Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Status Sinkronisasi LTMPT di Akun KIP Kuliah 2021

 Status Sinkronisasi LTMPT di Akun KIP Kuliah 2021

Bukti sudah terdaftar sebagai pelamar KIP Kuliah 2021 di SNMPTN, yaitu Status Sinkronisasi LTMPT sudah tersinkron.

Kenapa Nomor Pendaftaran KIP Kuliah Tidak Ditemukan di LTMPT

Hal ini merupakan salah satu efek dari perubahan aturan untuk pelamar KIP Kuliah di SNMPTN maupun SBMPTN ya. Jadi, tahun 2021 ini tidak perlu lagi input Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di LTMPT tetapi hanya perlu sinkronisasi otomatis antara kedua akun.

Bagaimana proses dan penjelasanya? yuk baca dibawah ini ya.

Sinkronisasi LTMPT - KIP Kuliah

Pada tahun 2021 ini, proses sinkronisasi bagi pendaftar KIP Kuliah untuk seleksi dibawah LTMPT (SNMPTN dan UTBK - SBMPTN) dilakukan secara otomatis host-to-host. Artinya apa?

Artinya, peserta tidak perlu lagi memasukkan No. Pendaftaran KIP Kuliah di akun LTMPT masing-maisng. Tidak perlu repot-repot dan juga akan lebih terintegrasi.

Input No. Peserta KIP kuliah di LTMPT

Hal ini juga dijelaskan lebih lengkap pada laman KIP Kuliah seperti diatas.

Status Sinkronisasi LTMPT KIP Kuliah - SNMPTN

Kemudian, bagimana nih kita bakal tau sebagai pelamar KIP Kuliah atau bukan di SNMPTN? caranya sebagai berikut ini.

  1. Sudah menyelesaikan pendaftaran KIP Kuliah sampai selesai.
  2. Sudah memilih SELEKSI SNMPTN  di KIP Kuliah 2021.
  3. Sudah Finalisasi SNMPTN 2021.
  4. Status akan diperbarui secara berkala.


Untuk cek status ini, silakan kalian login di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login kemudian pilih menu seleksi dan cek di bagian SNMPTN. Maka tampilannya akan seperti berikut.

Status Sinkronisasi LTMPT di Akun KIP Kuliah 2021

Gambar diatas juga menunjukan bawah status sinkronisasi LTMPT belum tersinkron karena masih ada tanda "-", apabila sudah tersinkron akan seperti dibawah ini.

Status Sinkronisasi LTMPT di Akun KIP Kuliah 2021

Status Sinkronisasi LTMPT KIP Kuliah UTBK 2021

Nah, untuk UTBK sendiri pastinya sangat penting karena terkait dengan biaya pendaftaran. Jadi, yang terdaftar sebagai pelamar KIP kuliah akan gratis ya. Namun, jika salah alur ya tetap aja bayar. Untuk itu, pahami alurnya di video ini dan jangan sampai kebalik supaya GRATIS.

Penyebab Status Sinkronisasi LTMPT Belum Tersinkron

Mungkin ada beberapa penyebab, mengapa akun belum tersinkron. Berikut hal yang harus diperhatikan lagi.

  1. Pastikan NISN, NPSN, dan NIK yang didaftaran di LTMPT dan KIP Kuliah sama persis.
  2. Pastikan sudah Finalisasi SNMPTN.
  3. Pastikan sudah pilih seleksi SNMPTN di KIP Kuliah.
  4. Nama harus sama.
  5. Tanggal Lahir harus sama.
  6. Jika poin 1-4 terpenuhi dan belum tersinkron, silakan tunggu secara berkala ya.

Contoh yang gagal sinkronisasi dapat dilihat pada video berikut (berdasarkan kasus riil).

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

22 comments for "Status Sinkronisasi LTMPT di Akun KIP Kuliah 2021"

  1. kak , apa bisa sinkronisasi seleksi setelah melakukan finalisasi snmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan bisa. Yang penting keduanya sudah selesai bareng2.

      Delete
  2. Kak,apa kita harus nunggu tersinkronisasi dulu baru finalisasi

    ReplyDelete
  3. Kak maaf izin bertanya, mengapa dari kemarin hingga saat ini link laman kip kuliah eror yh kak, lalau bagaimana untuk siswa yang ingin mendaftar kip kuliah jalur snmptn sedangkan pendaftran snmptn tanggal 24 besok akan ditutup kak

    ReplyDelete
  4. Ka akun KIP-K saya sudah tersinkron tapi status data NIK masih blom ter DTKS dan belum dapat penomoran KIP-K juga di kartu peserta,itu bagaimana kak.
    Mohon Responnya

    ReplyDelete
  5. Ka akun KIP-K saya sudah tersinkron tapi status data NIK masih blom ter DTKS dan belum dapat penomoran KIP-K juga di kartu peserta,itu bagaimana kak.
    Mohon Responnya

    ReplyDelete
  6. Terimakasih buat yang punya blog ini. Karna aku ngerasa terbantu banget.🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, sama-sama semoga aja membantu perjalanmu kedepan ya.

      Delete
  7. Kak gimana kalau nomor kip dan kks belum terisi di laman kip kuliah apakah tidak bermasalah nantinya?
    Mohon respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah langsung lanjut dan selesaikan pendaftarannya ya.

      Delete
  8. Asslamualikum kak, kenapa seleksi dilaman kip k tdk bisa dibuka atau diakses padahal saya belum memilih jalur seleksi dikip sebentar lagi tutup tanggal 31 maret, saya sdh lapor dihelpdesk kip tapi tidak ada respon sampai detik ini, mohon bantuannya kak.

    ReplyDelete
  9. Kak gimna caranya sinkronisasi akun ltmpt sma kip kuliah kak?

    ReplyDelete
  10. Kak di akun ltmpt ku kok nomor kip kulihanya keterangannya tidak terdaftar?

    ReplyDelete
  11. min saya batalkan sinkronisasi akun kip kuliah maka saya dinyatakan pelamar reguler ya?

    ReplyDelete
  12. Kak kalo batalkan sinkron terus ganti prodi
    Apakah bisa daftar kip k lagi?

    ReplyDelete
  13. Kak ,, kalau jenis kelamin nya beda di KIP-K sama Ltmpt apakah berpengaruh?

    ReplyDelete
  14. Kak mau nanya kalo finalisasi sbmptn sblm kip k tersinkronisasi itu gmn kk?

    ReplyDelete
  15. Kak mau nanya kalo finalisasi sbmptn sblm kip k tersinkronisasi itu gmn kk?

    ReplyDelete
  16. Kak izin bertanya, butuh waktu berapa lama ya buat sinkronisasi KIP-K sama LTMPT buat daftar UTBK? harus nunggu status nya 'tersinkronisasi ' (di akun KIP nya) dan masih tertulis 'tidak terdaftar KIP-K' (di LTMPT UTBK) atau lanjut aja ngisi prodi dibagian SBMPTN?

    ReplyDelete
  17. Kak punya ku sinkronisasi LTMPT nya di batalin sama temen aku, apakah bisa di sinkronisasi kembali kak LTMPT nya?

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. kak kalau semisal waktu utbk nya memakai jalur reguler dan tidak mengisi kolom pengisian apakah bisa kita mengajukan kekampus untuk mengubah ke jalur kip k?

    ReplyDelete