Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Sertifikat Untuk SNMPTN 2022

Sertifakat yang menunjang lolos snmptn 2021

 Artikel ini membahas tentang sertifikat apa saja yang bisa dilampirkan dalam pendaftaran dan seleksi SNMPTN 2022

Semangat pagi semuanya! pendaftaran SNMPTN 2022 akan segera datang paling sekitar akhir bulan Januari atau awal Februari 2022 nanti. Nah, salah satu yang sering ditanyakan adalah sebenarnya sertifikat untuk SNMPTN itu apa saja sih yang bisa dilampirkan oleh siswa.

Dalam penilaian SNMPTN, hal yang dilihat adalah nilai prestasi dan portofolio. Salah satu prestasi selain nilai rapor adalah apakah seorang siswa aktif dan pernah memenangi kejuaran. Banyak juga yang bertanya apakah sertifikat osis bisa untuk SNMPTN, apakah sertifikat toefl bisa untuk SNMPTN juga kak?


Nah, disini kita bahas satu per satu sertifikat apa saja yang bisa untuk dilampirkan dalam seleksi SNMPTN 2022 nanti dan memperbesar peluang lolos SNMPTN ya.

Sertifikat Untuk SNMPTN 2022

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

OSN sendiri merupakan kompetisi tingkat nasional untuk siswa SD/SMP/SMA sederajat dibawah Kemendikbud RI yang meliputi bidang sains seperti olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Astronomi, Ekonomi, dan lainnya.

Sertifikat OSN ini bisa dilampirkan untuk SNMPTN dan akan menambah poin kalian untuk diseleksi. Sebaiknya yang diupload adalah sertifikat yang mendapatkan juara minimal tingkat kabupaten/kota. 

Bagaimana jika punyanya sertifikat OSN sebagai peserta?

Jika misalnya tidak punya yang juara dan ingin upload yang sebagai peserta juga tidak masalah berarti kalian juga sudah mewakili SMA kalian.

Jika saya punya sertifikat juara tingkat Kab/Kota dan Tingkat provinsi, lebih baik saya pakai yang mana?

Silakan pakai yang provinsi karena nilainya lebih tinggi dan jangan pakai dua-duanya pada perlombaan yang sama. 

2. Sertifikat O2SN

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) adalah kompetisi di bidang olahraga bagi para siswa SMA, biasakan perlombaan seperti : Atletik, Senam, Bulu Tangkis, Renang, Karate dan Pencak Silat.

Sifat sertifikat ini seperti sertifikat OSN ya.

3. Sertifikat FLS2N

FLS2N atau kependekan dari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional adalah kompetisi di bidang seni dan budaya bagi siswa-siswi mulai jenjang sekolah dasar, menangah pertama dan akhir (SD, SMP dan SMA sederajad).

Nah sertifikat pada perlombaan FLS2N ini bisa dilampirkan dalam seleksi SNMPTN 2021 nanti. Silakan dilampirkan jika mempunyai ya. Lebih baik lampirkan yang juara ya, jika tidak punya bisa lampirkan yang sebagai peserta tidak masalah.

Bagaimana jika sertifikatnya dalam bentum grup atau kelompok?

Tidak masalah, silakan unggah saja di laman pendaftaran SNMPTN ya. 

4. Sertifikat Lomba LKTI dan Esai

Selanjutnya adalah sertifikat lomba karya tulis ilmiah (LKTI) atau lomba esai. Biasanya lomba-lomba seperti ini dilaksanakan oleh pihak-pihak kampus dan ditujukan untuk siswa-siwa SMA supaya kreatif dan berkompetisi.

Nah, untuk yang lomba LKTI dan Esai ini sebaiknya lampirkan saja yang juara ya, kalau cuma peserta saja tidak perlu diunggah di pendaftaran SNMPTN. Minimal yang bisa diupload adalah finalis bukan semifinalis/peserta.

5. Lomba Kompetisi Olimpiade, Debat, Cerdas Cermat, Baris Berbaris, dan lainnya.

Selanjutnya lagi yaitu apapun itu sertifikat lomba atau kompetisi bisa diunggah ya. Asalkan kalian bukan peserta dan minimal sudah menjadi finalis silakan diunggah saja.

6. Sertifikat Pengurus OSIS, MPK dan Ekstra Kulikuler

Apakah Sertifikat OSIS MPK bisa untuk SNMPTN?

Buat kalian yang selama SMA sudah aktif organisasi seperti OSIS dan Ektrakulikuler bisa juga dilampirkan lho ya. Nah, syarat khusus untuk sertifikat osis atau organisasi untuk SNMPTN ini adalah kalian menjabat didalamnya (bukan anggota). 

Misalkan kalian menjabat sebagai ketua OSIS, Ketua Pramuka, Ketua KIR, Sekretaris MPK itu bisa dilampirkan lho.

Pengurus itu meliputi mulai dari ketua sampai seksi-seksi ya maksudnya.

Nah, buat memvalidasinya pastikan sertifikat kalian ditandatangani oleh pihak sekolah (minimal kesiswaan sekolah).

7. Sertifikat Keahlian (Pelatihan)

Nah, khusus anak SMK, biasanya kalian sebelum lulus ada sertifikasi keahlian dan mempunyai sertifikat pelatihan khusus kan? nah ini bisa banget buat di unggah dan bisa jadi nilai plus buat kalian lolos seleksi SNMPTN 2021 nanti.

8. e-Sertifikat untuk SNMPTN

Apakah bisa e-certificate untuk SNMPTN? Bisa. Apabila memenuhi syarat poin 1-7 diatas ya. Maksudnya adalah e-certifikat untuk snmptn ini bukan sebagai peserta seminar, peserta lomba, dan juga sebagai anggota dalam organisasi/komunitas. 

Hal yang harus diperhatikan untuk e-sertifikat ini adalah :

  1. Jelas siapa Nama Penyelenggara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  2. Jelas Nama Acara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  3. Sangat dianjurkan e-sertifikat ada No. Sertifikatnya (no. unik yang beda setiap pemegang sertifikatnya).

Sertifikat Tidak Bisa Untuk SNMPTN

1. Sertifikat TOEIC, IELTS dan Toefl

Sertifikat yang bersifat keahlian bahasa ini tidak bisa digunakan untuk seleksi SNMPTN 2021 ya, misalkan nih sertifikat TOEFL, TOEIC, atau IELTS atau mungkin lainnya tidak bisa ya. Ini juga berlaku untuk bahasa-bahasa lain (selain bahasa Inggris)

2. Juara Kelas

Banyak yang tanya apakah bisa piagam atau sertifikat juara kelas dan juara paralel sekolah bia untuk SNMPTN?

Apabila kalian juara kelas ataupun juara paralel se-sekolahan, sertifikat seperti ini yang tingkatnya hanya satu sekolahan tidak bisa untuk diunggah ke pendaftaran SNMPTN, apabila diunggah bisa jadi mengurangi nilai kalian nanti. Karena penilaian peringkat oleh sekolah dan oleh sistem SNMPTN itu beda.

sertifikat tingkat sekolah yang bisa dilampirkan ya seperti Ketua Osis dan Pengurus Organisasi ya.

3. Sertifikat Peserta Lomba

Jika kalian hanya sebagai peserta lomba saja, maka sertifikat itu tidak baik untuk diunggah di pendaftaran SNMPTN 2021 nanti.

Sertifikat peserta yang bisa diunggah, yaitu : OSN, O2SN, FLS2N, MTQ

4. Sertifikat Seminar/Webinar

Sering mengikuti seminar baik offline maupun online? pasti nanti setelah mengikuti seminar kalian dapat snack, nasi kotak dan sertifikat kan?

Apakah bisa Sertifikat seminar untuk SNMPTN?

Nah sertifikat seminar seperti ini tidak bisa ya karena bukan sertifikat keahlian atau kompetisi, ini hanya keikutsertaan saja.

5. Sertifikat Juara Tryout UTBK

Pasti sering kan ikut TO Online yang nanti akan mendapat sertifikat serta hadiah bagi yang masuk 10 besar. Nah ini tidak bisa dimasukkan dalam list sertifikat dalam SNMPTN ya.

6. Sertfikat Tanah

Ehehe, mau gadein sertifikat tanah atau mau daftar SNMPTN sih, hehe.

7. Sertifikat SMP

Silakan memakaki hanya sertifikat selama SMA saja.

Catatan!

Pastikan upload sertifikat atau piagam kejuaran hanya selama SMA saja ya (3 tahun terkahir) dan juga maksimal hanya 3 sertifikat. Pastikan memilih 3 sertifikat yang kalian anggap bagus dan menunjang untuk lolos di jurusan kalian.

Video Penjelasan Penting Sertifikat SNMPTN

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

76 comments for "8 Sertifikat Untuk SNMPTN 2022"

  1. SNMPTN 2021 sudah tidak melampirkan sertifikat, sertifikat hanya sampai level sekolah, apabila ada beberapa siswa eligible yang nilainya sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya sertifikat osn geografi tingkat kabupaten dan sertifikat LOP bidang geografi juga kak. Dua²nya boleh dipakai untuk SNMPTN tidak kak?

      Delete
    2. Saya punya sertifikat osn geografi tingkat kabupaten dan sertifikat LOP bidang geografi juga kak. Dua²nya boleh dipakai untuk SNMPTN tidak kak?

      Delete
  2. Jika sertifikat olimpiade online bisa dilampirkan kak? Mohon dijawab ya๐Ÿ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila penyelenggara jelas (Nama Penyelenggara dan Nama Acaranya olimpiade) maka bisa dipakai.

      Delete
  3. Kak mau tanya yang sertifikat ikut organisasi itu, jika sebagai bendahara atau sekretaris itu masih bisa dikatakan menjabat didalam organisasi atau tidak ya? atau cuma ketua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa, katanya kan termasuk seksi2 nya jg

      Delete
  4. kak, kalau sertifikat lomba olimpiade online tapi nggak dapet juara (peserta lomba aja), boleh nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada artikel sudah dibahas dengan jelas.

      Delete
    2. Kak kalau misalkan ada sertifikat juara lomba drum band tingkat kota dan sertifikat lomba kimia tingkat provinsi tapi hanya sebagai peserta. Lebih baik melampirkan yang mana jika jurusan yang ingin diambil adalah FARMASI.

      Delete
  5. Izin bertanya kak, apa sertifikat PKL bisa digunakan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya weh klo misal bisa dipakai unggahnya dmna dibilang prestasi apa ๐Ÿ˜ข

      Delete
    2. Iy diunggah dimana, gk ada pilihan kalau sertifikat pkl diunggah masa diunggah di penelitian atau di olimpiade lainnya๐Ÿ˜ƒ

      Delete
    3. Untuk sertifikat PKL atau magang, masuk ke dalam kategori bidang prestasi apa ya di SNMPTN ?

      Delete
  6. Sertifikat tahun 2021 bisa g kak?

    ReplyDelete
  7. Kak izin bertanya....
    Utk no.5 sertifikat cerdas cermat kalo menangnya cmn tingkat sekolah bgmana???

    ReplyDelete
  8. Kalo serifikat Jambore Rohis
    se Kabupaten tapi sebagai peserta bisa gk kak?
    Mohon dijawab๐Ÿ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya sertifikat yang dicantumkan nanti adalah sertifikat kejuaran/kompetisi/lomba ya.

      Delete
  9. Kak sertifikat pramuka garuda bisa dilampirkan engga ?

    ReplyDelete
  10. Kak sertifikat rekor muri bisa ga?

    ReplyDelete
  11. Ka, snmptn lebih mengutamakan nilai atau sertif ya? Soalnya di sekolah saya ada yg nilainya lebih tinggi dari saya dan mau ke jurusan dan univ yg sama, tetapi saya punya sertif medali perak osn. kira2 lebih berpeluang siapa ya? terima kasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling utama adalah nilai rapor semeseter 1-5. Apabila memiliki sertifikat prestasi, itu bisa menjadi nilai tambah dan pertimbangan lebih bagi kampus untuk menyeleksi.

      Delete
    2. Kayaknya nilai deh kakk. Soalnya dulu kakak kelas aku ngambil jurusan yang sama(kimia ui), yg satu juara osk(kimia) nilai biasa satu lagi nggak juara osk nilai tinggi. Yg nilai tinggi malahan yg lolos

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Kak, saya punya sertif yang didapatkan dari essay competition tingkat SMA/Sederajat yang dilaksanakan DJPK Kementerian Keuangan, tetapi sertif tidak mencantumkan nomor 'unik'. apakah tetap bisa dicantumkan? Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa dilampirkan saja. Asal kegiatan lomba tsb bisa dicari di internet lombanya kapan dan nama kegiatannya jelas.

      Delete
  14. Pak,saya punya sertifikat wakil ketua OSIS dan ketua ekstrakurikuler PMR,apakah saya bisa melampirkan kedua sertifikat saya d SNMPTN atau hanya salah satunya saja?

    ReplyDelete
  15. Kalau sertifikat seleksi Kawah Kepemimpinan apakah boleh dilampirkan untuk daftar snm? Sertifikat ini dikeluarkan oleh suku dinas pendidikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika seleksi tersebut resmi dan juga ada penghargaan terbaik, juara, dan favorit bisa dilampirkan. Asal jgn hanya sebagai peserta.

      Delete
  16. Kak, saya punya sertifikat juara fls2n, tapi tingkat smp, dan saya ga punya sertifikat lain, boleh ga ya, saya iseng" upload ajaa? Apa itu mengurangi poin saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, saya punya sertifikat juara fls2n, tapi tingkat smp, dan saya ga punya sertifikat lain, boleh ga ya, saya iseng" upload ajaa? Apa itu mengurangi poin saya?

      Delete
    2. permisi ini bagaimana ya akan bermasalah ga?
      tolong yang tau di jawab

      Delete
  17. Kak kalau setifikat ketua kelompok ilmiah bisa?

    ReplyDelete
  18. Kak, teman saya ada yang punya piagam dance sma awards, kira-kira bisa dilampirkan disnm/tidak ya? Meskipun prodi yg diambil nanti berbeda๐Ÿ™

    ReplyDelete
  19. Kak sy ada sertifikat 10 besar cipta puisi tingkat nasional kira² bisa kepake buat daftar gak kak?

    ReplyDelete
  20. Untuk anak SMK, apakah sertifikat Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat dilampirkan?

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Kak kalo sertifikat penulis buku antologi puisi, bisa dipake gak?

    ReplyDelete
  23. Kak saya kan mau masuk jurusan sastra arab,,terus saya input sertifikat lomba pantun tingkat kabupaten
    Ini boleh gk kak ??
    Apa sesuai dengan jurusan saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan boleh saja. Sertifikat yang sesuai atau relevan dengan jurusan lebih baik lagi.

      Delete
  24. Kak kalau kita dapat sertifikat diklat dan ada penilaian nya bisa nggak kak? Tingkat Provinsi Daerah

    ReplyDelete
  25. Halo kak..
    Di ig @ilti.id ad certificate untuk olimpiade. Ud tny ke orgnya diblg bs untk snmptn. Apkh itu bnr bs untk snmptn sertifikatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh infonya kak..itu lembaga yang mengadakan kompetisinya legit gk kak?soalnya saya cek web nya simple j https://sites.google.com/view/ilti/ilti-indonesia

      Delete
  26. Kak... Batas pelampiran sertifikat/piagam untuk snmptn nya sampai berapa???

    ReplyDelete
  27. Permisi kak, di form pengumpulan sertifikat SNMPTN tertulis olimpiade. Itu berarti tidak harus OSN kan kak? Bolehkah melampirkan sertifikat kompetisi olimpiade online kak? Karena saya memiliki sertifikat lomba olimpiade online yang qualified juga kak, sudah tertulis di bio sosmed nya (instagram : instinct.ed). Lalu untuk tingkatnya sendiri di tulisnya tingkat nasional ya kak? Soalnya semua siswa SMA se-Indonesia boleh ikut mendaftar kak. Terimakasih, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Kak apakah boleh?
      ----------------------------------------

      Delete
  28. Kak saya saat ini bekerja dengan agency di Australia, apakah bisa saya mencantumkan sertifikat bahwa saya bekerja di agency tsb dengan keahlian yg sesuai dengan jurusan yg saya ambil? Terimakasih kak

    ReplyDelete
  29. Kak, kalau sertifikat pemenang penerima beasiswa boleh gak ya kak? Soalnya sebelum itu kek berlomba dari ribuan anak se Indonesia kak๐Ÿ™

    ReplyDelete
  30. Saya punya piagam penghargaan juara 2 lomba paduan suara tingkat kabupaten/kota madya di tanda tangan walikota tahun pelaksanaannya 2018. Saya mau ambil prodi ilmu sosiologi dan sejarah
    Apakah itu bisa di pakai dan berpengaruh
    Terimaksih...

    ReplyDelete
  31. Nama : Raisa Almira
    Izin bertanya kak, kalau mempunya E-Sertifikat sebagai penulis (lomba/event kepenulisan online) apakah boleh kakak untuk dilampirkan dalam SNMPTN kak, Mohon bantuannya kak, sebelumnya terimakasih banyak kak

    ReplyDelete
  32. kak kalo sertifikat pengurus OSIS sebagai ketua seksi bidang saja apa diperbolehkan?

    ReplyDelete
  33. Halo kak. Izinkan saya bertanya alasan mengapa sertifikat TOEFL tidak boleh dilampirkan pada SNMPTN 2021. Mohon jawabannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas karena itu hanya sertifikat apresiasi yang menandakan kamu telah lulus belajar bahasa Inggris dan gabisa dicantumin tapi kalau untuk beasiswa bisa

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Kak, maaf mau tanya, kalau lomba LCC itu bisa dilampirkan tidak ya? Terus kategorinya apa? Soanya gak ada kategori Cerdas Cermat di laman pengisian prestasinya kak

    ReplyDelete
  36. Mau tanya kak, untuk sertifikat peserta tes pra osk se provinsi kira2 bisa dilampirkan untuk snmptn tidak ya kak? Kalau misalkan bisa berarti termasuknya tingkat kota atau provinsi kak? Makasih kak

    ReplyDelete
  37. Mau nanya kak, apakah sertifikat juara lomba yang pelaksananya sekolah tetangga boleh dicantumkan buat SNMPTN?

    ReplyDelete
  38. kak mau tanya kalau sertif ketua divisi di organisasi boleh dicantumkan buat snmptn?

    ReplyDelete
  39. Kak, bagaimana kalo saya salah klik jurusan sementara saya sudah finalisasi... bisa kah minta tolong pusat untuk mengubah?

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. kak mau tanya dong, saya punya sertifikat juara osn tingkat pronvinsi dan juga sertifikat peserta osn nasional dari perlombaan yang sama, guru bk saya menyuruh mencantumkan dua2 nya tapi saya masih ragu, yang dicantumkan yang mana ya?

    ReplyDelete
  42. Kalau sudah upload sertif tapi ternyata salah, bisa ditarik/dihapus lagi tidak kak? Saya juga belum finalisasi kak

    ReplyDelete
  43. Kak mau tanya, kalo sertifikatnya berbentuk pdf alias tidak di print itu bisa tidak ya? atau harus di print dulu baru di scan? Terima kasih.

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Kak mau nanya, kalo piagam juara debat best speaker tingkt provinsi itu masuk kategori mana ya kk prestasinya? Dan sertifikat pertekuran pelajar juga. Yang nandatanganin sertifikat perktukaran pelajarny itu menteri bumn rini sumarno 2019 lalu. Itu masuk kategori apa y kk prestasiny mohon dijawab kaka๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    ReplyDelete
  46. Kak, aku mau nanya. Aku punya sertifikat lomba nasional sbg peserta dan sertifikat organisasi sbg anggota sekbid. Sebaiknya yang mana yang lebih baik dicantumkan?

    ReplyDelete
  47. Kak, saya punya piagam penghargaan lomba tahun 2014... Apakah bisa dicantumkan?

    ReplyDelete
  48. Kak saya punya sertifikat juara lomba Pramuka tapi atas nama satu regu kak,apakah boleh dicantumkan?

    ReplyDelete