untuk mengisi perut yang kosong. Biasanya antar ujian ada istirahat selama setengah jam. Misal antara Saintek dan TPA ada jeda istirahat. Nah, ini jangan digunakan sepenuhnya untuk mengulas materi untuk TPA. Sebaiknya makan dan minum dulu untuk suplai energi dan minum yang banyak supaya tidak dehidrasi.

Hal yang penting dalam bekal ini adalah minum air putih (air mineral) dan vitaminn C buat jaga-jaga ya

Nah bekal yang tidak kalah penting adalah ALAT TULIS. Bawa alat tulis dengan sangat cukup
 Pensil 2B minimal 2 - Sudah diraut semua sebelum masuk kelas
 Penghapus Minimal 2
 Rautan
 Pena yang cukup tebal - Biasanya untuk tanda tangan
 

4. Bawa Penunjuk Waktu


Nah, inilah yang sering dilupakan bagi siswa yang ingin menjalani ujian SBMPTN. Sebenarnya dengan membawa Jam tangan hal tersebut membantu kita mengatur strategi sperti pembagian waktu tiap bagian soal sehingga tidak kelupaan akibat fokus salah satu soal saja yang sulit sedangkan waktu terus berjalan.

Akan tetapi sejak adanya CBT, maka ini hanya berlaku untuk PBT ya karena menyiapakan saja ketika ruangan tidak ada jam dinding jadi bawa saja. Untuk CBT biasanya ada waktu dilayar monitor.

 

5. WAJIB! Bawa Dokumen SBMPTN 2018


Syarat utama mengikuti Ujian SBMPTN 2018 adalah membawa berkas yang diperlukan . Dokumen yang perlu dibawa adalah

Kartu Tanda Peserta Ujian SBMPTN 2018 - Dicetak menggunakan kertas A4 atau F4 dengan landscape saja. Yang penting Nomor Ujian, dan foto terlihat dengan jelas

Kartu Identitas - Kartu identitas berupa KTP/SIM yang masih berlaku. Jika tidak ada maka bawa saja Kartu Tanda Siswa (KTS) 

Fotocopy Ijazah SMK/SMA/MA sederajat yang telah dilegaliasi. Untuk jaga-jaga dan apabila tidak membawa kartu Indentitas bawa juga Ijazah Aslinya untuk menunjukan bahwa yang tes adalah benar-benar sobat ya. Bagi yang belum memperoleh Ijazah khusunya lulusan 2018 maka membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) Asli yang dilegalisasi oleh sekolah dengan foto bewarna.

6. Teliti Ulang


Masuk ruangan setelah ada aba-aba masuk ya jangan masuk sebelum waktunya nanti dianggap cuarang lho. Nah, oleh karena itu setelah masuk dan duduk maka akan diberikan kertas ujian untuk diisi identitas terlebih dulu dan biasanya waktunya setengah jam sebelum ujian.

Jadi jangan sampai telat ya. Isi data dan pastikan semua terisi dan semua data yang terisi sesuai dengan apa yang ada pada kartu Ujian Peserta

Bagi peserta CBT setelah login cek semuanya apakah PC telah terhubung sempurna dan data yang ditampilkan tidak ada yang salah

Nah, apabila sudah maka bulatkan niat kalian untuk mengerjakan sebanyak mungkin soal dengan benar dengan manajemen waktu yang baik. Jangan tergesa-gesa apalagi melihat teman di bangku lain yang sudah banyak mengerjakan. Siswa tersebut juga belum tentu benar kok, jadi fokus ke kerjaan sendiri.

Jika ada data yang salah segera laporkan ke pengawasa seperti kertas rusak, sobek, ataupun yang lainnya. Jangan keluar ruangan terlebih dahulu ya mendingan memanjatkan doa biar lolos SBMPTN 2018

Semoga bermanfaat share dan like jika artikel ini bermanfaat dan kami minta koreksinya dari pengunjung tentang artikel ini dengan komentar ya

- - - - - - - -
Penulis    : Yusuf (Owner)
Editor      : -

Hal Penting Jangan Dilupakan Sebelum Ujian SBMPTN 2018

Yusufstudi.com - Pendaftaran SBMPTN 2018 telah ditutup dan  hal yang dilakukan sekarang adalah belajar dengan giat dan bisa mendalami semua soal-soal yang pernah ada. Akan tetapi, SBMPTN 2018 ini memiliki sistem baru terkait dengan Penilaian SBMPTN 2018 yang berbeda dari tahun sebelumnya.


Penilaian SBMPTN tahun-tahun sebelumnya setiap soal yang diberikan diberi nilai masing-masing tergantung dengan syaratnya.
 - Apabila peserta menjawab soal dengan benar maka akan mendapat nilai +4 per soalnya
 - Apabila peserta menjawab soal dengan salah maka akan mendapat nilai -1 per soalnya
 - Apabila peserta tidak menjawab soal maka akan mendapat nilai 0 per soalnya

Nah, apabila dengan menggunakan sistem lama maka kita bisa mengatur strategi dengan mentarget minimal mengerjakan berapa soal, berapa soal yang harus dikerjakan, serta tidak ada yang namanya nilai mati.

Dengan adanya penilaian +4, -1 , dan 0 membuat strategi sangatah digunakan dan bahkan orang yang pinter saja kalah dengan orang yang memiliki strategi dan orang BEJO. hehe karena kalo sudah bejo tidak ada yang bisa dipungkiri. Kebanyakan menggunakan strategi sih

Nah, aturan baru Penilaian SBMPTN 2018 sebagai berikut: Silahkan baca ketentuan Penilaian SBMPTN 2018

Intinya yaitu tidak ada penilaian terkait dengan jika benar (+4), salah (-1), dan tidak menjawab (0). Sehingga susah dilakukan strategi untuk lolos SBMPTN 2018.

Terus bagaimana penilaiannya?

Dalam penilaian SBMPTN 2018 silahkan baca di link diatas, ada poin penting yaitu
Metode penilaian ujian tertulis pada SBMPTN 2018 tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar dan salah oleh peserta, tetapi juga memperhitungkan karakteristik setiap soal khususnya tingkat kesulitan relatif dan sensitifitasnya dalam membedakan kemampuan peserta.
Sehingga penilaian berdasarkan tingkat kesukaran soal. Apabila sama-sama menjawab maka yang menjawab soal yang sulit mendapatkan poin yang lebih daripada soal yang mudah. Gampangnya jika menjawab soal mudah dengan benar mendapatkan 1 poin maka menjawab soal yang sulit dan benar mendapatkan 4 poin.

Dalam ketentuan ini pula tidak ada nilai minus apabila jawaban yang diisian salah sehingga peluang lebih besar karena bisa jawab "NGAWUR" dan apabila benar itupun rejeki.

Nah, trus bagaimana membedakan soal yang sulit dan yang susah? karena sudah banyak yang membahas  di blog-blog lain dan hanya panitia yang tau soal-soal yang sulit maka kita hanya bisa menerka-menerka dengan akal kita saja.

Jika dilihat poin berikut :
Tahap II, dengan menggunakan pendekatan Teori Response Butir (Item Response Theory) maka setiap soal akan dianalisis karakteristiknya, diantaranya adalah tingkat kesulitan relatifnya terhadap soal yang lain, dengan mendasarkan pada pola response jawaban seluruh peserta tes tahun 2018. Dengan menggunakan model matematika, maka akan dapat diketahui tingkat kesulitan soal-soal yang dikategorikan relatif mudah, sedang, maupun sulit.
Apabila melihat dari kalimat yang aku kasih cetak tebal menunjukkan bahwa sulit tidaknya soal tergantung dengan respon (jawaban) dari semua peserta tes SBMPTN 2018. Mudahnya yaitu sebelum jawaban diberi penilain maka diuji secara statistik, soal mana saja yang banyak dijawab oleh peserta dan soal mana saja yang sedikit dijawab oleh peserta.  Nah, untuk soal-soal yang jarang atau bahkan tidak ada yang menjawab maka akan diberikan skor poin yang tinggi karena dianggap siswa yang mengikuti tes kesulitan menjawab dan tidak menjawabnya dengan benar. Sedangakan soal yang dijawab oleh banyak siswa dan benar maka akan diberikan skor yang rendah karena sistem menggangap bahwa soal tersebut mudah dan bisa dikerjakan oleh semua siswa dengan benar.

Jadi strategi untuk SBMPTN 2018 ini adalah siswa harus memahami semua materi yang ada, sehingga semua soal terjawab dengan benar. Apabila terpaksa tidak tau caranya atau tidak tau jawabannya maka lebih baik dijawab aja seadanya yang mendekati karena tidak ada nilai minus ketika menjawab salah maupun tidak menjawab. Siapa tau rezeki dan benar kan

dan yang terpenting adalah Doa kepada Yang Kuasa untuk dilancarkan ujiannya dan minta izin orang tua sebelum tes dan minta maaflah kepada kedua orangtua ketika punya salah.

Opini penulis
Penulis : Yusuf (Owner yusufstudi.com)
Editor : Kritik dan saran visitor

[Mungkin] Berikut Penjelasan Tentang Sistem Penilaian SBMPTN 2018

Yusufstudi.com - Kebiasaan membetuk jati diri dan karakter sangat penting bagi anak demi mas depan yang gemilang nantinya. Kebiasaan merupakan hal yang membuat karakter seseoarang menjadi berubah. Karakter buruk membuat seseorang juga menjadi buruk begitu sebaliknya.

Maka untuk membentuk anak menjadi seseorang yang baik maka harus dimulai sejak kecil dengan kebiasaan baik. Kebiasaan baik dimulai dari hal yang kecil dan dilakukan setiap hari mulai bangun tidur sampai tidur kembali.

Ada beberapa ciri yang menggambarkan kebanyakan anak cerdas. Akan tetapi, ini bukan  hal mutlak. Biasanya anak cerdas sering begadang pada malam hari. Cerdas berbeda dengan pintar ya kawan. Pengen tau bedanya? carai aja di buku-buku banyak kog.


Oke, langsung saja ini yang biasa dilakukan anak cerdas pada malam hari.


1. Mengulas Ulang Mata Pelajaran

Bagi anak yang sudah mulai beranjak ke dunia Pendidikan, hal yang paling mencolok yaitu rasa ingin tahu. Biasanya anak yang cerdas ingin mengulas mata pelajaran yang diajarkan pada pagi harinya. Akan tetapi, saat udah dewasa rasa ini semakin turun. Ciri ini lah yang membedakan, jadi anak yang masih kepo-kepo sampai dewasa dan mempelajari materi yang pernah diajarkan adalah salah satu buktinya.

.

2. Mengembangkan Diri

Mengembangkan diri sesuai hobi yang dimiliki. Setiap orang pastinya memiliki hobi masing-masing dan terkadang bagi anak cerdas hobilah yang menjadi hal penting supaya akademisnya bagus kareba hobi bisa menjadi tempat meluapkan perasaan bahkan bisa menghasilkan sesuatu dari hobi itu lho.

3. Mencatat

Ciri anak cerdas selanjutnya adalah selalu mencatat baik materi da yang paling mencirikan anak cerdas adalah mencatat hal yang tidak disuruh. Misalnya hari ini diajarkan bab matematika turunan, tetapi si anak malah belajar bab integral padahal bab itu masih jauh. Mencatat hal yang ditemui siapa tau bisa jadi ide bagus dan brilian.

4. Merenung


Merenung bukan berarti introvet ya. Mereng disini adalah menyadari kesalahan kekurangan dan kelebihan. Dengan begitu akan dekat dengan Yang Maha Kuasa. Anak yang cerdas biasanya rajin ibadah dan suka memaafkan seseorang.

Bagaimana dengan kalian? sudah?

Ini Yang Dilakukan Anak Cerdas Malam Hari. Bagaimana Kamu?

Yusufstudi.com -Selamat ya bagi kalian yang lolos SNMPTN 2018. Ciee Maba nih yee. Bauta kalian yang belum lolos SNMPTN 2017 silahkan mendaftar SBMPTN dan penutupan pendaftaran SBMPTN 2017 sudah menghitung hari. Segera daftar supaya tidak telat.

Bagi kalian yang lolos SNMPTN jangan seneng dulu karena masih ada proses pendaftaran ulang di masing-masing PTN. Syarat dan ketentuan berkas apa saja yang dibawa tergantung kebijakan PTN ya. Jadi, silahkan update web masing-masing PTN yang menerima kalian.
 


Syarat dan tahapan bagi yang lolos SNMPTN 2018 selanjutnya adalah :

1. Melakukan Verifikasi berkas (Ijazah dan Portofolio) ke PTN masing-masing
2. Proses Verifikasi/daftar ulang dilakukan tanggal 8 Mei bebarengan dengan Tes SBMPTN 2018
3. Membawa berkas lain yang dibutuhkan, salah satunya Kartu Peserta SNMPTN dan Keterngan lolos SNMPTN 2018 di PTN yang bersangkutan.
4. Verifikasi Bidikmisi bagi peserta pelamar bidikmisi (*yang di kartu pesertanya terdapat tulisan : Pelamar Bidikmisi ya)

Nah, untuk untuk biasanya untuk masalah pendaftaran ulang semua pengumuman sudah di tangan masing-masing PTN, panitia SNMPTN sudah tidak berurusan lagi.

Jadi kalian kunjungi web Pendaftaran ulang masing-masing PTN ya, soalnya biasanya disuruh mengisi data-data penting seperti alamat, gaji, pekerjaan, dsb sebelum melakukan verifikasi tgl 8 mei 2018.

Untuk mengetahui laman web masing-masing PTN silahkan lihat di bagian paling bawah hasil pengumuman SNMPTN kalian yang LOLOS ya. Nah disitu ada link menuju web daftar ulang masing-masing PTN. Jika masih bingung silahkan tanyakan pada kaka tingkat yang kuliah di PTN tersebut. 

Jangan tanya saya ya hehe.

Banyak yang tanya bagaimana cara mencetak kartu setelah pengumuman SNMPTN?  Apakah gagal SNMPTN?

Maaf ya admin juga banyak pertanyaan tentang itu da akhirnya tau solusinya. Jadi, kalian bisa mencetak ulang Kartu SNMPTN 2018 setelah pwngumuman. Hal ini ditegaskan pada laman web SNMPTN (pada gambar)
Disitu dijelaskan pada kolom bewarna kuning Pencetakan kartu SNMPTN ulang.

 Jadwal pencetakan ulang kartu pendaftaran: 18 April 2018 - 8 Mei 2018. 
Untuk cara bagaimana mengunduhnya silahkan login ke pendaftaran SNMPTN dengan menggunakan NISN dan Password saat kalian daftar SNMPTN dulu ya pada laman http://web.snmptn.ac.id/ kemudian unduh Kartu Peserta SNMPTN nya

Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat kalian semua.

Salam Admin, jika bisa silahkan komentar dibawah ya.

Langkah Penting Setelah Lolos SNMPTN 2018 dan Cetak Kartu SNMPTN

Yusufstudi.com -  Selamat bagi yang lolos SNMPTN 2018 ya. Pengumuman SNMPTN 2018 dibuka mulai tanggal 17 April 2018 pukul 17.00 WIB.

Bagaimana cara membuka Pengumuman SNMPTN 2018?


Pertama, silahkan buka http://snmptn.unair.ac.id/ atau http://pengumuman.snmptn.ac.id/

kedua, masukkan Nomor pendaftaran SNMPTN dan tanggal lahir

Ketiga, silahkan klik "lihat hasil"

Nah, masalahnya adalah bagaimana untuk siswa yang belum sempat mengunduh kartu SNMPTN 2018 sehingga tidak tau No. Pendaftarnya atau kartu SNMPTN hilang?

Solusinya adalah silahkan hubungi pihak sekolah yang mengusi SNMPTN kalian, biasanya BK. BK akan login ke akun SNMPTN dengan akun sekolah, nah distu bakal ada list siapa aja yang lolos dan tidak SNMPTN 2018. Selain itu ada juga No. Pendaftaran kalian juga.

Atau bagi kalian yang tidak sabar menunggu besok untuk tanya ke BK, solusinya adalah Download Pengumuman Siswa Yang LOLOS SNMPTN 2018 disini : s.id/1Fdm

Nah kalian buka file.pdf tersebut pake laptop/HP kalian dan cari nama kalian dengan bantuan CTRL+F (untuk laptop) atau memakai hp dengan menu search di aplikasi pembuka file pdf kalian

Apabila kalian lolos maka akan muncul nama kalian disana, jika tidak lolos maka NAMA kalian tidak akan mucul di File tersebut.

Apabila sudah ketemu copy nomor pendaftaran kalian yang sebaris dengan Nama kalian yang terdapat nomor 418xxxxxxx yang berjumlah 10 digit.

Jika sudah masuk ke http:pengumuman.snmptn.ac.id dan ketik nomor pendaftaran dan tanggal lahir kalian disitu dan silahkan lihat diterima jurusan apa dan di PTN mana

Semoga membantu ya, komentar bagi yang bisa terimakasih banyak

Cara Membuka Pengumuman SNMPTN Jika Nomor Pendaftaran SNMPTN Hilang atau Lupa

Yusufstudi.com - Pendaftaran SBMPTN 2018 sudah dibuka mulai tanggal 5 April 2018 kemarin. Antusias pendaftar tahun ini sangatlah tinggi, pasalnya
baru saja dibuka, 2 hari kedepannya sudah banyak yang daftar dan bahkan sampai-sampai, banyak mahasiswa yang sudah kuliah saja mendaftar lagi dengan banyak alasan.

Tutorial mendaftar SBMPTN 2018 Bidikmisi

SBMPTN 2018 ini, tesnya dilakukan dengan menggunakan Komputer (UTBK) dan berbasis cetak (UTBC) sedangkan untuk pendaftaran UTBK, dibuka mulai tanggal 15 April 2018.
Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi pendaftar SNMPTN supaya bisa mengikuti UTBK juga dan tidak habis duluan.

Khusus Pendaftar SBMPTN 2018 dengan BIDIKMISI, Pendaftaran hanya bisa dilakukan setelah pengumuman SNMPTN 2018 ya, yaitu setelah tanggal 17 April 2018.

Untuk cara Pendaftaran SBMPTN bidikmisi, tidak seperti pada pendaftar reguler karena ketika kalian mendaftar dengan atas nama Bidikmisi maka kalian tidak disuruh untuk membayar pendaftaran Rp 200.000,-.

Begini cara Mendaftar SBMPTN 2018 bagi Pelamar Bidikmisi dengan Benar

Pertama, masuk halaman http://bidikmisi.dikti.go.id/ dan klik/pilih menu "SISWA"

Selanjutnya, login menggunakan "Nomor Pendaftaran dan Kode Akses", yang didapatkan dari Rekomendasi Sekolah. Bagi yang kemarin sudah dapat dan bisa daftar SNMPTN Bidikmisi silahkan langsung login saja. Jika lupa, tanyakan kepada guru BK sekolah.

Kemudian pilih menu "seleksi" dan pilih kolom "SBMPTN". Nanti setelah kalian klik, maka akan mendapatkan KAP dan PIN. Nah, KAP dan PIN inilah yang nanti berguna untuk mendaftar ya. Jangan sampai lupa dan dicatat saja.

Setelah selesai dengan akun di bidikmisi, sekarang masuk ke halaman pendaftaran SBMPTN 2018.

Pertama, silahkan masuk ke http://pendaftaran.sbmptn.ac.id/ tunggu sampai muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian, klik menu A, karena sebagai pelemar Bidikmisi.


Kemudian, Akan muncul tampilan dibawah ini dan pada kalimat "Apakah anda peserta Bidikmisi ?" silahkan klik "Ya" dan tunggu sampai loading selesai.



Setelah itu masukkan KAP dan PIN yang kalian dapatkan tadi dari langkah diatas yang di akun bidikmisi untuk mendapatkan KAP dan PIN.

Isi CAPTCHA dan klik Daftar.

Selesaikan pengisian data ya dan ingat JANGAN SAMPAI SALAH karena kalian pendaftar Bidikmisi.

Gampangnya gini:
Buat kalian semua pendaftar, ada peringatan dibawah yang berbunyi " Kesalahan pengisian dalam borang ini dapat berakibat anda harus membayar biaya lagi". Jadi Apabila terjadi kesalahan tidak dapat dibenarkan lagi.
SATU akun PIN dan KAP hanya bisa untuk SATU KALI PENDAFTARAN. Jika ingin daftar lagi karena daftar salah, maka harus bayar lagi.

Nah, bagimana dengan Bidikmisi? ya itu, PIN dan KAP bidikmisi untuk SBMPTN hanya ada SATU, jadi kalian harus hati-hati. Jika tidak ya tanggu sendiri ya.

Sekian, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan pendaftaran untuk Bidikmisi ini jangan tanyakan pada kami, karena kami bukan panitia dan sudah dijelaskan diatas bahwa harus berhati-hati.
Jika kalian gegabah dan ternyata salah, ya gimana lagi udah gede kok gak mau baca aturan, syarat, dan ketentuan yang berlaku

penulis (yaa/ys)



[Tutorial] Mendaftar SBMPTN 2018 bagi Pelamar Bidikmisi dengan Benar