Tips Sukses Lolos SNMPTN 2017

Yusufstudi.com - SNMPTN 2017 semakin dekat saja yahh. PDSS sudah ditutup dan kita tunggu pengumuman siapa saja yang boleh daftar SNMPTN. Walaupun SNMPTN 2017 ini kuota masuknya dikurangi, tetapi jangan putus semangat gitu dong. Buat yang belum lolos perankingan PDSS bisa secepatnya belajar SBMPTN ya. Untuk kalian yang lolos perankingan kalian pasti mikirin jurusan apa dan universitas mana yang akan dituju kan? nih aku kasih tips sukses buat kalian supaya memperbesar peluang masuk SNMPTN 2017 Lhoo. . .

1. Minat

keahuliah Minat anda

Siswa pendaftar harus menyesuaikan jurusan sesuai minat dan bakat atau cita-cita siswa. Misal siswa minat dan bakatnya menggambar, bisa masuk ke Arsitektur, DKV,dsb. Kalau bakat di berbicara public speaking bisa masuk ke Hubungan Internasional, dsb.

2. Daya Tampung
Menyesuaikan daya tampung dengan pendaftarnya. Misalkan tahun lalu pendaftar kedokteran 5000 dan yang diterima 60 orang, ya bisa dipikirkan atau prediksi apakah kalian bisa masuk dengN keketatan segitu?

3. Nilai Rapor
Nilai Rapor A+

Nilai rapor yang digunakan SNMPTN adalah semester 1-5. Biasanya yang dicari itu bukan yang rendah nilainya kan. Ya tinggi dan sebaiknya konstan setiap semester. Bagaimana jika naik turun nilai rapor saya? ya itu tidak masalah. Tahun lalu aja yang nilainya naik turun juga lolos kog. Yang harus dipikirkan siswa bukan masalah naik turunnya harusnya tetapi kesadaran diri. Misal dengan rapor segitu (yang dimiliki siswa) apakah bisa lolos jurusan X di universitas Y? Apakah mampu bersaing dengan siswa disekolah lain yang kadang lebih tinggi nilainya? jika dapat ya langsung lanjutkan aja. Biasanya pakai firasat kalian aja.

4. Bijak Memilih
Bingung Memilih Jurusan kuliah?

Memilih jurusan yang bijak yaitu kalian ingin kuliah milih jurusan baik tetapi univnya kurang terkenal atau jurusan biasa yang penting universitasnya terkenal atau malah kedua-duanya terkenal? sesuaikan dengan tujuan kalian dimasa depan. Sudah banyak yang bilang jika semua universitas itu sama tergantung yang menjalaninya. Semua itu yang dibutuhkan adalah "proses" ketika kalian kuliah. "Proses" tidak akan mengkhianati hasil kog. Trus jangan lupa memilih jurusan itu melihat nilai kalian, alumni yanga ada di universitas tersebut karena alumni yang banyak dan berprestasi menunjukan nilai sekolah SMA kalian bagus tetapu jika sedikit dan kurang berprestasi ketika di kuliahan maka nilai sekolah SMA kalian akan turun juga dipandangan universitas tsb.

5. Konsultasi dengan BK dan Orang Tua
Curhatkan semua keluhan dan minat kalian para siswa kepada BK karena BK punya data dan tau akan nilai dan bisa menyarankan kalian berdasrkan minat bakat kalian serta dikaitkan nilai sekolah di universitas tertentu.

6. Berdoa
Berdoa rutin dan ikhlas jangan hanya saat ada permintaan saja


Kunci kesuksesan adalah usaha dan berdoa. Ikhtiar yang kuat harus diimbangi dengan doa. Doa sendiri akan berat mengantarkan kalian menuju sukses maka dari itu mintalah doa ke orang tua dan saudara kalian. Doa adalah memeliki persentase yang cukup besar. Biasanya siswa yang dianggap tidak terlalu pintar malah lolos SNMPT  dan yang pintar malah tidak lolos SNMPTN. Ya itulah gunanya doa karena yang mengataur semua skenario kehidupan adalah Yang Di Atas dan kita sebagai umatnya hanya bisa mengusahakan dan pasrah.

Sekian dulu ya studier semoga tips ini digunakan sebaik mungkin. sebenernay ini bukan tips sih cuma memberi tahu bagaimana memnafaatkan peluang kalian menuju PTN favorit sesuai minat dan bakat kalian saja. Jangan lupakan ORANG TUA kalian karena merekalah yang membiayai kita. Kita sebagai anak pastilah punya salah yang banyak kepada orang tua kita. Maka segeralah minta maaf dengan ikhlas jangan meminta harapan jika setelah meminta maaf masuk PTN. Itu salah. Mintalah Orang tua kalian selalu dijaga kesehatannya supaya bisa membantu sekolah kalian.

Follow yaa.
IG/Fb/Twitter : @yusufabdhul
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Tips Sukses Lolos SNMPTN 2017"