Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Deskripsi Diri untuk Mendaftar Beasiswa 2020


 Artikel ini membahas tentang bagaimana contoh dan cara membuat deskripsi diri sendiri untuk mendaftar beasiswa pada tahun 2020 seperti LPDP, BU, Arah Pemuda dan lainnya.

Pada setiap pendaftaran beasiswa, pastinya kita dalam seleksi harus bisa mengenalkan diri sendiri kepada pemberi beasiswa supaya yakin dan mau memberikan beasiswa kepada pelamar. Salah satu syaratnya adalah dengan disuruh untuk mengumpullkan essay diri atau deskripsi diri.

Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat esas diri atau deskripsi diri untuk beasiswa, perhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Siapa sasaran pemberi beasiswa.
  2. Apa tujuan pemberi beasiswa.
  3. Relevansi.

Siapa Sasaran Beasiswa?

Hal ini penting supaya kalian bisa memosisikan diri seperti apa yang diminta oleh pemberi beasiswa. Misalnya ada beasiswa yang sasarannya ke mahasiswa yang berprestasi, ada juga yang untuk orang kurang mampu, atau orang yang memiliki mitra kerja.

Apa Tujuan Pemberi Beasiswa?

Silakan dalami dan baca lebih lanjut sebenarnya apa sih output yang diinginkan oleh pemberi beasiswa. Apakah untuk mahasiswa supaya menjadi entrepreneur, atau yang berkontribusi kepada masyarakat, atau yang sebagai leader. 

Relevnasi

Buatlah deskripsi diri yang relevan dengan jurusan/keahlian kalian. Jadi, misalnya kalian jurusan pertanian, jadi ya jelaskan diri kalian bagaimana berkontrbusi dengan pendidikan kalian. Kalau memang kalian mempunyai keahlian diluar jurusan kalian, silakan malah itu lebih baik.

Contoh Essay atau Deskripsi diri Untuk Beasiswa

Perkenalan Diri

Pada awal silakan perkenalkan diri kalian mulai dari Nama lengkap, nama panggilan, tempat dan tanggal lahir, alamat serta hobi secara singkat.

Perkenalkan saya Mas Admin, yang biasa dipanggil dengan Cak Ad lahir di Madiun, 1 Januari 2000. Saya tinggal di sebuah desa bernama desa X yang terkenal dengan industri pangan sambel pecelnya. Hobi saya yang rutin saya lakukan adalah bersepedah.

Tentang Keluarga 

Kemudian, perkenalkan secara singkat siapa ayah dan ibu kandung kalian serta apa kegiatan/pekerjaan yang dijalankan sekarang ini. Apakah penghasilannya mencukupi untuk kehidupan dan siapa saja tanggungan dalam keluarga. Bagaimana membiayai biaya kuliah anda sekarang ya.

Jika tinggal dengan orang lain (saudara) bisa jelaskan juga sekarang kalian tinggal dimana dan mengapa harus tinggal dengan orang lain.

Tujuaanya supaya kalian bisa ditelusuri keberadaan baik kondisi hidup maupun juga hubungan dengan keluarga.

Alasan Ingin Kuliah

Jelaskan alasan atau latar belakang kalian mengapa kok ingin kuliah. Apakah ada dorongan dari lingkungan sekitar atau hanya murni dari diri sendiri.

Sejak SMA saya sudah sangat bercita-cita ingin kuliah. Hal ini didorong dengan lingkungan teman-teman kami yang semuanya ingin kuliah, pengalaman dari tetangga yang sudah kuliah serta keinginan terbesar dari keluarga. Dukungan keluargalah yang membuat saya menjadi optimis untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

Jika untuk beasiswa S2 seperti LPDP, silakan ceritakan pengalaman  kerja kalian jika sudah bekerja atau pengalaman kuliah S1.

Setelah S1 saya bekerja di bidang data science, sehingga dengan pengalaman  kerja saya, saya ingin memperoleh banyak ilmu lagi selain dari praktisi tetapi dari dunia akademik. Hal ini akan menunjang saya dalam karir dan juga kontribusi saya nanti ketika sudah lulus S2.

Kuliah 

Buat yang melamar beasiswa dan sudah berjalan kuliahnya, silakan kalian jelaskan kalian kuliah dimana, jurusan apa, serta apa bidang yang kalian tekuni.

Jika kalian sudah tidak kulaih (lulus) maka jelaskan apa kuliahmu dahulu, di universitas mana, jurusan apa, dan apa penelitian kalian terakhir.

Aktivitas Organisasi

Jelaskan aktivitas organisasi yang sedang kalian jalani sekarang atau sudah dijalani. Kemudian rinci mulai dari masuk di bidang apa, pekerjaanya apa saja (jobdesc) dan juga apa tujuan kalian masuk organisasi tersebut.

Selama kuliah saya aktif di organisasi jurusan (himpunan mahasiswa jurusan) pada bidang kewirausahaan. Saya sebagai kepala bidang di bidang tersebut dengan tugas merencanakan kegiaatan, pelatihan dan juga upgrading skill untuk anggota. Tujuan saya ikut organisasi adalah selain melatih softskill dan leadship, juga sebagai ajang untuk berbagi ilmu yang sudah dapatkan dan sudah saya terapkan.

Aktivitas Lain

Jelaskan apa saja aktivitas lain yang kalian jalani selama kuliah yang menunjang diri kalian untuk bisa diterima sebagai penerima beasiswa. Hal yang bisa kalian masukkana adalah

  1. Aktivitas Kepanitian (pilih 1 saja yang terrbaik//berkesan)
  2. Komunitas
  3. Volunter
  4. Magang/kerja part time
Silakan kalian jelaskan dari keempatnya yang 2 paling kalian sukai dan berkesan saja. Jangan terlalu banyak dan juga harus relevan dengan pemberi beasiswa. Misalnya beasiswa LPDP yang berkaitan dengan kontribusi maka ya pilih ke komunitas/volunter karena lebih terlihat kontrbusi dalam masyarakat. Serta jelaskan tujuan kalian apa dari aktivitas yang kalian jalankan.

Prestasi

Karena tujuan utama kuliah adalah pendidikan formal, maka disini kalian bisa mengisi dengan kuliah sudah semester berapa, dapat IPK berapa, serta penghargaan apa saja yang kalian dapatkan selama kuliah. Selain itu, bisa juga ditambahkan dengan pengalaman asisten dosen atau asisten praktikum apabila memiliki.

Harapan dan Cita-Cita

Apa harapan dan cita-cita kalian apabila telah lulus kuliah nantinya (dikaitkan dengan tujuan beasiswa ya). Apa output yang kalian inginkan dari kuliah selain pendidikan (bisa softskill, relasi, dll).

Selain itu, tulislah ide/gagasan murni kalian tentang bagaimana kalian bisa meraih tujuan beasiswa tersebut. Misalnya untuk LPDP:

Harapan saya kedepan adalah bisa sebagai jembatan untuk warga di desa sekitar saya mendapatkan informasi dan pendampingan kesehatan yang benar, cepat, dan juga mengedukasi mereka melalui program "Edukasi Kesehatan yang Merakyat" bersama komunitas yang akan saya buat bersama-sama teman se wilayah kabupaten/kecamatan.

Jika beaiswa untuk leadership:

Ya bisa buat ide atau mungkin sekarang sudah berjalan lebih baik lagi, bagaimana membuat dirimu menjadi leader bagi dirimu sendiri dan orang lain apalagi bisa berdampak pada masyarakat nantinya. 

Harapan Beasiswa

Terakhir adalah apa harapan kalian apabila diterima sebagai penerima beasiswa tersebut, apa yang akan kalian lakukan sebagai bukti nantinya, serta apa saja hal yang akan kalian lakukan dengan beasiswa tersebut (misal untuk pembiayaan kuliah)

Penutup

Tutuplah dengan kata-kata indah atau doa singkat.

Tips

Tanyalah atau minta contoh deskripsi diri untuk beasiswa kepada teman atau kakak kelas yang sudah lolos sebelumnya. 

Oh iya, diatas cuma poin-poin saja ya. Untuk redaksi tulisannya disilakan dikembangkan sendiri dengan kata-kata kalian (tidak perlu berlebihan, tidak masalah kamu kurang aktif atau mungkin idemu sepele tapi pastikan itu NYATA).

Pastikan semua narasi tadi sesuai dengan ciri khas kalian, karena setiap orang mempunyai gaya bahasa masing-masing dan unik. Selain itu, pastikan apa yang kalian tulis itu nyata dan tidak kebingungan saat wawancara.

CV (Curriculum Vitae)

Nah, selain kadang kita disuruh membuat deskripsi diri dalam bentuk narasi. Pastinya kita juga disuruh untuk mengumpulkan CV kita saat mendaftar. Ternyata ada trik dan hal yang harus ada dalam CV kita biar lolos. Jika ingin memahami, silakan baca saja Contoh dan Penjelasan 7 Hal yang harus ada dalam CV supaya Lolos Beasiswa


Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Contoh Deskripsi Diri untuk Mendaftar Beasiswa 2020"