SBMPTN yang mengesankan



Tata Adi N, Bantul (Yusufstudi.com) - Cerita ini kukirimkan ke web yusufstudi.com untuk penyemangat para adik-adik atau temen-temenku yang ingin kuliah

Nama : Tata Adi Nugroho
Asal : Bantul, D.I. Yogyakarta
PTN : UPN "Veteran" Yogyakarta
Sosmed : @tataadin, tataadin.blogspot.co­m

Tata Adi Nugroho

Yaa awalnya dulu kelas 3 belum kepikiran jurusan selain PWK(Perencaan Wilayah Kota) sejak kelas 1 SMA sudah aktif cari cari informasi tentang PWK termasuk ikut berbagai grup di FB ini dan makin mataplah pengen masuk PWK. Awal awal kelas 3 mulai kepikiran kira kira universitas mana aja di jogja yang ada PWK, kebetulan kondisi tidak memungkinkan untuk kuliah diluar Jogja akhirnya hanya ketemu PWK UGM dan PWK STTNas.


Awal awal semester 2 kelas 3 mulai memikirkan gimana SNMPTN dan SBMPTN mau pilih apa kan ada 3 sedangkan PWK yang dijogja cuman UGM yang bisa digapai lewat SNM/SBMPTN. Secara tidak sengaja datanglah orang dari AtmaJaya promosi tentang jurusan Teknik Informatika. Ya kebetulan juga aku ada sedikit gambaran disitu. Kemudian ditawari tes aku terima dan ternyata lolos. Wah bisa buat cadangan pikirku.


Saat ini pengumuman seleksi awal SNMPTN pengambilan siswa calon peserta SNMPTN yang diambil cuman beberapa persen dari siswa itu. Dengan penuh harap buka agar lolos dan bisa ikut SNMPTN namun hasilnya lain aku tidak masuk kriteria untuk ikut SNMPTN. Harapan terakhir tinggal SBMPTN.


Mungkin sebuah kesalahan juga karena beberapa alasan jadi ga belajar buat SBMPTN. Hanya belajar semalam saja sebelum SBMPTN. Karena efek samping dari sensasi kegelisahan menghadapi SBMPTN malah jadi ga bisa tidur jam 4 baru sempet tidur dan jam 5 udah bangun lagi buat persiapan  Belum sempet sarapan harus segera berangkat karena janjian sama mantan berangkatnya pagi jam 6.


Sampai sana baru nyadar lokasi tes mantan itu agak masuk kedalem jadi kalau mau keluar susah akhirnya aku putuskan jalan buat ke gedung tempatku ujian ya walaupun harus jalan melewati 1 blok  . Pagi pagi ngantuk ngga sarapan jalan lumayan jauh  Masuklah TES tahap pertama TKD Saintek baca baca soal hm.. banyak sekali yang aku ga bisa ngerjain dan jawaban ragu ragu. Akhirnya hanya aku jawab hanya sekitar 28soal namun itu tersebar dan ku pikir tidak berat sebelah. Ya daripada jawab salah mending tidak tak jawab sama sekali .


TES tahap 2 TPA wah ini ujian paling berat karena rasa kantuk luar biasa datang ditambah lagi tempat duduku tempat dibawah AC dingin + ngantuk duh.. TES TPA hampir semua soal aku jawab. Karena waktu + karena rasa ngantuk tadi konsentrasi buat ngerjain dari kurang maksimal. 


Oh iya pengisian pillihan SBMPTN akhirnya pertama aku isi 1. PWK UGM(Sudah jelas ini harus ada dipilihan pertama)  2. Tek Informatika UPNVYK 3. Pend. Teknik Informatika(Nah ini pilihan terakhir karena yang ada di Jogja dan memungkinkan untuk aku ambil). Sebenernya adapilihan terakhir lagi ya itu PWK STTNas itu cadangan banget kalau SBMPTN ga diterima kwk  dan tepat hari pengumuman aku sempat mengulur ulur waktu karena jujur saja sensasi kegelisahanya luar biasa  akhirnya sekitar habis magrib aku putuskan buat login dan liat hasilnya dengan penuh harap muncul tulisan di blok warna ijo yang dalam pikiranku itu tanda lolos namun ternyata tulisan di blok biru wah ga diterima nih pikirku namun ternyata setelah tak baca lagi “SELAMAT ANDA LOLOS SELEKSI” wah seneng banget waktu itu akhirnya bisa kuliah wkwk walaupun bukan PWK.


Namun adalagi hal yang sangat menguntungkan yaitu ternyata aku dapat UKT golongan 1 wah pas banget kondisi sedang susah. Ditambahlagi sebenernya aku mau dicalonkan bidikmisi tapi karena setelah main ke Rektorat dan kutemui sebuah momen tak terduga akhirnya tak jadi kuambil bidikmisinya dan juga teman teman mahasiswa yang sangat luar biasa  Walaupun jujur saja lumayan susah mengikuti perkuliahan awal awal karena prodi sedang ada kurikulum baru matkul yang harusnya disemester 2 3 dipindah di semester 1  dan sekarang lagi nunggu hasil UAS karena UAS baru selesai tadi wkwk 


Saran aja sih buat adek adek yang mau pilih jurusan pastikan semua jurusan pada pilihan 1-3 adalah jurusan dimana kamu punya kemampuan dijurusan itu jangan asal nekad aja. Biasanya begini pilihan 1 adalah jurusan yang emang ada kapasitas disitu namun pilihan 2 adalah pilihan cadangan yang hanya berfungsi “penting kuliah” ini kesalahan besar. Daripada menyesal diawal semester trus harus dropout dan daftar kuliah lagi mending putuskan langsung, banyak loh yang udah menjalani terus berkeluh kesah ga cocok dan mau pindah, bahkan temenku sudah mulai ga pernah masuk kuliah setelah UTS ketika ditanya “ga cocok, aku mau daftar jurusan lain taun depan(2017)” padahal ukt golongan 8 yaitu 9836000 kalau tidak salah. Kasihan juga orang tua kalau UKT awal tinggi kan jelas rugi banyak belum lagi kalau kamu kos. 


Saran juga kalau bisa utamakan masuk lewat SNM/SBMPTN aja karena peluang dapet UKT rendah lebih tinggi namun ini ga berlaku bagi yang berpenghasilan tinggi ya  Soalnya kebanyakan kampus kalau kamu masuk lewat mandiri akan di pukul rata UKT maksimal. Gakusah takut akan biaya asalkan kamu yakin pasti akan ada jalan terus seperti aku lagi susah nyatanya dapet ukt rendah dan dicalonkan bidikmisi lagi yang penting yakin dan terus melangkah. 


Oh iya kalau sudah diterima silakan segera nyari temen sekampus dan kalau bisa yang seangkatan. Karena ini bukan SMA lagi. Mahasiswa harus aktif sendiri. Minimal dengan adanya temen dari sekampus atau seangkatan jadi tidak ketinggalan berita kan rugi kalau ketinggalan berita daftar ulang dan sebagainya. Kalau sudah masuk kuliah jangan lupa ikut makrab  asik loh bisa dapet banyak temen dari seangkatan dan angkatan atas bahkan alumni dan bakal banyak kejutan bagi yang jurusan/fakultas teknik.

Jika Kalian pengen tanya seputar SBMPTN dan sebagainya bisa kontak saya di sosmed ini. Follow ya:
@tataadin
Blog : tataadin.blogspot.com

Untuk kalian yang sudah kuliah yuk bagi cerita kalian ke kami dan akan kami jadikan kumpulan cerita motivasi Kami Bisa Merubah Masa depan


Caranya :
1. Kirimkan cerita ke email : yusazis28@gmail.com
2. Cerita fakta minimal 300 kata
3. Format
Nama:
PTN   :
Asal   :
Foto   :
Cerita:

Terimakasih partispasinya semoga cerita kalian bermanfaat dan menggugah semua jiwa yang ada menjadi semangat dan kerja. Aamiin


Cerita Saya Tata Adi Nugroho Menempuh SBMPTN 2016

SBMPTN yang mengesankan



Tata Adi N, Bantul (Yusufstudi.com) - Cerita ini kukirimkan ke web yusufstudi.com untuk penyemangat para adik-adik atau temen-temenku yang ingin kuliah

Nama : Tata Adi Nugroho
Asal : Bantul, D.I. Yogyakarta
PTN : UPN "Veteran" Yogyakarta
Sosmed : @tataadin, tataadin.blogspot.co­m

Tata Adi Nugroho

Yaa awalnya dulu kelas 3 belum kepikiran jurusan selain PWK(Perencaan Wilayah Kota) sejak kelas 1 SMA sudah aktif cari cari informasi tentang PWK termasuk ikut berbagai grup di FB ini dan makin mataplah pengen masuk PWK. Awal awal kelas 3 mulai kepikiran kira kira universitas mana aja di jogja yang ada PWK, kebetulan kondisi tidak memungkinkan untuk kuliah diluar Jogja akhirnya hanya ketemu PWK UGM dan PWK STTNas.


Awal awal semester 2 kelas 3 mulai memikirkan gimana SNMPTN dan SBMPTN mau pilih apa kan ada 3 sedangkan PWK yang dijogja cuman UGM yang bisa digapai lewat SNM/SBMPTN. Secara tidak sengaja datanglah orang dari AtmaJaya promosi tentang jurusan Teknik Informatika. Ya kebetulan juga aku ada sedikit gambaran disitu. Kemudian ditawari tes aku terima dan ternyata lolos. Wah bisa buat cadangan pikirku.


Saat ini pengumuman seleksi awal SNMPTN pengambilan siswa calon peserta SNMPTN yang diambil cuman beberapa persen dari siswa itu. Dengan penuh harap buka agar lolos dan bisa ikut SNMPTN namun hasilnya lain aku tidak masuk kriteria untuk ikut SNMPTN. Harapan terakhir tinggal SBMPTN.


Mungkin sebuah kesalahan juga karena beberapa alasan jadi ga belajar buat SBMPTN. Hanya belajar semalam saja sebelum SBMPTN. Karena efek samping dari sensasi kegelisahan menghadapi SBMPTN malah jadi ga bisa tidur jam 4 baru sempet tidur dan jam 5 udah bangun lagi buat persiapan  Belum sempet sarapan harus segera berangkat karena janjian sama mantan berangkatnya pagi jam 6.


Sampai sana baru nyadar lokasi tes mantan itu agak masuk kedalem jadi kalau mau keluar susah akhirnya aku putuskan jalan buat ke gedung tempatku ujian ya walaupun harus jalan melewati 1 blok  . Pagi pagi ngantuk ngga sarapan jalan lumayan jauh  Masuklah TES tahap pertama TKD Saintek baca baca soal hm.. banyak sekali yang aku ga bisa ngerjain dan jawaban ragu ragu. Akhirnya hanya aku jawab hanya sekitar 28soal namun itu tersebar dan ku pikir tidak berat sebelah. Ya daripada jawab salah mending tidak tak jawab sama sekali .


TES tahap 2 TPA wah ini ujian paling berat karena rasa kantuk luar biasa datang ditambah lagi tempat duduku tempat dibawah AC dingin + ngantuk duh.. TES TPA hampir semua soal aku jawab. Karena waktu + karena rasa ngantuk tadi konsentrasi buat ngerjain dari kurang maksimal. 


Oh iya pengisian pillihan SBMPTN akhirnya pertama aku isi 1. PWK UGM(Sudah jelas ini harus ada dipilihan pertama)  2. Tek Informatika UPNVYK 3. Pend. Teknik Informatika(Nah ini pilihan terakhir karena yang ada di Jogja dan memungkinkan untuk aku ambil). Sebenernya adapilihan terakhir lagi ya itu PWK STTNas itu cadangan banget kalau SBMPTN ga diterima kwk  dan tepat hari pengumuman aku sempat mengulur ulur waktu karena jujur saja sensasi kegelisahanya luar biasa  akhirnya sekitar habis magrib aku putuskan buat login dan liat hasilnya dengan penuh harap muncul tulisan di blok warna ijo yang dalam pikiranku itu tanda lolos namun ternyata tulisan di blok biru wah ga diterima nih pikirku namun ternyata setelah tak baca lagi “SELAMAT ANDA LOLOS SELEKSI” wah seneng banget waktu itu akhirnya bisa kuliah wkwk walaupun bukan PWK.


Namun adalagi hal yang sangat menguntungkan yaitu ternyata aku dapat UKT golongan 1 wah pas banget kondisi sedang susah. Ditambahlagi sebenernya aku mau dicalonkan bidikmisi tapi karena setelah main ke Rektorat dan kutemui sebuah momen tak terduga akhirnya tak jadi kuambil bidikmisinya dan juga teman teman mahasiswa yang sangat luar biasa  Walaupun jujur saja lumayan susah mengikuti perkuliahan awal awal karena prodi sedang ada kurikulum baru matkul yang harusnya disemester 2 3 dipindah di semester 1  dan sekarang lagi nunggu hasil UAS karena UAS baru selesai tadi wkwk 


Saran aja sih buat adek adek yang mau pilih jurusan pastikan semua jurusan pada pilihan 1-3 adalah jurusan dimana kamu punya kemampuan dijurusan itu jangan asal nekad aja. Biasanya begini pilihan 1 adalah jurusan yang emang ada kapasitas disitu namun pilihan 2 adalah pilihan cadangan yang hanya berfungsi “penting kuliah” ini kesalahan besar. Daripada menyesal diawal semester trus harus dropout dan daftar kuliah lagi mending putuskan langsung, banyak loh yang udah menjalani terus berkeluh kesah ga cocok dan mau pindah, bahkan temenku sudah mulai ga pernah masuk kuliah setelah UTS ketika ditanya “ga cocok, aku mau daftar jurusan lain taun depan(2017)” padahal ukt golongan 8 yaitu 9836000 kalau tidak salah. Kasihan juga orang tua kalau UKT awal tinggi kan jelas rugi banyak belum lagi kalau kamu kos. 


Saran juga kalau bisa utamakan masuk lewat SNM/SBMPTN aja karena peluang dapet UKT rendah lebih tinggi namun ini ga berlaku bagi yang berpenghasilan tinggi ya  Soalnya kebanyakan kampus kalau kamu masuk lewat mandiri akan di pukul rata UKT maksimal. Gakusah takut akan biaya asalkan kamu yakin pasti akan ada jalan terus seperti aku lagi susah nyatanya dapet ukt rendah dan dicalonkan bidikmisi lagi yang penting yakin dan terus melangkah. 


Oh iya kalau sudah diterima silakan segera nyari temen sekampus dan kalau bisa yang seangkatan. Karena ini bukan SMA lagi. Mahasiswa harus aktif sendiri. Minimal dengan adanya temen dari sekampus atau seangkatan jadi tidak ketinggalan berita kan rugi kalau ketinggalan berita daftar ulang dan sebagainya. Kalau sudah masuk kuliah jangan lupa ikut makrab  asik loh bisa dapet banyak temen dari seangkatan dan angkatan atas bahkan alumni dan bakal banyak kejutan bagi yang jurusan/fakultas teknik.

Jika Kalian pengen tanya seputar SBMPTN dan sebagainya bisa kontak saya di sosmed ini. Follow ya:
@tataadin
Blog : tataadin.blogspot.com

Untuk kalian yang sudah kuliah yuk bagi cerita kalian ke kami dan akan kami jadikan kumpulan cerita motivasi Kami Bisa Merubah Masa depan


Caranya :
1. Kirimkan cerita ke email : yusazis28@gmail.com
2. Cerita fakta minimal 300 kata
3. Format
Nama:
PTN   :
Asal   :
Foto   :
Cerita:

Terimakasih partispasinya semoga cerita kalian bermanfaat dan menggugah semua jiwa yang ada menjadi semangat dan kerja. Aamiin


No comments