Benarkah Ujian Nasional SMP SMA 2017 Dihapuskan? Ini jawabannya

http://yusufstudi.blogspot.com

Yusuf Studi - Ujian Nasioal adalah tahap-tahap dimana siswa untuk bisa lulus dan melajutkan ke jenjang berikutnya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, setelah mencangkan full day school kini mencangkan aturan bahwa Ujian Nasional akan dihapuskan untuk jenjang SMA dan SMP. Kebijakan ini akan terwujud jika mendapat peresmian/izin dari presiden secara langsung. Ada tiga opsi kata pak Menteri dikutip dari Radar Cirebon :

“Sekarang ini UN kan hanya untuk pemetaan pendidikan. Mana yang sudah di atas rata-rata standar nasional dan mana yang belum. Mestinya setelah ketahuan, harus ada treatment, penanganan sekolah-sekolah yang masih tertinggal itu,” ujarnya saat meninjau SMK Muhammadiyah 2 Kuningan dan kampus STKIP Muhammadiyah.
Itulah, menurut Muhadjir, gunanya UN. Jika UN dilaksanakan tiap tahun hanya akan memboroskan anggaran. Ketika pemetaan pendidikan sudah dilakukan lewat UN, sekolah yang masih di bawah standar nasional mesti ditreatmen supaya naik.
“Untuk UN ini masih kita kaji plus minusnya. Kita masih harus minta arahan dan konsul ke presiden berdasarkan hasil kajian yang sudah kita lakukan. Paling tidak ada tiga opsi, di mana salah satunya moratorium UN tadi,” tuturnya.

Opsi kedua, lanjut Muhadjir, menggunakan sampel. Artinya, tidak semua sekolah melaksanakan UN. Bagi sekolah yang sudah di atas standar nasional tidak perlu lagi ada UN.
Justru sekolah tersebut diberi penghargaan karena telah melampaui standar nasional. Lain halnya dengan sekolah yang masih di bawah standar nasional, mereka nanti tetap menyelenggarakan UN.
“Untuk pilihan ketiga, ya seperti biasa saja, tetap melaksanakan UN. Itulah opsi-opsi yang sedang kami kaji plus minusnya. Kalau memilih opsi pertama, nanti siswa kelas akhir mengikuti ujian akhir tapi bukan UN. SMK dan SMA diserahkan ke provinsi, sedangkan SD SMP diserahkan ke kabupaten/kota,” terang dia.

Full day school Telah dilaksanakan hampir 500 sekolahan di Indonesia. Jadi, Ujian Nasional dihapuskan itu belum benar karena masih rencana saja.

Share artikel ini ke teman anda. 
fp :@kimiaunik
email:yusazis28@gmail.com

pustaka: Husain, Ali. 2016. Mendikbud Wacanakan Moratorium UN, Ini Alasannya
http://www.radarcirebon.com/mendikbud-wacanakan-moratorium-un-ini-alasannya.html
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Benarkah Ujian Nasional SMP SMA 2017 Dihapuskan? Ini jawabannya "