Cara Input Update No. KIP dan No. KKS di Dapodik Siswa untuk KIP Kuliah


Artikel ini membahas tentang cara mengisi nomor kip di dapodik 2020 dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Dapodik untuk sinkronisasi data di Biodata KIP Kuliah

Pendaftaran KIP Kuliah sudah berjalan sejak 26 Februari lalu dan berlanjut sampai bulan Oktober 2020. Akan tetapi, sistem KIP Kuliah masih terus adanya penyesuaian salah satunya adalah dibagian "Biodata Siswa" yang ada kolom untuk mengisikan Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP Pelajar) dan Nomor Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Masalahnya adalah mengapa siswa tidak bisa mengedit (klik) kolom Nomor KIP dan KKS di KIP Kuliah?

Berikut ini Cara Input/Update/Memasukkan Nomor Kartu Indonesia Pintar (Nomor KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Dapodik oleh pihak Sekolah

A. Bagi Lulusan SMA/SMK 2020

Pertama, silakan kalian datang ke TU/BK untuk menanyakan siapa pengurus sekolah yang bisa mengakses Dapodik sekolah kalian. Kemudian datang dan kalian membawa kartu yang kalian punya (KIP Pelajar dan KKS)

Kemudian, sekolah masuk kelaman Dapodik ( https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ ) menggunakan username dan password sekolah.

Setelah berhasil login, silakan pilih menu "peserta didik"  seperti pada tampilan gambar a. Kemudian,  klik atau centang nama siswa yang ingin dirubah data dapodiknya dan jika sudah dicentang klik menu UBAH.

Gambar a.

Setelah itu,akan tampilan seperti dibawah ini perhatikan (gambar b). Klik saja menu "KESEJAHTERAAN" dan klik menu "TAMBAH". Ada beberapa pilihan kesejateraan didalamnya dan pilihlah satu per satu. Misalnya pilih KIP (Program Indonesia Pintar).

Gambar b.

Nah, sudah maka akan ditampilkan untuk input (mengisi) data yang diperlukan silakan perhatikan gamba c.

Gambar c.
Silakan isikan No. Kartu, Nama di Kartu, Dari Tahun, Sampai Tahuan. Ingat harus sesuai dengan yang ada di kartu.

Selesai.


Untuk keperluan mendaftar KIP Kuliah 2020, tunggu beberapa saat (1-2 jam) kemudian klik sinkronisasi yang ada di biodata sampai muncul nomor kartu kalian disana.

B. Bagi Alumni Lulusan 2019 dan 2018

Bagi alumni atau gap year tahun 2019 dan 2018 yang mempunyai KIP dan KKS tetapi tidak bisa input karena data alumni sudah dihapus oleh pihak sekolah. Setelah saya tanyakan panitia KIP Kuliah begini jawabannya.

Pertanyaan saya : 
Ingin menanyakan. Saya sudah lulus SMA tahun 2019 tetapi ternyata saat daftar KIP Kuliah membutuhkan pembaruan data DAPODIK siswa oleh sekolah untuk menginputkan No. KIP Pelajar dan KKS.

Setelah ke sekolahan ternyata jawaban sekolah adalah siswa yang sudah lulus (alumni) data di dapodik sudah dihapus dan digantikan dengan kelas 12 yang baru sehingga sekolah tidak bisa update data siswa di dapodik terkait input no. KKS dan KIP Pelajar ini.

Bagaimana solusinya ya Bapak/Ibu yang bertugas?
Jawaban dari admin KIP Kuliah : 
Terima kasih telah menghubungi Helpdesk KIP-Kuliah. Yth Yusuf ------------ . "ya sudah, kalau gitu tidak perlu diisi, tidak jadi masalah"



Nah untuk itu, untuk pastinya coba kalian hubungi helpdesk siapa tau ada jawaban lainnya yang membantu. Pertanyaan bisa dikirim ke support@kip-kuliah.zendesk.com dengan isi : Nama Lengkap, NISN, NPSN  kalian. Tunggu 1-2 hari.
Rilis Aplikasi terbaru Dapodik di Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b Patch 1 
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

51 comments for "Cara Input Update No. KIP dan No. KKS di Dapodik Siswa untuk KIP Kuliah"

  1. untuk yg sdh lulus gimna kak?
    soal nya udh nanya sama sekolahan kata nya gak bisa lgi

    ReplyDelete
  2. Dia udah selesai mengisi pendataan KIP kuliah dan telah disimpan permanen kak tapi, tanpa memasukkan no KIP/KKS karena gak bisa, padahal dia punya. Apakah itu berpengaruh buruk kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika punya KIP silakan datakan ke sekolah ya. Langkah2 seperti diatas. Kemudian sinkronisasi biodata ulang.

      Delete
    2. Kak aku lulusan 2019 apa harus datang ke sklh atau gmn?

      Delete
  3. Kak, kalau tidak punya kip/kks apakah dikosongi saja?
    Tapi saya masuk ke DTKS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dikosongin. Kalau memang sudah terdaftar DTKS maka otomatis nanti terdaftar.

      Delete
  4. kalau yg sudah lulus kan tdk bisa isi KIP dan kks tpi sdah terdaftar di dtks . Jdi di kosongkan sja yah kak .

    ReplyDelete
  5. Kak,saya sudah terdaftar di dtks,nomer kip saya,saya tidak tau,apakah dikosongkan saja?

    ReplyDelete
  6. Jadi untuk yang lulusan 2019 gimana kakkak ?
    Kalau data di dapodik sekolah sdh di hapus?
    Sedangkan sebentar lagi pembukaan pendaftaran utbk

    ReplyDelete
  7. Kak kalau pemaslahanya aku kan pudah terlanjur daftar masukin nik seesuai yang di kk tp kan nik yang di kk itugak terdaftar di bdkt nah masalahnya setelah aku cek lagi ternyata di bdkt itu udah ada nama aku dengan nik yang berbeda solusinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dapetin NIK yang lainnya dari mana? Saya juga kalo pake NIK gak terdaftar tapi kalo pake ID DTKS dari desa ada terdaftar

      Delete
    2. Silakan menanykan pihak Kecamatan apakah NIK kamu sudah terdata online di datbase catatan sipil ya.

      Delete
  8. Mau tanya kak, jadi saat mendaftar snmptn, saya sudah memasukkan no kip di kolom no kip/kks.
    nah kalau begitu apakah tetap perlu input di dapodik siswa?

    Btw, saya udah finalisasi snmptnnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya tetapi diisi dapodiknya ya biar semakin aman. Mumpung masih kelas 12 juga data masih ada disekolahan. Siapa tau bermanfaat buat nanti ketika lulus nanti.

      Delete
  9. Lankah ini hanya untuk yang memiliki kip/kks saja kan kak? Kalo yg ngga punya ga perlu ngelakuin ini?

    ReplyDelete
  10. Kalo tidak punya kip/kks gimana kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gpp, wong tidak punya bagaimana lagi. Yang penting adalah kejujuran pasti Tuhan akan membantu.

      Delete
  11. Saya sudah input kip k dapodik min,tp wktu sya sinkron tp no.kipny msh blum mncul yaa,knpa?

    ReplyDelete
  12. No Kip yang di masukan ke dapodik itu berapa digit yah untuk kartu KIP yang terbaru ?

    ReplyDelete
  13. Kak kalau sekolah saya dibawah kementrian agama jadi gak bisa pakai dapodikdasmen.. terus gimana cara sinkron dapodiknya.. soalnya saya juga punya KKS tapi gak bisa dimasukin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama punya ku juga, terus bagaimana lanjutan punya kamu?

      Delete
  14. Hai kak, aku lulusan 2019 punya kip dan kks, itu gimana ka kata sekolah gak ada lagi, apa tidak papa tidak mengisi, takutnya malah jadi masalah gitu ka,

    ReplyDelete
  15. Kak kalo untuk madrasah cara input update no kip sama kks gimana ?

    ReplyDelete
  16. kak mau nanya klo sekolah belum isikan data kks & kip ke dapodik .
    apa udh bisa langsung milih seleksi kak????

    ReplyDelete
  17. Kak kalau yang Ma bagaimana ?soalnya ga bisa, terus katanya suruh lewat emis tapi tetap gak bisa .

    ReplyDelete
  18. Kak aku kan udah daftar udah ngisi biodata terus udah disimpan, mau nambahin masukin no kks sama kip, udah di sinkronisasi ulang dapodik tapi tetep gabisa di klik. Itu gimana ya?

    ReplyDelete
  19. Kenapa Nomor KKS belum terinput padahal sudah di input data dapodik, saya sudah sinkron sinkron tapi masih kosong, emang berapa hari untuk sinkron data?

    ReplyDelete
  20. Kak kenapa no KKS saya masih belum bisa di klik, padahal sudah bilang ke TU sekolah untuk di update data nya di dapodik & sudah beberapa hari tapi belum bisa juga??
    Dan memang beda ya kalau Sekolah Negeri sama Madrasah Aliyah untuk singkronisasi di dapodik??

    ReplyDelete
  21. Kak aku kan mau update biodata, mau ngisi no kip sama kks, soalnya pas kemaren belom sempet diisi, udah aku klik tombol sinkronisasi ulang data dapodik tapi kok tetep gabisa diisikan itu bagaimana?

    ReplyDelete
  22. Saya sudah daftar kip kuliah tetapi ternyata nisn saya salah. Nisn yang dimasukkan itu nisn sd bukan sma
    Apa bisa di ubah nisn nya?

    ReplyDelete
  23. Saya sudah daftar kip kuliah tetapi ternyata nisn saya salah. Nisn yang dimasukkan itu nisn sd bukan sma
    Apa bisa di ubah nisn nya?

    ReplyDelete
  24. Saya memiliki kartu kip, saya lulusan tahun 2020 dan berasal dari MAN. Saya sudah menginformasikan perihal nomor kip ke guru tu yang bersangkutan dengan emis sekolah. Katanya gabisa di input lagi karena akan bermasalah dengan data UN seluruh siswa di sekolah kami. Bagaimsna solusinya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  25. kak bagaimana jika sudah memasukkan no kip, no kks di dapodik sekolah, tetapi saat melakukan sinkronisasi dapodik data nya tidak muncul.

    ReplyDelete
  26. Kak mau nanya, saya kan udah masukin no. Kip di dapodik sekolah tapi kok gak muncul2 di laman pendaftaran saya ya?, padahal ini sudah 3 hari. Sudah saya sinkron juga tapi tetep ga muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama:( kamu akhirnya gmna skrg? Bisa ga?

      Delete
  27. Kak maaf sebelumnya,
    Tolong respon dong pertanyaan nya.. Terkait penginputan no. Kks / no. KIP yang tidak bisa,
    Maaf & Terima kasih..

    ReplyDelete
  28. Kak aku kan udah sinkronisasi biodata ulang ya, tapi ga bisa bisa soalnya aku mau masukin no kks nya, aneh, terus data mah sudah lengkap, berpengaruh ga ya kak?

    ReplyDelete
  29. Salam kak
    Mau tanya, saya kan tidak punya kip dan kks tapi punya surat keterangan tidak mampu dari kantor lurah, cara pengisiannya bagaimana?
    Mohon di respon kak

    ReplyDelete
  30. kak mohon izin tanya kak, pada saat saya mendaftarkan ltmpt saya menggunakan nisn yang berbeda dengan kip kuliah kak, sedangkan nisn yang benar pada saat saya mendaftarkan ltmpt sedangkan nisn yang terdaftar di kip kuliah adalah nisn yang salah.. ini karena kelalaian operator kak,saya sekolah di sekolah MAS sedangkan kita mau singkronisasi harus menggunakan dapodik kak.. tolong bantu saya kak

    ReplyDelete
  31. Kak saya gagal sinkronisasi terus, bagaimana cara mengatasi nya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Kak saya udah ke operator sklh untuk ngurus nomor kip di dapodik, dan kata gurunya sudah di input tp di akun pendaftaran kip kuliah masih gabisa di klik, itu bagaimana? Tolong dijawab ka apalagi ini waktunya sudah mepet

    ReplyDelete
  33. Saya sudah update data no. Kip dan no. Kks di dapodik tapi masih belum muncul sudah 2 hari lebih,bagaimana ya?

    ReplyDelete
  34. Kak saya punya Kip dan kks mau d update dapodik. Berhubung aktivitas belajar di sekolah diganti kan dirumah jadi saya tidak bisa datang ke sekolah untuk meminta pihak sekolah mengupdate nya... Terus bagaimana kak??
    Tolong dibantu ya kk, terima kasih

    ReplyDelete
  35. Kak untuk yang kejar PAKET C bagaimana yah kak? Bisa mendaftar kip ? Dan kalo bisa kasih panduan pendaftaran siswa paket c, trimakasih

    ReplyDelete
  36. kak sudah saya isi dapodik nya tetapi kok belum muncul juga ya

    ReplyDelete
  37. Kak tolong respon,kenapa no. Kip dan no. Kks saya belum muncul juga padahal dari sekolah sudah di update ini sudah berlangsung seminggu,

    ReplyDelete
  38. Baru masuk di laman pertama udah salah masukin alamat email,bisa di betulin ngk kak??

    ReplyDelete

Post a Comment