Tips Memaksimalkan Masuk PTN Jalur SNMPTN

Yusufstudi.com - ketemu lagi sama aku si pemeberi informasi. SNMPTN sudah dekat ini adalah saat-saat dimana para siswa kelas XII kebingungan mencari perguruan tinggi. Apa sih SNMPTN itu? SNMPTN adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri serentak seluruh Indonesia. Trus apa yang jadi penilaiannya? yang digunakan disini adalah nilai rapor kalian selama di SMA. Akan tetapi, sebelum masuk bagaimana cara memaksimalkan masuk PTN lewat SNMPTN aku beri sedikit bagaimana sih SNMPTN itu gambarannya!


Jadi, bagaimana penilaian di SNMPTN? Aku juga tidak tau persis bagaimana karena bersifat rahasia tetapi yag digunakan di jalur ini adalah :
      1. Nilai Rapor
      2. Nilai Indeks Sekolah
Aki akan jelasin sedikit tentang itu. Pertama, nilai rapor adala acuan dimana PTN menilai siswa secara pribadi dan dengan nilai itu pihak panitia dapat ta kualitas pribadi itu disekolah. Selain rapor yang medukung adalah sertifikat piagam penghargaan lomba adalah bersifat individu. Apakah nilai rapor jadi yang utama? ya tentu saja tidak. Kalo rapor yang utama kasihan temen temen kita. Misal sekolah yang pelit nilai maka aka  kalah yang nilainha tinggi sehingga biar dapat lolos akhirnya ada yang namanya "Obral Nilai" karena ada ini maka yang menjadi penilaian selain nilai adalah indeks sekolah. Apa itu indeks sekolah? Indeks sekolah ada banyak yang dinilai. Indeks nilai sekolah Y di PTN A akan beda dengan sekolaj Y di PTN B.  Mengapa? inj berkaitan dengan :
1. Nilai sekolah oleh pihak panitia SNMPTN
2. Alumni yang lolos SNMPTN tahun sebelumnya.
3. Akreditasi sekolah.
4. Rekam jejak mahasiswa di PTN A dan PTN B.
5. Rekam jejak sekolah di lomba lomba nasional maupun internasional.

itu semua adalah salah satu dari peniliannya. PTN tidak melakukan semua itu atau bahkan ada penilaian lain trtapi yabg diatas adalah secara umum saja.

Bagaimana Memaksimalkan Masuk PTN lewat SNMPTN


Jadi ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan masuk dan lolos SNMPTN ini. Antara lain:
1. Jangan sampai salah jurusan
pikirkan matang matang jurusan apa yang sangat cocok dengan kalian dan jangan mikir yang mudah masuk. Karena jika kalian tidak suka jurusan yang dipilih kalian akan rugi waktu dan uang.
2 Memilih univeraitas
Memilih universitas yaitu melihat berapa banyak mahasiswa yag lolos SNMPTN di Universitas tersebut setia tahunnya. Jika banyak maka kemungkinan lolos di PTN tersebut lebih mudah daripada yang baru merintis.
3. Tanya Mahasiswa
Tanya tanya mahasiswa bagaimana IP mereka disana dan apa saja prestasi disana. Soalnya mahasiswa di PTN X adalah ciri/tolak ukur PTN melihat kualitas sekolah dan adik kelasnya.
4. Nilai Sekolah
Untuk nilai sekolah bisa ditanyakan ke BK terkait nilaj akreditasi . Jadi akreditasi misalnya A itu nilainya ada misal 94 atau 92.4 dan sebagainya. 
5. Jangan Gunakan Passing Grade
Pasing grade adalah hanya ramalan tentang persaingan tahun lalu. So, jika kalian memanfaatkan itu maka salah karena musuh kalian bukan tahun lalu tapi tahun Ini. oke?

Sekian itu adalah informasi terkait bagaiamana memaksimalkan masuk PTN lewat SNMPTN. Jika ada pertanyaan :

"Bagaiamana peluang anak SMK di snmptn?"
"Bagaimana peluang yang lintas jurusan?"
"Bagaimana peluang yang belum ada alumninya?"

Jawabannya bisa di baca diatas dan saranku yaitu jangan fokus SNMPTN tapi fokus SBMPTN. Karena SNMPTN menurutku adalah seperti UNDIAN/MAIN kartu. Kalian tidak tau apa kartu(nilai) musuh kalian kalian juga tidak bisa menetapkan atau yakin balal keterima tergantung strategi kalian.

Sekian dariku untuk angkatan 2017 yang akan SNMPTN. 

FB : @yusufabdhul
FP: Yusufstudi.com
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Tips Memaksimalkan Masuk PTN Jalur SNMPTN"