Tutorial Cara Daftar Akun KIP Kuliah 2023

Artikel ini akan membahas tentang cara membuat dan mendaftar akun KIP Kuliah 2023 dan penjelasan secara rinci setiap bagiannya dalam pengisian data KIP Kuliah 2023

Artikel update per 5 Desember 2022

PENDAFTARAN KIP KULIAH 2023 DIMULAI TANGGAL SEKITAR BULAN FEBRUARI 2023, SILAKAN DAFTAR SEKARANG JUGA.

KIP Kuliah  adalah program bantuan untuk siswa yang "berprestasi" dan dari keluarga "yang kurang mampu" untuk dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi secara gratis.

Laman resmi KIP Kuliah 2023adalah kip-kuliah.kemdikbud.go.id saja ya

Oke langsung saja akan saya bahas bagaimana cara dari awal mendaftarkan diri untuk memiliki Akun KIP Kuliah 2023 sampai mengisi data-data yang ada didalamnya secara lengkap dan rinci.

Pendaftaran Akun KIP Kuliah

Pertama, siswa login kelaman KIP Kuliah 

Tutorial Cara Daftar Akun KIP Kuliah 2022
Gambar a. Pendaftaran Akun KIP Kuliah 2023

Siswa bisa langsung kunjungi alamat web pendaftaran berikut di kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru. Nanti disana kalian dihadapkan pada tampilan seperti diatas (gambar a)  dan silahkan inpu beberapa hal sesuai yang diminta, yaitu :

  • Nomor Induk Keluarga (NIK) - disini harus sama dengan yang ada di SNMPTN
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) - harus sama dengan SNMPTN
  • dan, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) - jika tidak tau ditanyakan pihak sekolah

Kedua, dapatkan Nomor Pendaftaran dan Nomor Akses

Nah, setelah kalian daftar maka nanti akan disuruh memasukkan alamat email aktif kalian. Setelah memasukkan emailnya, silakan cek di email kalian di bagian "inbox" atau "spam" email dari KIP Kuliah (gambar a). Hal yang dicatat adalah 1) Nomor Pendaftaran dan 2) Kode Akses


Ketiga, siswa login ke akun KIP Kuliah


Siswa bisa mengakses "login siswa" atau klik link berikut : kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login dan masuk menggunakan kombinasi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses dari email tadi.

Kak mengapa tidak ada Kode Akses dan Nomor Pendaftaran yang masuk di email saya ya? baca QnA KIP Kuliah email

Selesai.

Mengisi Data Akun KIP Kuliah

Proses pendaftaran sudah selesai langkah selanjutnya adalah mengisi data-data yang diminta oleh KIP Kuliah, sebagai berikut.

Biodata Awal


Siswa disuguhkan beberapa pilihan menu, pertama adalah klik bagian "biodata" dan akan tampil sebagai berikut. Kemudian klik "Perbaharui Biodata". Isikan data yang kosong yang diminta ya. Jangan sampai ada salah tulisan sedikitpun.

Perhatikan dengan benar dan cek kebenaranya sebelum masuk ke langkah kedua.


Akhir-akhir ini ada tambahan dimana siswa dapat melakukan "Sinkronisasi Ulang Dapodik" dimana dalam salah satu isiannya ada isian untuk Memasukkan Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Nomor Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
Tetapi kak, kok saya gak bisa klik dan mengisi kolom No. KIP dan No. KKS di KIP Kuliah Biodata ini ya? bagaimana solusinya?

Solusinya adalah dengan melakukan update data Dapodik Siswa, Caranya bisa dibaca di Cara Mengisi No. KIP dan KKS pada KIP Kuliah 2023. Apabila ingin tau penjelasannya, simak video berikut.

Setelah melakukan pembaruan data dapodik. Kalian kembali login KIP Kuliah dan lakukan sinkronisasi ulang lagi. Jika sudah maka akan muncul nomor No. KIP atau No. KKS yang telah diinput di dapodik.

Data Keluarga

Setelah langkah satu dan simpan. Lanjut klik menu "Keluarga" maka akan ditampilkan data seperti berikut ini dan klik "perbaharui data keluarga".


Data Keluarga KIP Kuliah


Nah disini kalian disuruh untuk upload foto keluarga. silahkan foto bersama keluarga yang ada sesuai di KK didepan rumah kalian.
Foto bersama keluarga KIP Kuliah

Contoh Foto Keluarga untuk KIP Kuliah

Berikut ini contoh untuk foto bersama keluarga dengan anggota keluarga didepan rumahnya.

Contoh Foto Keluarga KIP Kuliah

Sumber gambar dari palembang.tribunnews.com

a. Data untuk ayah
  • Nomor KKNomor Kartu Keluarga yang biasanya besar dibagian atas kartu KK
  • NIK Kepala Keluarga - NIK Kepala keluarga yang ada di KK kalian
  • Nama Ayah/Wali - Nama lengkap ayah
  • Status Ayah/Wali - Status ayah sudah jelas.
  • Hubungan dengan ayah - Kandung/tiri
  • Pendidikan Ayah - Pendidikan terakhir ayah
  • Pekerjaan Ayah - Pekerjaan sekarang dilakukan, jika susah sesuaikan dengan pekerjaan di KTP/KK
  • Detail Ayah - Detil ayah : ceritakan tentang ayah kalian mulai hal pekerjaan, kesehatan (sakit atau sehat), kehidupan sehari-hari, kerja dimana, penghasilan dll secara singkat yang mencerminkan kondisi ayah anda. Jika sudah meninggal tambahkan keterangan meninggal.

Contoh isian detail ayah KIP Kuliah

Ayah saya bekerja sebagai buruh petani yang bekerja serabutan membantu tetangga mengolah sawahnya. Saat tidak sedang panen, ayah saya bekerja serabutan di bangunan sebagai kuli Pendapatan perbulan tidak tentu dan sekarang harus menghidupi ibu, saya, dan 2 adik saya. Ayah sudah berusia 51 tahun. Kondisi kesehatan ayah saya sudah mulai kurang baik akibat terlalu lelah bekerja dan juga umur yang sudah tidak muda lagi. Beban biaya pendidikan 2 adik saya yang masih SMP dan SMA juga membuat ekonomi keluarga kurang dan harus bekerja dimana-mana untuk mencukupi semuanya.

b. Data untuk ibu
  • Nama Ibu Nama lengkap ibu
  • Status ibu - Status ibu sudah jelas.
  • Hubungan dengan ibu - Kandung/tiri
  • Pendidikan ibu - Pendidikan terakhir ibu
  • Pekerjaan ibu - Pekerjaan sekarang dilakukan, jika susah sesuaikan dengan pekerjaan di KTP/KK
  • Detail ibu - Detil ibu : ceritakan tentang ibu kalian mulai hal pekerjaan, ibu rumah tangga, mengurus berapa anak, kesehatan (sakit atau sehat), kehidupan sehari-hari, kerja dimana, penghasilan dll secara singkat yang mencerminkan kondisi ibu anda. Jika sudah meninggal tambahkan keterangan meninggal.
Contoh detail ayah dan detail ibu KIP Kuliah 2023, tonton video berikut ini.

  • Jumlah Tanggungan Orang Tua Tanggungan adalah orang yang tidak bekerja dirumah. Misalnya dalam satu keluarga ada ayah, ibu, 2 kakak dan saya. Ayah, Ibu, dan 1 kakak saya sudah kerja maka mereka bukan tanggunngan. Yang termasuk tanggungan adalah kakak yg belum bekerja dan saya.
  • Nomor telepon orang tua :Jika tidak punya bisa diisi nomor kakak/adik. Pastikan jangan sampai mati / keblokir nomor telepon ini.
Jumlah Tanggungan Orang Tua


Jika sudah klik simpan.

Data Ekonomi

Lanjut klik menu "ekonomi", dan klik perbaharui ekomoni. Tampilan sebagai berikut.

Data Ekonomi - KIP Kuliah

Jika muncul kolom Alasan Pengajuan Koreksi Data" maka isi saja seperti : "kondisi ekonomi keluarga sekarang, tanggungannya berapa, hutang berapa, beban yang sedang dihadapi, dll"

Alasan pengajuan koreksi data ini biasanya terjadi pada akun dengan DTKS tidak terdata atau desil > 4. Nah, disini kalian diminta untuk mengajukan koreksi data ekonomi. Jadi, isi aja deh dengan kondisi sekarang seperti apa yang benar dan sesuai kondisi.

Untuk lebih jelasnya masalah bagaimana cara mengisi alasan pengajuan koreksi data kip kuliah ini, bisa perhatikan contoh dalam video ini.

Data yang disikan antara lain, sebagai berikut:
  • Pekerjaaan Ayah - sesuai dengan poin nomor 2 
  • Penghasilan Ayah - isikan sesuai dengan penghasilan kotor struk penghasilan, jika tidak sebagai pegawai (petani, nelayan, dll) bisa meminta surat keterangan gaji di kantor desa setempat.
  • Pekerjaan Ibu - sesuai poin nomor 2
  • Penghasilan Ibu - sikan sesuai dengan penghasilan kotor struk penghasilan, jika tidak sebagai pegawai (petani, nelayan, dll) bisa meminta surat keterangan gaji di kantor desa setempat. Jika tidak bekerja diisikan 0 (nol).
  • Total Hutang - Isikan total hutang keluarga saat ini dan belum terbayarkan harus ada buktinya. Jika tidak ada kosongin.
  • Cicilan - Jika ada cicilan seperti kredit rumah, kendaraan, dll bisa diisikan. Jika tidak ada kosongin

Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi KIP Kuliah.

Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi

Untuk dokumen keadaan ekonomi ini, silakan bagi yang memiliki kartu KIP pelajar, Kartu KKS, Kartu KIS, atau Kartu PKH bisa digunakan. Silakan foto/scan dan unggah pada bagian ini.

Apabila tidak memiliki kartu-kartu diatas, silakan bisa menggunakan foto SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang didapatkan dari desa setempat. Untuk penjelasan lebih, bisa lihat video berikut ini.



Deskripsi keadaan ekonomi kip kuliah

Pada kolom deskripsi keadaan ekonomi KIP Kuliah ini, kalian bisa mengisi dengan menceritakaan keadaan ekonomi keluarga kalian secara umum ya. Pastikan juga ditambah dengan informasi jika punya KIP, KKS, atau KIS lebih baik.

Jika sudah selesai simpan data.

Data Rumah

Data Rumah KIP Kuliah

Kemudian lajut kemenu "rumah" klik perbaharui data rumah. Data yang diisikan sebagai berikut.

  • Kepemilikan - kepemilikan rumah keluarga kalian (milik sendiri, sewa(kontrakan/kos))
  • Tahun Perolehan - Kapan mulai menempati/dibangun rumah tersebut.
  • Sumber Listrik - PLN, genset atau yg lainnya.
  • Daya Listrik - Jika milik sendiri PLN isi dayanya (450, 900, 1200, 2400, dll).
  • Luas Tanah - luas tanah yang dimiliki sesuai dengan data PBB (tanyakan ibu kalian)
  • NJOP/meter - merupakan biaya pajak tanah yang dimiliki (bisa dilihat di kertas pajak PBB tanyakan ibu kalian). Pakai yang Bangunan!
NJOP per meter KIP Kuliah

  • Luas Bangunan - merupakan luas rumah kalian yang ditempati
  • Bahan atap - genting, asbes, seng, kayu, ijuk, dll (pilih salah satu)
  • Bahan lantai - keramik, tegel, plester, tanah, kayu, dll (pilih salah satu)
  • Bahan Tembok  - beton, kayu, gedek/bambu, dll (pilih salah satu)
  • Mandi cuci kakus - jelas
  • Sumber air PDAM, Sumur, dll (pilih salah satu)
  • Jarak pusat kota - isikan jarak rumah kalian ke pusat kota terdekat kalian berama KM
  • Jumlah orang tinggal - isikan jumlah orang yang tinggal dalam keluarga

Unggah Foto Rumah

Berikut ini beberapa contoh foto rumah untuk KIP Kuliah tampak depan, samping dan keluarga ya. Pastikan kalian juga ada didalamnya, bukan hanya foto rumahnya saja.




Pada kolom ini, nanti kalian harus mengisi kolom unggah :

  1. Foto Rumah Tampak Depan (maksimal 300 KB)
  2. Foto Ruang Keluarga (maksimal 300 KB)

Simpan, dan lanjut.

Data Aset

Data Aset KIP Kuliah 2021

Lanjut ke menu "aset" dan klik "tambah aset". Tambahkan aset dan isikan data yang diminta.
Biasanya disuruh mengisikan tahun beli, harga beli, harga jual (jika sekarang dijual). Ingat! masukkan semua aset yang dimiliki seperti smartphone, tv, motor, kulkas, dll yang berharga dengan klik "tambah aset"

Data Rencana



lanjut klik menu "rencana" dan "perbarui Rencana".

  • Rencana tinggal - rencana tinggal ketika kuliah (kos/kontrak/rumah sendiri/dsb)
  • Dukungan Keluargapilih iya ata tidak. Misalkan masih butuh dukungan uang tambahan darai orang tua berarti diisi iya dll
  • Transportasi asal - Transpotasi dari rumah kalian sekarang sampai di Kampuas Tujuan kalian yang didaftarkan di SNMPTN/SBMPTN (jalur darat (motor, bis. kereta, mobil) jalur udara : peswat, jalur laut :kapal, dll)
  • Transpotasi harian -Transpotasi harian yang bakal digunakan saat kuliah (motor/sepeda/jalur darat(jalan)).
  • Biaya Transportasi - Biaya awal transportasi asal (misal berangkat dari rumah ke PTN tujuan naik pesawat dengan estimasi (kira-kira) tiket sekali berangkat Rp1.000.000,-

Untuk memahami tentang pengisian kolom rencana ini, silakan tonton video berikut ini.

Prestasi

Kolom pretasi ini sifatnya adalah "opsional" atau tidak wajib diisi. Bagi kalian yang tidak mempunyai prestasi silakan dikosongi saja. Bagi kalian yang memiliki prestasi silakan untuk diunggah pada menu ini sebagai berikut.

  • Nama Kegiatan : isikan nama kegiatan acara tersenggelara. Misalnya Lomba kompetensi Siswa se-Madiun Raya, Lomba LKTI Nasional Hari Pangan Nasional, OSN, dll.
  • Jenis Kegiatan : pilih individual (Jika lomba dilakukan secara individu seperti olimpiade sains) dan pilih kelompok/tim (jika lomba bersifat tim).
  • Tingkat : Tingkat lomba minimal kabupaten atau kota.
  • Tahun perolehan : kapan kalian mendapatkan kejuaran tersebut (bisa 5 tahun terakhir sepertinya).
  • Pencapaian : isi pencapaian yang diraih. Misalnya : Juara 1 LKTI ...., Best Presenter Lomba Esai, dll). Jika sebagai peserta saja silakan diisi sebagai peserta dan pilih pencapaian "lainnya".
  • Unggah sertifikat : silakan unggah sertfikat dalam format gambar maks. 300KB. 
Prestasi tidak berlaku jika hanya juara kelas atau juara paralel di sekolahan. Simak video penjelasan prestasi berikut ini.

 

Seleksi

Menu "Seleksi" ini akan muncul ketika kalian sudah mengisikan semua data yang ada. Akan ada pilihan nanti seleksi seperti "SNMPTN, SBMPTN, SNMPN"  dan nanti kalian akan bisa mendapatkan yang namanya PIN dan KAP.

Setelah itu, terakhir silahkan untuk cetak formulir KIP Kuliah 2023, dicetak kertas HVS ukuran A4 atau F4 dan disimpan. Ini akan dibawa sebagai buki pelamar KIP kuliah saat daftar ulang nanti ketika diterima sebagai mahasiswa

Unduh Kartu Peserta dan Formulir KIP Kuliah 

Silakan unduh saja. Jika data KIP Pelajar dan KKS sudah diupdate di data dapodik kalian dan kalian sudah terdaftar di BDT DTKS maka akan muncul tampilan seperti ini di formulir kalian setelah diunduh.

Jika di kartu peserta tidak muncul KIP/KKS seperti gambar dibawah ini ikuti langkah : Cara Memasukkan No. KIP/No. KKS pada KIP Kuliah 2023

Gambar Kartu Peserta KIP Kuliah

Mengapa dibagian seleksi SNMPTN tidak bisa memilih atau tidak ada (kosong) pilihan PTN dan Jurusan/Prodi?
Formulir Bagian seleksi KIP Kuliah 2023


Jika muncul gambar dibawah ini berarti NIK atas nama kalian belum terdaftar di DTKS Kemensos sebegai penerima BDT. 


Apa yang harus kita lakukan jika belum terdata di DTKS BTD Kemensos? apakah yang tidak terdata tidak bisa daftar KIP Kuliah, silakan baca disini ya caranya : Tidak Terdata DTKS untuk KIP Kuliah 2023

Bagaimana cara daftar DTKS? berikut tutorial cara cek dan daftar DTKS KIP Kuliah 2023

Jika ada pertanyaan atau tambahan silakan untuk komentar dan supaya artikel ini selalu diperbarui 

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

394 comments for "Tutorial Cara Daftar Akun KIP Kuliah 2023"

  1. Comment Author Avatar
    Kak pas aku daftar, dalam pengisian akun data nya knp hanya ada biodata, keluarga, rencana dan prestasi?
    1. Comment Author Avatar
      Sepertinya kamu sudah terdaftar di BDT DTKS. Jika ingin cek data DTKS silahkan kunjung Melihat data DTKS BDT Kemensos
    2. Comment Author Avatar
      Berarti kalo udh terdaftar di BDT hanya ada biodata, keluarga, rencana dan prestasi aja ya kak ?
    3. Comment Author Avatar
      Iya aku juga gitu, uda aku cek juga dan uda terdaftar tp masi pake kk yg lama
  2. Comment Author Avatar
    Kak saya punya kip dan sudah memperbaiki NIK saya ke dinsos dan sudah valid di dinsos kabupaten saya. Akan tetapi di SIKS online masih belum terdaftar. Itu kenapa ya. Karena NIK saya berubah (KK dibuat 5 bulan lalu). Dan di akun kip kuliah saya status akunnya belum terdata. Gimana solusinya???
    1. Comment Author Avatar
      Coba tanyakan ke kecamatan ya apakah NIK sudah terdafatr di online
  3. Comment Author Avatar
    Kok sya gak ada data buat rumah yah? Itu emng kyak gitu apa gmna?
    1. Comment Author Avatar
      Mengapa akun KIP Kuliah 2020 tidak ada menu data untuk rumah, ekonomi, dan aset? itu tandanya kamu sudah terdaftar di BDT ya
    2. Comment Author Avatar
      Mas Yusuf tolong Bantu jawab d KK itu cuman tercantum nama sy sendiri. Jd foto kluarga ny gmn ya?
  4. Comment Author Avatar
    Kak, kalau ayahnya lg merantau dan gak punya foto keluarga gimana?
    1. Comment Author Avatar
      Apakah foto keluarga harus semuanya? sebaiknya iya. Jika memang ayah merantau jauh dan tidak bisa pulang foto saja dengan anggota keluarga yang ada dirumah.
    2. Comment Author Avatar
      Tapi sya blm trdftr di bdt kak
    3. Comment Author Avatar
      Silakan untuk mengurus BDT-nya di kantor desa setempat untuk diusulkan sebagai penerima BDT dan lanjut ke dinas sosial untuk diajukan ke pusat.
  5. Comment Author Avatar
    NIK saya salah 1 angka, apa bisa akun kip-k nya dihapus dan dadtar ulang memakai nik yang sesuai?
    1. Comment Author Avatar
      Jika NIK salah pasti tidak bisa mendaftarkan diri karena itu sudah otomatis sinkronisasi dengan data catatan sipil di kemensos lho. Bagaimana bisa salah tapi tetap bisa mendaftar?
    2. Comment Author Avatar
      Kalau yang sudah punya kip tapi pas pengisian data akun kip kuliah niknya salah gimana?
    3. Comment Author Avatar
      Saya juga gitu, niknya skrg sudah tak benerin, tapi terlanjur buat akun pake nik yang lama. Sekarang gimana?
  6. Comment Author Avatar
    Kak saya kebanyakan nulis aset..udah coba d hapus tapi nggak bisa??gimana.
    1. Comment Author Avatar
      Untuk hal ini memang banyak yg begini dan belum bisa menghapusnya. Solusi yang kami sarankan menunggu tanggal 2 Maret saja siapa tau bisa dihapus karena rilis resminya tanggal tersebut. Jika tidak bisa dihapus silakan diganti datanya dengan aset lainnya.
    2. Comment Author Avatar
      Kak saya mu daftar tetapi NIK belum terdaftar di dinas Sosial?
      Dan Ortu saya Bukan penerima PKH
      Apakah saya bisa mendaftar atau tidak?
  7. Comment Author Avatar
    Kan dirumah ibu tidak bekerja .. Nah pas waktu pengisian biodata keluarga di SNMPTN itu 2 seharusnya kan 3 sama ibuk .. Tpi gk tau kalau ternyata ibu itu ditulis juga jadi cuma ditulis 2 .. Trus yg kipk ini kalau saya nulisnya 3 kira" Boleh nggk? Soalnya takutnya karna beda sama snmptn..
    1. Comment Author Avatar
      Kalau berdasar pengalaman tahun lalu di bidikmisi, tanggungan itu untuk yang tidak bekerja dalam satu rumah tsb. Akan tetapi tinggal keyakinanmu saja. Boleh diisi jumlah semua anggota keluarga atau yg tidak bekerja.
  8. Comment Author Avatar
    Kak tanya nama ibu saya di dapodik salah itu ngisinya tetap yang salah itiu atau yang benar kak tadi sudah ke guru TU untuk benerin kak? Terima kasih kak
    1. Comment Author Avatar
      Silakan untuk mengisi nama ibu kandunh yang benar untuk perbaruan data NISN
  9. Comment Author Avatar
    Kak apakah kalo sekolah saya telat ngisi upload di portal SNMPTN(dalam artian semua siswa di sekolah saya sdh tdk bisa ikut jalur SNMPTN), saya masih bisa daftar KIP kuliah dan bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN maupun SBMPTN? MOHON DIJAWAB. TERIMAKASIH.
    1. Comment Author Avatar
      Jika sekolah telat finalisasi pdss dan pemeringkatan kemarin maka satu sekolahan tidak bisa ikut SNMPTN 2020. Akan tetapi, siswa masih bisa untuk mendaftar SBMPTN dan KIP Kuliah (panduan ada di blog ini) karena pendaftaran bersifat mandiri oleh siswa.
  10. Comment Author Avatar
    Kk plis jawab saya orang tua saya terdaftar di bdt tapi ko di kip k tidak terdaftar, malah disuruhnya ngisi aset, ekonomi, rumah, itu kenapa ya kk
  11. Comment Author Avatar
    Kak, kalau status rumah menumpang apa perlu mengisi data luas tanah dan lain lain kak, soalnya kan bukan milik sendiri,mohon infonya kak🙏
  12. Comment Author Avatar
    Kak untuk pemilihan seleksi itu cuma bisa memilih salah satu atau lebih dari satu? Dan yang bagian harga jual yang ada di aset klo barangnya gk dijual kan berarti gk diisi kan ya?
    1. Comment Author Avatar
      1. Berdasarkan tahun lalu, bisa memilih lebih dari satu seleksi.

      2. Harga jual dalam pengisian Aset artinya, kira2 nih dirumah punya motor berapa ya kira2 harga jualnya? jadi gak harus dijual.

  13. Comment Author Avatar
    Assalamu'alaikum Kk

    Apakah Pengisian Data Prestasi Itu wajib Di isi?
    Trus Bagaimana Jika Kita Sering Ikut lomba Di tingkat Kebupaten Tatapi Tidak ada Sertigikatnya?
    1. Comment Author Avatar
      Tidak harus diisi jika tidak punya. Prestasi harus ada bukti fisik yang bisa dipertanggungjawabkan seperti piagam/sertfikat.
    2. Comment Author Avatar
      Kak saya mau tanya, saya sudah daftar akun kip nya tapi email nya salah dua angka, jadi kode akses sama nomer pendaftarannya kekirim ke email yg salah itu, jadi gimana ya kak? Mohon bantuannya.
  14. Comment Author Avatar
  15. Comment Author Avatar
    Desil itu masksudnya apa ya kak?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan baca artikel kami yang berjudul QnA KIP Kuliah 2020
  16. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum, kak kan pas dpt email itu di suruh ganti kode akses. Cara ngubahnya gimana ya? Mohon penjelasannya.
  17. Comment Author Avatar
    Kak, kalo saya tinggal jauh dari orang tua, lalu foto keluarga nya gimana?
    Lalu alamat yang saya isikan di biodata alamat saya sekarang atau tetap alamat orang tua disana?
    Dan saya belum terdaftar di BDT apakah saya harus mengurus nya?
    Mohon dijawab kak, terimakasih 🙏
    1. Comment Author Avatar
      Silakan disempatkan untuk pulang demi masa depan.
      Untuk alamat adalah alamat rumah menetap anda (rumah orang tua)

      Silakan urus BDT nya
    2. Comment Author Avatar
      Saya sama seperti saudara di atas kak saya tidak bisa mendaftarkan data bdt karna saya tidak bisa pulang ke daerah asal saya karena saya orang yang tidak mampu dengan keterbatasan biaya untuk biaya pulang ke daerah saya karna melalui jalur lauy dan darat yang berbeda kabupaten
  18. Comment Author Avatar
    Kak kalau NISN yang buat daftar SNMPTN dan KIP kuliah beda gimana ?
  19. Comment Author Avatar
    Permisi kak, nik saya terdaftar di bdt/dtks, tapi kenapa masih ada isian rumah ,aset, dan ekonomi ya kak?
    1. Comment Author Avatar
      Mungkin kamu masuk desil>4 jadi disuruh isi ulang
  20. Comment Author Avatar
    Kak fotonya kan sama keluarga tpi kakak sy kuliah di luar kota....jdi foto keluarganya gimana kak?
    1. Comment Author Avatar
      Tidak bersama kakak tidk apa-apa
  21. Comment Author Avatar
    Kak di bagian nama ayah itu ayah kandung atau ayah tiri kak, soalnya ayah kandung saya sudah meninggal dan saya punya ayah tiri,
    Di KK kepala keluarga nya nama ayah tiri saya kak,
    Mohon bantu jawab
    1. Comment Author Avatar
      Silakan mengisikan ayah tiri
  22. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya barangkali tahu,saya sudah finalisasi SNMPTN tapi saya perlu KIP apakah masih bisa?
    1. Comment Author Avatar
      Jika memang kurang mampu silakan bisa daftar KIP Kuliah 2020 dilaman resminya sesuai panduan diatas
  23. Comment Author Avatar
    kak mau nnya waktu udh di tahap isi seleksi kn ada instruksi nya klik daftarkan seleksi tapi kok da ada link atau tombolnya ya?
    semoga di jawa terima kasih
    1. Comment Author Avatar
      untuk SNMPTN silakan menunggu tanggal 2 Maret 2020
  24. Comment Author Avatar
    kak mau nanya dong, kalau status akun belum terdata gimana ya kak?
    tolong di balas ya kak
    1. Comment Author Avatar
      Silakan isi data-datanya dan urus DTKS
  25. Comment Author Avatar
    Kak saya selalu gagal dalam mengisi data rumah. Sudah saya coba terus dalam 4 hari tetapi sama saja. Gimana solusinya kak tolong dijawab kak
    1. Comment Author Avatar
      Apa 'peringatan" yang muncul sehingga menyebabkan kegagalan mengisi data? silakan kirim pesan di email saya di kontak blog ini ya.
    2. Comment Author Avatar
      iya kak punya saya juga nih keluar halaman yg bertulis 413 request entity too large
  26. Comment Author Avatar
    kak, dibagian rencana untuk transportasi harian, saya naik angkutan kota sedangkan di pilihan tidak ada, bagaimana kak?
  27. Comment Author Avatar
    KALAU KELUARGA DI KK NYA JAUH BAGAIMNA CARA FOTO BERSAMA NYA , SOAL NYA SAYA DI KAMPUNG SEKOLAH SEDANGKAN KELUARGA SAYA DI PEKANBARU
  28. Comment Author Avatar
    Kak aku udah ngajuin ke dinsos dari beberapa bulan yg lalu. Tapi kok masih belum terdata di dtks ya kak?
  29. Comment Author Avatar
    Kak ini tadi aku udah ngisi kok muncul 413 enity kak, mohon bantuannya
  30. Comment Author Avatar
    Kak dibagian seleksi kan di suruh pilih 1 perguruan tinggi dan 2 prodi, sayakan tembak 2 perguruan tinggi dan 3 prodi, yang saya masukin yang mana kak?
  31. Comment Author Avatar
    kak,saya sudah terdaftar di dtks dan memiliki KIP pelajar sebelumnya,tapi kenapa masih ada isian ekonomi dan aset kak ?
  32. Comment Author Avatar
    Kak yak gk dapat ikut SNMPTN di sekolah apakah bisa ikut seleksi di kip kuliah ini?
    Mohon jawabannya kak
  33. Comment Author Avatar
    Kak saya lagi bikin bdt ,tpi lagi proses bikin, kk saya di perbarui karena status ortu yang cerai, pas pendaftaran kipnya itu pke kk yang lama apa yang terbaru
  34. Comment Author Avatar
    kak, saya sudah mempunyai id BDT, tapi saat saya cek, nama saya belum tercantum di BDT nya. Itu gimana ya kak?
  35. Comment Author Avatar
    Klo misalnya kita udh finalisasi snmptn, apakah bagian "seleksi" di laman KIP Kuliah gak usah diisi daftar seleksinya?
  36. Comment Author Avatar
    kak berarti prestasinya itu tidak harus prestasi semasa sma? soalnya saya sudah tidak aktif ikut lomba, terakhir ikut pas smp lomba tingat kabupaten. masih boleh dicantumkan tidak?
  37. Comment Author Avatar
    kk kalau dalam seleksi kip itu kan ada namanya seleksi snmptn . trus kalau di klik seleksi snmptn ltmpt .kan udah permananen trus klau mau ikut sbmptn klau ngak diterima di snmptn gimana ya kk
  38. Comment Author Avatar
    Kak kenapa waktu saya mau daftar KIP ada tulisan kalau saya tidak terdaftar di sekolah saya kak. Padahal nisn saya udh bener. Apakah pihak sekolah bisa membantu kak? Mohon infonya kak🙏
  39. Comment Author Avatar
    kak, kalau yg belum terdaftar di bdt apakah tdk bisa mendafatra kip kuliah? dan bdt aku baru aja diurus dn kemungkinan nomor id bdt nya lama keluar.
    Mohon penjelasannya kk
    🙏🙏
    1. Comment Author Avatar
      Sama saya juga perlu jawaban ini, respon dong.
  40. Comment Author Avatar
    Kak maaf mau nanya saya kan tinggalnya sama paman nah kan di biodata keluarga mengisikan nik kepala keluarga dan no kk nah itu ngisinya gimana ya kak? Terus ngisi nama aya sama ibu nya ayah dan ibu kandung atau paman dan bibi? Mohon dijawab ya kak terimakasih sebelumnya
  41. Comment Author Avatar
    kak saya ngisi data keluarga kok ngak bisa" ya..?? error terus
  42. Comment Author Avatar
    Kak, mau tanya kan data ibu sudah terdeteksi kan nama ibu kandung saya, tapi saya ikut wali saya dan ikut di kk wali saya otomatis nama ibu nya kan ganti
    Terus untuk pengisian data ibunya itu diganti sesuai kk apa tetep gitu kak?
    1. Comment Author Avatar
      Mohon penjelasannya kakk
  43. Comment Author Avatar
    Kak saya mempunyai kip, kis, kks tetapi saya kok disuruh ngisi data ekonomi jg?
    1. Comment Author Avatar
      Intinya apa yang muncul diisi aja sesuai yang ada.
  44. Comment Author Avatar
    Kak saya mau tanya nih kenapa data keluarga saya ngk bisa terdaftar ayah saya sudah almarhum otomatis kepala keluarga ibu saya, di kk saya cuman ada 3 ibu saya Abang sma saya, padahl saya sudah isi apa yg mw di isi yg pertama foto keluarga kami cuman bertiga, kemudian masukan nama ayah saya sudah masukkn dst... Tpi knp ngk bisa jga terdaftar berulang kali saya coba ngk bisa².

    Mohon kak solusinya gimana
    1. Comment Author Avatar
      yang Tidak terdaftar itu bagaimana? kan cuma mengisi saja kan? jika KK belum kamu update ke kecamatan ya tetap yg lama.
  45. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak saya sudah menyelesaikan tahap pendaftaran kip kuliah, terus mau saya masukkan nomor pendaftaran di akun LTMPT saya, tapi waktu sy masukkan no pendaftaran saya, katanya ID user kip kuliah tidak ditemukan. Sudah saya ulang berkali-kali belum juga bisa.
    Terimakasih
  46. Comment Author Avatar
    Kak apa gak pa apa klo gak terdftr di bdt?
    1. Comment Author Avatar
      Prioritas yang dapat adalah yang punya BDt
  47. Comment Author Avatar
    Kak kalau saya udah cetak kartu tapi kok gak ada kayak pilihan ptn sama studi trus belum dapak kap dan pin itu gimana?tapi data nya itu masih bisa diubah
    1. Comment Author Avatar
      silakan selesaikan SNMPTN dan KIP Kuliahnya baru input KIP di LTMPT
  48. Comment Author Avatar
    Kak kalau belum daftar dtks gimana??
  49. Comment Author Avatar
    kak saya isi data rumah tapi saya tdk bisa mengisi kolom daya listriknya? gimana cara ngatasinnya kak?
  50. Comment Author Avatar
    Kak kalau seumpama snmptn tidak lolos dan kita mau dengan jalur mandiri boleh kak?
  51. Comment Author Avatar
    Kak, saya sekarang punya KIP, tapi waktu buat akun untuk KIPK statusnya tidak terdaftar di BDT. Dulu udah pernah ngecek di BDT pake NIK terus namaku ada, tapi kemaren nge cek lagi katanya NIK ku nggak terdaftar di BDT, itu gimana?
    1. Comment Author Avatar
      ya berarti gak terdaftar. Jika punya KIP daftar saja dan isikan semua data yang diperlukan di KIP Kuliahnya. Kemudian masukkan nomor kipmu ke LTMPT. Tidak masalah tidak terdaftar BDT karena km pemegang KIP Pelajar
  52. Comment Author Avatar
    Kak katanya kalau berhasil daftar KIP.Kuliah gratis uang pendaftaran UTBK untuk SBMPTN.Tapi sekarang untuk daftar seleksi SBMPTN masih di tutup.Gimana ya kak..??
  53. Comment Author Avatar
    Kak gimana dgn pernyataan tidak bisa pindah seleksi. Misalnya kak aku gak lewat jalur snmptn tapi aku pilihnya jalur snmptn di pendaftaran kip kuliah, mau ku coba sbmptn dgn pake kip bisa gak kak?
    1. Comment Author Avatar
      Bisa. Asalkan kamu nanti tidak lolos SNMPTN nya.
  54. Comment Author Avatar
    kan ada SNMPTN dan SNMPN apakah harus memilih salah satu atau bisa keduanya?
  55. Comment Author Avatar
    Kak, aku gapyear (tamat 2019) setelah lulus SMA aku ada ikut pelatihan kompeten di balai latihan kerja kabupaten dan dapat sertifikat,,apa itu bisa di lampirkan sebagai prestasi?? Mohon informasinya kk"
  56. Comment Author Avatar
    Ka mau nanya kapan buka nya seleksi buat sbmptn
    1. Comment Author Avatar
      Setahu ku, isi aja kip kuliah ny klo seleksi ny itu ntar klo udh masuk sb, bru bisa diseleksi lgi untuk mendapatkn kip ny,
      Cuman bantu jawab ajh😊
  57. Comment Author Avatar
  58. Comment Author Avatar
    Kak saya ingin bertanya disitu tertera dengan detail seleksi dan sudah ada nomor KAP dan PIN lalu pas di plihan perguruan tinggi dan pilihan prodi 1 & 2 tertulis*DIPILIH PADA SAAT MENDAFTAR SNMPTN,itu gimana kak ?,apa sudah bisa terselesaikan?,dan saya pun juga sudah mencetak kartunya dan juga formulir nya ,pas saya buka tanda - (tidak ada)
    1. Comment Author Avatar
      sama, mohon penjelasannya kak
  59. Comment Author Avatar
    Kak nnya dong, klo gk punya njop gmna ngisi data nya yaa ka, bingung mo ngisi apaan jdi ny😂
  60. Comment Author Avatar
    Kak sy kan sudah terdaftar di bdt, trus gimana?
  61. Comment Author Avatar
    Kak, NJOP ngeliat nya dimana, terus kalo gak punya gimana
    1. Comment Author Avatar
      NJOP lihat di surat pembayaran pajak bumi dan bangunan
  62. Comment Author Avatar
    assalamualikum kak,saya mau tanya mengenai kipk,dipersyaratannya harus mempunyai kartu kip sedangkan saya tidak mempunyai kartu kip kak tapi keluarga saya memiliki kartu kks dari pkh kak,apakah bisa kalo hanya menggunakan kartu kks kak?
    mohon bantuannya,terimakasih kak.
    1. Comment Author Avatar
      Silakan memakai KKS keluarga anda. Bisa.
  63. Comment Author Avatar
    Kak mohon maaf mau tanya...kalau pend. Ortu aslinya S1 tpi di ltmpt sy isi sma...truss di kk ortu sy D1 apa yg harus sy isi di kip k kak?mohon solusinya kak🙏
  64. Comment Author Avatar
    Kak yang bagian pemilihan seleksi itu apa bisa lebih dari satu ikutnya?
  65. Comment Author Avatar
    kak saya sudah mendaftar di kip kuliah, tapi pas mau ngisi no kip sama kks sudah pencet sinkron data dapodik kok ga bisa di masukin ya kak no kip sama kks nya. mohon bantuannya kak
    1. Comment Author Avatar
      Silakan baca artikel diatas lagi, sudah saya update per tanggal 8 Maret 2020
  66. Comment Author Avatar
    Kak nama saya sudah diajukan perangkat desa ke bdt. Apakah sya juga harus ke dinsos juga?
  67. Comment Author Avatar
    Ini cuma buat calon mahasiswa baru? Yg udah kuliah gmana kak?
    1. Comment Author Avatar
      KIP Kuliah hanya untuk calon mahasiswa 2020. Kalau mau KIP Kuliah silakan mengulang SBMPTN atau jalur lain dan jadi maba lagi serta mendaftar KIPnya ya.

      Buat yang on-going tetap namanya Bidikmisi.
  68. Comment Author Avatar
    Ini yg baru kok adaa nomer kip dan kks kak tpi ko gabisa di isi padahal saya punya nomer tersebut
    1. Comment Author Avatar
      Silakan baca diartikel diatas bagaimana cara menginputnya.
  69. Comment Author Avatar
    Kak aku punya PKH tapi kenapa ngga ada kolom nya buat ngisi nomor nya yaa? Yg ada cuma KKS dan KIP
    1. Comment Author Avatar
      Sudah aturan dari pusat. Bukan saya.
  70. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya,kan udah ngusulin buat daftar bdt ke desa, tapi kalo misalnya sampai tanggal 31 maret id bdt belum jadi gimana? Apa snmptn kita masuk ke jalur yg reguler?
    1. Comment Author Avatar
      Penentu diterima KIP Kuliah atau tidak adalah kewenangan kampus masing-masing
  71. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum.. Kak mau tanya kan ada bagian dapat dukungan ortu atau ngga.. Kalo kita mau dpt dukungan dr ortu, cuma ga mampu secara finansial mungkin cuma bisa support dan doa aja.. Itu diisinya "ya" atau "tidak" ? Mohon dijawab yah kak. Terimakasih
  72. Comment Author Avatar
    Kak semisal kita ga kedaftar di dtks itu gimana tapi udah ngisi data2 nya trus udah muncul formulirnya
    1. Comment Author Avatar
      Diisi aja dan diurus DTKS nya sebelum pengumuman SNMPTN bagi yang mendaftar SNM
  73. Comment Author Avatar
    Kak, saya ngga bisa upload bagian Biodata nya gimana
  74. Comment Author Avatar
    Setelah memperoleh kartu peserta dan memprintnya, apa langkah selanjutnya?

    Saya tidak punya KKS, KIP, dan tdk terdaftar DTKS, apakah tidak apa" hal tersebut?


    1. Comment Author Avatar
      Kartu disimpan dan dicetak kertas A4 dan dibawa saat daftar ulang ketika lolos SNM/SBM. Saran saya diurus DTKS nya.
  75. Comment Author Avatar
    Kak.... Pas foto keluarga, apa wajib didepan rumah kah? Saya udh ada tapi nggk didepan rumah.itu gimana kak? Mohon jawabannya kak
    1. Comment Author Avatar
      Didepan atau didalam rumah
  76. Comment Author Avatar
    Lalu.. Untuk yang lulusan 2018 masih bisa mendaftr kip k ya kak? Soalnya, pas buat akun kip k, tertera lulusan 2018-2020.bener nggk kak?
  77. Comment Author Avatar
    Lalu.. Untuk yang lulusan 2018 masih bisa mendaftr kip k ya kak? Soalnya, pas buat akun kip k, tertera lulusan 2018-2020.bener nggk kak?
  78. Comment Author Avatar
    Kak.... Pas foto keluarga, apa wajib didepan rumah kah? Saya udh ada tapi nggk didepan rumah.itu gimana kak? Mohon jawabannya kak
  79. Comment Author Avatar
    Kak.... Pas foto keluarga, apa wajib didepan rumah kah? Saya udh ada tapi nggk didepan rumah.itu gimana kak? Mohon jawabannya kak
  80. Comment Author Avatar
    Saya mahasiswa di salah satu institut negeri sekaligus mahasiswa bidikmisi. Apakah bisa Pak saya mendaftar KIP Kuliah untuk mencoba mengikuti SBMPTN ?
  81. Comment Author Avatar
    Permisi kak , saya sudah membuat akun kip kuliah di web tersebut , tapi kenapa ya saya mencoba cek Di akun ltmpt ,nomor kip kuliah saya tidak terdaftar? Apa Karna harus menunggu Yang jalur sbmptn?
    -trimakasi kak
  82. Comment Author Avatar
    Permisi kak mau nanya, untuk pengisian data Rencana yang biaya transportasi, kata kakak kan biaya dari rumah asal ke kampusnya.
    Tapi saya mendapat informasi bahwa biaya nya itu biaya transportasi harian untuk ke kampusnya (dari kos ke kampus).
    Yang benar gimana kak?
  83. Comment Author Avatar
    Permisi kak mau nanya ,kan saya belum terdaftar di BDT tapi pas di akun kip kuliahnya itu di bagian seleksi snmpn udah ada nomor KAP sama PIN nya , boleh gak kalau di pendaftaran snmpn nya saya masukin KAP sama PIN nya tapi saya belum terdaftar di BDT atau gak boleh di tulis dulu kak? ?
  84. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  85. Comment Author Avatar
    Kak saya tidak menerima nomor pendaftaran dan kode akses... Di email saya tidak ada kiriman nomer pendaftran dan akses..
    Caranya gimna ya? Mau daftar lagi tidak bisa.
    Mungkin typo pas ngetik email.
    1. Comment Author Avatar
      Coba kontak helpdesk KIP Kuliah
  86. Comment Author Avatar
    Bg mau nanyak, kalau misalkan dibagian seleksi harus diisi semua?? Atau untuk snmptn nya Aja yg diisi??
    Mohon dijawab bg.. terima kasih..
    1. Comment Author Avatar
      Silakan diisi sesuai km mengikuti seleksi apa aja
  87. Comment Author Avatar
    Kak yg ngisi data aset harga jual harus diisi kak, gimana itu? Kan katanya jika kalo mau dijual doang sedangkan yg harga jual harus diisi
    1. Comment Author Avatar
      Perkiraan dijual harganya berapa
  88. Comment Author Avatar
    Bismillah,
    Kak, klo KKS saya masa berlakunya cuma sampe 2019 itu gimana ya? Saya kosongi aja kolom No. KKS saya atau isi aja yg ada?
    Mohon dijawab kak, terimakasih.
  89. Comment Author Avatar
    Kak, untuk data pribadi fotonya tidak bisa di upload padahal format sudah sesuai dan ukuran tdk melebihi 300kb, kenapa ya kak?
    mohon dijawab kak, terima kasih
    1. Comment Author Avatar
      Tidak boleh kurang dari 80Kb
  90. Comment Author Avatar
    Kak, saya belum terdaftar di DTKS, trus saya sudah melapor ke Desa dengan membawa KK dan KTP, tapi mereka juga tidak tau cara mendaftar kan nya kak, mereka bingung,
    Jadi apa bisa mendaftar secara mandiri agar terdaftar di DTKS ?
  91. Comment Author Avatar
    Kak izin bertanya untuk kolom rencana ada format biaya transportasi itu dari rencana rumah yang akan di huni atau dari rumah yang asal.... Saya rencana mau kuliah di lampung sedangkan asal saya jawa barat jadi biaya transportasi nya dari rumah saya yang dari jawa barat atau rumah yang akan saya tempati di lampung?
  92. Comment Author Avatar
    Kak, saya sudah diterima di pts akreditasi A.Apakah saya bisa daftar kip kuliah sekarang?Saya tes bulan desember di pts tersebut.mksh
    1. Comment Author Avatar
      Silakan bertanya pada PTS apakah bisa untuk KIP Kuliah
  93. Comment Author Avatar
    Kak izin bertanya, misal udh cetak formulir dan data kip trus ada yg salah, itu bisa diubah nggak kak?
  94. Comment Author Avatar
    kak tanya, pas mengisi bagia aset kan disuruh mengisi harga jual. nah itu barangnya kan belum dijual jadi diisi berapa rupiah? soalnya gabisa dikosongi
    1. Comment Author Avatar
      Dikira-kira kalo dijual berapa sih harganya?
  95. Comment Author Avatar
    Kak, status akun saya belum terdata, saya mau pilih seleksi mandiri juga belum dibuka, sedangkan penutupan pendaftaran kip kuliah akhir maret, mohon dijelaskan kak
  96. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya nih, udah finalisasi SNMPTN dan udah punya akun KIP-kuliah dan semuanya udah dicetak kartunya, yg saya mau tanyakan, kan ada memasukan KAP & PIN di menu SNMPTN di bagian finalisasi tapi di sana kok gak bisa ya kak? Gimana
    1. Comment Author Avatar
      Coba deh baca disini ya https://s.id/inputkip buat input di SNMPTN
  97. Comment Author Avatar
    Kak alamat saya di kip beda dengan yg ada di kk sama ktp ini bagaimana solusinya kak?
  98. Comment Author Avatar
    Kak gimna cara Unduh Kartu Peserta dan Formulir KIP Kuliah .
    Mohon jawabanx kak😊
    1. Comment Author Avatar
      isi dulu "seleksi" nya di KIP Kuliah, nanti bakal muncul apabila sudah memilih salah satu seleksi.
  99. Comment Author Avatar
    Bg mau nanyak, kalau daftar bagian seleksi itu kan ada bacaan " DAFTARKAN SELEKSI" baru setelah saya klik, kenapa pilihan ptn dan prodi nya ngak bisa dipilih bg??
    Dan bacannya " DIPILIH SAAT MENDAFTAR SNMPTN"..itu maksudnya sudah clear atau gimana bg???
    1. Comment Author Avatar
      Memang begitu. Jadi apapun yg kamu pilih di SNMPTN, KIP Menyesuaikan makanya kosong.
  100. Comment Author Avatar
    Kak kalau jarak dari rumah ke pusat kota misalkan 13 km kok ga bisa ya
  101. Comment Author Avatar
    Kak tadikan kaka tulis kalo njop permeter itu yabg diipilih bangunan. Kalo dikertas pbbnya njop permeter bagian bangunannya 0 di kip kuliah juga diisi nol atau bagaimana kak
  102. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak saya mau nanya, kan katanya kalo NJOP/meter, luas tanah dll itu lihat di pbb ya, nah masalah nya, itu surat pbb rumah keseluruhan kak. Jadi itu dulu rumah kakek saya yg Sudah meninggal, rumah yg saya tempati ini adalah hasil warisan yg di bagi 6 orang (jadi rumah tadi di bagi menjadi 6) nah itu saya ngisi nya enak nya gmna kak? Nurut pbb tadi apa gimana ya? Mohon di bantu menjawab kak, bingung banget😩
  103. Comment Author Avatar
    Kak?
    Kenapa seleksinya ngga bisa diketik?
  104. Comment Author Avatar
    Kak untuk foto bersama keluarga, jika ayah saya sedang kerja di luar kota bagaimna
  105. Comment Author Avatar
    Kak itu gimana ya...
    Pas ke TU di sekolah dia bilangnya data depodik saya sudah di update dari dulu makanya saya dapat beasiswa pada kls 2 smk...
    Trus knpa ya kak nggk bisa muncul juga no. Kip dan kks di formulir pemdaftrn kip kuliah?
    Mohon jawabannya kak🙇‍♀️
  106. Comment Author Avatar
    Trus kalau mau pilih seleksi jalur span ptkin harus gimana ya kak???
    Mohon bantuannya☺
  107. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak mau tanya nih , punyaku no kks di laman pendaftaran KIP kok munculnya no kks di kartu KIP ya , itu bnr ga sih kak?
  108. Comment Author Avatar
    kak, mau tanya. ayah saya kan udah meninggal, tapi ibu saya nikah lagi. trus data informasi ayah yang harus di input itu data ayah tiri saya sekarang apa yang sudah meninggal kak???
    1. Comment Author Avatar
      Ayah yg sedang bersama kamu sekarang, sedangkan ibu harus ibu kandung.
  109. Comment Author Avatar
    Kak, saya mau tanya kenapa setelah saya usulkan/n input update no. KKS ke dapodik siswa di sekolah, no. KKS masih juga belum muncul di biodata saya?. Tolong solusinya kak
  110. Comment Author Avatar
    Kak, kalau foto keluarganya gk di depan rumah boleh?
  111. Comment Author Avatar
    Kak kan gini saya sudah finalisasi snmptn sejak tanggal 26 februari dan sudah cetak formulir. Dan sekarang saya sudah mengunduh bukti pendaftaran kip kuliah. Waktu pengisian tahap seleksi saya memilih snmptn tetapi untuk pemilihan PTN dan prodi tidak bisa di klik. di formulirnya bagian seleksi saya kok PTN nya sama Prodinya tidak tertera. Gimana kak apakah berakibat fatal?
  112. Comment Author Avatar
    Kak kalau masih belum dapat no KIP-K dan PIN tapi sudah harus finalisasi pendaftaran SNMPN bagaimana kak?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan finalisasi dan input KAP PIN ke SNMPN ya
  113. Comment Author Avatar
    Kak untuk jumlah tanggungan apakah ayah dan ibu masih dihitung, dan untuk maslah seleksi diakun saya hanya muncul SNMPTN dengan politeknik dan saya coba mengklik seleksi kenapa tidak bisa🙏
  114. Comment Author Avatar
    Kak kalo kita tidak punya prestasi ,tetapi ikut organisasi apakah diisi atau bagaimana kak?
  115. Comment Author Avatar
    ini penghasilan perbulan? atau perminggu
  116. Comment Author Avatar
    @Bang Yusuf Barangkali sudah memiliki jawaban atas pertanyaan, " Yang belum terdaftar di DTKS, tetapi mau daftar harus nunggu 1 sampai 3 bulan baru kelar, sedangkan KIPK ditutup 31 Maret 2020 " Apakah tetap daftar tanpa terdaftar di DTKS, atau ada cara lain, TERIMA KASIH. mungkin banyak siswa yang nunggu jawaban atas pertanyaan itu.
  117. Comment Author Avatar
    Yups benar, tlg dong jwb pertanyaan diatas bang yusuf
  118. Comment Author Avatar
    Permisi kak,izin bertanya.
    Pas saya klik "rencana" itu muncul seleksi SNM, sbm dll.tapi pas saya mau klik yang jalur sbmptn kok tidak bisa ya kak? .
    Terimakasih.
  119. Comment Author Avatar
    Permisi kak mengganggu waktunya, saya ada ditahap seleksi, terus pas ditahap seleksi saya membuka utbk-sbmptn tapi kok belum dibuka, terus saya membuka seleksi politeknik juga belum kebuka semua jadi apa yang harus saya lakukan biar tahap seleksi saya berhasil
    Terimakasih
  120. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kk
    Saya sudah daftar kip kuliah tapi pas pengisian no kip sama kks tidak bisa pak baru saya cari di geogle harus di inputkan dari sekolah pak dari depodiktapi pas saya ke sekolah kata bpk itu tidak bisa menginputkan no kip sama kksnya pak alasannaya karan saya udh tammat pak alis lulus .saya lulus baru 1 tahun pak.
    1. Comment Author Avatar
      Jika tidak bisa yasudah. Gpp tidak wajib.

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.