Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal PENS, Satu-satunya Politeknik Akreditasi A di Indonesia

PENS SURABAYA


Apa yang kamu pikirkan jika mendengar pendidikan vokasi? Pendidikan vokasi adalah adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma (D1, D2, D3 dan D4) yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi, seperti Sarjana Sains Terapan (SST) atau Ahli Madya (AMd). Dan kali ini, kita akan mengulas salah satu kampus vokasi terbaik di Indonesia, bahkan satu-satunya yang berakreditasi A dari BAN-PT. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) atau Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS)

Sejarah PENS

PENS adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Awal sejarah PENS dimulai pada tahun 1985. Saat itu, tim studi awal Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk bantuan dan kerjasama teknik yang dikepalai oleh Prof. Y. Naito dari Tokyo Institute of Technology, datang ke politeknik ini. Setelah melakukan pengamatan dan studi kelayakan pada tahun 1986, JICA menyetujui untuk memulai kerjasama teknik pada tahun 1987 dengan mengirim 5 orang pengajar Indonesia ke perguruan tinggi teknologi di Jepang.(sumber: Wikipedia)

Nama PENS sendiri adalah nama ketiga yang disandang oleh perguruan tinggi yang terkenal dengan kemampuan robotikanya ini. PENS pada awal mulanya bernama “Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET)” pada tahun 1988 di mana tahun itu menjadi tahun ajaran pertama PET menerima mahasiswa. Kemudian melalui statuta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pada Juni 1991 nama PET diganti menjadi “Politeknik Negeri Surabaya (PES)” dan menjadi bagian dari Institute Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)–pada saat itu semua politeknik dan kampus vokasi di Indonesia ditumpangkan pada kampus ak