Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Sertifikat Untuk SNMPTN 2021

Sertifakat yang menunjang lolos snmptn 2021

 Artikel ini membahas tentang sertifikat apa saja yang bisa dilampirkan dalam pendaftaran dan seleksi SNMPTN 2021

Semangat pagi semuanya! pendaftaran SNMPTN 2021 akan segera datang paling sekitar akhir bulan Januari atau awal Februari 2021 nanti. Nah, salah satu yang sering ditanyakan adalah sebenarnya sertifikat untuk SNMPTN itu apa saja sih yang bisa dilampirkan oleh siswa.

Dalam penilaian SNMPTN, hal yang dilihat adalah nilai prestasi dan portofolio. Salah satu prestasi selain nilai rapor adalah apakah seorang siswa aktif dan pernah memenangi kejuaran. Banyak juga yang bertanya apakah sertifikat osis bisa untuk SNMPTN, apakah sertifikat toefl bisa untuk SNMPTN juga kak?


Nah, disini kita bahas satu per satu sertifikat apa saja yang bisa untuk dilampirkan dalam seleksi SNMPTN 2021 nanti dan memperbesar peluang lolos SNMPTN ya.

Sertifikat Untuk SNMPTN 2021

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

OSN sendiri merupakan kompetisi tingkat nasional untuk siswa SD/SMP/SMA sederajat dibawah Kemendikbud RI yang meliputi bidang sains seperti olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Astronomi, Ekonomi, dan lainnya.

Sertifikat OSN ini bisa dilampirkan untuk SNMPTN dan akan menambah poin kalian untuk diseleksi. Sebaiknya yang diupload adalah sertifikat yang mendapatkan juara minimal tingkat kabupaten/kota. 

Bagaimana jika punyanya sertifikat OSN sebagai peserta?

Jika misalnya tidak punya yang juara dan ingin upload yang sebagai peserta juga tidak masalah berarti kalian juga sudah mewakili SMA kalian.

Jika saya punya sertifikat juara tingkat Kab/Kota dan Tingkat provinsi, lebih baik saya pakai yang mana?

Silakan pakai yang provinsi karena nilainya lebih tinggi dan jangan pakai dua-duanya pada perlombaan yang sama. 

2. Sertifikat O2SN

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) adalah kompetisi di bidang olahraga bagi para siswa SMA, biasakan perlombaan seperti : Atletik, Senam, Bulu Tangkis, Renang, Karate dan Pencak Silat.

Sifat sertifikat ini seperti sertifikat OSN ya.

3. Sertifikat FLS2N

FLS2N atau kependekan dari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional adalah kompetisi di bidang seni dan budaya bagi siswa-siswi mulai jenjang sekolah dasar, menangah pertama dan akhir (SD, SMP dan SMA sederajad).

Nah sertifikat pada perlombaan FLS2N ini bisa dilampirkan dalam seleksi SNMPTN 2021 nanti. Silakan dilampirkan jika mempunyai ya. Lebih baik lampirkan yang juara ya, jika tidak punya bisa lampirkan yang sebagai peserta tidak masalah.

Bagaimana jika sertifikatnya dalam bentum grup atau kelompok?

Tidak masalah, silakan unggah saja di laman pendaftaran SNMPTN ya. 

4. Sertifikat Lomba LKTI dan Esai

Selanjutnya adalah sertifikat lomba karya tulis ilmiah (LKTI) atau lomba esai. Biasanya lomba-lomba seperti ini dilaksanakan oleh pihak-pihak kampus dan ditujukan untuk siswa-siwa SMA supaya kreatif dan berkompetisi.

Nah, untuk yang lomba LKTI dan Esai ini sebaiknya lampirkan saja yang juara ya, kalau cuma peserta saja tidak perlu diunggah di pendaftaran SNMPTN. Minimal yang bisa diupload adalah finalis bukan semifinalis/peserta.

5. Lomba Kompetisi Olimpiade, Debat, Cerdas Cermat, Baris Berbaris, dan lainnya.

Selanjutnya lagi yaitu apapun itu sertifikat lomba atau kompetisi bisa diunggah ya. Asalkan kalian bukan peserta dan minimal sudah menjadi finalis silakan diunggah saja.

6. Sertifikat Pengurus OSIS, MPK dan Ekstra Kulikuler

Apakah Sertifikat OSIS MPK bisa untuk SNMPTN?

Buat kalian yang selama SMA sudah aktif organisasi seperti OSIS dan Ektrakulikuler bisa juga dilampirkan lho ya. Nah, syarat khusus untuk sertifikat osis atau organisasi untuk SNMPTN ini adalah kalian menjabat didalamnya (bukan anggota). 

Misalkan kalian menjabat sebagai ketua OSIS, Ketua Pramuka, Ketua KIR, Sekretaris MPK itu bisa dilampirkan lho.

Pengurus itu meliputi mulai dari ketua sampai seksi-seksi ya maksudnya.

Nah, buat memvalidasinya pastikan sertifikat kalian ditandatangani oleh pihak sekolah (minimal kesiswaan sekolah).

7. Sertifikat Keahlian (Pelatihan)

Nah, khusus anak SMK, biasanya kalian sebelum lulus ada sertifikasi keahlian dan mempunyai sertifikat pelatihan khusus kan? nah ini bisa banget buat di unggah dan bisa jadi nilai plus buat kalian lolos seleksi SNMPTN 2021 nanti.

8. e-Sertifikat untuk SNMPTN

Apakah bisa e-certificate untuk SNMPTN? Bisa. Apabila memenuhi syarat poin 1-7 diatas ya. Maksudnya adalah e-certifikat untuk snmptn ini bukan sebagai peserta seminar, peserta lomba, dan juga sebagai anggota dalam organisasi/komunitas. 

Hal yang harus diperhatikan untuk e-sertifikat ini adalah :

  1. Jelas siapa Nama Penyelenggara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  2. Jelas Nama Acara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  3. Sangat dianjurkan e-sertifikat ada No. Sertifikatnya (no. unik yang beda setiap pemegang sertifikatnya).

Sertifikat Tidak Bisa Untuk SNMPTN

1. Sertifikat TOEIC, IELTS dan Toefl

Sertifikat yang bersifat keahlian bahasa ini tidak bisa digunakan untuk seleksi SNMPTN 2021 ya, misalkan nih sertifikat TOEFL, TOEIC, atau IELTS atau mungkin lainnya tidak bisa ya. Ini juga berlaku untuk bahasa-bahasa lain (selain bahasa Inggris)

2. Juara Kelas

Banyak yang tanya apakah bisa piagam atau sertifikat juara kelas dan juara paralel sekolah bia untuk SNMPTN?

Apabila kalian juara kelas ataupun juara paralel se-sekolahan, sertifikat seperti ini yang tingkatnya hanya satu sekolahan tidak bisa untuk diunggah ke pendaftaran SNMPTN, apabila diunggah bisa jadi mengurangi nilai kalian nanti. Karena penilaian peringkat oleh sekolah dan oleh sistem SNMPTN itu beda.

sertifikat tingkat sekolah yang bisa dilampirkan ya seperti Ketua Osis dan Pengurus Organisasi ya.

3. Sertifikat Peserta Lomba

Jika kalian hanya sebagai peserta lomba saja, maka sertifikat itu tidak baik untuk diunggah di pendaftaran SNMPTN 2021 nanti.

Sertifikat peserta yang bisa diunggah, yaitu : OSN, O2SN, FLS2N, MTQ

4. Sertifikat Seminar/Webinar

Sering mengikuti seminar baik offline maupun online? pasti nanti setelah mengikuti seminar kalian dapat snack, nasi kotak dan sertifikat kan?

Apakah bisa Sertifikat seminar untuk SNMPTN?

Nah sertifikat seminar seperti ini tidak bisa ya karena bukan sertifikat keahlian atau kompetisi, ini hanya keikutsertaan saja.

5. Sertifikat Juara Tryout UTBK

Pasti sering kan ikut TO Online yang nanti akan mendapat sertifikat serta hadiah bagi yang masuk 10 besar. Nah ini tidak bisa dimasukkan dalam list sertifikat dalam SNMPTN ya.

6. Sertfikat Tanah

Ehehe, mau gadein sertifikat tanah atau mau daftar SNMPTN sih, hehe.

7. Sertifikat SMP

Silakan memakaki hanya sertifikat selama SMA saja.

Catatan!

Pastikan upload sertifikat atau piagam kejuaran hanya selama SMA saja ya (3 tahun terkahir) dan juga maksimal hanya 3 sertifikat. Pastikan memilih 3 sertifikat yang kalian anggap bagus dan menunjang untuk lolos di jurusan kalian.

Pendaftaran Akun LTMPT 2021

Setelah menyiapkan sertifikat yang digunakan, langkah paling awal adalah membuat akun LTMPT 2021. Baca tutorial dan disertai gambar tentang Cara Mendaftar atau Registrasi Akun LTMPT 2021

Mungkin hanya sedikit ini yang bisa saya berikan tentang sertifikat yang bisa untuk SNMPTN semoga bermanfaat dan lolos seleksi SNMPTN ya.


Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

26 comments for "8 Sertifikat Untuk SNMPTN 2021"

  1. SNMPTN 2021 sudah tidak melampirkan sertifikat, sertifikat hanya sampai level sekolah, apabila ada beberapa siswa eligible yang nilainya sama

    ReplyDelete
  2. Jika sertifikat olimpiade online bisa dilampirkan kak? Mohon dijawab ya🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila penyelenggara jelas (Nama Penyelenggara dan Nama Acaranya olimpiade) maka bisa dipakai.

      Delete
  3. Kak mau tanya yang sertifikat ikut organisasi itu, jika sebagai bendahara atau sekretaris itu masih bisa dikatakan menjabat didalam organisasi atau tidak ya? atau cuma ketua?

    ReplyDelete
  4. kak, kalau sertifikat lomba olimpiade online tapi nggak dapet juara (peserta lomba aja), boleh nggak?

    ReplyDelete
  5. Izin bertanya kak, apa sertifikat PKL bisa digunakan kak?

    ReplyDelete
  6. Sertifikat tahun 2021 bisa g kak?

    ReplyDelete
  7. Kak izin bertanya....
    Utk no.5 sertifikat cerdas cermat kalo menangnya cmn tingkat sekolah bgmana???

    ReplyDelete
  8. Kalo serifikat Jambore Rohis
    se Kabupaten tapi sebagai peserta bisa gk kak?
    Mohon dijawab🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya sertifikat yang dicantumkan nanti adalah sertifikat kejuaran/kompetisi/lomba ya.

      Delete
  9. Kak sertifikat pramuka garuda bisa dilampirkan engga ?

    ReplyDelete
  10. Kak sertifikat rekor muri bisa ga?

    ReplyDelete
  11. Ka, snmptn lebih mengutamakan nilai atau sertif ya? Soalnya di sekolah saya ada yg nilainya lebih tinggi dari saya dan mau ke jurusan dan univ yg sama, tetapi saya punya sertif medali perak osn. kira2 lebih berpeluang siapa ya? terima kasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling utama adalah nilai rapor semeseter 1-5. Apabila memiliki sertifikat prestasi, itu bisa menjadi nilai tambah dan pertimbangan lebih bagi kampus untuk menyeleksi.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Kak, saya punya sertif yang didapatkan dari essay competition tingkat SMA/Sederajat yang dilaksanakan DJPK Kementerian Keuangan, tetapi sertif tidak mencantumkan nomor 'unik'. apakah tetap bisa dicantumkan? Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa dilampirkan saja. Asal kegiatan lomba tsb bisa dicari di internet lombanya kapan dan nama kegiatannya jelas.

      Delete
  14. Pak,saya punya sertifikat wakil ketua OSIS dan ketua ekstrakurikuler PMR,apakah saya bisa melampirkan kedua sertifikat saya d SNMPTN atau hanya salah satunya saja?

    ReplyDelete
  15. Kalau sertifikat seleksi Kawah Kepemimpinan apakah boleh dilampirkan untuk daftar snm? Sertifikat ini dikeluarkan oleh suku dinas pendidikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika seleksi tersebut resmi dan juga ada penghargaan terbaik, juara, dan favorit bisa dilampirkan. Asal jgn hanya sebagai peserta.

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete