FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi KIP Kuliah 2022

Masalah registrasi KIP Kuliah 2022


Artikel ini membahas tentang semua hal yang menjadi masalah pendaftaran KIP Kuliah 2022


PERTANYAAN UTAMA!

APAKAH PENDAFTAR KIP KULIAH WAJIB MEMPUNYAI KIP/KKS ATAU TERDAFTAR DI BDT DTKS KEMENSOS?
Untuk masalah ini silakan baca : Tidak Terdaftar DTKS KIP Kuliah, Gimana nasibnya?
Perbedaan bagi pelamar KIP Kuliah yang punya dan tidak punya kartu KIP/KKS atau Data BDT sebagai berikut :

Sedangkan berdasarkan jawaban di Web KIP Kuliah seperti ini :
Dalam hal siswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). *)Keputusan akhir penerima akan diambil oleh perguruan tinggi masing-masing.

1. Mengapa menu akun KIP Kuliah saya hanya 4 (tidak ada menu data ekonomi, rumah, dan aset)?


Berarti kamu sudah terdaftar di DTKS Kemenso sehingga gak perlu mengisi data tersebut dan dihilangkan oleh sistem. Bagi yang ada tambahan menu rumah, ekonomi dan aset berarti NIK dia belum terdaftar di DTKS Kemensos.
2. Apakah data prestasi wajib diisi?
Jika memiliki, silakan diisi. Namun, jika tidak memiliki prestasi silakan dikosongi.
3. Apakah foto keluarga harus sesuai dengan yang ada di KK?
Sebaiknya iya. Kenapa? karena ini bukti bahwa data yang diinput itu sesuai dan ada keinginan kuat dari keluarga untuk mendapatkan KIP Kuliah. Akan tetapi, jika ayah/ibu memang sedang bekerja diluar negeri atau seberang pulang yang kalau pulang malah membutuhkan banyak uang silakan foto saja keluarga yang ada dirumah saja tidak masalah asalkan ada anda (sang pelamar KIPK) dan anggota keluarga lainnya yang ada  (kamu tidak sendirian).
4. Mengapa saya tidak menerima Nomor Pendaftaran dan Kode Akses di Email?
Silakan coba cek "SPAM" pada email kalian, jika tidak ada hapus beberapa email yang sudah lama (mungkin inbox full), jika tidak bisa mungkin anda salah memasukkan alamat email saat pendaftaran (salah ketik).
5. Apa artinya dari desil >4 atau desil <4 Kip Kuliah ?
Arti desil pada data DTKS dan KIP Kuliah Desil 1 = Sangat Miskin, Desil 2 = Miskin, Desil 3 = Hampir Miskin, Desil 4 = Rentan Miskin,Desil lebih dari 4 = Mampu (Non Kategori).
6. Menu Ekonomi kok ada "Alasan Pengajuan Koreksi Data" itu diisi apa ya?
Menu ini muncul karena status anda adalah desil>4 sehingga dianggap sebagai orang yang mampu. Nah, ketika memang kalian tidak mampu dan ingin ikut KIP Kuliah 2021 silahkan isi kolom ini yang menjelaskan bahwa keluarga kalian sedang tidak mampu sekarang ini. Contoh pengisian bisa merujuk pada : Panduan Pengisian KIP Kuliah 2022
7. Mengapa NIK saya tidak terdaftar di KIP Kuliah?




Karena NIK di dapodik dan NIK-mu asli tidak sama. Silakan ke sekolah dan meminta untuk memperbaiki NIK di dapodik yang salah dan mengajukan verval untuk perubahan
8. Bagaimana jika tidak terdaftar di DTKS apakah ada potensi lolos?
Prioritas yang menerima KIP kuliah adalah yang memiliki kartu KKS atau KIP pelajar sebelumnya. Apabila tidak memiliki, maka perlu data DTKS untuk memperkuat. Apakah ada potensi tidak lolos jika tidak terdaftar DTKS? silakan baca : Dampak Tidak Terdaftar DTKS KIP Kuliah
9. Bagaimana cara validasi dan pengajuan kelulusan di Data NISN untuk Gap Year?
silakan kunjungi laman : http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan
10. Bagaimana Cara memasukkan nomor pendaftaran KIP Kuliah pada akun LTMPT 2022?
Penjelasan caranya pada : Sinkronisasi KIP Kuliah
11. Apa gunanya PIN dan KAP pada menu seleksi KIP Kuliah?
Bagi SNMPTN, itu sebagai bukti bahwa data telah disinkronkan. Bagi SNMPN Pin dan KAP dimasukkan pada akun pendaftaran SNMPN kalian. 
12. Mengapa pilihan PTN dan Jurusan pada Seleksi SNMPTN di KIP Kuliah tidak muncul dan malah muncul peringatan "dipilih saat mendaftar SNMPTN"
Jadi memang seperti itu dan kosong. Tidak apa-apa ya. Silakan lanjutkan saja dan unduh formulir KIP Kuliah sampai ada seleksi SNMPTN dibawah sendiri muncul. Maksud dari pernyataan itu sebenarnya pilihan seleksi sesuai dengan apa yang kamu pilih di akun SNMPTN jadi tidak ditampilkan di KIP Kuliah. 
dipilih saat mendaftar SNMPTN 



 13. Apakah Foto keluarga harus didepan rumah?
Sebaiknya iya. Bisa didalam rumah atau didepan rumah. Mengapa? karena berdasarkan aturan Bidikmisi yang dulu memang begitu. Hal ini juga menjadi data foto rumah bagi pelamar KIP Kuliah. Karena pada bidikmisi dulu ada foto rumah tampak depan, samping, ruang tamu, dan dapur.
14. Apakah siswa yang sudah punya KIP Pelajar SMA juga mendaftar akun KIP Kuliah?
Iya. Semua yang melamar KIP Kuliah wajib melakukan pendaftaran di KIP kuliah Kemendikbud 2022.
15. Bagaimana Input No. KIP dan No. KKS di Biodata KIP Kuliah 2022




Mengapa kolom No. KIP dan KKS di KIP Kuliah tidak bisa diisi dan diperbarui, karena data itu harus diupdate oleh sekolah di data Dapodik. Bagaimana prosedurnya? silakan baca Cara Memasukkan No. KIP dan No. KKS di KIP kuliah 2022 atau bisa juga tonton video berikut penjelasannya.

16. Apakah kip kuliah hanya untuk mahasiswa baru 2022?

Iya. Hanya untuk yang akan menjadi calon mahasiswa 2022 nanti.
17. Apakah bisa KIP Kuliah untuk alumni lulusan 2020 dan 2021?
Bisa. Maksud disini adalah para alumni yang akan "BARU KULIAH" nanti tahun 2022 ya (atau akan jadi mahasiswa baru 2022). Bagi yang sudah kuliah tidak bisa daftar KIP Kuliah karena program bidikmisi tetap jalan tidak ada pergantian. Jika ingin mendapatkan KIP Kuliah bagi mahasiswa, silakan kalian daftar lagi aja SBMPTN dan masuk jadi maba semester 1 (satu) ya, hehe.
18. Setelah unduh Kartu dan Formulir KIP Kuliah, mengapa kok pilihan PTN dan Jurusan/Prodi di Seleksi SNMPTN kosong ya?




Jadi memang kosong ya, tidak usah risau. Asalkan sudah muncul kata " SNMPTN" di nama seleksi maka sudah dan silakan lanjutkan dengan mengisikan No. Pendaftaran KIP di LTMPT.
19. Apakah wajib mengisi nomor KKS dan KIP Pelajar? bagaimana jika sudah update dapodik dan menunggu ternyata tidak bisa ? apakah ini berpengaruh?


Dari jawaban diatas, menurut saya ya : input No. KIP Pelajar dan KKS memang sangat disarankan. Akan tetapi jika memang tidak bisa dan kosong di kartu peserta KIP Kuliah (pojok kanan atas) maka "tidak masalah". Yang penting adalah jika kalian memang punya kartunya silakan ditunjukkan Kartu KKS dan KIP nya ketika daftar ulang nanti ya (dibawa saat daftar ulang untuk meyakinkan pantia seleksi bahwa anda benar-benar terdaftar)

20. Bagaimana jika saya salah memasukkan alamat email atau typo untuk daftar KIP Kuliah sehingga saya tidak dapat balasan email dari panitia?

Silakan bertanya pada panitia dan berikan Nama lengkap, NPSN, NIK, NISN serta alasan yang mendukung. Cara menghubungi panitia ikuti langkah : Cara Menghubungi Helpdesk KIP Kuliah 2021
21. Apakah yang Tidak terdaftar DTKS tidak bisa daftar Kip Kuliah 2022?
Bisa. silakan baca : Tidak Terdaftar DTKS, Apakah Bisa Daftar KIP Kuliah 2022
22. Mengapa ketika memasukkan (input) nomor pendaftaran KIP Kuliah di akun LMTPT 2022 muncul peringatan ID User yang terdaftar di KIP Kuliah tidak sama?


Pastikan bahwa data NISN dan NIK antara KIP Kuliah dan LTMPT sama. Jika tidak sama tidak akan tersinkronisasi.

23. Kapan terakhir daftar KIP Kuliah 2022?

Perhatikan penjelasan ini! Jadi terakhir pendaftaran tanggal 31 Oktober 2022 (untuk semua seleksi). Tetapi, jika kalian ingin menggunakan KIP Kuliah untuk SNMPTN misalnya, maka terakhir pendafataran adalah 27 Februari 2022 bukan 31 Oktober 2022. Paham ya. 
24. Bagi Pelamar KIP Kuliah SNMPTN, apakah daftar lagi jika ingin mendaftar KIP Kuliah SBMPTN 2022?
Tidak. Tetap gunakan akun KIP Kuliah yg SNMPTN. Akun tersebut juga dapat digunakan nantinya untuk seleksi mandiri. 
25. Bagaimana cara mengisi dokumen pendukung keadaan ekonomi kip kuliah
Peserta disuruh untuk upload atau mengunggah berkas dokumen pendukung keadaan ekonomi KIP Kuliah, yaitu bisa berupa scan KIP Pelajar, Scan Kartu KKS, Scan Kartu Jaminan kesehatan nasional (JKN) dan bisa memakai scan surat keterangan miskin dari Desa atau Dinas Sosial. Jika tidak  punya semuanya, silakan pakai SCAN SKTM dari desa setempat.
26. Bagaimana cara mendapatkan kap dan pin KIP Kuliah jalur mandiri?
Silakan login ke akun KIP Kuliah > klik menu seleksi > dan pilih mandiri yang didaftarkan  (nanti akan ada PIN dan KAP disana).

27. Apakah anak pns bisa daftar KIP Kuliah?

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang ditujukan untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Kita perlu garis bawahi kondisi tidak mampu tersebut. Kondisi berpotensi akademik baik artinya dianggap berpotensi menyelesaikan studi di peguruan tinggi oleh panitia penerimaan mahasiswa baru sedangkan yang dimaksud kondisi ekonomi tidak mampu adalah sebagai berikut

  1. Pemegang KIP, KKS, PKH, KIS atau BSM atau; 
  2. Pendapatan total kotor gabungan kedua orang tua (yang masih membiayai) adalah sebesar besarnya 4 juta rupiah dan; 
  3. Pendidikan orang tua setinggi tingginya S1/D4.
Selama orang tua berprofesi menjadi PNS namun masih memenuhi persyaratan tersebut maka bisa jadi tidak mampu. Yang dimaksud pendapatan kotor adalah yang sebelum dipotong potongan cicilan atau kewajiban lainnya. Namun demikian, apabila nanti misalkan ada laporan yang menyebutkan bahwa Anda mampu maka panitia akan melakukan verifikasi ulang atas kelayakan. Jika nanti ternyata anda mampu maka akan diberikan sanksi berdasar pedoman KIP Kuliah.

28. Daftar SNMPTN dulu atau KIP Kuliah 2022?

Untuk pendaftaran bebas ya. Karena proses sinkronisasi dilakukan secara otomatis.

Update per 21 Februari 2022
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

419 comments for "FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi KIP Kuliah 2022"

  1. Comment Author Avatar
    Kak izin bertanya, kenapa NISN tidak ditemuan pas mau daftar kip padahal NISN terdaftar di Kemendikbud
  2. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya data kip k masih diubah kah?untuk pemdaftaran ulang di kampus kak
  3. Comment Author Avatar
    Kak apakah ada solusi untuk kesalahan saya dalam melakukan registrasi salah memasukkan email, jadi saya tidak bisa membuka email untuk mendapatkan kode akses saya
  4. Comment Author Avatar
    Hai kak saya mau nanya kok kip kuliah eror ya padahal saya kemeren2 datanya masih belum lengkap, apakah saya harus daftar dari awal lagi
  5. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya apabila saya kan sudah daftar kip dengan pakek gmail royhanae445@gmail.com dan setelah beberapa bulan saya lihat gmail saya gak aktif atau lupa kata sandi tidak bisa ganti karna nomor yang aku daftar gmail nya hilang. Lalu pertanyaan saya apakah bisa di ganti dengan gmai baru untuk mendaftar kip yang sudah di daftar
  6. Comment Author Avatar
    kak, mau tanya
    aku tinggal cetak kartu peserta kipk sama cetak formulir nya kok ga bisa ya, pasti ada tulisan 500|eror gitu, gimana kak ?
  7. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak boleh nanya kakak dpts saya terdaftar dua univ tapi saya pilih univ kedua gimana cara hapus univ pertama
    kakak
  8. Comment Author Avatar
    kak mau klow aku waktu registrasi masuk perguruan tinggi saya lihat pemberitahuan bahwa unggah scan kks atau kip bagi calon kip kuliah sementara aku gak sdar klo aku juga sebagai calon peserta kip kuliah ktika udah lewat beberapa hari setelah registrasi masuk dan say lihat di akun google trnyata aku clon kip kuliah n yg mau aku tanyai apakah tdak ada masalah jika sya tidak meng upload kks sbgai bukti tidak mampu sementara d DTKS aku dinyatakan sebagai pemegang kks mohon solusinya dan bantuan mu kk
  9. Comment Author Avatar
    Mohon izin bertanya Kak, jika berkas "belum lengkap" apakah itu bisa langsung memilih seleksi?
    terima kasih.
  10. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak,
    saya mau nanya kan kemaren saya sudah daftar kip dari jalur SNMPTN jadi pas daftar ulang SNMPTN saya terlupa mau daftar ulang mau ngisi lg tp waktunya udh habis,setelah itu saya ikut jalur MANDIRI dan masalahnya saya mau mengubah kip saya dari jalur SNMPTN ke jalur MANDIRI jd gimana t kak solusinya apakah bisa di reset kembali biodata kip saya?
    mohon konfirmasinya kak:)
    Sekian Terimakasih....
  11. Comment Author Avatar
    kak saya udah dapat Akun KIP K , dan sekarang harus bagaimana ? apa sudah terlambat belum untuk mendaftar ulang , karena kemarin bingung kemna mau nanya.
  12. Comment Author Avatar
    kak, pas sy daftar akun tpi ada tulisan "terjadi kesalahan saat mengambil informasi siswa via dapodik, harap coba kembali nnti" itu gimana kak
  13. Comment Author Avatar
    Hallo kak,mau nanya kalau misalkan aku ngisi nik nya malah punya ayah gmnaa kak?
  14. Comment Author Avatar
    Selamat Pagi..
    Mau Nanya Bang, kemaren adek saya mau daftar KIP Kuliah, tapi selalu muncul NISN sudah ada sebelumnya, sudah dilakukan verval ijazah, dicoba lagi tetap ngak bisa, tetap muncul keterangan yang sama..
    Solusinya gmna bang??
    Mohon bantuannya bang..
  15. Comment Author Avatar
    Apakah jika sudah ada kolom penetapan sudah dipastikan lolos??
  16. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak. Maaf kak saya mau tanya. Saya mahasiswa kipk angkatan 21 jalur utbk, di univ saya belum ada penetapan resmi kipk, jika saya mengundurkan diri dari univ dan dibatalkan sinkronasi data saya ke kemendikbud, apa tahun depan saya bisa mendaftar utbk lagi menggunakan kipk?
    Terima kasih.
  17. Comment Author Avatar
    Kak, setelah penetapan dari pihak kampus, kenapa keterang di kolom Nomor KIP kuliahnya tertera belum ditebitkan? Apakah ini jadi masalah ya kak? Atau emang sedang dalam masa antrian?
    Terimakasih kak🙏

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.