Yusufstudi.com - Siswa kelas 12 sudah mulai memikirkan untuk melajutkan ke jenjang  yang lebih tinggi yaitu dunia perkuliahan. Jalur yang disediakan oleh pemerintah dalam memasuki dunia perkuliahan negeri ada dua yaitu SNMPTN dan SBMPTN.

Untuk jaluk SNMPTN, adalah jalur masuk perguruan tinggi dengan menggunakan rapor siswa mulai dari semester 1-5 dan beberapa prestasi yang dipunyai oleh peserta yang mendaftar. Banyak faktor yang menjadikan lolos tidaknya SNMPTN karena sebelum memasuki seleksi SNMPTN ada seleksi per sekolah untuk siapa saja yang boleh daftar nantinya.

Untuk mekasimalkan tingkat kelolosan SNMPTN silahkan baca Tips Memaksimalkan Peluang Besar Lolos SNMPTN

Sistem masih seperti tahun lalu untuk SNMPTN tidak banyak berubah. Untuk perubahan hanya terkait kuota dalam seleksi. Baca Mekanisme singkat tentang SNMPTN

Dalam 3 jalur yang ada, prosentasi masing-masing jalur masuk PTN adalah SNMPTN ( Maksimal 20%), SBMPTN (Minimal 40%), dan Mandiri (30%). Untuk mandiri sesuai dengan kebijakan masing-masing PTN karena ada PTN yang tidak menyelenggarakan jalur mandiri ini ya. Nah untuk perangkingan dalam sekolah juga turun.

Mekanisme perangkingan masing seperti tahun lalu. Untuk memahami silahakan baca  Cara Perankingan SNMPTN 2018!

Jadi untuk Sekolah dengan akrediasi A yang boleh mendaftar nantinya hanya 40% saja (turun 10% daripada tahun lalu yaotu 50%), begitupun untuk Akreditasi B, C dan belum terakreditasi juga akan turun. Untuk lebih pastinya akan diumumkan melalui laman resmi di www.snmptn.ac.d pada 4 Januari 2019 nanti.

Sedangkan untuk jalur yang kedua, yaitu SBMPTN yang sistem tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Untuk tahun lalu menggunakan tes TKD (soshum dan saintek) dan TKPA sedangakn sekarang menggunakan tes TKPA dan tes skolastik.

Tes TKPA dan Skolastik ini berguna untuk mengetahui keunggulan, minat, dan bakat dari masing-masing siswa.

Pada tes SBMPTN 2019 nanti akan dikenakan biaya Rp200.000,00 sekali tes (TPA+skolastik) dan maksimal bisa tes dua kali saja. Sistemnya nanti setelah melaksanakan tes nilai akan keluar sekitar 10 hari. Apabila nilai dirasa masih rendah bisa mengulang lagi tetapi hanya satu kali saja. Yang dipakai untuk mendaftar adalah nilai yang paling tinggi.

Tes ini akan dilaksanakan berbasis komputer dan dilaksanan sebanyak 24 kali selama beberapa bulan (sekitar 1-4 bulan).

Informasi ini supaya diperhatikan dan pihak pantia akan mengadakan sosialisasi terkait sistem baru ini kepad PTN dan sekolah-sekolah supaya tidak terjadi salah informasi.

*) Untuk informasi SNMPTN masih mengacu pada tahun 2018 ya. Update akan segera dilakukan menunggu rilis dari Panitia SNMPTN dan SBMPTN 2019 sekitar bulan Januari 2019 nanti.

Web resmi :
- SNMPTN ( www.snmptn.ac.id)
- SBMPTN  (www.sbmptn.ac.id)
Sumber referensi : malang.tribunnews.com

Aturan Baru SNMPTN dan SBMPTN 2019 (Akreditasi Sekolah dan Sistem Pelaksanaan)


Yusufstudi.com - Rencana ujian nasional SMA sederajat dimajukan. Tahun lalu (2018) ujian dilaksanakan bulan April, tahun ini oleh BSNP telah diumumkan bahwa ujian akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019.

Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Untuk mengunduh Kisi-kisinya klik link berikut : 





Semoga bermanfaat dan dapat dibahikan ke guru-guru ataupun siswa lainnya.

UN dan USBN SMA/SMK Sederajat 2019 Dimajukan! Ini dia Kisi-Kisinya, Jangan Lupa



Yusuf Studi (Yogyakarta) - Siswa SMA/SMK/MA sederajat sedang memasuki semester pertama kelas 12. Hal ini sebentar lagi akan memasuki masa pendaftaran masuk perguruan tinggi Negeri.
Ada 3 jalur masuk PTN yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Kita fokus sesuai judulnya yaitu membahas tentang bagaimana sih aturan SBMTPTN 2019? Apakah masih sama?

 Berdasarkan keterangan dari Ketua SBMPTN sekaligus rektor UNS Bapak Ravik Karsidi dilansir dari nasional.tempo.co, mengatakan bahwa SBMPTN 2019 tidak memakai Ujian berbasis Cetak dan Android seperti tahun sebelumnya.
Aturan main untuk SBMPTN 2019 berubah. Pertama, 2 metode diatas UTBC dan Android diganti menjadi UTBK (Ujian Berbasi Komputer). Perhatikan 5 hal berikut supaya tidak bingung.

1. Pelaksanaan. 
Pelaksanaan tes UTBK ini akan dilaksanakan sekitar 24 hari mulai maret hingga mei pada hari Sabtu dan Minggu saja. Selain itu, siswa pendaftar bisa menentukan sendiri kapan dan dimana tempatnya supaya tidak menumpuk pada satu kota saja.

2. Kesempatan Ujian 
Kesempatan setiap siswa untuk tes adalah 2 kali. Dengan begitu siswa dapat memilih nilai mana yang digunakan untuk daftar PTN dengan memilih nilai tertinggi dari 2 percobaan.

3. Pengumuman Hasil 
Hasil tes UTBK akan terbit setelah 10-15 hari. Sistem ini seperti pada tes TOEFL, dimana setelah tes akan ada report ke siswa terkait nilai dan masing-masing bagian berapa nilainya.

4. Jenis Tes 
Tes yang akan dijalani adalah tes TPA (Potensial Akademik) dan kemampuan komprehensif dan diberi waktu sekittar 2,5-3 jam.

5. Lolos PTN 
Nilai bukanlah penentu utama lolos PTN, karena dibandingkan dengan pendaftar lain dan rata-rata para pesaing. Saat tes belum memilih jurusan. Pemilihan jurusan setelah tau nilainya dan siswa baru memilih jurusan sesuai dengan minat dan pertimbanga nilai yang didapatkan

Jika ada yang ditanyakan bisa komentar atau hubungi kontak

Sumber : nasional.tempo.co

SBMPTN 2019 Berubah! Ini Rangkuman Aturan Barunya

Yusufstudi.com - Pimnas (Pekan ilmiah  Mahasiwa Nasional) ke 31 dilaksanakan di UNY sebagai tuan rumahnya.

Pengumuman juara umum dilaksanakan pada tanggal 1 september 2018 dan sekitar pukul 23.59 wib.

Juara umum pimnas 31 ini adalah Universitas Gadjah Mada dengan 7 Emas 2 perak dan 2 perunggu untul kategori presentasi sedangkan untuk poster UGM meraih 3 emas 1 perak dan 3 perunggu

Dalam hal ini banyak yang bilang TIM UGM sangat berkualitas. Kenapa? Karena yang masuk final hanya 13 tim dan bahkan tidak masuk kedalam 10 PTN dengan Tim di pimnas terbanyak. Tetapi tetap bisa menyabet piala umum ini.

Urutan hasil akhir sebagai berikut
1. UGM
2. UB
3. Undip
4. UI
5. UNY
6. ITS
7. PENS Surabaya
8. UNAIR
9. STKIP Muhamadiyyah Sampit
10. UNNES Semarang

Daftar Juara PIMNAS ke 31 Di UNY 2018

Yusufstudi.com - Pendaftarn SNMPTN 2018 sudah hampir mendekati penutupan. Penutupan SNMPTN 2018 yaitu tanggal 6 Maret 2018. Biasanya sih, kalo udah mendekati hari H, maka banyak yang membuka laman pendaftaran dan akan terjadi banyak kendala.

Salah isi data SNMPTN 2018
Salah isi data SNMPTN 2018

Kendala yang sering muncul adalah salah memasukkan data, salah memilih PTN dan pilihan jurusa, dan salah satunya adalah server down  dari laman SNMPTN. Biasanya ditandai dengan ketika memilih jurusan atau input data, tiba-tiba log out sendiri. Nahh, karena udah mendekati maka ayolah segera mengisi dan medaftar SNMPTN sebelum H-3 ya biar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Mengisi data sangatlah melelahkan karena banyak data yang diisi mulai dari data diri sampai prestasi dan finalisasi. Nah, banyak banget nih awal-awal dulu masalah Foto yang kurang benar, hilang, dan banyak lagi serta lupa memasukkan PIN dan KAP bidikmisi di laman SNMPTN 2018. Bagi kalian yang mengalami masalh ini silahakn benarkan caranya mengatasi Foto yang salah dan Lupa Memasukkan PIN dan KAP setelah melakukan finalisasi.

Akhir-akhir ini, di banyak grup yang membahasa tentang jalur masuk dan bahkan admin sendiri disini sebagai penulis banyak banget yang nanya dan chating dengan berbagai pertanyaan. Ya, aku sendiri juga kurang tau masalh itu karena aku bukan Panitia SNMPTN 2018 apalagi ditanya pengaruhnya terhadap SNMPTN 2018. Contoh pertanyaan yang ditanyakan kemarin-kemarin

Kak, aku salah memasukkan NIS dan KK karena gak teliti dan aku memasukkan NISN malahan. Bagaimana pengaruhnya dan solusinya?
Selain diatas, masih banyak pertanyaan yang sangat menarik terkait SNMPTN ini. Ini menunjukkan bahwa Siswa sekarang itu hanya percaya dengan omongan orang saja dan Tidak mau Membaca Aturan SNMPTN.

Ketelitianlah yang harus ditekankan disini sih, kalian ingin kuliah tapi masih tahap pendaftaran saja tidak membaca aturan, kurang teliti, dan sebagainya. Bagaimana PTN mau percaya kepada anda?

Terus, bagaimana solusinya kalo gitu kak? aku bingung kak.

Oke, jadi yusufstudi.com akan selalu membantu proses pendaftaran SNMPTN kalian dan memberikn solusi-soluis supaya semuanya bisa berjalan dengan membantu menanyakan ke panitia. Nih pesan dari panitia SNMPTN 2018 terkait masalah tersebut.

Solusi Salah Isi Data SNMPTN 2018
Solusi Salah Isi Data SNMPTN 2018

Dari pesan tersebut, buat kalian yang salah memasukkan data terutama NIS dan Uang Pembangunan (UP), solusinya adalah ketika nanti kalian diterima di PTN X, maka kalian ketika daftar ulang membuat dan membawa surat pernyataan bahwa :
                         "data yang diisikan benar-benar salah dan benar murid sekolah Y".
Nah, jadi kalian minta aja surat keterangan dari sekolah masing-masing ya. Kemudian, ketika nanti sebelum daftar ulang silahkan tanyakan ke PTN X mu, bagaiaman format surat pernytaannya atau ada syarat lain yang sekiranya bisa membuktikan kessalahan yang dibutuhkan PTN X?

Akan tetapi ingat ya. Semua keputusan tetap ditangan PTN masing-masing dan pengaruhnya salah isi data adalah yang menentukan pihak PTN masing-masing

Menurut pengalamanku, kalau kesalahan tidak fatal dan ringan seperti NIS, UP, SPP, alamat, itu masih bisa ditolerir karena  mungkin kurang tau dari siswa dan tidak berurusan dengan penerimaan.

Data-data seperti keadaan ekonomi, dsb pasti nanti akan ada form daftar ulang untuk mengisi ketika kalian udah diterima dari masing-masing PTN.

Mudah kan? makanya jangan andalkan SNMPTN ya, dan segeralah memulai untuk belajar SBMPTN supaya sudah siap dan saingan kalian akan berat ketika SBMPTN karena pesaing kalian yang gak lolos pemeringkatan sudah belajar mulai sekarang sedangkan kalian hanya nunggu SNMPTN?

Salam penulis
(yaa/ys)

sumber jawaban : halo.snmptn.ac.id

Pengaruh dan Solusi Salah Isi Data SNMPTN (NIS, Uang UP, Alamat,dsb) SNMPTN 2018

Yusufstudi.com -  Generasi yang sering kita dengar adalah generasi Milenial, ya kan? Nah kalian sendiri tau gak sih siapa generasi Milenial itu?

Generasi Z, Hati-Hati - Yusufstudi.com

Generasi milenial adalah orang yang merasakan setelah Gen-X yaitu yang lahir antara tahun 1980-an sampai  1998 awal. Entah apa pengelompokannya tapi hal ini sangat berbeda nyata ketika nanti dihubungkan dengan Gen-Z. Generasi Milenial sering disebut juga Gen-Y ya sobat.

Nah generasi Z sendiri banyak yang berbeda-beda pendapat terkait rentang tahunnya lho. Dilasir dari tirto.id, Menurut Agen pemasaran Sparks dan honey yang viral atas presentasinya menyebutkan bahwa generasi Z itu kelahiran mulai 1995. Menurut MTV, generasi ini lahir diatas tahun 2000. Generasi ini intinya sudah menikmati dunia yang serba Internet ketika tahun kelahirannya.



Nah, bagaimana di Indonesia? di Indonesia dimulai tahun 2000an ya, disini penyedia internet komersil sudah mulai masuk. Dengan era ini, maka para pelaku pemasar dan industri harus tau kebutuhan orang supaya dapat bersaing dalam perekonomian.

Dalam gen-Z ini, orang akan dimanjakan dengan internet mulai dari Sosial, Jual beli, maupun Liburan. Tidak perlu susah payah semua informasi bisa kita akses melalui internet terutama nih "Sosial Media" yang sangat cepat menyerbu orang-orang Indonesia. Memang dengan Sosmed ini banyak sekali keuntungannya mulai dari cepatnya arus informasi, pertemanan, administrasi, kerja, bahkan pendidikan.


Akan tetapi, hati-hati. Terlalu bebasnya dunia ini sangat bahaya bagi kita lho. Gen-Z ini dipandang tidak bisa lebih fokus daripada Gen-Z karena terlalu cepatnya informasi dan serba digital sehingga orang dimanjakan seakan-akan menjadi malas. Walaupun di Gen-Z ini masyarakat lebih terbuka, wirausaha, dan lebih cepat untuk kerja. Jika dibandingkan maka keburukan lebih banyak dibandingkan kebaikan dengan adanya internet di Indonesia ini karena penggunanya yang tidak bijak. Alasannya karena Indonesia mengenal digital sampai semua serba Internet berlangsung sangat cepat sehingga kurang memahami esensi didalamnya. Bebeda dengan negara asal pengembang teknologi yang bertahap pengenalannya sehingga sangat menghargai antar manusia secara riil tidak maya.

Siap tidak siap kita harus siap menghadapi hal ini
. Oleh karena ini marilah hati-hati dengan berita Hoax, ujaran kebencian yang sangat santer dibicarakan karena sifat orang Indonesia kebanyakan malas membaca dan hanya percaya dengan satu sumber saja. Padahal hal inilah yang menjadikan Indonesia dijajal dalam hal digital.

Sudah siap?

Merdeka . .  Merdeka . . . Merdeka . . . Bangsaku Indonesia  . . .
73 tahun Indonesia di Era Generasi Z


Siapa generasi Z? Hati-Hati!

Yusufstudi.com - Sudah hangat dibicarakan sejak tahun lalu, bahwa akan ada metode masuk perguruan tinggi yang akan menggantikan SBMPTN. Salah satunya yang muncul saat ini adalah metode SAT. Sebenarnya apasih Metode SAT ini, kok bisa menjadi jalur masuk PTN?


Nah, SAT sediri kependekan dari Scholastic Assessment Test untuk membatu siswa mengenali potensi dirinya itu sebenarnya apasih. Tes ini sudah digunakan di Amerika serikat
dan disana tidak banyak masalah. Dengan adanya SAT ini, peserta hanya melakukan tes Potensial Akademik untuk mendapatakn nilai yang nantinya digunakan untuk daftar ke PTN.

Mungkin seperti tes TPA kalo di SBMPTN dan ada tambahan lagi.

SAT ini sistemnya adalah seperti tes TOEFL , siswa tidak harus melakukan tes pada hari tertentu akan tetapi, bisa dilakukan kapan saja . Sertifikat yang berisi nilai ini bisa digunakan untuk mendaftar ke PTN.



Dilansir dari Medcom.id, bahwa metode ini tidak meniadakan jalur-jalur sebelumnya seperti SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Hanya ditambahkan saja karena SNMPTN bisa untuk memeratakan penerimaan peserta didik serta SBMPTN yang menilai berdasarkan Akademik siswa.

Rencana tes Center dengan SAT ini masih ditawarkan ke pihak PTN dengan tim kecil ritekdikti.

Sumber:
[Medcom.id]. 2018. "Keberadaan SAT tidak Meniadakan Jalur Seleksi PTN lainnya".
[medcom.od]. 2018. " Metode SAT, Persaingan Masuk PTN Lebih Terbuka dan Fair"

Apa itu Metode SAT, Metode Baru Masuk PTN Pengganti SBMPTN ?

Rangkuman Materi Biologi kelas XII PPT -Yusufstudi.com
Yusufstudi.com - Ujian Nasional dan USBN 2017  akan segera berlangsung kira-kira bulan April mendatang. Empat bulan untuk memperisapkan semua ini adalah waktu yang sangat singkat karena pelajaran yang di ujikan nantinya akan bersasal dari kelas X sampai kelas XII SMA. Tidak hanya itu materi ini bisa digunakan untuk persiapan SBMPTN 2017 atau ujian masuk lainnya. Untuk itu kami akan membagikan materi PPT bab yang ada dikelas XII untuk mata pelajaran Biologi. Silahkan diunduh dibawah ini semoga bermanfaat.

Bab 1 - Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (Unduh)
Bab 2 - Metabolisme (Unduh)
Bab 3 - Herditas (Unduh)
Bab 4 - Teori Evolusi (Unduh)
Bab 5 - Bioteknologi (Unduh)

Sekian dari kami semoga bermanfaat dan membantu temen semua LULUS UN dan masuk PTN yang diharapkan. Aamiin. Untuk SARAN dan KRITIK silahkan ke KOMENTAR yaa. Kalau mau minta apa tinggal komentar saja semoga saya punya.

Download Juga :

Materi Pelajaran Biologi SMA kelas X (Lengkap) | Ujian Nasiona 2017

Update tentang Kami :
FB : @yusufabdhul
IG : @yusufabdhul
Twitter : @yusufabdhul
FP : Seputar SNMPTN

Materi Pelajaran Biologi SMA kelas XII (Lengkap) | Ujian Nasional 2017