Ini Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, bagi yang belum tau

halo sobat Yusii selamat buat kalian yang udah kelas 12 SMA sederajat nih, bentar lagi mau Ujian Akhir Semester 5 kan? jangan sia siakan buat semester ini ya, mengapa ? nanti juga tau kok

Sebentar lagi setelah tahun baru kan bulan januari dan februari tuh, disini bakal ada jalur pendaftaran masuk perguruan tinggi yang namanya adalah SNMPTN, dan setelah itu bagi yang tidak lolos jalur ini bakal ada jalur lagi yaitu SBMPTN. Sebenarnya apasih perbedaan keduanya?


oke, langsung saja akan aku bahas ya perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN biar gak salah paham seperti tahun-tahun sebelumnya yang pasti ramai diperbincankan.

1.Umum

SNMPTN adalah kependeka dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri sedangkan SBMPTN adalah kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Keduanya hanya berbeda dari kata "Nasiona" dan "Bersama" tetapi dalamnya dan alurnya sangatlah berbeda.

2. Jenis Seleksi

SNMPTN dalam seleksinya sangat mementingkan hal akademis siswa selama 5 semester pertama di SMA yaitu semester 1-5. Nilai rapor semster 1-5 akan diseleksi oleh panitia pusat dan data nilai dikirim oleh pihak sekolah masing, masing. Fakor yang menentukan kelulusan jalur ini selain nilai rapor adalah prestasi, nilai sekolah, akreditasi, alumni, dsb. Sedangkan jalur SBMPTN adalah jalur masuk yang biasanya dilaksanakan setelah SNMPTN selesai dan seleksi masuknya menggunakan tes akademik secara murni.

3. Tes

SNMPTN tidak ada tes masuk dan hanya menggunakan nilai rapor+prestasi, sedangkan SBMPTN murni menggunakan tes yang terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademi) dan TKD (Tes Kemampuan Dasar). TKD dapat berupa soshum(untuk jurusan sosial humaniora di PTN yang diambil misalnya kamu mau ambil : Sastra, Ilmu hukum, dsb) dan saintek (untuk jurusan ipa di PTN, misalnya kamu mau ambil FK, MIPA, TEKNIK, Agro, dsb).

4. Biaya

Biaya pendaftaran untuk SNMPTN adalah Gratis sedangkan untuk SBMPTN peserta harus membayar Rp200.000,00 (kecuali pelamar bidikmisi = gratis).

5. Pelaksanaan

SNMPTN Biasanya dilaksanakan bulan februari-april, SBMPTN biasanya bulan Mei

6. Pendaftar

untuk SNMPTN pendaftar hanya dari anak yang tahun tersebut kelas 12. Misalnya nih SNMPTN 2018 nanti, maka yang boleh daftar anak kelas 12 SMA pas tahun 2018 dan kesempatan hanya sekali dalam sehidup hehe. Buat SBMPTN yang boleh daftar adalah siswa 3 tahun setelah lulus. Misalnya nih buat SBMPTN 2018 maka yang boleh ikut adalah siswa lulusan 2016,2017, dan 2018 jadi saingannya lebih berar SBMPTN karena jumlah pesaing banyak.

7. kalo ada yang kurang paham tanya di komentar hehe . . . .



Informasi lebih lengkap dan jelas bisa dibaca untuk tahun 2016 kemarin di http://snmptn.ac.id/ dan http://sbmptn.ac.id

(yaa/ys)
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Ini Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, bagi yang belum tau"