Contoh Harapan Mahasiswa Baru untuk Kampus

Artikel ini membahas tentang contoh harapan mahasiswa baru untuk kampus saat penerimaan mahasiswa baru baik PTN maupun PTS supaya bisa lancar kuliah.

Contoh Harapan Mahasiswa Baru untuk Kampus

Saat penerimaan mahasiswa baru pasti ada kegiatan ospek kampus. Ospek disini dilakukan untuk mengenalkan kampus dari segi sejarah dan nilai-nilainya dan tentang jurusan secara mendalam. Nah, apa saja sih harapan mahasiswa baru untuk kampus? yuk berikut caranya ya.

1. IPK Memuaskan

Harapan pertama dan utama bagi mahasiswa adalah bisa mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang memuaskan. IPK yang memuaskan disini sebenarnya tidak harus kok yang namanya cumlaude (diatas 3.51). Namun lebih kepada nilai yang diatas standar, misalkan diatas 2.75 itu sudah cukup.

Selain itu, IPK juga sebagai tanggung jawab mahasiswa kepada kedua orang tua yang telah  membiayai selama kuliah. Mereka hanya perlu IPK untuk memastikan apakah kamu bener-bener belajar beneran atau tidak.

2. Memperoleh Beasiswa

Langkah kedua dan harapan kedua mahasiswa baru adalah bisa mendapatkan beasiswa. Tujuan utama beasiswa adalah bisa meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah. Selain itu, banyak juga beasiswa yang tidak hanya memberikan uang tetapi juga upgrading skill.

Nah, harapan memperoleh skill tambahan yang mahal ini menjadi penting sebagai bekal setelah lulus kuliah nantinya di dunia kerja ataupun buat portofilio jika ingin melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi (misal S2).

3. Aktif di Organisasi Kampus

Kenapa kok aktif di organisas kampus menjadi harapan? karena kegiatan kuliah tidak sepadat waktu sekolah SMA. Nah, ga mungkin dong masa kita menganggur di waktu luang? banyak hal yang bisa kita dapatkan di dunia kampus.

Misalkan mau mendapatkan kepemimpinan dan manajemen yang baik, bisa tuh masuk dunia organisasi seperti himpunan jurusan, BEM, Senat atau lainnya yang bergerak dibidang ini.

Selain itu, bisa juga aktif di UKM sebagai tempat untuk mengasah skill dan bakat, misalkan UKM silat, UKM Catur, atau UKM lainnya. Kedepannya, gak cuma ikut aja, kamu juga bisa ikut lomba dan memenangkan kompetisi tersebut.

4. Menang Kompetisi

Bisa memenangkan kompetisi baik lokal, nasional maupun taraf internasional. Kenapa kok menang kompetisi bisa membantu kampus? karena semakin banyak jumlah kejuaraan yang diperoleh dalam satu tahun, akan bisa meningkatkan akreditasi kampus dan jurusan lho.

Nah, keren gak tuh kalau kamu bisa menang dan malah bisa menyumbang kebaikan buat jurusan dan kampus. Selain kamu yang beruntung tetapi adik tingkat juga bisa beruntung akibat akreditasi jurusan dan kampus yang baik.

Banyak lomba kok selama kuliah mulai dari LKTI, Poster, esai, debat sampai dunia bisnis. Lomba yang banyak dikenal si PKM ya.

5. Lulus Tepat Waktu

Nah ini. Harapan yang paling disukai kampus. Buat kampus, jika bisa meluluskan mahasiswanya tepat waktu maka indeks kampus dan jurusan juga akan baik. Tidak hanya itu, indeks dosen yang membimbing juga akan naik lho.

Kalau ga lulus-lulus? bisa jadi beban kampus dan beban semuanya. Jadi, pastikan jangan sampai menjadi beban semua orang ya.

Nah, gimana? itulah harapan mahasiswa baru untuk kampus yang bisa kamu lakukan dengan cepat dan pasti. Selain itu, kreativitas masing-masing aja sebab banyak hal yang bisa jadi impian masing-masing mahasiswa kan.

Aksi nyata yang paling utama.

Baca artikel terkait lainnya

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Contoh Harapan Mahasiswa Baru untuk Kampus"