Contoh Life Mapping untuk Mahasiswa Baru

 

COntoh Life Mapping Life Plan untuk Mahasiswa Baru

Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat life mapping (peta perjalanan hidup) bagi mahasiswa baru selama 5 sampai 10 tahun kedepan. Life mapping ini juga disebut dengan life plan bagi mahasiswa supaya memiliki pandangan dan target selama kuliah.


Pengertian

Life mapping merupakan apa saja yang kalian harapkan dan rencankan dalam hidup yang bisa juga diartikan perjalan hidup penting yang mengantarkan misi utamamu (cita-citamu). 

Secara garis bersar, life mapping ini adalah sebuah misi atau langkah-langkah strategis yang nantinya dapat mengantarkan kalian menuju tujuan utama dan dalam waktu yang tepat.

Life Mapping Mahasiswa Baru

Life mapping ini sebenarnya bebas untuk jangka waktunya. Biasanya sih kalau tugas untuk pengenalan kampus bagi mahasiswa baru, disuruh untuk membuat selama 5 tahun atau 10 tahun kedepan. Artinya, kalau 5 tahun berarti ya selama kuliah kalau 10 tahun bisa lebih dari itu.

Contoh yang saya berikan disini adalah bukanlah mutlak benar, tetapi ini berdasarkan apa yang pernah saya kerjakan dan mungkin ada yang lain yang sama juga ya. Hal yang utama adalah BAYANGKAN.

Kita buat untuk yang 10 Tahun saja ya, dan anggap saja mulai kuliah tahun 2020.

Tahun 2020

Buat dulu isinya apa aja, misalkan : 

  1. Kuliah di Jurusan Tek. Industri
  2. Belajar benar 
  3. IPK Awal bagus 4.0
Paragraf (buatlah paragraf yang berisikan 3 hal diatas).

Pada tahun 2020 ini, saya sebagai mahasiswa baru di PTN X yang menurut banyak orang adalah PTN top di Indonesia. Saya mengambil jurusan Teknik Industri (misal) yang masuk di fakultas teknik. Pandangan awal dan bayangan saya tentang Teknik Industri adalah tentang perusahaan, bisnis, dan manajemen. Itulah tujuan saya ingin membuka lapangan pekerjaan nantinya di bidang Industri Kreatif bagi waga lokal di daerah saya.

Pada tahun ini, langkah awal saya sudah terwujud yaitu bisa masuk di jurusan ini. Setelah itu, saya akan mengenal lebih jauh apa itu jurusan saya dan orang-orang didalamnya (teman, kakak tingkat, dan lainnya) sehingga hal awal adalah belajar & meraih IPK yang baik.

Tahun 2021

Misi : 

  1. Belajar & IPK
  2. Aktif Organisasi

Pada tahun kedua ini, saya akan memasuki semester 2. Tujuan utama saya dikuliahkan adalah supaya belajar dan hal yang bisa saya berikan kepada orang tua nanti sebagai bukti yg utama ya IPK, oleh karena itu Belajar dan IPK menjadi poin penting buat membahagiakan orang tua yang telah membiayai kuliah saya.

Kedua, namanya kuliah juga tidak seperti masa SMA yang semuanya masih diurus oleh sekolah. Disini saya harus berkembang sendiri dan menentuka jalan melatih diri untuk mengabil keputusan . Soft skill lah yang harus saya dapatkan, salah satu jalannya melalui organisasi baik jurusan, fakultas maupun tingkat universitas.

Pada semester 3, rencana saya adalah mengikuti 2-3 organisasi yang saya minati. Mengapa demikian? kenapa kok tidak 1 organisasi saja? karena saya ingin mengetahui tipe-tipe setiap organisasi dalam memimpin dan menjalankan roda organisasi. Disini akan sangat bermanfaat bagi saya apalagi jurusan Industri yang harus bisa manajemen orang lain nantinya.  Tapi sebagai anggota dahulu ya, hehe.


Tahun 2022

Misi :
  1. IPK 
  2. Menjabat di satu organisasi
  3. Magang/PKL
  4. Dapat Beasiswa

Silakan diuraikan sendiri ya, hehe semangat.

Oh iya, apabila ingin mendaftar beasiswa pastikan kalian memperbaiki CV kalian ya Perhatikan 7 Hal Yang Harus Ada pada CV untuk Lolos Beasiswa

Tahun 2023

Misi : 
  1. Aktif organisasi (semester 5)
  2. Ikut lomba dan conference
  3. Magang
Disini kalian sudah mulai memasuki mahasiswa tua, jadi mulai menentukan lebih besar lagi kedepan. Apakah habis lulus mau kuliah lagi atau mau kerja.

Pilihannya secara kasar begini (belum tentu benar dimata orang lain ya). Jika ingin ingin lanjut S2 maka lomba & conference diperbanyak ketika masih kuliah. Tetapi jika mau kerja habis lulus perbanyak magang. 

Tahun 2024 - 2026

  1. Lomba (target dimana saja) 
  2. Submit Jurnal (jika mau lanjut S2) 
  3. Lulus Skripsi 
  4. Buat komunitas (sangat bermanfaat jika mau S2 dengan beasiswa) 
  5. Kuliah S2 langsung/kerja dulu baru S2/hanya kerja (pilih salah satu)
Hal yang tidak kalah penting adalah sebelum lulus harus mempersiapkan beberapa hal seperti, memiliki beberapa sertifikat baik sertifikat kejuaran, sertifikat toefl ( jika tidak mempunyai bisa mendapatkan dengan tes toefl baik Toefl ITP, IBT, atau IELTS), sertifikat pelatihan misalnya sertifikasi iso 9001:2015, atau sertifikasi di bidang ekonomi dan supply chain, dan lainnya yang intinya menunjang diri kalian setelah lulus nanti.

Tahun 2026 - 2030

  1. Nikah
  2. Naikin Haji Ibu
  3. Jalan-jalan
  4. Planning lainnya  (isi sendiri ....)

Nah setelah semuanya jadi, kalian bisa menyusnnya dalam bentuk mind mapping juga supaya mudah dipahami ya. Misalnya secara gampang seperti digambar ini.



Mungkin hanya itu yang saya dapat berikan kepada kalian para pembaca. Semoga bermanfaat dan dapat diimplementasikan sesuai dengan rencana kalian semuanya.

Baca artikel terkait "Kuliah" berikut ini

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

5 comments for "Contoh Life Mapping untuk Mahasiswa Baru"

  1. Comment Author Avatar
    Saya rencananya mau kuliah tahun depan. Lumayanlah ada sedikit ilmu seperti ini. Biar ada target semasa kuliah mau gimana nantinya. Makasih lah pokoknya atas ilmu yang bermanfaat ini.
    1. Comment Author Avatar
      Sip. Semoga tahun depan bisa lolos di perguruan tinggi ya dan itu rencana hidup bisa dibuat sekarang sebagai acuan hidup kamu.
  2. Comment Author Avatar
    1. Comment Author Avatar
      Huhu maaf ya kalo begitu adanya hehe
  3. Comment Author Avatar
    Makasih kak, jd ada referensi buat saya, tapi jujur susah diungkapkan hhh, intinya makasih banyak

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.