Tutorial Cara Daftar Akun KIP Kuliah 2023

Artikel ini akan membahas tentang cara membuat dan mendaftar akun KIP Kuliah 2023 dan penjelasan secara rinci setiap bagiannya dalam pengisian data KIP Kuliah 2023

Artikel update per 5 Desember 2022

PENDAFTARAN KIP KULIAH 2023 DIMULAI TANGGAL SEKITAR BULAN FEBRUARI 2023, SILAKAN DAFTAR SEKARANG JUGA.

KIP Kuliah  adalah program bantuan untuk siswa yang "berprestasi" dan dari keluarga "yang kurang mampu" untuk dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi secara gratis.

Laman resmi KIP Kuliah 2023adalah kip-kuliah.kemdikbud.go.id saja ya

Oke langsung saja akan saya bahas bagaimana cara dari awal mendaftarkan diri untuk memiliki Akun KIP Kuliah 2023 sampai mengisi data-data yang ada didalamnya secara lengkap dan rinci.

Pendaftaran Akun KIP Kuliah

Pertama, siswa login kelaman KIP Kuliah 

Tutorial Cara Daftar Akun KIP Kuliah 2022
Gambar a. Pendaftaran Akun KIP Kuliah 2023

Siswa bisa langsung kunjungi alamat web pendaftaran berikut di kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru. Nanti disana kalian dihadapkan pada tampilan seperti diatas (gambar a)  dan silahkan inpu beberapa hal sesuai yang diminta, yaitu :

  • Nomor Induk Keluarga (NIK) - disini harus sama dengan yang ada di SNMPTN
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) - harus sama dengan SNMPTN
  • dan, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) - jika tidak tau ditanyakan pihak sekolah

Kedua, dapatkan Nomor Pendaftaran dan Nomor Akses

Nah, setelah kalian daftar maka nanti akan disuruh memasukkan alamat email aktif kalian. Setelah memasukkan emailnya, silakan cek di email kalian di bagian "inbox" atau "spam" email dari KIP Kuliah (gambar a). Hal yang dicatat adalah 1) Nomor Pendaftaran dan 2) Kode Akses


Ketiga, siswa login ke akun KIP Kuliah


Siswa bisa mengakses "login siswa" atau klik link berikut : kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login dan masuk menggunakan kombinasi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses dari email tadi.

Kak mengapa tidak ada Kode Akses dan Nomor Pendaftaran yang masuk di email saya ya? baca QnA KIP Kuliah email

Selesai.

Mengisi Data Akun KIP Kuliah

Proses pendaftaran sudah selesai langkah selanjutnya adalah mengisi data-data yang diminta oleh KIP Kuliah, sebagai berikut.

Biodata Awal


Siswa disuguhkan beberapa pilihan menu, pertama adalah klik bagian "biodata" dan akan tampil sebagai berikut. Kemudian klik "Perbaharui Biodata". Isikan data yang kosong yang diminta ya. Jangan sampai ada salah tulisan sedikitpun.

Perhatikan dengan benar dan cek kebenaranya sebelum masuk ke langkah kedua.


Akhir-akhir ini ada tambahan dimana siswa dapat melakukan "Sinkronisasi Ulang Dapodik" dimana dalam salah satu isiannya ada isian untuk Memasukkan Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Nomor Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
Tetapi kak, kok saya gak bisa klik dan mengisi kolom No. KIP dan No. KKS di KIP Kuliah Biodata ini ya? bagaimana solusinya?

Solusinya adalah dengan melakukan update data Dapodik Siswa, Caranya bisa dibaca di Cara Mengisi No. KIP dan KKS pada KIP Kuliah 2023. Apabila ingin tau penjelasannya, simak video berikut.

Setelah melakukan pembaruan data dapodik. Kalian kembali login KIP Kuliah dan lakukan sinkronisasi ulang lagi. Jika sudah maka akan muncul nomor No. KIP atau No. KKS yang telah diinput di dapodik.

Data Keluarga

Setelah langkah satu dan simpan. Lanjut klik menu "Keluarga" maka akan ditampilkan data seperti berikut ini dan klik "perbaharui data keluarga".


Data Keluarga KIP Kuliah


Nah disini kalian disuruh untuk upload foto keluarga. silahkan foto bersama keluarga yang ada sesuai di KK didepan rumah kalian.
Foto bersama keluarga KIP Kuliah

Contoh Foto Keluarga untuk KIP Kuliah

Berikut ini contoh untuk foto bersama keluarga dengan anggota keluarga didepan rumahnya.

Contoh Foto Keluarga KIP Kuliah

Sumber gambar dari palembang.tribunnews.com

a. Data untuk ayah
  • Nomor KKNomor Kartu Keluarga yang biasanya besar dibagian atas kartu KK
  • NIK Kepala Keluarga - NIK Kepala keluarga yang ada di KK kalian
  • Nama Ayah/Wali - Nama lengkap ayah
  • Status Ayah/Wali - Status ayah sudah jelas.
  • Hubungan dengan ayah - Kandung/tiri
  • Pendidikan Ayah - Pendidikan terakhir ayah
  • Pekerjaan Ayah - Pekerjaan sekarang dilakukan, jika susah sesuaikan dengan pekerjaan di KTP/KK
  • Detail Ayah - Detil ayah : ceritakan tentang ayah kalian mulai hal pekerjaan, kesehatan (sakit atau sehat), kehidupan sehari-hari, kerja dimana, penghasilan dll secara singkat yang mencerminkan kondisi ayah anda. Jika sudah meninggal tambahkan keterangan meninggal.

Contoh isian detail ayah KIP Kuliah

Ayah saya bekerja sebagai buruh petani yang bekerja serabutan membantu tetangga mengolah sawahnya. Saat tidak sedang panen, ayah saya bekerja serabutan di bangunan sebagai kuli Pendapatan perbulan tidak tentu dan sekarang harus menghidupi ibu, saya, dan 2 adik saya. Ayah sudah berusia 51 tahun. Kondisi kesehatan ayah saya sudah mulai kurang baik akibat terlalu lelah bekerja dan juga umur yang sudah tidak muda lagi. Beban biaya pendidikan 2 adik saya yang masih SMP dan SMA juga membuat ekonomi keluarga kurang dan harus bekerja dimana-mana untuk mencukupi semuanya.

b. Data untuk ibu
  • Nama Ibu Nama lengkap ibu
  • Status ibu - Status ibu sudah jelas.
  • Hubungan dengan ibu - Kandung/tiri
  • Pendidikan ibu - Pendidikan terakhir ibu
  • Pekerjaan ibu - Pekerjaan sekarang dilakukan, jika susah sesuaikan dengan pekerjaan di KTP/KK
  • Detail ibu - Detil ibu : ceritakan tentang ibu kalian mulai hal pekerjaan, ibu rumah tangga, mengurus berapa anak, kesehatan (sakit atau sehat), kehidupan sehari-hari, kerja dimana, penghasilan dll secara singkat yang mencerminkan kondisi ibu anda. Jika sudah meninggal tambahkan keterangan meninggal.
Contoh detail ayah dan detail ibu KIP Kuliah 2023, tonton video berikut ini.

  • Jumlah Tanggungan Orang Tua Tanggungan adalah orang yang tidak bekerja dirumah. Misalnya dalam satu keluarga ada ayah, ibu, 2 kakak dan saya. Ayah, Ibu, dan 1 kakak saya sudah kerja maka mereka bukan tanggunngan. Yang termasuk tanggungan adalah kakak yg belum bekerja dan saya.
  • Nomor telepon orang tua :Jika tidak punya bisa diisi nomor kakak/adik. Pastikan jangan sampai mati / keblokir nomor telepon ini.
Jumlah Tanggungan Orang Tua


Jika sudah klik simpan.

Data Ekonomi

Lanjut klik menu "ekonomi", dan klik perbaharui ekomoni. Tampilan sebagai berikut.

Data Ekonomi - KIP Kuliah

Jika muncul kolom Alasan Pengajuan Koreksi Data" maka isi saja seperti : "kondisi ekonomi keluarga sekarang, tanggungannya berapa, hutang berapa, beban yang sedang dihadapi, dll"

Alasan pengajuan koreksi data ini biasanya terjadi pada akun dengan DTKS tidak terdata atau desil > 4. Nah, disini kalian diminta untuk mengajukan koreksi data ekonomi. Jadi, isi aja deh dengan kondisi sekarang seperti apa yang benar dan sesuai kondisi.

Untuk lebih jelasnya masalah bagaimana cara mengisi alasan pengajuan koreksi data kip kuliah ini, bisa perhatikan contoh dalam video ini.

Data yang disikan antara lain, sebagai berikut:
  • Pekerjaaan Ayah - sesuai dengan poin nomor 2 
  • Penghasilan Ayah - isikan sesuai dengan penghasilan kotor struk penghasilan, jika tidak sebagai pegawai (petani, nelayan, dll) bisa meminta surat keterangan gaji di kantor desa setempat.
  • Pekerjaan Ibu - sesuai poin nomor 2
  • Penghasilan Ibu - sikan sesuai dengan penghasilan kotor struk penghasilan, jika tidak sebagai pegawai (petani, nelayan, dll) bisa meminta surat keterangan gaji di kantor desa setempat. Jika tidak bekerja diisikan 0 (nol).
  • Total Hutang - Isikan total hutang keluarga saat ini dan belum terbayarkan harus ada buktinya. Jika tidak ada kosongin.
  • Cicilan - Jika ada cicilan seperti kredit rumah, kendaraan, dll bisa diisikan. Jika tidak ada kosongin

Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi KIP Kuliah.

Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi

Untuk dokumen keadaan ekonomi ini, silakan bagi yang memiliki kartu KIP pelajar, Kartu KKS, Kartu KIS, atau Kartu PKH bisa digunakan. Silakan foto/scan dan unggah pada bagian ini.

Apabila tidak memiliki kartu-kartu diatas, silakan bisa menggunakan foto SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang didapatkan dari desa setempat. Untuk penjelasan lebih, bisa lihat video berikut ini.



Deskripsi keadaan ekonomi kip kuliah

Pada kolom deskripsi keadaan ekonomi KIP Kuliah ini, kalian bisa mengisi dengan menceritakaan keadaan ekonomi keluarga kalian secara umum ya. Pastikan juga ditambah dengan informasi jika punya KIP, KKS, atau KIS lebih baik.

Jika sudah selesai simpan data.

Data Rumah

Data Rumah KIP Kuliah

Kemudian lajut kemenu "rumah" klik perbaharui data rumah. Data yang diisikan sebagai berikut.

  • Kepemilikan - kepemilikan rumah keluarga kalian (milik sendiri, sewa(kontrakan/kos))
  • Tahun Perolehan - Kapan mulai menempati/dibangun rumah tersebut.
  • Sumber Listrik - PLN, genset atau yg lainnya.
  • Daya Listrik - Jika milik sendiri PLN isi dayanya (450, 900, 1200, 2400, dll).
  • Luas Tanah - luas tanah yang dimiliki sesuai dengan data PBB (tanyakan ibu kalian)
  • NJOP/meter - merupakan biaya pajak tanah yang dimiliki (bisa dilihat di kertas pajak PBB tanyakan ibu kalian). Pakai yang Bangunan!
NJOP per meter KIP Kuliah

  • Luas Bangunan - merupakan luas rumah kalian yang ditempati
  • Bahan atap - genting, asbes, seng, kayu, ijuk, dll (pilih salah satu)
  • Bahan lantai - keramik, tegel, plester, tanah, kayu, dll (pilih salah satu)
  • Bahan Tembok  - beton, kayu, gedek/bambu, dll (pilih salah satu)
  • Mandi cuci kakus - jelas
  • Sumber air PDAM, Sumur, dll (pilih salah satu)
  • Jarak pusat kota - isikan jarak rumah kalian ke pusat kota terdekat kalian berama KM
  • Jumlah orang tinggal - isikan jumlah orang yang tinggal dalam keluarga

Unggah Foto Rumah

Berikut ini beberapa contoh foto rumah untuk KIP Kuliah tampak depan, samping dan keluarga ya. Pastikan kalian juga ada didalamnya, bukan hanya foto rumahnya saja.




Pada kolom ini, nanti kalian harus mengisi kolom unggah :

  1. Foto Rumah Tampak Depan (maksimal 300 KB)
  2. Foto Ruang Keluarga (maksimal 300 KB)

Simpan, dan lanjut.

Data Aset

Data Aset KIP Kuliah 2021

Lanjut ke menu "aset" dan klik "tambah aset". Tambahkan aset dan isikan data yang diminta.
Biasanya disuruh mengisikan tahun beli, harga beli, harga jual (jika sekarang dijual). Ingat! masukkan semua aset yang dimiliki seperti smartphone, tv, motor, kulkas, dll yang berharga dengan klik "tambah aset"

Data Rencana



lanjut klik menu "rencana" dan "perbarui Rencana".

  • Rencana tinggal - rencana tinggal ketika kuliah (kos/kontrak/rumah sendiri/dsb)
  • Dukungan Keluargapilih iya ata tidak. Misalkan masih butuh dukungan uang tambahan darai orang tua berarti diisi iya dll
  • Transportasi asal - Transpotasi dari rumah kalian sekarang sampai di Kampuas Tujuan kalian yang didaftarkan di SNMPTN/SBMPTN (jalur darat (motor, bis. kereta, mobil) jalur udara : peswat, jalur laut :kapal, dll)
  • Transpotasi harian -Transpotasi harian yang bakal digunakan saat kuliah (motor/sepeda/jalur darat(jalan)).
  • Biaya Transportasi - Biaya awal transportasi asal (misal berangkat dari rumah ke PTN tujuan naik pesawat dengan estimasi (kira-kira) tiket sekali berangkat Rp1.000.000,-

Untuk memahami tentang pengisian kolom rencana ini, silakan tonton video berikut ini.

Prestasi

Kolom pretasi ini sifatnya adalah "opsional" atau tidak wajib diisi. Bagi kalian yang tidak mempunyai prestasi silakan dikosongi saja. Bagi kalian yang memiliki prestasi silakan untuk diunggah pada menu ini sebagai berikut.

  • Nama Kegiatan : isikan nama kegiatan acara tersenggelara. Misalnya Lomba kompetensi Siswa se-Madiun Raya, Lomba LKTI Nasional Hari Pangan Nasional, OSN, dll.
  • Jenis Kegiatan : pilih individual (Jika lomba dilakukan secara individu seperti olimpiade sains) dan pilih kelompok/tim (jika lomba bersifat tim).
  • Tingkat : Tingkat lomba minimal kabupaten atau kota.
  • Tahun perolehan : kapan kalian mendapatkan kejuaran tersebut (bisa 5 tahun terakhir sepertinya).
  • Pencapaian : isi pencapaian yang diraih. Misalnya : Juara 1 LKTI ...., Best Presenter Lomba Esai, dll). Jika sebagai peserta saja silakan diisi sebagai peserta dan pilih pencapaian "lainnya".
  • Unggah sertifikat : silakan unggah sertfikat dalam format gambar maks. 300KB. 
Prestasi tidak berlaku jika hanya juara kelas atau juara paralel di sekolahan. Simak video penjelasan prestasi berikut ini.

 

Seleksi

Menu "Seleksi" ini akan muncul ketika kalian sudah mengisikan semua data yang ada. Akan ada pilihan nanti seleksi seperti "SNMPTN, SBMPTN, SNMPN"  dan nanti kalian akan bisa mendapatkan yang namanya PIN dan KAP.

Setelah itu, terakhir silahkan untuk cetak formulir KIP Kuliah 2023, dicetak kertas HVS ukuran A4 atau F4 dan disimpan. Ini akan dibawa sebagai buki pelamar KIP kuliah saat daftar ulang nanti ketika diterima sebagai mahasiswa

Unduh Kartu Peserta dan Formulir KIP Kuliah 

Silakan unduh saja. Jika data KIP Pelajar dan KKS sudah diupdate di data dapodik kalian dan kalian sudah terdaftar di BDT DTKS maka akan muncul tampilan seperti ini di formulir kalian setelah diunduh.

Jika di kartu peserta tidak muncul KIP/KKS seperti gambar dibawah ini ikuti langkah : Cara Memasukkan No. KIP/No. KKS pada KIP Kuliah 2023

Gambar Kartu Peserta KIP Kuliah

Mengapa dibagian seleksi SNMPTN tidak bisa memilih atau tidak ada (kosong) pilihan PTN dan Jurusan/Prodi?
Formulir Bagian seleksi KIP Kuliah 2023


Jika muncul gambar dibawah ini berarti NIK atas nama kalian belum terdaftar di DTKS Kemensos sebegai penerima BDT. 


Apa yang harus kita lakukan jika belum terdata di DTKS BTD Kemensos? apakah yang tidak terdata tidak bisa daftar KIP Kuliah, silakan baca disini ya caranya : Tidak Terdata DTKS untuk KIP Kuliah 2023

Bagaimana cara daftar DTKS? berikut tutorial cara cek dan daftar DTKS KIP Kuliah 2023

Jika ada pertanyaan atau tambahan silakan untuk komentar dan supaya artikel ini selalu diperbarui 

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

394 comments for "Tutorial Cara Daftar Akun KIP Kuliah 2023"

  1. Comment Author Avatar
    Saya mau nanya biaya transportasi itu gimana ya? Per bulan atau tiap harinya butuh berapa pulang pergi?
  2. Comment Author Avatar
    Permisi kak, untuk alamat diisi alamat sesuai KK atau domisili ?
    Terima kasih
  3. Comment Author Avatar
    Kak, ayah kandung saya sudah meninggal. Dan ibu saya sekarang sudah menikah siri. Dan di KK hanya ada saya dan ibu saya. Jadi, di pendaftaran kipk yang di isi ayah kandung atau ayah tiri? Mohon penjelasannya kak. Terima Kasih .
  4. Comment Author Avatar
    Kak, ayah kandung saya sudah meninggal. Dan ibu saya sekarang sudah menikah siri. Dan di KK hanya ada saya dan ibu saya. Jadi, di pendaftaran kipk yang di isi ayah kandung atau ayah tiri? Mohon penjelasannya kak. Terima Kasih .
  5. Comment Author Avatar
    Kak, ayah kandung saya sudah meninggal. Dan ibu saya sekarang sudah menikah siri. Dan di KK hanya ada saya dan ibu saya. Jadi, di pendaftaran kipk yang di isi ayah kandung atau ayah tiri? Mohon penjelasannya kak. Terima Kasih .
  6. Comment Author Avatar
    Maaf kak mau bertanya apakah jika kita sudah menjadi mahasiswa bisa mendaftar KIP KULIAH ini kak?
  7. Comment Author Avatar
  8. Comment Author Avatar
    kalau kita mau menambahkan laptop sebagai aset, dalam pilihan "jenis barang" apa yang dipilih?
  9. Comment Author Avatar
    Saya mau komplain kepada kakak penulis artikel mengenai ALASAN PENGAJUAN PERUBAHAN DATA itu bkn diisi alasan mengapa mendaftar kip k tp diisi alasan pengajuan perubahan data.Saya sdh tanya ke helpdesknya Kip k itu diisi alasan perubahan data karena ada data yg salah bukan alasan mengapa mendaftar kip k.Mohon kakak koreksi lg artikel tsb karna banyak yg salah gara2 ini.Terima kasih

  10. Comment Author Avatar
    Saya mau komplain kepada kakak mengenai ALASAN PENGAJUAN PERUBAHAN DATA itu bkn diisi alasan mengapa mendaftar kip k tp diisi alasan pengajuan perubahan data.Saya sdh tanya ke helpdesknya Kip k itu diisi alasan perubahan data karena ada data yg salah bukan alasan mengapa mendaftar kip k.Mohon kakak koreksi lg artikel tsb karna banyak yg salah gara2 ini.Terima kasih

    Reply
  11. Comment Author Avatar
    kak gimana cara mengunduh kartu pesertanya? saya tidak ikut jalur snmptn ataupun sbmptn. tapi saya mendaftar kuliah ikut jalur mandiri. gimana cara saya memilih di seleksi? kenapa dijalur mandiri belum dibuka? saya punya kartu kip dan kks, tapi dibiodata saya hanya ada nmr kip, nmr kks nya tidak ada, saya mau mengisi kenapa tidak mau?
    mohon dijawab kak. terima kasih
  12. Comment Author Avatar
    permisi kak, mau tanya.. kalau kita sudah mencetak formulir pendaftaran kip dan kartu peserta kip, setelah itu tahapan berikutnya apa ya kak? terimakasih
  13. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya di bagian njop, rumah aku cuma rumah sewa jadi gak tau njopnya brapa!, jadi gimana kak??
  14. Comment Author Avatar
    Kak kan di njop harus di isi tapi rumah aku cuma rumah kos-kosan jadi gak tau nilainya, jadi harus gimana kak ?
  15. Comment Author Avatar
    sore ka, saya mau bertanya. untuk data keluarga, saya tidak tinggal bersama orang tua kandung. jadi yang saya isi memakai data orang tua kandung atau wali (tante) saya yang sekarang satu KK dengan saya.
    lalu kalau data yang dipakai tetap orang tua kandung untuk foto keluarga dan rumah itu bagaimana ka?
    sedangkan jika data tante saya, tapi ia sudah tidak memiliki suami bagaimana ka?
    tolong bantu saya ka..
    saya sudah bertanya ke alamat email kipk dan sahabat.kipkuliah namun belum ada balasan ka.
  16. Comment Author Avatar
    Kak nomor NIK saya salah satu angka, tdk sesuai dengan data emis, sehingga saya tdk bisa daftar sampai sekarang. Apa yg harus saya lakukan pak. Mohon bantuannya pak
  17. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum
    Kak mau tanya yang bagian biodata pribadi
    Foto nya harus pakau baju sekolah atau bebas pantas?
    Terimakasih
  18. Comment Author Avatar
    Kak di kartu peserta & formulir pendaftaran kipk gak ada no. Kks nya gimana? Cuma ad no. Kip sama bdt. No.kks nya strip.
    Mohon respon kak
  19. Comment Author Avatar
    kak nik aku salah satu angka tapi aku tau angka salahnya jadi bisa login tapi kan harus sinkron jadi gmn cara gantinya ??
  20. Comment Author Avatar
  21. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  22. Comment Author Avatar
    maaf kak mau nanya gimana kalau kita ngk daftar SNMPTN tapi kita punya akun kip kuliah apa itu bisa digunakan untuk daftar selanjutnya? dan juga mau nanya kak gimana cara biar akun kita berstatus terdaftar soalnya di akun yang saya punya statusnya belum terdaftar, mohon penjelasannya kak trima kasih
  23. Comment Author Avatar
    Mau nanya ni kak
    Kan saya belum punya KIP dan saya daftar KIP kuliah dan diformulirnya itu belum ada nomor KIP dan KKS nya. Apakah itu yidak masalah?
  24. Comment Author Avatar
    Ka permisi mau nanya
    Ka kan saya tidak punya KIP dan saya sudah mendaftar KIP kuliah tapi saat formulirnya diunduh no KIP dan KKSnya nggak ada. Apa itu akan bermasalah?
  25. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya kenapa ya kolom untuk pekerjaan orang tua tidak muncul,tapi setelah saya klik update data kolom pekerjaan ortu saya muncul tapi kosong ,itu gimana ya kak?terimakasih
  26. Comment Author Avatar
    kak nomor KKS itu yang mana ya. KKS saya KKS yang terbaru untuk rekening yang dari Bank
  27. Comment Author Avatar
    kak, sekolah saya sudah mengisi data KKS saya di dapodik.. tapi saat saya melakukan Sinkronisasi Ulang Data nomor KKS nya tidak terisi/tetap kosong.. itu kenapa kak?
  28. Comment Author Avatar
    Kak aku udah ngisi semua kecuali yg prestasi sma yg seleksi tpi kok status akun belum terdata ya?gimanaya kak?
  29. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya yg udah mau daftar KIPK tpi gak ada data rumar dan ekonomi berarti udah trdftar di DTKS ya kak? Klw misalnya sudah apa wajib mndftr ke DTKS lagi?
  30. Comment Author Avatar
    Kenapa ya kak di KIP kuliah saya status akunnya belum terdata?
  31. Comment Author Avatar
    Kak bagaimana cara mengisi bagian SELEKSI di kipk, saya lewat jalur SNMPTN trus yang bagian daftarkan seleksi itu di simpan seleksi aja ato gimana, gaada yang diubah kan? Soalnya disitu tertera kalo salah sudah tidak bisa dibenarkan . Mohon dijawab kak terimakasih
  32. Comment Author Avatar
    Kak, saya mau nanya
    Dirumah saya ada 2 KK, saya dan ibu saya 1 KK,terus kakak saya sudah berkeluarga tapi tinggal dirumah saya dan memiliki KK,jadi KK yg ada dirumah ada 2 kak
    Pertanyaan ini kak,foto keluarga itu saya dan ibu saya aja atau gimana kak??
    Tolong dijawab kak!
  33. Comment Author Avatar
    Kak,saya mau nanya
    Dirumah saya ada 2 KK
    Saya dan ibu saya satu KK tapi dirumah saya ada kakak yg sdh berkeluarga dan memiliki KK.
    Pertanyaannya kak,foto keluarga itu saya dan ibu saya saja atau semua orang yang ada dirumah kak?
    Tolong dijawab kak!!
  34. Comment Author Avatar
    Kak kan saya udah mengisi di kolom pendaftaran kip tapi buat yang kolom pengisian data rumah, tidak bisa disimpan sendiri, itu gimana ya kak??
  35. Comment Author Avatar
    Kak,saya sekarang sedang mengurus dtks ,apakah saya tetap melanjutkan pengisian data kip kuliah ?atau tgg selesai pengurusan dtks?
  36. Comment Author Avatar
    Kak aku mau tanya...kolom aset itu hanya satu yaa??ngak bisa nambah lagii ya kak kan asetnyaa lebih dari satu ngimana yaa kak??
  37. Comment Author Avatar
    This comment has been removed by the author.
  38. Comment Author Avatar
    kak, dimenu seleksi saya mau milih UTBK-SBMPTN, tapi keterangannya belum dibuka? gimana ya?
    Terimakasih
  39. Comment Author Avatar
    kak dimenu seleksi saya mau pilih yang UTBK-SBMPTN, tapi keterangannya belum dibuka?gimana ya Kak?
    Terimakasih
  40. Comment Author Avatar
    kak saya mau bertanya, apa bila hanya memiliki kip namun tidak memiliki kks bagaimana ya kak? saya hanya punya kip soalnya apa boleh kalau no. kksnya kosong?
  41. Comment Author Avatar
    Kk transportasi asal itu gimana ya?
  42. Comment Author Avatar
    Kak ko saya tanggal lahir terisi secara otomatis,tanggal lahirnya salah ,lalu saat saya ganti ko tdk bisa?
  43. Comment Author Avatar
    Kak ko saya tanggal lahir terisi secara otomatis,tanggal lahirnya salah ,lalu saat saya ganti ko tdk bisa?
  44. Comment Author Avatar
    Kak ko saya tanggal lahir terisi secara otomatis,tanggal lahirnya salah ,lalu saat saya ganti ko tdk bisa?
  45. Comment Author Avatar
    Kak ko saya tanggal lahir terisi secara otomatis,tanggal lahirnya salah ,lalu saat saya ganti ko tdk bisa?
  46. Comment Author Avatar
    Kak di cetak formulir apakah emang kosong piihan prodi sama ptn nya? Punya saya kosong kak. Karena gak bisa dipencet pilihannya
  47. Comment Author Avatar
    Kak, NIK saya sudah terdaftar di DTKS, tapi pada saat pendaftaran SNMPTN NIK yang saya masukkan salah dan sudah difinalisasi, jadi mau tidak mau saat daftar KIP K saya memakai NIK yang ada di SNMPTN, jadi saat memasukkan data dan mencoba menyinkronkan data di DTKS tidak tercantum kak, jadi apa yang harus saya lakukan kak, kalau daftar DTKS nama saya sudah ada kak?
  48. Comment Author Avatar
    assalamualaiakum kaka, bagaimana kalau di prestasi tidak ada prestasinya apa harus diisi atau bagaimana?
    terimakasih kak
  49. Comment Author Avatar
    kak mau tanya nih,kalo saya kan yang di rumah itu saya milih sewa bulanan(kost).Nah NJOP nya itu gimana ya kak?
  50. Comment Author Avatar
    Kak alamat rumah saya kan beda sama yang di KK, dan di SNMPTN kemarin saya sudah mengisi sesuai KK. Perbedaan alamatnya hanya di RT/RW nya saja kak, dan saya sudah nanya di akun @kipkuliah.kemdikbud katanya harus sesuai KTP, dan sudah saya isi, namun sekarang saya bingung untuk mengisi 'Data Rumah', saya harus isi data rumah yang sekarang atau data rumah sesuai alamat kartu keluarga (rumah nenek)? karena saya pernah tinggal dirumah nenek
  51. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kk
    Sya kk nya sma kakak sya kak trus bgmna kak data2 untuk ayah dan ibu harus sya isi bgmna?
  52. Comment Author Avatar
    Kak kalok kita gak ada prestasi gimana kak,
  53. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya yg punya kartu kip/ kip pelajar apa perlu untuk daftar kip kuliah ?
    Atau yg sudah punya kip sejak sma/smk itu tidak perlu daftar kip kuliah jika ingin dapat kip kuliah?
  54. Comment Author Avatar
    kak aku mau tanya, keluarga saya tinggal sama kakek nenek tapi beda KK, lalu kakek dan nenek itu termasuk tanggungan orang tua apa tidak?
  55. Comment Author Avatar
    gan mau tanya, kalo udah di cetak tapi pilihan prodinya ga ada gimana ya? *pilihan prodi yang dipilih di formulir kip nya
  56. Comment Author Avatar
    Kak,pendaftaran ny tgl 30/03/2020 sampai jam brapa ya kok jam 12 siang sudah gak bisa daftar lagi
  57. Comment Author Avatar
    kak saya NIK di LTMPT nya gak sama sama yang di NIK asli itu gimana yaa?
  58. Comment Author Avatar
    Kak, kalau belum terdaftar di dtks apakah bisa melakukan simpan seleksi dulu? Apa harus mengurus dtks dulu?
  59. Comment Author Avatar
    Terimah Kasih ya untuk tutorialnnya. Sangat bermanfaat
    Selalu diberikan kesehatan yang baik Mas
  60. Comment Author Avatar
    Kak mau nanya, Izin bertanya mengenai pendaftaran KIP, disini kan harus di isi mengenai biodata ayah sedangkan ayah saya sudah almarhum kak, dan ibu saya menikah lagi jadi di form biodata ayahnya bagaimana kak? Yg di isi di form biodata ayah saat ini atau yang telah meninggal?
  61. Comment Author Avatar
  62. Comment Author Avatar
    Pada menu "seleksi" apakah ada pilihan SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN yang ingin masuk ke PTKIN?
    Terus bagaimana cara daftar KIP Kuliah yang ikut SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN ?
  63. Comment Author Avatar
    Kak saya mau tanya yang gak punya kartu kip apa bisa mendaftar
  64. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya kalau gak pinya kartu kip gimana
  65. Comment Author Avatar
    kak aku ga punya KIP dan belum terdaftar. Aku udah isi akun, nah langkah selanjut nya apa ya?
  66. Comment Author Avatar
    Kak batas berlaku ini sampai kapan
  67. Comment Author Avatar
    Kak/bang saya masih belum mengerti jika saya sudah mengisi semua data itu apakah sudah bisa langsung terdaftar sebagai penerima KIP kuliah tanpa harus mendata di DTKS? Terima kasih kak
  68. Comment Author Avatar
    Kak apakah ketika sudah mengisi semua data saya sudah terdaftar sebagai penerima KIP kuliah tanoa harus mendata di DTKS?
  69. Comment Author Avatar
    Kak pas aku daftar, dalam pengisian akun data nya knp hanya ada biodata, keluarga, rencana dan prestasi?
  70. Comment Author Avatar
    Kak pas aku daftar, dalam pengisian akun data nya knp hanya ada biodata, keluarga, rencana dan prestasi?
  71. Comment Author Avatar
    Mohon Maaf kak, saya mau tanya kenapa saya mau daftar KIP kuliah ada keterangan nisn dan nik sdh terdaftar sebelumnya
  72. Comment Author Avatar
    misi mau nanya kalau bagan bagian prestasi tidak di isi atau semisalnya tidak pernah ikut kejuaraan apakah bisa?
  73. Comment Author Avatar
    UTBK nya kok Gak bisa di klik kak?
  74. Comment Author Avatar
    kak rumah saya tidak ada pajak bumi dan bangunan gimana saya ngisi njop nya ya kak?
  75. Comment Author Avatar
    Kak untuk proses seleksi tidak ada pilihan untuk unduh file, tinggal tahap seleksi yang belum lengkap tr
    isi itu gimana ya kak?
  76. Comment Author Avatar
    Kak Jadi ayah saya sudah tidak bekerja lagi, dan yang sekarang bekerja di keluarga saya adalah kakak saya,
    Mohon dijelaskan cara pengisian data ekonomi, apakah kakak saya
    Ditulis sebagai ayah, atau bagaimana. Mohon solusinya
    Wassalamualaikum wr. wb
  77. Comment Author Avatar
    ka mau nanya ,kalo Saya tidak Ada sertifikat prestasi bagaimana ,bisa lanjut apa tidak?
  78. Comment Author Avatar
    kak saya kan rumahnya masih sewa,trs tahun perolehan itu tahun dapet tanahnya atau tahun saya menempati rumah ini?
    Trs yg daya listrik kalo masih sewa tetap di isi kan? Atau tidak?
  79. Comment Author Avatar
    Kak saya sudah mendaftar tapi tidak bisa unduh cetak kartu itu alasannya knp yah?
  80. Comment Author Avatar
    Kak saya sudah mendaftr tapi saya tidak bisa download cetak kartu dan formulir pendftran itu knp yah?
  81. Comment Author Avatar
    Kaka saya sudah daftar tp kok gak bisa daftar DTKS gimana kak cara bisa terdaftar
  82. Comment Author Avatar
    Kak itu asetnya diisi berapa banyak yah?
  83. Comment Author Avatar
    Kak,saya memiliki no.kks tetapi pada data kip kuliah no.kks tidak muncul.lalu,saya mengajukan input data ke dapodik sekolah setelah diinputkan lalu saya klik sinkronisasi pd web kip kuliah. Tetapi no.kks tsb tidak dapat muncul?itu bagaimana solusinya kak
  84. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak,pada web kipk no.kks saya tidak muncul.lalu,saya mengajukan input data ke dapodik sekolah untuk no.kks tsb. Setelah diinputkan dan saya klik bagian sinkronisasi pada web kipk no kks tsb ttp tdk bisa muncul?

    Itu kendalanya apa,dan bagaimana solusinya kak?
  85. Comment Author Avatar
    Kak,, aku punya udah lengkapi datanya, tapi tidak bisa cetak kartu peserta dan cetak formulir. Jika di klik hanya muncul warna merah
  86. Comment Author Avatar
    Kak pleasee responnya dong, yang masalah prestasi bisa 5 tahun. Jdi bisa yaa pakai sertifikat smp?
  87. Comment Author Avatar
    Kak pleasee responnya dong, yang masalah prestasi bisa 5 tahun. Jdi bisa yaa pakai sertifikat smp?
  88. Comment Author Avatar
    Kak Kalo Kita udah daftar kip kuliah jalur sbmptn.. terus Kita daftar kip kuliah jalur sbmptn Masih bisa?
  89. Comment Author Avatar
    Mau tanya bagaimana caranya jika kita mengisi kip kuliah dengan alamat yg benar dan kabupaten serta provinsi yang benar , namun kabupaten dan provinsinya berubah setelah formulirnya diunduh , menjadi provinsi dan kabupaten yang lain,... Padahal di kipnya cocok tapi setlh unduh beda.
  90. Comment Author Avatar
    Kak kenapa ya ketika saya klik sinkronisasi ulang dapodik, lalu saya klik lanjutkan, sinkronisasi gagal?
  91. Comment Author Avatar
    selamat malam ,saya ingin bertanya mohon jawabannya ya kak , saya beberapa hari yang lalu mendaftar selesi mandiri prestasi D4 di salah satu univ negeri ,apakah saya bisa mendaftar kip-k ? Apa pendaftaran hanya bias dilakukan pada seleksi SNMPT/SBMPTN? Terimakasih.
  92. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak, saya mau tanya apa kalo dftr KIP itu satu NISN hanya bisa untuk satu NIK saja ya kak? Soalnya NIK saya ganda dan saya harus ganti NIK lagi dengan yg baru, padahal kemarin saya sudah daftar KIP menggunakan NIK yg lama dan NISN saya. Setelah saya ganti NIK dan saya mau login KIP lagi dengan NIK yg baru menggunakan NISN saya, itu nggak bisa. Disana tertulis "NISN sudah ada sebelumnya" itu gimana kak?
    Terimakasih kak
  93. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak jadi pada bagian rencana itu kan ada transportasi dan biaya, jadi di Sbmptn saya memilih PTN lokal dan dgn biaya transportasi yg murah sedangkan untuk mandiri saya memilih di Jawa kak, itu bagaimana perbedaan nya yg mana harus saya isi bahkan jika nntik saya lulus salah satu
  94. Comment Author Avatar
    Kak kalau saya sudah punya kode akses, tetapi saya tidak mengisi" data yg ada. Apakah saya terdata sebagai penerima kip
  95. Comment Author Avatar
    assalamualaikum kak
    Di pendaftaran kip kuliah sekarang pada menu ekonomi suruh input gambar itu maksud nya gimana ya kak?
    Terimakasih
  96. Comment Author Avatar
    halo, mau bertanya apakah pada bagian "Data Ekonomi" wajib mengupload data pendukung ekonomi? dan bagaimana jika tidak memiliki hal tersebut. terima kasih
  97. Comment Author Avatar
    Yang di jalur seleksi itu, saya ikut jalur UMPB dan sudah di nyatakan lulus. Tapi disini tidak ada pilihan untuk Jalur UMPB
  98. Comment Author Avatar
    Kak, akukan udah daftar kuliah melalui jalur UMPB (ujian masuk politeknik batam), saya sudah mengikuti ujian dan sudah dinyatakan lulus. Tapi disini tidak ada pilihan untuk jalur UMPB, jadi solusi untuk pengisian nya gimana ya kak?
  99. Comment Author Avatar
    Kak. Saya sudah kuliah semester 2 angkatan 2018 apakah masih bisa daftar kip kuliah?
  100. Comment Author Avatar
    kak mau tanya, kalo dibagian aset kan kita disuruh untuk isi harga jual aset tersebut tapi aset tersebut tidak kita jual jadi apa yg harus saya isi?

    mohon bantuannya kak:)
  101. Comment Author Avatar
    Kak kalo misalnya rumah sewa gimana itu? Kan gak tau luas tanahnya luas bangunannya. Itu gimana kak mohon bantuannya
  102. Comment Author Avatar
    Permisi kak, izin bertanya, sebelumnya saya sudah selesai mendaftar SBMPTN kemudian barulah saya mengetahui tentang pendaftaran KIP sehingga saya baru mendaftar dan setelah saya sudah selesai isi data untuk mendaftar di KIP ternyata sudah lewat batas waktu untuk pilih seleksi SBMPTN. Yang ingin saya tanyakan apakah saya masih berpeluang untuk mendapatkan KIP walau pada bagian seleksi saya sudah tidak bisa memilih seleksi SBMPTN?
    Terima kasih sebelumnya
  103. Comment Author Avatar
    JIka salah mengisi emailnya. solusinya bagaimana?
  104. Comment Author Avatar
    hallo kak,,,
    saya mau bertanya tentang daftar KIP kuliah.
    setelah revisi KK, NIK saya berbeda dengan yang saya cantumkan pada LTMPT Snmptn.
    kemudian, setelah saya daftar ke web KIP , saya cantumkan NIK yang lama maupun NIK revisi, tetapi hasilnya saya tidak bisa melanjutkan proses selanjutnya.
    kemudian saya lihat di google, ternyata NIK yang dibuat daftar KIP harus sama yang di LTMPT Snmptn.
    Apakah NIK yang sudah tercantum di LTMPT Snmptn dapat diubah? bagaimana caranya?
  105. Comment Author Avatar
    hallo kak,,,
    saya mau bertanya tentang daftar KIP kuliah.
    setelah revisi KK, NIK saya berbeda dengan yang saya cantumkan pada LTMPT Snmptn.
    kemudian, setelah saya daftar ke web KIP , saya cantumkan NIK yang lama maupun NIK revisi, tetapi hasilnya saya tidak bisa melanjutkan proses selanjutnya.
    kemudian saya lihat di google, ternyata NIK yang dibuat daftar KIP harus sama yang di LTMPT Snmptn.
    Apakah NIK yang sudah tercantum di LTMPT Snmptn dapat diubah? bagaimana caranya?
  106. Comment Author Avatar
    Bagaimana itu min kita gk mendapatkan pin untuk seleksi ,,kok saya gk dapet
  107. Comment Author Avatar
    Kak kalo rumahnya mengontrak mengisi NJOP/Meternya gimana ya?
  108. Comment Author Avatar
    Kak pilih seleksi lebih dari satu gabisa ya ? Kalo mau ganti dari seleksi sbmptn ke mandiri bisa gak ya??
  109. Comment Author Avatar
    Kak ngganti seleksi dlm kipk dari sbm ke mandiri bisa tdk ya
  110. Comment Author Avatar
    permisi kak, saya mau nanya, misalkan saya sekarng sudah mau semester 3 di kuliah, apakah saya masih bisa mendaftar KIP untuk kuliah saya kedepannya?
  111. Comment Author Avatar
    ka, saya mau nanya untuk pengisian alamat di biodata sebaiknya memakai alamat ktp atau alamat tempat tinggal sekarang? soalnya alamat saya beda.
  112. Comment Author Avatar
    kak mau tanya, kan orang tua sy sdh meninggal 22nya. Sekarang saya ikut KK nenek saya. Nah saya isi nomor kk, foto keluarga dan nik kepala keluarga itu KK lama sy yg sama orang tua atau KK sekarang yg sama nenek sy ya? Lalu utk masalah penghasilan ayah dan ibu pilih tidak berpenghasilan atau penghasilan sebelum meninggal ya?
  113. Comment Author Avatar
    Kak, saya sudah diterima di universitas brawijaya, jurusan biologi melalui jalur sbmptn 2020 dan saya sedang melengkapi berkas pendaftaran kip kuliah. Dan sekarang mau finalisasi pemberkasan di ub. Apakah saya maaih mungkin untuk mendapat kip kuliah?
  114. Comment Author Avatar
    Kk klo dok pendukung keadaan ekonomi nya pke kip bisa gk?
  115. Comment Author Avatar
    Kk klo dok pendukung keadaan ekonomi nya pke kip bisa gk?
  116. Comment Author Avatar
    kak saya ada kendala di seleksi mandiri. tidak muncul pilihan prodi pada universitas yang saya pilih. mohon bantuannya
  117. Comment Author Avatar
    Permisi pak
    Kalau yg sdh mahasiswa Namum belum mempunyai kip nya sama bisa membuat nya
    1. Comment Author Avatar
      Apakah mahasiswa bisa daftar KIP Kuliah? jawabannya adalah bisa dengan skema KIP Kuliah susulan atau pengganti. Jadi, silakan anda bertanya kepada pihak PT apakah ada KIP Kuliah susulan dan pengganti. (KIP Kuliah Pengganti maksudnya adalah kadang ada mhs yang tidak bisa memenuhi kewajibannya dan KIP Kuliah/Bidikmisinya dicabut sehingga akan kosong).
  118. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya. Saya nggak tinggal sama ortu kandung, otomatis nama saya tercantum di Kartu keluarga wali. Berarti kan untuk pengisian kepala keluarga kan wali saya, sedangkan wali termasuk orang yang mampu. Apa nama saya harus pindah ke KK ortu kandung atau bagaimana kak? Mohon jawabannya
  119. Comment Author Avatar
    Saya gapyear kak, kemarin waktu snmptn 2020 saya kan sempat daftar kipk itu, terus sampai bagian isi foto keluarga itu saya ga lanjutin, nah tahun depan saya pengen ikut SBMPTN, apakah masih bisa daftar kipk lagi kak?
    1. Comment Author Avatar
      Bisa dipakai kok, silakan nanti dipakai akun KIP-K nya ya.
  120. Comment Author Avatar
    Kak, ayah saya belum lama ini dateng ke kelurahan untuk pembuatan SKTM untuk daftar KIP kuliah, tetapi petugas disana bilang kalau pembuatan SKTM untuk KIP kuliah bisa di proses dikelurahan kalau sudah di terima menjadi mahasiswa baru. Itu gimana ya kak? Mohon bantuannya
    1. Comment Author Avatar
      Jelaskan saja ke pihak kelurahan bahwa syarat mendaftar KIP Kuliah itu harus input scan SKTM pak, jadi gak bisa kalau sudah keterima baru minta. Bisanya minta dulu -> diseleksi -> baru diterima KIP Kuliah.
  121. Comment Author Avatar
    Mengisi alamat di kip itu berdasarkan kk atau tempat tinggal sekarang?
  122. Comment Author Avatar
    cara memilih dua seleksi di SNMPTN dan SNMPN bagaimana?
  123. Comment Author Avatar
    Permisi kak, saya mau tanya nih, semisal kan di persyaratan kip kuliah itu kan di suruh foto keluarga, ayah saya pss nya kerja di luar pulau kak, lalu saya juga gak ikut ibu saya, ibu saya ada diluar kota tapi masih 1 provinsi, saya tinggal dengan nenek saya. terus semisal mencantumkan foto keluarga itu bagaimana ya kak? Dan juga saya agak bingung mencantumkan foto rumah saya, dikarenakan ibu saya tidak tinggal di rumah kami, jadi rumah kami kosong selama beberapa tahun tidak ada yang menempati. Jadi cara mencantumkannya bagaimana ya kak? Mohon bantu jawab kak. Terimakasih:)
  124. Comment Author Avatar
    Permisi kak, saya mau bertanya. Rumah yang saya tumpang dihunu oleh 2 kepala keluarga (Bapak dan kakek saya). Kemudian di bagian rumah diminta jumlah orang yang menghuni rumah tsb. Jadi apakah pada bagian itu saya isi dengan jumlah keluarga saya pribadi, atau kakek dan nenek saya juga ikut serta?
    Terimakasih
  125. Comment Author Avatar
    Apakah bagian prestasi harus diisi?
  126. Comment Author Avatar
    Kak surat ppb saya punya milik dua orang yang berbeda. Tanahnya setengah" sedangkan surat tertera satu saja. Nnti pas isi luas tanah berbeda dengan surat pbb yang ada. Mohon solusinya kak
  127. Comment Author Avatar
    Kak surat ppb saya punya milik dua orang yang berbeda. Tanahnya setengah" sedangkan surat tertera satu saja. Nnti pas isi luas tanah berbeda dengan surat pbb yang ada. Mohon solusinya kak
  128. Comment Author Avatar
    Ka..kan ayah sy sdh mninggal dsini hrus mngisi pkerjaan dn pnghasilan.itu gmna ngisinya apkh pngsilan sblum mninggl atau bgaimana
  129. Comment Author Avatar
    Kak jadi saya kan ikut nenek saya sebagai kepala keluarga di kk dan ibu saya sudah meninggal ayah saya juga sudah pisah kk.Itu mengisi data ayah apa diisi nenek saya? Terus mengisi data ibu bagaimana? Mohon bantuannya untuk menjawab kak🙏
  130. Comment Author Avatar
    Ka aku daftar kuliah di kampus swasta apa masih bisa dapat KIP kuliah ? Aku ga punya Kip waktu SMA , keluarga juga ga terdaftar PKH ,trus Aku nyoba daftar kip kuliah terus ada pengisian aset dan banyak lagi ka..
  131. Comment Author Avatar
    Kak,
    orangtua saya kan sudah bercerai, dan saya ikut ibu. Ayah tidak ada dalam kk. Sudah tidak kontak dgn ayah juga sejak kecil, jadi bingung bagaimana mengisi data ayah kalau seperti itu:((
  132. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak,sy ad masalah di pengisian data rumah di karenakan surat rumah sy blm jadi,terus cara mengetahui NJOP/meter dllnya gi mana ya kak?
  133. Comment Author Avatar
  134. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak,sy ada masalah di pengisian data rumah,nah kebetulan Sartikat rumah sy blm jadi tuhh, Trus cara mengisi NJOP/meter dll gi mana ya kak?
    Terimakasih 🙏
  135. Comment Author Avatar
    kak mau nanya , kalau total hutang kepada pihak lain , apakah hutang sewa kredit rumah yang belum lunas juga termasuk kak ?
  136. Comment Author Avatar
    kak, kalau misalnya dom saya sekarang di kota A tetapi ktp dan kk saya alamatnya masih di dom B, untuk form alamat saya mengisi sesuai dom sekarang atau dom di KK dan KTP ya?
  137. Comment Author Avatar
    Kak izin bertanya..saya dan ketiga saudara saya sudah lama tinggal dengan nenek saya,orang tua saya sudah bercerai dan saat ini ayah saya tinggal di kampung dan sudah mempunyai keluarga baru disana.

    Jadi KK saya isinya hanya saya,ketiga saudara saya,dan nenek saya.Di KK keterangannya nenek saya sebagai kepala keluarga.Yang membiayai kami tetap dari ayah yg dikampung,tetapi juga kadang dari nenek dan juga ibu saya.Berarti kan dikolom NIK kepala keluarga diisi dengan NIK nenek saya.

    Jadi di kolom data keluarga,yg pengisian nama Ayah/Wali,saya harus isi apa ya kak? Apakah nama Ayah(yang membiayai hidup) atau wali(yang satu KK dengan kami).Jika saya mengisi data nama,status,dan hubungan,dengan nama Ayah saya takutnya bermasalah,karena ayah saya tidak termasuk di KK,sedangkan yg ada di KK kami adalah nenek(wali) saya.
    Trims kak..maaf nanya nya agak panjang😅😅
  138. Comment Author Avatar
    Kak izin bertanya..saya dan ketiga saudara saya sudah lama tinggal dengan nenek saya,orang tua saya sudah bercerai dan saat ini ayah saya tinggal di kampung dan sudah mempunyai keluarga baru disana.

    Jadi KK saya isinya hanya saya,ketiga saudara saya,dan nenek saya.Di KK keterangannya nenek saya sebagai kepala keluarga.Yang membiayai kami tetap dari ayah yg dikampung,tetapi juga kadang dari nenek dan juga ibu saya.Berarti kan dikolom NIK kepala keluarga diisi dengan NIK nenek saya.

    Jadi di kolom data keluarga,yg pengisian nama Ayah/Wali,saya harus isi apa ya kak? Apakah nama Ayah(yang membiayai hidup) atau wali(yang satu KK dengan kami).Jika saya mengisi data nama,status,dan hubungan,dengan nama Ayah saya takutnya bermasalah,karena ayah saya tidak termasuk di KK,sedangkan yg ada di KK kami adalah nenek(wali) saya.
    Trims kak..maaf nanya nya agak panjang😅😅
  139. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya, saya sudah slsai seleksi, tapi tidak bisa cetak krtu peserta dan cetak formulir. Jadi bagaimana solusi nya kak?
  140. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya, untuk foto keluarga kip k kan fotonya harus lengkap, masalahnya saya kurang kakak saya dan kata Guru BK suruh ada perwakilan dari saudara untuk ikut foto, baiknya foto apa adanya atau ngikutin saran dari Guru BK ya kak
  141. Comment Author Avatar
    Permisi Pak izin bertanya, saya sudah cek di data dtks dan saya terdaftar dalam desil 4(rawan miskin) tetapi kok di dashboar kip kuliah datanya jadi desil>4?
    padahal saya punya kip dan juga kks

    Mohon penjelasannya ya kak, terima kasih
  142. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak. Mau bertanya kalau tanggal dan tahun lahir di KK kita tidak sama dengan yang ada di KIP bagaimana kak? Saat pengisian data pribadi, tanggal dan tahun lahir yg mana yg harus saya isi kak? Terima kasih.
  143. Comment Author Avatar
    Ka mau tanya kalau kita mau mencetak kartu peserta dan cetak formulir itu ko tidak bisa ya,kita harus bagaimana ka hehe
  144. Comment Author Avatar
    Ka kenapa pas kita mau mencetak kartu peserta dan formulir tidak bisa ya ka?
  145. Comment Author Avatar
    Kak, kenapa aset harus ditulis semua? orang tua saya gamau dan sangat gasetuju buat nyantumin aset kaya motor, mesin jahit, handphone dll. Apakah kalo nanti disurvei lalu ternyata ada aset yang ga di cantumin akan dianggap bohong dan dapat menggagalkan kipk? atau gimana kak?
  146. Comment Author Avatar
    Bagaimana jika kap dan pin saya tidak muncul ?
  147. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum kak mau nanya,kalo pendaftar yang punya rumah bertingkat tapi di lantai 1 tempat ibunya sama dia tinggal terus di lantai kedua tempat kakaknya dan istri, anaknya disana kak,terus apakah pas foto keluarga itu kakak nya beserta keluarganya itu ikut atau nggak kak kan soalnya kakaknya itu sudah tidak ada nama di KK ibunya karna dia sudah menikah.Jadi gimana kak?
  148. Comment Author Avatar
    Untuk menu seleksi apa wajib di isi
  149. Comment Author Avatar
    kak, saya tidak masuk dalam data DTKS apakah bisa mendaftar KIP Kuliah ? keluarga saya tidak bisa masuk dalam data DTKS karena ayah saya bekerja sebagai kaur desa. dalam peraturannya aparat desa tidak boleh masuk dalam DTKS. sementara syarat dpat kartu KIP adalah msuk dalam DTKS. gaji ayah hanya 1,8 jt di bayar 3 bulan sekali. gaji ini hanya cukup untuk biaya hidup tidak sanggup untuk biaya kuliah. bagaimana solusinya kak? saya ingin sekali masuk dalam penerima beasiswa kip kuliah
  150. Comment Author Avatar
    Kak, bagaimana cara mengosongkan kolom piutang dan tabungan, sedangkan itu nggak bisa ditaruh angka nol?
  151. Comment Author Avatar
    Kak bagaimana cara mengosongkan kolom piutang dan tabungan sedangkan itu nggak bisa ditaruh angka nol?
  152. Comment Author Avatar
    Kak, alamat rumah yang saya tempati sekarang dan alamat yang tertera di KTP berbeda. Kira-kira alamat mana yang harus saya isikan di kolom alamat?
    Waktu itu saya terlanjur daftar ltmpt menggunakan alamat yang ada di KTP
  153. Comment Author Avatar
    hallo kak saya mau nanya kalo yang udah ngangur selama 2 tahun masih bisa daftar kip kuliah tahun ini ??
  154. Comment Author Avatar
    kak tanya untuk pajak bumi dan bangunan, jika NJOP bangunannya terlulis 0 rupiah bagaimana kak?
  155. Comment Author Avatar
    kak boleh gak kalo foto kip kuliah dan foto akun ltmpt beda ?
    1. Comment Author Avatar
      Tidak masalah yang penting wajahnya masih mirip kan, hehe.
  156. Comment Author Avatar
    Mas mohon maaf, kalau dalam KIP Kuliah ini, data belum lengkap karena tinggal isi prestasi (berhubung tidak ada, tidak diisi) dan seleksi karena belum mendaftar UTBK, apakah ini bisa di pakai untuk mendaftar UTBK nantinya ya??
    1. Comment Author Avatar
      Bisa silakan. Prestasi di KIP Kuliah tidak wajib diisi ya, bisa dikosongi.
  157. Comment Author Avatar
    Kak mau tanya, saya kan rantau nih kak. Terus pindah KK, masuknya di
    KK Bude saya ( Kakak dr Ibu saya ) tapi untuk biaya sehari" dikirim oleh ayah saya. Lalu untuk data di KIP-K juga yang masuk itu data ayah kandung saya dan ibu kandung saya. Terus untuk foto bersama keluarga itu saya harus foto bersama keluarga saya (kandung) atau keluarga berdasarkan KK( bude, pakde, dll) sy yg sekarang yaaa.
    Soalnya waktu masukkin nomer KK, itu kan saya masukki nomer KK saya yg sekarang (Keluarga Bude) dan nomer kepala keluarga di KK(Pakde) dan yang muncul di data Ayah itu nama Ayah kandung saya kak.

    Mohon dibantu yaa kak
    Terima kasih :)
  158. Comment Author Avatar
    Kak rumah yang saya tempati milik nenek, tetapi menumpang juga di tanah orang, bukan tanah milik nenek, jadi yang saya pilih tetap "menumpang" atau "tidak punya"?

    Yang bagian PBB dan NJOP tidak ada karena menumpang di tanah orang
  159. Comment Author Avatar
    Kak untuk yanh daftar kip kuliah tahun 2020 dan gap year
    Untuk pendaftaran tahun ini tinggal perbarui data aja kan?
    Soalnya nomor kip kuliahnya sudah tertera di akun ltmpt
  160. Comment Author Avatar
    assalamualaikum kak mau nanya klu misalnya dokumen pendukung keadaan ekonomi di isi dengan kis( kartu Indonesia sehat) g harus bikin SKTM kan? soalnya saya blm sempet bikin sktm dan kebetulan saya punya kartu kis saja mohon d jawab🙏😭
  161. Comment Author Avatar
    assalamualaikum kak mau nanya klu misalnya dokumen pendukung keadaan ekonomi di isi dengan kis( kartu Indonesia sehat) g harus bikin SKTM kan? soalnya saya blm sempet bikin sktm dan kebetulan saya punya kartu kis saja mohon d jawab🙏😭
  162. Comment Author Avatar
    Assalamualaikum ka izin bertanya kalau alamat dan pekerjaan ayah saya beda seperti yang ada di KK gimana? KK saya alamat Bandung sedangkan saya skrg di sumedang
  163. Comment Author Avatar
    kak misal kita gapernah ikut lomba segala macem yang berkaitan dengan prestasi,itu gimana kak?
  164. Comment Author Avatar
    Kak kalo ayah udah meninggal isi penghasilan nya gimana kak? Apa isi penghasilan wali? Atau tdk ada penghasilan ?
  165. Comment Author Avatar
    Ayah saya sudah meninggal.
    Ibu saya sudah berusia 56 tahun. Yang menafkahi saya dan ibu saya yaitu kakak saya yang belum menikah.

    Apakah bagian ekonomi saya tetap isi kalau ayah saya tidak berpenghasilan?
  166. Comment Author Avatar
    Kak kalo saya sudah finalisasi snmptn tapi belum input no kip kuliah itu gimana ya? Mohon solusinya
  167. Comment Author Avatar
    kak, kalo misalnya udah terlanjur finalisasi SNMPTN, trs kolom SNMPTN dibagian seleksi udah gabisa diclick, itu gmn ya? gimana cara ngisi kolom seleksi kalo udah terlanjur finalisasi SNMPTN?
  168. Comment Author Avatar
    Mohon dijawab ya kak , saya sudah selesai pemgisian data , tetapi saya tidak bisa menyelesaikan yang tahap seleksi , tidak ada yg bisa di pencet , gmna ya kak
  169. Comment Author Avatar
    Mohon dijawab ya kak , saya sudah selesai pemgisian data , tetapi saya tidak bisa menyelesaikan yang tahap seleksi , tidak ada yg bisa di pencet , gmna ya kak
  170. Comment Author Avatar
    Mohon dijawab ya kak , saya sudah selesai pemgisian data , tetapi saya tidak bisa menyelesaikan yang tahap seleksi , tidak ada yg bisa di pencet , gmna ya kak
  171. Comment Author Avatar
    Mohon dijawab ya kak , saya sudah selesai pemgisian data , tetapi saya tidak bisa menyelesaikan yang tahap seleksi , tidak ada yg bisa di pencet , gmna ya kak
  172. Comment Author Avatar
  173. Comment Author Avatar
    Kak kalo milih seleksi mandiri, tetapi belum dibuka gimana supaya kartu pesertanya bisa di cetak?
  174. Comment Author Avatar
    kak, saya kan lulusan tahun 2020/2021, lulusnya waktu bulan Juni. nah saya bisa daftar KIPK sekarang tidak kak?
  175. Comment Author Avatar
    saya mau nanya kak. saya kan lulusan tahun 2021 ya, lulusnya di bulan Juni kemarin. nah saya baru sekarang mau daftar KIPK untuk Universitas swasta, itu bisa ga ya?

Komentar yang "Tidak bernama" atau "Anonim" tidak akan kami balas.