Pertanyaan Maba untuk Senior (Kating)

Sebagaia maba atau mahasiswa baru, pastinya banyak hal yang ingin diketahui dan juga ingin dipahami. Salah satu caranya adalah bertanya kepada senior atau kating. Apa saja pertanyaan maba untuk senior yang biasanya sering muncul di kalangan mahasiswa baru, yuk kita ulas satu per satu dalam artikel ini.

Pertanyaan Maba untuk Senior

1. Bagaimana rasanya kuliah di Jurusan ini?

Pertanyaan pertama yang sering dilontarkan oleh mahasiswa baru adalah mengenai kenyamanan dan juga masalah membuat keyakinan penuh memilih jurusan. Kadang, banyak mahasiswa baru yang merasa dirinya takut salah jurusan, makanya sering menanyakan hal ini.

Hal-hal yang biasanya diulik adalah bagaimana kondisi perkuliahan, bagaimana alumni yang ada disini dan bagaimana mas-mas atau mbak-mbak menjalani kuliah di jurusan tersebut?

2. Bagaimana Dosen dan Nilainya?

Pertanyaan kedua, bagaimana sih sifat dan karakter dosen-dosen pengajar di Jurusan yang dipilih ini. Biasanya mahasiswa baru sangat takut mengenai nilai yang susah atau dosen yang pelit nilai. Padahal, semua dosen pasti mudah nilainya, tetapi karena mahasiswa senior yang malas atau banyak kegiatan membuat tidak fokus kuliah dan mengatakan "nilainya susah".

Pastikan tanyakan kepada banyak senior, biar tidak terjadi bias jawabannya.

3. Ikut Organisasi dan UKM apa?

Pertanyaan ketiga Maba untuk senior selanjutnya adalah terkait organisasi dan UKM yang diikuti. Dengan menanyakan ini, kita sebagai maba bisa banget untuk memetakan kebanyakan mahasiswa jurusan bergabung di organisasi apa. Jika ingin mencari teman, bisa banget menanyakan testimoninya kepada senior biar tidak salah organisasi dan UKM.

Pastikan tanyakan kegiatannya apa saja. Kalau menanyakan enak tidaknya atau bagus tidaknya pasti semua mengunggulkan masing-masing organisasinya.

4. Beasiswa

Apakah di jurusan, fakultas atau kampus ada banyak beasiswa? Apa sih beasiswa yang banyak diperoleh oleh mahasiswa senior di jurusan ini. 

Dengan menggali ini, kita bisa menyiapkan sejak dini bagaimana seleksinya, apa saja yang perlu disiapkan dan lain sebagainya.

Artikel relevan dengan beasiswa: Contoh Motivation Letter untuk Beasiswa

5. Tempat Makan Paling Murah

Pertanyaan terakhir, adalah dimana sih tempat makan paling enak, banyak dan murah. Hehe. Semua sudah tau lah ya, kalau mahasiswa kebanyakan hanya mengandalkan satu sumber pendapatan, yaitu orang tua.

Sehingga, uang yang diberikan haruslah bisa dimanfaatkan banyak hal, mulai makan, iuran organisasi, jajan dan uang untuk beli buku. 

Nah, itu saja yang bisa Aku jelaskan secara singkat berdasarkan pengalaman ya. Hehe. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Pertanyaan Maba untuk Senior (Kating)"