FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi KIP Kuliah 2022

Masalah registrasi KIP Kuliah 2022


Artikel ini membahas tentang semua hal yang menjadi masalah pendaftaran KIP Kuliah 2022


PERTANYAAN UTAMA!

APAKAH PENDAFTAR KIP KULIAH WAJIB MEMPUNYAI KIP/KKS ATAU TERDAFTAR DI BDT DTKS KEMENSOS?
Untuk masalah ini silakan baca : Tidak Terdaftar DTKS KIP Kuliah, Gimana nasibnya?
Perbedaan bagi pelamar KIP Kuliah yang punya dan tidak punya kartu KIP/KKS atau Data BDT sebagai berikut :

Sedangkan berdasarkan jawaban di Web KIP Kuliah seperti ini :
Dalam hal siswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). *)Keputusan akhir penerima akan diambil oleh perguruan tinggi masing-masing.

1. Mengapa menu akun KIP Kuliah saya hanya 4 (tidak ada menu data ekonomi, rumah, dan aset)?


Berarti kamu sudah terdaftar di DTKS Kemenso sehingga gak perlu mengisi data tersebut dan dihilangkan oleh sistem. Bagi yang ada tambahan menu rumah, ekonomi dan aset berarti NIK dia belum terdaftar di DTKS Kemensos.
2. Apakah data prestasi wajib diisi?
Jika memiliki, silakan diisi. Namun, jika tidak memiliki prestasi silakan dikosongi.
3. Apakah foto keluarga harus sesuai dengan yang ada di KK?
Sebaiknya iya. Kenapa? karena ini bukti bahwa data yang diinput itu sesuai dan ada keinginan kuat dari keluarga untuk mendapatkan KIP Kuliah. Akan tetapi, jika ayah/ibu memang sedang bekerja diluar negeri atau seberang pulang yang kalau pulang malah membutuhkan banyak uang silakan foto saja keluarga yang ada dirumah saja tidak masalah asalkan ada anda (sang pelamar KIPK) dan anggota keluarga lainnya yang ada  (kamu tidak sendirian).
4. Mengapa saya tidak menerima Nomor Pendaftaran dan Kode Akses di Email?
Silakan coba cek "SPAM" pada email kalian, jika tidak ada hapus beberapa email yang sudah lama (mungkin inbox full), jika tidak bisa mungkin anda salah memasukkan alamat email saat pendaftaran (salah ketik).
5. Apa artinya dari desil >4 atau desil <4 Kip Kuliah ?
Arti desil pada data DTKS dan KIP Kuliah Desil 1 = Sangat Miskin, Desil 2 = Miskin, Desil 3 = Hampir Miskin, Desil 4 = Rentan Miskin,Desil lebih dari 4 = Mampu (Non Kategori).
6. Menu Ekonomi kok ada "Alasan Pengajuan Koreksi Data" itu diisi apa ya?
Menu ini muncul karena status anda adalah desil>4 sehingga dianggap sebagai orang yang mampu. Nah, ketika memang kalian tidak mampu dan ingin ikut KIP Kuliah 2021 silahkan isi kolom ini yang menjelaskan bahwa keluarga kalian sedang tidak mampu sekarang ini. Contoh pengisian bisa merujuk pada : Panduan Pengisian KIP Kuliah 2022
7. Mengapa NIK saya tidak terdaftar di KIP Kuliah?




Karena NIK di dapodik dan NIK-mu asli tidak sama. Silakan ke sekolah dan meminta untuk memperbaiki NIK di dapodik yang salah dan mengajukan verval untuk perubahan
8. Bagaimana jika tidak terdaftar di DTKS apakah ada potensi lolos?
Prioritas yang menerima KIP kuliah adalah yang memiliki kartu KKS atau KIP pelajar sebelumnya. Apabila tidak memiliki, maka perlu data DTKS untuk memperkuat. Apakah ada potensi tidak lolos jika tidak terdaftar DTKS? silakan baca : Dampak Tidak Terdaftar DTKS KIP Kuliah
9. Bagaimana cara validasi dan pengajuan kelulusan di Data NISN untuk Gap Year?
silakan kunjungi laman : http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan
10. Bagaimana Cara memasukkan nomor pendaftaran KIP Kuliah pada akun LTMPT 2022?
Penjelasan caranya pada : Sinkronisasi KIP Kuliah
11. Apa gunanya PIN dan KAP pada menu seleksi KIP Kuliah?
Bagi SNMPTN, itu sebagai bukti bahwa data telah disinkronkan. Bagi SNMPN Pin dan KAP dimasukkan pada akun pendaftaran SNMPN kalian. 
12. Mengapa pilihan PTN dan Jurusan pada Seleksi SNMPTN di KIP Kuliah tidak muncul dan malah muncul peringatan "dipilih saat mendaftar SNMPTN"
Jadi memang seperti itu dan kosong. Tidak apa-apa ya. Silakan lanjutkan saja dan unduh formulir KIP Kuliah sampai ada seleksi SNMPTN dibawah sendiri muncul. Maksud dari pernyataan itu sebenarnya pilihan seleksi sesuai dengan apa yang kamu pilih di akun SNMPTN jadi tidak ditampilkan di KIP Kuliah. 
dipilih saat mendaftar SNMPTN 



 13. Apakah Foto keluarga harus didepan rumah?
Sebaiknya iya. Bisa didalam rumah atau didepan rumah. Mengapa? karena berdasarkan aturan Bidikmisi yang dulu memang begitu. Hal ini juga menjadi data foto rumah bagi pelamar KIP Kuliah. Karena pada bidikmisi dulu ada foto rumah tampak depan, samping, ruang tamu, dan dapur.
14. Apakah siswa yang sudah punya KIP Pelajar SMA juga mendaftar akun KIP Kuliah?
Iya. Semua yang melamar KIP Kuliah wajib melakukan pendaftaran di KIP kuliah Kemendikbud 2022.
15. Bagaimana Input No. KIP dan No. KKS di Biodata KIP Kuliah 2022




Mengapa kolom No. KIP dan KKS di KIP Kuliah tidak bisa diisi dan diperbarui, karena data itu harus diupdate oleh sekolah di data Dapodik. Bagaimana prosedurnya? silakan baca Cara Memasukkan No. KIP dan No. KKS di KIP kuliah 2022 atau bisa juga tonton video berikut penjelasannya.

16. Apakah kip kuliah hanya untuk mahasiswa baru 2022?

Iya. Hanya untuk yang akan menjadi calon mahasiswa 2022 nanti.
17. Apakah bisa KIP Kuliah untuk alumni lulusan 2020 dan 2021?
Bisa. Maksud disini adalah para alumni yang akan "BARU KULIAH" nanti tahun 2022 ya (atau akan jadi mahasiswa baru 2022). Bagi yang sudah kuliah tidak bisa daftar KIP Kuliah karena program bidikmisi tetap jalan tidak ada pergantian. Jika ingin mendapatkan KIP Kuliah bagi mahasiswa, silakan kalian daftar lagi aja SBMPTN dan masuk jadi maba semester 1 (satu) ya, hehe.
18. Setelah unduh Kartu dan Formulir KIP Kuliah, mengapa kok pilihan PTN dan Jurusan/Prodi di Seleksi SNMPTN kosong ya?




Jadi memang kosong ya, tidak usah risau. Asalkan sudah muncul kata " SNMPTN" di nama seleksi maka sudah dan silakan lanjutkan dengan mengisikan No. Pendaftaran KIP di LTMPT.
19. Apakah wajib mengisi nomor KKS dan KIP Pelajar? bagaimana jika sudah update dapodik dan menunggu ternyata tidak bisa ? apakah ini berpengaruh?


Dari jawaban diatas, menurut saya ya : input No. KIP Pelajar dan KKS memang sangat disarankan. Akan tetapi jika memang tidak bisa dan kosong di kartu peserta KIP Kuliah (pojok kanan atas) maka "tidak masalah". Yang penting adalah jika kalian memang punya kartunya silakan ditunjukkan Kartu KKS dan KIP nya ketika daftar ulang nanti ya (dibawa saat daftar ulang untuk meyakinkan pantia seleksi bahwa anda benar-benar terdaftar)

20. Bagaimana jika saya salah memasukkan alamat email atau typo untuk daftar KIP Kuliah sehingga saya tidak dapat balasan email dari panitia?

Silakan bertanya pada panitia dan berikan Nama lengkap, NPSN, NIK, NISN serta alasan yang mendukung. Cara menghubungi panitia ikuti langkah : Cara Menghubungi Helpdesk KIP Kuliah 2021
21. Apakah yang Tidak terdaftar DTKS tidak bisa daftar Kip Kuliah 2022?
Bisa. silakan baca : Tidak Terdaftar DTKS, Apakah Bisa Daftar KIP Kuliah 2022
22. Mengapa ketika memasukkan (input) nomor pendaftaran KIP Kuliah di akun LMTPT 2022 muncul peringatan ID User yang terdaftar di KIP Kuliah tidak sama?


Pastikan bahwa data NISN dan NIK antara KIP Kuliah dan LTMPT sama. Jika tidak sama tidak akan tersinkronisasi.

23. Kapan terakhir daftar KIP Kuliah 2022?

Perhatikan penjelasan ini! Jadi terakhir pendaftaran tanggal 31 Oktober 2022 (untuk semua seleksi). Tetapi, jika kalian ingin menggunakan KIP Kuliah untuk SNMPTN misalnya, maka terakhir pendafataran adalah 27 Februari 2022 bukan 31 Oktober 2022. Paham ya. 
24. Bagi Pelamar KIP Kuliah SNMPTN, apakah daftar lagi jika ingin mendaftar KIP Kuliah SBMPTN 2022?
Tidak. Tetap gunakan akun KIP Kuliah yg SNMPTN. Akun tersebut juga dapat digunakan nantinya untuk seleksi mandiri. 
25. Bagaimana cara mengisi dokumen pendukung keadaan ekonomi kip kuliah
Peserta disuruh untuk upload atau mengunggah berkas dokumen pendukung keadaan ekonomi KIP Kuliah, yaitu bisa berupa scan KIP Pelajar, Scan Kartu KKS, Scan Kartu Jaminan kesehatan nasional (JKN) dan bisa memakai scan surat keterangan miskin dari Desa atau Dinas Sosial. Jika tidak  punya semuanya, silakan pakai SCAN SKTM dari desa setempat.
26. Bagaimana cara mendapatkan kap dan pin KIP Kuliah jalur mandiri?
Silakan login ke akun KIP Kuliah > klik menu seleksi > dan pilih mandiri yang didaftarkan  (nanti akan ada PIN dan KAP disana).

27. Apakah anak pns bisa daftar KIP Kuliah?

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang ditujukan untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Kita perlu garis bawahi kondisi tidak mampu tersebut. Kondisi berpotensi akademik baik artinya dianggap berpotensi menyelesaikan studi di peguruan tinggi oleh panitia penerimaan mahasiswa baru sedangkan yang dimaksud kondisi ekonomi tidak mampu adalah sebagai berikut

  1. Pemegang KIP, KKS, PKH, KIS atau BSM atau; 
  2. Pendapatan total kotor gabungan kedua orang tua (yang masih membiayai) adalah sebesar besarnya 4 juta rupiah dan; 
  3. Pendidikan orang tua setinggi tingginya S1/D4.
Selama orang tua berprofesi menjadi PNS namun masih memenuhi persyaratan tersebut maka bisa jadi tidak mampu. Yang dimaksud pendapatan kotor adalah yang sebelum dipotong potongan cicilan atau kewajiban lainnya. Namun demikian, apabila nanti misalkan ada laporan yang menyebutkan bahwa Anda mampu maka panitia akan melakukan verifikasi ulang atas kelayakan. Jika nanti ternyata anda mampu maka akan diberikan sanksi berdasar pedoman KIP Kuliah.

28. Daftar SNMPTN dulu atau KIP Kuliah 2022?

Untuk pendaftaran bebas ya. Karena proses sinkronisasi dilakukan secara otomatis.

Update per 21 Februari 2022
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

419 comments for "FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi KIP Kuliah 2022"

  1. Comment Author Avatar
    Hai kak, kalau ayahnya merantau dan gak punya foto keluarga gimana? Ayahnya suruh foto sendiri terus digabungin gakpapa?
    1. Comment Author Avatar
      Foto dengan anggota keluarga yang ada dirumah saja jika tidak memungkinkan ayah untuk pulang.
    2. Comment Author Avatar
      Kak, saya punya KIP,tapi di datanya itu tidak terdaftar di BDT. Itu gimana proses agar dapat terdaftar kak?
  2. Comment Author Avatar
    kak, asset nya kepencet 2x, udh di coba untuk di hapus tp ngk bisa, itu gmn lagi kak?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan dicoba dengan menggunakan laptop/komputer ya
  3. Comment Author Avatar
    Saya ingin menanyakan yg Nomor 1 ,saya ngecek di apk cek bansos saya terdaftar di dtks arau bdtnya ,kok di kip kuliah saya ada 7 bagian ??,penjelasanya dong
    1. Comment Author Avatar
      Silahkan di sinkronisasi dahulu kalo memang terdata BDT ya. Kedua, jika memang sudah sinkronisasi tetapi tetapi mengisi 7 menu mungkin anda masuk pada desil >4
    2. Comment Author Avatar
      Klw desil>4 ga bisa daftar KIP y kak?
    3. Comment Author Avatar
      Bisa daftar kok. Silakan dilanjutkan mengisikan semua data yang diminta. Bedanya ketika kamu desil>4 akan muncul kolom tambahan "alasan pengajuan koreksi data" saja. Silakan baca di artikel ya baru saya perbarui tentang desil ini.
  4. Comment Author Avatar
    Ka tp klo misalnya kita blm terdaftar dibdt ,apa kmungkinan bsar bisa lolos?
    1. Comment Author Avatar
      Jika tidak terdfatar BDT kemungkinan lolos KIP Kuliah bakal lebih kecil
  5. Comment Author Avatar
    Ijin bertanya.
    kan udh dapet suket dr dinsos untuk dapet ID BDT terus aku udh masuk di kip kuliah tapi d kip kuliah nya aku blom terdaftar DTKS terus itu bagaimana kalo maret udah keluar ID nya apa berpengaruh ke web kip kuliah nya?
    1. Comment Author Avatar
      Silahkan untuk cek sudah aktif apa belum di dtks ya. Kemudian sinkronisasi
    2. Comment Author Avatar
      Maaf mau tanya ini kamu urus BDT gimana ya?
  6. Comment Author Avatar
    maksud nya desil < 4 itu apa kak?
    1. Comment Author Avatar
      Arti desil pada data DTKS dan KIP Kuliah Desil 1 = Sangat Miskin, Desil 2 = Miskin, Desil 3 = Hampir Miskin, Desil 4 = Rentan Miskin,Desil lebih dari 4 = Mampu (Non Kategori).
  7. Comment Author Avatar
    Kak saya ada problem saat ingin mendaftar akun kip k, karena nik saya salah di data dapodik, dan sudah berusaha mengcoba ganti data dapodik tetapi sampai saat ini belum di acc dapodik untuk penggantian no NIK, sampai saat ini juga saya tidak bisa mendaftar akun, gimana ya kak? Apakah kalo dapodik tidak meng acc pengajuan ganti no nik saya, saya tidak bisa mendaftar kip kuliah? Saya tidak tahu solusinya mohon bantuannya kak
    1. Comment Author Avatar
      Silakan mengajukan perbaikan NISN ke sekolah supaya data NIK di Dapodii dapat dibenarkan.

  8. Comment Author Avatar
    Kak Foto keluarganya harus depan Rumah?
    1. Comment Author Avatar
      Sebaiknya dirumah (baik didalam atau didepan)
  9. Comment Author Avatar
    Inikan kartu keluarga nya ada 2 yang lama sama yang baru sedang kan nik yang terdaftar kartu keluarga yang lama tapi aku sudah daftar pake kartu keluarga yang baru, kata pihak dinsos kartu keluarga yang baru akan di update pada bulan juli sedangkan pengisian kip kuliah cuman bulan maret aja apakah bisa daftar ulang pake nik beda dengan nisn yang sama ?
  10. Comment Author Avatar
    Kaka,hanya sn aja ya yang bisa mengikuti KIP k ini ?sb tidak bisa gitu
  11. Comment Author Avatar
    Kak kan cuma numpang nih kak, apakah di opsi data rumah ada pilihan numpang?
    1. Comment Author Avatar
      Bantu menjawab, ada opsi menumpang
  12. Comment Author Avatar
    Kak sy mau nanya...kan sy salah memasukan pendidikan ortu sy yg seharusnya D1 tpi sy memasukan sma waktu di ltmpt....apakah pas di kip kuliah sy memasukan pendidikan ortu sy D1 gk papa atau tetap Sma?mohon bantuannya kak sy takut didiskualifikasi kak
    1. Comment Author Avatar
      Samakan dengan kenyataan. Jika ada salah silakan untuk membuat surat keterangan salah mengisi ketika nanti lolos diteria di kampusmu
  13. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak
    Kak ada teman saya dia punya kip tapi tidak terdaftar di BDT dan ada temansaya yg tidak punya kip belum pernah ngurus BDT tapi dia terdaftar di BDT gimana solusi untuk yg punya kip tapi tidak terdaftar di BDT kak?
    1. Comment Author Avatar
      Bagi yg punya KIP belum tentu dia terdaftar BDT. Jadi lebih baiknya jika yg belum punya BDT untuk mengurus itu. dan mendaftar akun KIP Kuliahnya.
  14. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya,,saya kan sudah terdaftar di bdt ,kmren juga sudah dicek ke dinsos katanya bdt/Dtks nya sudah aktif dan diberi kertas bukti atau prinanya.
    Tpi kok kak pas saya mau daftar ngisi biodata di kip kuliah kok desil saya >4,dan menu nya juga banyak ada aset,ekonomi ,dan lain lain.
    Mohon petunjuk nya kak .
    1. Comment Author Avatar
      Diisi semuanya saja ya sesuai yg ada disitu. Karen data ekonomi kamu kan baru dan belum di ada updatenya.
  15. Comment Author Avatar
    Kak, yang sudah tercntum BDT kan tidak ada data rumah dll, terus nantinya di formulirnya data rumah dll nya kosong, gmana itu kak?
    1. Comment Author Avatar
      Tidak apa-apa kosong. Karena didata pusat sudah ada walaupun disitu tidak ada.
  16. Comment Author Avatar
    Ka gimana kalo saya salah ketik email ...waktu pendaftaran
    1. Comment Author Avatar
      Kak solusinya sama Gimana Nih..mungkin kakak sudah tau
  17. Comment Author Avatar
    Kak saya mau tanya untuk pengisian alamat di KIP-K sesuai alamat tinggal sekarang atau sama dengan yang ada di KK. Soalnya alamat tinggal saya sekarang beda dengan yang di KK. Waktu SNMPTN sayq masukin alamat sesuai KK. Mohon bantuannya kak 🙏
    1. Comment Author Avatar
      Disamakan dengan SNMPTN saja
    2. Comment Author Avatar
      Kak mau tanya, kalo antara tanggungan orang tua di SN dan KIP kuliah beda gimna kak? Bakal ngaruh atau ndak
    3. Comment Author Avatar
      Tanggungan di KIP adalah siapa yg tidak bekerja.
  18. Comment Author Avatar
    Kak bagaimana bisa kan saya sudah terdaftar di bdt kok data ekonomi saya baru.apakah tidak bisa diurus kak biar saya mudah dalam pengisian kip kuliahnya.
    Tolong kak gimana supaya bdt saya walaupun baru udah bisa sistemnya sinkron sama bdt saya.
    Mohon dengan sangat petunjuknya kak..🙏🙏
    1. Comment Author Avatar
      Kalau baru. tetap isi kolom ekonomi dan asetnya
  19. Comment Author Avatar
    Tapi kak pas saya cek lagi di bdt /DTKSny lagi..bdt saya memang sudah aktif dan terdaftar. Jdi bingung kak kok terdftar di bdt desilny >4..pdahal untuk bantuan pkh alhamdulillah dapet
    1. Comment Author Avatar
      Tetap isi aja sesuai menu yang ada
  20. Comment Author Avatar
    Hai Kak..Gimana Cara Ngubah Email

    Soalnya Saya daftar dan kasih email yang salah...

    Mohon bantuannya kakak Yang Baik
  21. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya, untuk foto keluarga nya kalo ga ada saya nya gpp kak? Soalnya saya sekolah jauh dari ortu. Dan ga ada foto bersama, ada juga pas kondangan sodara. Bagaimana ya kak? Mohon bantuannya

    Terima Kasih 🙏
  22. Comment Author Avatar
    Permisi kak saya mau nanyak..nah saya kan uda daftar kipK nah sebelumny saya uda terdaftar di bdt terus juga punya kks tapi ga punya kip...pas di akun kipK saya itu desil 4...apa saya terud lanjut daftar kipK? Atau ngandalin kks aja kak?
    1. Comment Author Avatar
      au juga sama kayak kamj,lanjutanya kamu gimanani?
  23. Comment Author Avatar
    kak mau tanya, kan saya belum punya kip dan saya juga belum terdaftar bdt, ini saya bisa daftar kip kuliah kan ya meskipun peluang keterimanya kecil. sebenernya ini saya usahain mau ngurus daftar bdt, nah saya baca2 di web itu prosesnya nunggu ada sebulan lebih. nah kalau seumpama gak keburu gimana ya?
    makasih sebelumnya
    1. Comment Author Avatar
      Silakan diurus BDT nya. Sebelum pengumuman SNMPTN nanti usahakan sudah dapat.
  24. Comment Author Avatar
    sebentar lagi kan pendaftaran snmpn akan titutup (6 maret), saya masih ngurus pendafatran bdt belum selesai. kalau nanti saya sudah finalisasi snmpn sedangkan saya belum selesai daftar kip kuliah, apakah nanti ada sinkronisasi sendiri untuk kip kuliah jalur snmpn?
    1. Comment Author Avatar
      Tidak apa2 diurus saja BDT nya. Karena KIP Kuliah akan diverifikasi pihak kampus setelah pengumuman SNMPN nanti. Bukan sekarang. Jd sebisanya sebelum daftar ulang SNMPN sudah terdata BDT.
  25. Comment Author Avatar
    Kak saya mau tanya... Ketika saya finalisasi snmptn kemarin saya mencantumkan nomer kip di kolom kip. Saya masukkan nomor kip pelajar saya yang ada dikartu KIP. Apakah nanti itu bermasalah kak? Karena seharusnya yang dimasukkan itu nomor kip kuliah...
    1. Comment Author Avatar
      Tidak masalah. Karena kamu punya KIP Pelajar maka tidak memasukkan KIP Kuliah ya. Memangnya masih ada menu "nomor pendaftaran KIP Kuliah" di LTMPT kamu?
  26. Comment Author Avatar
    Kak saya masih bisa lolos kip nggak? kan kata orang orang rumah saya lumayan bagus tapi rumah saya itu di bangunya sekitar 6 tahun lalu waktu kondisi ekonomi keluarga saya masih baik tapi sekarang kondisi ekonomi keluarga saya sudah tidak seperti dulu.
    Apakah saya masih punya kesempatan lolos kip. K saya juga punya kip.

    Terimah kasih sebelumnya.
    1. Comment Author Avatar
      yang akan menyeleksi adalah PTN/Kampus yang menerima kamu. Jadi maaf kami tidak tau.
  27. Comment Author Avatar
    Kak apakah kipk ini hanya berlaku snmptn ? Apakah tidak berlaku bagi spanptkin ?
    1. Comment Author Avatar
      Bisa untuk SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, UMPN. Kalau untuk jalur masuk perguruan tinggi agama (SPAN dan UMPTKIN) seperti tidak bisa. selalu update web KIP saja siapa tau ada informasi terbaru ya.
  28. Comment Author Avatar
    ka mau tanya, kan saya sudah dapat kip waktu di smk dan sudah dapat id dtks nya terus pas di cek di cekbansos kolom "UPDATE DATA TERAKHIR" itu DTKS 2015, dan pas daftar KIP Kuliah status akun Desil>4 gimana yaa itu potensi lolos atau tidak KIP K nya
    1. Comment Author Avatar
      penentu kelolosan adalah pihak Kampus
  29. Comment Author Avatar
    assalamualaikum kak, ijin nanya, kenapa ya pas saya cek status pada DTKS, NIK saya data status persetilnya tidak ditemukan. tapi pas cek di cekbansos ada data saya. apa itu beda ya kak. terima kasih
  30. Comment Author Avatar
    Ka mau tanya jika foto keluarga tidak didepan rumah dan misalkan ayah tidak bisa ikut berfoto kerena lagi diluar kota bagaimana? Dan apakah foto yang terdapat orang lain masih bisa diajukan untuk foto keluarga yg akan diisi ?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan memakai foto terbaru. Untuk keterangan apakah boleh foto tanpa ayah atau tidak baca poin 2. pada artikel ini.
  31. Comment Author Avatar
    Ka bagaimana jika foto keluarga tidak lengkap apakah masih bisa ? Dan fotonya tidak dideoan rumah ?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan baca poin nomor 2.
  32. Comment Author Avatar
    Kak klo pengisian njop itu totalnya apa yang per meter
    1. Comment Author Avatar
      Hadeh coba baca di akunmu itu njop/meter atau njop/total ?
  33. Comment Author Avatar
    Assalamu'alaikum kak

    Saya daftar kip kuliah dan saya sudah memiliki akun , tetapi ketika mendaftar, saya salah menuliskan salah satu angka di nik saya



    Apakah masih bisa mengubah nik nya?
    Saya berharap ini masih bisa diubah, karna masih banyak orang yang merasakan hal yang sama seperti saya karna tidak teliti.
    1. Comment Author Avatar
      Kalau NIK salah pasti gak bisa daftar. Karena yg buat daftr itu NIK juga
  34. Comment Author Avatar
    Kak kan saya sudah dapat nomor pendaftaran kip kuliah , terus buka akun ltmpt pilih menu kip kuliah nomor pendaftaran kip saya tidak di temukan , cara mengatasi nya gimana kak ?
  35. Comment Author Avatar
    Kak mohon solusinya,nik saya di kk ktp semua data bener saat verval nisn pun nik nya bener,akun ltmpt juga aman,tetapi saat saya daftar kipk pakai nik saya tidak bisa sudah berulang ulang kali di coba,tpi pada saat saya memasuki nik salah satu anggota keluarga saya malah bisa keluar nama dan nisn saya juga,ini saya daftarkan pakai nisn yg salah ini atau ada solusi lain dari kakak,mohon bantuannya ya kak,saya juga menemukan kasus yg sama seperti saya tapi dia masih siswa dan di didaftarkan saja sama dia,mohon bantuannya ya kak
    1. Comment Author Avatar
      Silakan ditanyakan ke pihak kecamatan atau dinas ctatan sipil apakah NIK mu aktif? karena kalau di LTMPT yg dipakai data NISN dan NPSN bukan data NIK sedangkan di KIP yg dipakai NISN dan NIK.
    2. Comment Author Avatar
      Kak saya udah perbaiki nik di dukcapil tapi katanya gk ada masalah,tapi nik saya belum bisa di daftarkan KIP,apa saya gunakan saja nik yg salah untuk mendaftar ya kak,apa nntinya bisa di ubah/edit nik saya yg bener di biodata nya, mohon bantuannya kak🙏
  36. Comment Author Avatar
    Pada saat pengisian data seleksi, kenapa prodi 2 yg akan saya pilih tidak muncul? Sehingga karena hal itu, saya hanya dapat mengambil 1 prodi
  37. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya kan pas pengisian biodata kip-k yang bagian alamat diisi sesuai alamat kk atau kip..tapi oas saya liahat di pendaftaran snmptn saya menggunakan alamat kip bukan kk karna sekarang tinggal sesuai di alamat kip bukankk gimana saranya kak
    1. Comment Author Avatar
      Sesuai tinggal sekarang. Karena nanti pihak kampus biasanya akan survei ke rumahmu
  38. Comment Author Avatar
    Kak , pengisian tabel penghasilan itu gimana ya kak? Itu penghasilan bersih atau kotor kak? Misalnya kan kk , penghasilan orgtua saya 3 juta , tapi ada cicilan perbulannya 2,25jt , jadi yg ditulis di tabel penghasilan itu yg 3 jtnya apa sisanya yaitu 750rb? Mohon bantuannya kak?
  39. Comment Author Avatar
    Kak kalau saya udh terdaftar di BDT tapi masih Desil 4. Cara agar bisa menurunkan status akun Desil itu bagaimana ya?
  40. Comment Author Avatar
    Kak, saya sudah terdaftar di bdt. Tetapi desil saya > 4, padahal saya kurang mampu kak. Itu gimana? Harus diurus lagi kah data di BDT nya? Saya punya KIP PKH KKS dan juga biasanya masih ada bantuan sembako. Tapi entah kenapa di BDT saya desilnya lebih dari 4.
  41. Comment Author Avatar
    KK saya tidak punya kartu kartu kipKdan ingin mendafatar kip kuliah jika rumah yg kami tempati itu kontrakan, bagaimana mengisi datanya? Tidak memiliki aset itu gimana KK ngisinya, jika tidak diisi berkas tidak lengkap dan gak bisa lanjut ke proses selanjutnya?
  42. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya..pendaftaran KIP Kuliah kan hanya satu bulan..sedangkan saya belum kedaftar BDT, bagaimama agar bisa terdaftar BDT ? Dan apakah waktunya nyukup untuk mengurus itu semua? Sampai saya bisa terdaftar diKIP Kuliah?
    Karena sementara ini sistem di. KiP Kuliah saya masih belum terdaftar..
    Mohon pnjelasamnya ..terima kasih...
  43. Comment Author Avatar
    kalo upload foto keluarganya pas sedang ada acara keluarga boleh ga? jd ga perlu foto lagi di dpn rmh
  44. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum ka,mau tanya kan aku udah punya kip ATM nah atm nya tuh keblokir karna sandi lupa.Nanti itu bisa diperbaiki lagi ngga ka??
    1. Comment Author Avatar
      KIP sebaiknya pakai kartu KIP bukan ATM KIP
  45. Comment Author Avatar
    Ka saya mau tanya. Saya sudah mengajukan BDT dua bulan yg lalu. Dan sudah mendapatkan surat rekomendasi dari dinsos. Tapi sampai saat ini, saya blm terdaftar jga di BDT. Solusinya apakah saya lanjutkan pendaftaran KIP kuliah atau menunggu terdaftar di BDT.,?? mohon dijawab ka 🙏
    1. Comment Author Avatar
      Silakan ditanyakan ke dinsos kapan bisa terdaftar secara online di database guna untuk sinkronisasi data.
  46. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya, kan awalnya saat pengisian biodata kip kuliah ngak ada no kip & no kks, terus ada itu, cara memperbaharuinya bagaimana dan maksud singkronisasi ulang dapodik itu apa ya?
    1. Comment Author Avatar
      Iya silakan baca ulang artikel ini sudah diperbaharui No. 17
  47. Comment Author Avatar
    kak saya udah terdaftar di bdt waktu check di web pengecheckan bdt
    tapi waktu daftar desil nya yg di pojok kanan kok tulisannya belum terdata,itu kenapa ya?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan lakukan sinkronisasi di akun KIP Kuliahmu
  48. Comment Author Avatar
    Kak mw nanya knapa kolom di no.KIP tdk bisa di isi?
    1. Comment Author Avatar
      Iya silakan baca ulang artikel ini sudah diperbaharui No. 17
  49. Comment Author Avatar
    Kk mau nnyk knp biodata saya gk mau terperbarui, udah brp kali saya coba:(
    1. Comment Author Avatar
      Diperbaharui hanya beberapa saja, untuk KIP dan KKS tidak bisa. Silakan baca untuk mengisi nomor KIP dan KKS di artikel ini sudah diperbaharui No. 17
  50. Comment Author Avatar
    Kak sya mau tanya, kalo fto keluarga kurang 1 krn dia udh berkeluarga dan sya mencantumkan foto yg ada drmh saja tapi fotonya editan dijadiin 2 biar lengkap fotonua. Itu berpengaruh ga kak
    1. Comment Author Avatar
      Jangan editan, Karena berpotensi dikira kecurangan data.
  51. Comment Author Avatar
    Kak kalo misalnya PBB nya masih gabung sama rumah nenek trs NJOP per meter itu diisi apa ya?
  52. Comment Author Avatar
    Kak kalo luas tanah sama bangunan itu beda ngga ya?
    Soalnya luas tanah saya dibuat bangunan semua ngga ada halamannya
  53. Comment Author Avatar
    Kak aset itu diisi apa aja ya?
    Apa cuma handphone kalo misal motor, mesin cuci,kulkas,mobil gak punya
    1. Comment Author Avatar
      Iya diisi yang berharga : Misalkan motor, mesin cuci, HP.

      Kursi, meja, gk usah.
  54. Comment Author Avatar
    Terimakasih, artikelnya bermanfaat sekali
  55. Comment Author Avatar
    Kak kalo udah dapat KAP sama Pin apakah data yg sudah dimasukkan masih bisa di edit?
  56. Comment Author Avatar
    Kak saya kan nge kos apakah harus wajib juga mengisi njop/meter? Dan jika proses validasi bdt nya belum selesai apkaah boleh lgsg cetak kartu?
  57. Comment Author Avatar
    Kak cara urus bdt itu gimana ya? Langkah pertama kemana dan apa aja berkas yg dibawa
  58. Comment Author Avatar
    Halo kak
    Kalau kita daftar kip untuk jalur sbmptn dan ternyata kita tidak lulus, apakah bisa mendaftar kip lagi dengan jalur mandiri?
  59. Comment Author Avatar
  60. Comment Author Avatar
    Kak aku kan udh finalisasi snmptn sblum dftar kip-k. Terus pas dftar kip-k di formulir nya tidak ada pilihan prodinya krena gak bisa diisi, itu gmana kak?
    1. Comment Author Avatar
      Memang begitu, gak muncul di KIP Kuliah pilihan jurusan dan PTN nya untuk SNMPTN
  61. Comment Author Avatar
    Kak kenapa kok saya mau daftar SNMPTN di portal ltmpt saya klik yg Daftar SNMPTN munculnya tulisan ini "Hanya siswa yang telah melakukan registrasi di portal LTMPT sebelum PDSS ditutup saja yang boleh mendaftar SNMPTN 2020. Silakan mendaftar SBMPTN 2020"
    1. Comment Author Avatar
      Berarti anda telat mendaftar akun lTMPT dulu pas sebelum pdss snmptn.
    2. Comment Author Avatar
      Terus kak saya harus gimana terus apa brarti udah ga bisa ikut snmptn
  62. Comment Author Avatar
    Kak yang di maksud cetak kartu KIPk itu maksud nya kita cetak kartu dimana gitu atau kita nanti ada yang mengirim kartu kipk kerumah?
    1. Comment Author Avatar
      setelah mengisi kolom seleksi nanti bakal disuruh cetak kartu dan formulir
  63. Comment Author Avatar
    Kak saya salah memasukakan email ke kip kuliah. Gmna kak saya sedih bgt
  64. Comment Author Avatar
    Silakan hubungi email support@kip-kuliah.zendesk.com dengan isi
    1. Nama lngkap,
    2. NISN dan NPSN
    3. Pesan adan secara lengkap
  65. Comment Author Avatar
    Kk kalo seandainya kita salah memasukkam email
    Gimana kk solusi nya??
  66. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya kenapa ketika saya memilih proses seleksi SNMPN di kip kuliah, prodi pilihan saya tidak ada?
    1. Comment Author Avatar
      Harusnya ada. Pastikan dan hati2 dalam memilih.
    2. Comment Author Avatar
      Kak mau tanya cara mengisi no kip dan kks nya untuk yg lulusan 2019 bagaimana ya kk? Mohon pencerahannya kk.terima kasih.
  67. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya kenapa ketika saya masuk ke proses seleksi SNMPN di kip kuliah, prodi pilihan saya tidak ada?
    1. Comment Author Avatar
      Memang tidak muncul. Silakan lanjut saja dan unduh kartu peserta serta formulir KIP. Tanda telah terdatar KIP SNMPTN adalah di formulir ada tulisan "SNMPTN" di bagian seleksi yang dipilih walaupun memang jurusan dan PTN kosong.
  68. Comment Author Avatar
    Hay kak saya mau nanya, misalkan saya memilih jalur seleksi UTBK, terus saya sudah selesai ujian utbk nya, namun tidak sesuai harapan, kan pendaftaran kip kuliah sampai 31 Oktober, apa boleh memilih jalur seleksi mandiri lagi, walau sudah pernah memilih jalur utbk
  69. Comment Author Avatar
    Kok menu keluarga setelah di isi malah banyak tulisan tidak jelas . Tolong dibantu
  70. Comment Author Avatar
    Kok update data keluarga dan rumah di KIP-KULIAH gagal terus . Dan malah muncul tulisan merah tidak jelas. Mohon bantuannya bos !!!
    1. Comment Author Avatar
      Silakan menggunakan laptop dan cari waktu yang sekiranya web sepi diakses.
  71. Comment Author Avatar
    Maaf mau nanya kak, mengapa saat mau menyimpan data itu terjadi eror, muncul gagal....mohon dijawab ya kak
  72. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak
    Mau tanya,kenapa yah saya udah terdaftar di bdt tapi di akun KIP kuliah tulisannya belum terdata gimana kak?
    Terima kasih sebelumnya
    Wassalamualaikum
    1. Comment Author Avatar
      Pastikan NIK yang dipakai sama dan tidak berbeda. Kedua, silakan sinkronisasi ulang jika sudah terdata.
    2. Comment Author Avatar
      Maaf kak maksud sama itu sama seperti yang ada di KK?
      Tapi gini ka saya tau kalo saya udah terdaftar bdt itu waktu di cek sama petugas desa disana ga tau pake NIK kepala keluarga atau pake no Kartu keluarga lupa lagi,memang ada muncul nama saya di bdt dan ada ID DTKS nya juga.Tapi sebelumnya saya pernah cek beberapa kali di websitenya pake NIK sats tapi gak ada belum terdata.
      Bagaimana itu kak?
    3. Comment Author Avatar
      Harus atas nama dan NIk saudara ya kalau data DTKS. Karena beda nomor NIK bisa masalah untuk sinkronisasi. data dengan KIP Kuliah
    4. Comment Author Avatar
      Tapi masalahnya kak saya coba cek dengan ID DTKS dari desa udah ada terdata,tapi kalo pake NIK saya tidak ada tapi kalo ibu dan kakak mah pake NIK juga ada,,gak ngerti harus gimana kak...
  73. Comment Author Avatar
    Kk klw Kita Salah Kasi Masuk NIk itu cara ubah nya gimana nya kk
    Mohon direspon
  74. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum wr.wb
    Selamat pagi kak. Maaf mengagu waktunya . Mohon bantuanya kak saya tidak bisa mendaftar data BDT dikarenakan saya sedang berada di daerah yang berbeda kabupaten dengan data KK yang saya miliki. dan juga saya tidak mempunyai biaya untuk kembali ke daerah saya untuk mendaftar data BDT tersebut apakah saya dapat mendaftar data BDT secara langsung melalui online?
    1. Comment Author Avatar
      BDT bisa diuruskan oleh anggota keluarga yang bersangkutan.
  75. Comment Author Avatar
    Kak apa jika saya Salah mengetik Nik di dlm akun kip kuliah,apa bisa Nik teesebut diedit/diubah,Hanya Salah satu angka penempatan Nik
    Mohon dibantu kk
  76. Comment Author Avatar
    Kak gmna ya saya sudah terdaftar d BDt kok yg muncul juga 7 item lengkap kk
    1. Comment Author Avatar
      Isi saja semua yg muncul ya, walaupun sudah terdata di BDT.
  77. Comment Author Avatar
    Kak respon donk
    Itu klw Kita salh ketik Nik cara ubah nya gimna nya kk
    Mungkin kk punya solusi
  78. Comment Author Avatar
    Kak kalo status akun kita katanya belum terdata, terus syartnya udah lengkap sama udah finalisasi. Gimana itu ya kak?
    1. Comment Author Avatar
      Silakan unduh kartu dan formulirnya. Belum terdata karena kamu belum terdata di DTKS nya. Bisa segera diurus jika sudah menyelesaikan pendaftarn dan finalisasi KIP kuliah.
  79. Comment Author Avatar
    Kak kalau kota sudah finalisasi sedangkan kita belum terdaftar di bdt terus desilnya juga belum terdata, itu maish bisa daftar ke bdt tidak kak?
    Mohon jawabannya kak, terimakasih kak
    1. Comment Author Avatar
      Masih. Silakan diurus DTKS data BDT-nya. Setelah terdata silakan masuk ke akun KIP Kuliahmu dan sinkronisasi data DTKSnya (yg warning warna kuning itu) serta undah ulang formulir/kartu KIP-nya.
  80. Comment Author Avatar
    1. Kalau ayah udah meninggal, NIK nya pakai NIK Ibu? Tapi KK saya belum diperbarui
    2. Ayah saya pensiun, dan dapat uang pensiun tapi dia udah meninggal. Itu tulis bekerja atau tidak bekerja? Dan penghasilannya ditulis atau nggak?
    3. Aset diisi apa aja ya kak? AC,Motor,kipas,tv,printer,komputer, sofa,dvd player, kursi,lemari pakaian,lemari sepatu,lemari tas,kasur/tempat tidur,setrika,mesin cuci,magic com,kulkas,blender, kompor??
    4. Kalau barang/aset rusak, apakah diisi juga?
    5. Misal motor itu punya kakak saya dan dia udah bekeluarga, tapi motor ny ada di rumah saya, apakah diisi juga?
    Makasih
  81. Comment Author Avatar
    Kak aku udah finalisasi snmptn tapi kip kuliah nya belum daftar jadi gimana ya kak?
  82. Comment Author Avatar
    Ka kalo kita udah cek web data BDT itu nama kita ada tapi kolom BSP nya (-). Apakah sudah terdaftar BDT ka?
  83. Comment Author Avatar
    Kak, update no. KKS dapodik siswa di sekolah masih belum muncul no. KKS saya di biodata padahal sudah menunggu lebih dari 2 jam. Bagaimana kak?
    1. Comment Author Avatar
    2. Comment Author Avatar
      jadinya punya kamu gimana? aku juga diposisi yang sama kayak kamu:(( tpi masih gakeisi aja
  84. Comment Author Avatar
    Assalamu alaikum kak.
    Maaf mengganggu. Mau tanya. Saya kan ngisi data prestasi, tetapi nggak terunggah kak padahal udah saya ikuti langkah-langkahnya dengan tepat. Mohon bantuannya.
    Terima kasih
    1. Comment Author Avatar
      Perhatikan ukuran filenya yaitu >80Kb dan <300KB
  85. Comment Author Avatar
    Kak kenapa kok saya mau daftar SNMPTN di portal ltmpt saya klik yg Daftar SNMPTN munculnya tulisan ini "Hanya siswa yang telah melakukan registrasi di portal LTMPT sebelum PDSS ditutup saja yang boleh mendaftar SNMPTN 2020. Silakan mendaftar SBMPTN 2020"

    Terus kak saya harus gimana terus apa brarti udah ga bisa ikut snmptn???
    1. Comment Author Avatar
      bantu jawab ya, km orang yg termsuk kuota yg boleh masuk snmptn? soalnya gasemoa orang bisa pakek jalur ini
  86. Comment Author Avatar
    Kak aku sudah finalisasi SNMPTN,tapi baru daftar KIPK jadi apa yang harus aku lakukan ya kak?
    Mohon jawabannya kak
    1. Comment Author Avatar
      Silakan daftar saja KIP Kuliahnya.
  87. Comment Author Avatar
    Bismillah, maaf kak mau nanya,
    Keluarga saya ada KKS tapi itu atas nama adik saya, itu bagaimana ya? Terimakasih,
    1. Comment Author Avatar
      bantu jawab, gabisa ya harus nama kamu
    2. Comment Author Avatar
      Silakan bisa dipakai kalau KKS. tapi kalau KIP Pelajar harus atasnama kamu sendiri. KKS kan Keluarga ya. kayaknya bisa dipakai atas nama satu keluarga.
  88. Comment Author Avatar
    kak saya punya kip pas sma pinya kis juga tpi ga kedaftar di bdt itu gimana ya ,di laman kipk sy desil>4 pdhal sy termasuk tidak mampu
    1. Comment Author Avatar
      Silakan isi aja sesuai apa yang diminta di menu-menunya ya.
  89. Comment Author Avatar
    Kak kalau misalnya yang terterah seperti ini "Terjadi kesalahan saat mengambil informasi dtks siswa. Mohon perbaiki beberapa saat kemudian? apa solusi hal seperti ini saat pendaftaran kip kuliah?"
  90. Comment Author Avatar
    Kak, saya mau bertanya
    Disini saya dalam kondisi menumpang, yang bentuknya itu seperti kontrakan, jadi luas tanahnya sangat luas. Lalu pada surat keterangan bangunan dan tanah, apakah saya mengisi seluruh luas tanah/bangunan sesuai surat atau hanya seluas bagian pribadi saja.
  91. Comment Author Avatar
    Kak kalau sudah finalisasi terus baru daftar kip kuliah nah setelah daftar kip kuliah itu apa aku perlu masuk lagi ke portal LTMPT atau tidak ya kak?
  92. Comment Author Avatar
    Bagaimana jika input no.kip di portal ltmpt gagal/ data tidak ditemukan, padahal sudah mendaftar kip?
  93. Comment Author Avatar
    Bagaimana cara mengecek termasuk desil brp?
    1. Comment Author Avatar
      Bantu jawab. Di pojok kiri atas ada tiga garis biru
  94. Comment Author Avatar
    Kak kalau sudah finalisasi SNMPTN terus baru daftar kip kuliah nah setelah daftar kip kuliah itu apa aku perlu masuk lagi ke portal LTMPT atau tidak ya kak?
  95. Comment Author Avatar
    Kak mengapa no.KKS saya masih belum bisa di isi padahal sudah bilang ke guru yang mengurusi data siswa di sekolah saya dan sudah lebih dari 3 hari
    1. Comment Author Avatar
      samaa:) mau nanya dong kamu udh bisa blm skrg?
    2. Comment Author Avatar
  96. Comment Author Avatar
    Kak kalau sudah finalisasi SNMPTN terus baru daftar kip kuliah nah setelah daftar kip kuliah itu apa aku perlu masuk lagi ke portal LTMPT atau tidak ya kak?
  97. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak
    Kan ada kolom Ekonomi tukak ya kolom alasan pengajuan koreksi data itu udah saya isi berkali kali tapi kok ngk munculkak kok ngk tersimpan kan mohon bantuannya kaka
  98. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya, saya ada masalah waktu mau daftar KIP, katanya data tidak sesuai dtks itu gimana ya kak? Terimakasih
  99. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya,saya kan ngga masuk KKnya ortu saya karna ortu saya berdomisili di luar kota sedangkan saya tinggal bersama kakek nenek saya serta masuk ke KK beliau,jadi untuk pengisian data keluarga itu tetap diisi ortu saya atau kakek nenek saya sebagai wali?karna data bdtnya saya ikut KK kakek saya tapi di data keluarga otomatis tertulis nama dan nik ayah saya,jadi bagaimana ya kak? Terima kasih
  100. Comment Author Avatar
    Saya mau nanaya pak saya sudah daftar kip kuliah pas di pengisian biodata nomor kip sama kks tidak bisa di input saya langsung ke sekolah saya untuk di inputkan tapi kata bpk itu no kip sama kks tidak bisa di inputkan di dapodik karena saya udh tammat atau lulus
  101. Comment Author Avatar
    Kak, ayah kandung saya sudah meninggal. Dan ibu saya sekarang sudah menikah siri. Dan di KK hanya ada saya dan ibu saya. Jadi, di pendaftaran kipk yang di isi ayah kandung atau ayah tiri? Mohon penjelasannya kak. Terima Kasih .
  102. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak,saya mau tanya. pekerjaan ayah saya kalau di rapor sekolah sama pas saya daftar SNMPTN itu Petani,tapi ayah saya juga seorang pegawai kontrak biasa,jadi waktu ngisi pekerjaan ayah saya harus buatnya apa ya?Makasih,mohon dijawab ya kak.
  103. Comment Author Avatar
    Kak saya kan mau ngisi data nomor pendaftaran KIP kuliah di ltmpt tapi ada tulisan kaya gini"NAMA YANG TERDAFTAR DI KIP KULIAH SISWA TIDAK SAMA " itu gimana ya kak tolong jawab nya???
  104. Comment Author Avatar
    Kak, saya mau nanya kan saya bisa d bilang desil>4 dan udh ngisi data ekonomi rumah dan lainnya, nah saat mau daftar DTKS pihak dinsos gk bisa mendaftarkan karena keluarga saga d anggap mampu (karena ibu sya PNS tapi gajinya d bawah 3JT itupun anaknya 4, ayah saya petani yg penghasilannya permusim) itu gimana kak solusinya apa boleh gtu gk urus DTKS buat sya?
  105. Comment Author Avatar
    Kak, saya mau nanya kan saya bisa d bilang desil>4 dan udh ngisi data ekonomi rumah dan lainnya, nah saat mau daftar DTKS pihak dinsos gk bisa mendaftarkan karena keluarga saga d anggap mampu (karena ibu sya PNS tapi gajinya d bawah 3JT itupun anaknya 4, ayah saya petani yg penghasilannya permusim) itu gimana kak solusinya apa boleh gtu gk urus DTKS buat sya?
  106. Comment Author Avatar
    Kak, saya mau nanya kan saya bisa d bilang desil>4 dan udh ngisi data ekonomi rumah dan lainnya, nah saat mau daftar DTKS pihak dinsos gk bisa mendaftarkan karena keluarga saga d anggap mampu (karena ibu sya PNS tapi gajinya d bawah 3JT itupun anaknya 4, ayah saya petani yg penghasilannya permusim) itu gimana kak solusinya apa boleh gtu gk urus DTKS buat sya?
  107. Comment Author Avatar
    kak, ini gimana ngisi data ekonomi nya bagi yang ayahnya sudah meninggal?
    Makasih
  108. Comment Author Avatar
    Kak. Saya udah simpan dan seleksi kipk. Udah cetak kartu + formulir pendaftaran juga. Tp di pojok kartu kks nya strip, padahal kip sama bdt nya terisi. Itu gimana? Masalah kah? Kalo masalah solusinya apa?. Tolong respon kak..
  109. Comment Author Avatar
    Kak itu kolom kip dan kks harus di isi, misalnya kita tdk punya bagaimana kak? Bisa di urus sekarang di lurah atau di dinsos kak? Mohon penjelasannya kak
  110. Comment Author Avatar
    Kak kenapa yah saat saya mau daftar, sudah mengisi nik, nisn dan npsn. Tetapi saat saya tekan proses selanjutnya muncul "NISN sudah ada sebelumnya". Ini kenapa yah kk?
  111. Comment Author Avatar
    Mau tanya kak, saat saya coba input no.pendaftaran kipk ke ltmpt, itu ada tulisan bahwa no.pendaftaran tidak ditemukan pdhl sudah sesuai yang dicontohkan kak, mohon solusinya makasih
  112. Comment Author Avatar
    Kenapa saat saya memasukkan nomor pendaftaran KIP Kuliah di Ltmpt, ada tulisan "nama yang terdaftar di kip kuliah siswa tidak sama"
    Padahal sudah sama kak, mohon penjelasannya
  113. Comment Author Avatar
    Hai kak,bagaimana jika alamat email yanv dimasukkan sala (salah ketik)bagaimana solusinya?apakah bisa daftar lagi?
  114. Comment Author Avatar
    Hai kak, mau nanya nih.
    Saya punya KIS dan sudah terdaftar di DTKS. Tapi kalau cek dari NIK, saya tidak terdaftar. Ini harus bagaimana yah kak? Mohon bantuannya.
  115. Comment Author Avatar
    Kak, saya mau tanya nih. Apakah dengan ada KIS maka kita berpeluang besar untuk lolos KIP KULIAH?
  116. Comment Author Avatar
    Kak saya foto keluarganya didalem rumah apakah itu akan menjadi masalah kak?
  117. Comment Author Avatar
    Ka saya udah memperbarui data nomor kip di dapodik tp sampe saat ini blm muncul di halaman web nya, itu gmna ka tolong mengingat waktunya sedikit lagi
  118. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya cara ngisi data seleksi untuk yang sudah finalisasi snmptn bagaimana? Apa tetap di pilih " daftarkan seleksi " (snmptn )
  119. Comment Author Avatar
    Kak, mau tanya itu kan saya tadi sudah cetak formulir kip kuliah, tapi kok di kolom snmptn di bagian pilihan univ dan prodi kok tidak muncul ya?? Padahal saya sudah finalisasi snmptn
  120. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak, saya mau nanya ,kenapa bermasalah dalam menginput data rumah padahal saya telah memperkecil ukuran foto

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.