Langkah Wajib dan Penting Setelah Lolos SNMPTN 2020


Selamat ya bagi kalian yang lolos SNMPTN 2020. Buat kalian yang belum lolos SNMPTN 2020 silahkan mendaftar UTBK untuk dapat mengikuti SBMPTN 2020. 

Bagi kalian yang lolos SNMPTN jangan seneng dulu karena masih ada proses pendaftaran ulang di masing-masing PTN. Syarat dan ketentuan berkas apa saja yang dibawa tergantung kebijakan PTN ya. Jadi, silahkan update web masing-masing PTN yang menerima kalian.

Syarat dan tahapan bagi yang lolos SNMPTN 2020 selanjutnya adalah :


  1. Lolos verifikasi data akademik : Membawa rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli dan persyaratan lain, yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat Peserta SNMPTN diterima.
  2. Bagi Peserta KIP-Kuliah harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal Peserta.
Masalah datftar ulang serta berkas tambahan apa saja yang perlu dibawa saat daftar ulang silakan kalian harus aktif dengan CEK PADA WEB RESMI PTN yang menerima kalian. Misalnya UGM di : um.ugm.ac.id , IPB di admisi.ipb.ac.id/, dll.

Jadi kalian kunjungi web Pendaftaran ulang masing-masing PTN ya. Biasanya disuruh mengisi data-data penting seperti alamat, gaji, pekerjaan, dsb sebelum melakukan verifikasi ke PTN kalian.

Kalian telat dan gak aktif cri informasi bisa-bisa gugur karena tidak tau informasi daftar ulang.

Catatan untuk Pelamar KIP:

Biasanya untuk mahasiswa pelamar KIP yaitu membawa berkas-berkas seperti : Kartu Peserta KIP Kuliah, Formulir KIP Kuliah yang didalamnya terdapat seleksi "SNMPTN" serta syarat-syarat yang diatur masing-masing kampus untuk verifikasi. 

Disini, peserta KIP Kuliah tidak akan dikenai biaya UKT ketika daftar ulang ya sampai pengumuman resmi (SK Rektor) dikeluarkan siapa saja yang berhak memperoleh KIP Kuliah. Biasanya selain melakukan verifikasi berkas, kampus akan sampling random untuk verifikasi langsung sperti wawancara beberapa mahasiswa pelamar KIP atau berkunjung ke rumah pelamar KIP.

Jika berhak maka dalam SK Rektor akan ada nama kalian dan gratis biaya kuliah. Jika ternyata tidak layak mendapatkan KIP, maka anda disuruh untuk membayar UKT sesuai keputusan kampus

Banyak yang tanya bagaimana cara mencetak kartu setelah pengumuman SNMPTN?  Apakah gagal SNMPTN?


Maaf ya admin juga banyak pertanyaan tentang itu da akhirnya tau solusinya. Jadi, kalian bisa mencetak ulang Kartu SNMPTN 2020 setelah pengumuman.
Silakan login akun LTMPT 2020 kalian dan unduh ulang kartu pesertanya

Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat kalian semua dan jika ada pertanyaan silakan langsung komentar saja ya.
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

22 comments for "Langkah Wajib dan Penting Setelah Lolos SNMPTN 2020"

  1. Kak. Maaf saya lupa cetak kartu dan saya lolos seleksi. Saya mencoba ke pendaftaran sudah tapi ada tulisan anda tidak dapatengganti nomer ujian anda. Sih gmna kak?

    ReplyDelete
  2. Saya jg sama seperti komentar di atas tolong informasinya kak, bdw yg koment minta ID line kalian donk untuk membagi informasi tentang masalah "pencetakan ulang kartu snmptn"

    ReplyDelete
  3. IG aku nih : aktherp_ tinggal dm aja

    ReplyDelete
  4. Add line aku ya : aktherp
    Soalnya mau bikin grup agar bisa sharring info

    ReplyDelete
  5. kalau sudah cetak kartu sebelum pengumuman kemarin, apakah harus unduh dan cetak lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak? Kalo Yang tidak lolos SNMPTN tapi lupa cetak kartu. Dan mau cetak kartu buat daftar ke pendaftar lain, yaitu butuh nomor pendataran SNMPTN. Kira2 bisa cetak lagi gak? Atau mau tau nomor pendataran nya aja

      Delete
  6. Isinya sama aja kayak kartu pendaftaran yang awal kan ?

    ReplyDelete
  7. Tetap tdk mau diunduh kak..bagaimana caranya kak

    ReplyDelete
  8. Tetap tdk mau diunduh kak..bagaimana caranya kak

    ReplyDelete
  9. Bagi yang belum download kartu peserta ujian snmptn dan belum isi nomor un. Coba buka http://web.snmptn.ac.id . Karena saya juga sebelumnya belum isi dan tiba2 tadi bisa download kartu peserta padahal belum isi nomor un. Coba terus download tiap hari sambil doa supaya lancar

    ReplyDelete
  10. Saya mau tanya kan saya sudah download kartu snmptn di thn 2018 sekarang. Tapi sekarang file nya hilang. Apakah ada kesempatan lagi untuk mencetak ulang kartu tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro bayu dari daerah mana , mau masuk ke mana ?

      Delete
  11. sama saya juga download kartu snmptn 2018 pas kemarin sebelum di tutup , tapi saya lupa print out , jadi di simpen di hp sekarang hp nya ke reset jadi hilang semua , pas mau unduh ulang ada tulisan waktu pencetakan kartu peserta sudah habis .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus gimana ya??? Takutnya di diskualifikasi

      Delete
  12. Saya juga kasusnya hampir sama, kartu peserta snmptn 2018 yang sudah saya unduh gak sengaja kehapus. Saat mau unduh lagi sudah tidak bisa, kira kira solusinya gimana ya kak?

    ReplyDelete
  13. Saya juga kasusnya hampir sama, kartu peserta snmptn 2018 yang sudah saya unduh gak sengaja kehapus. Saat mau unduh lagi sudah tidak bisa, kira kira solusinya gimana ya kak?

    ReplyDelete
  14. Kak mnt nomor dong biar bs ditanya2 seputar snmptn dan sbmptn, soalnya file kartu peserta saya juga hilang dan belum dicetak, klo mau ngecek lolos ato tdk kan pakai no pendaftarannya, gmn kak?

    ReplyDelete
  15. Maaf kakak2,dan sekarang masalah saya sama sperti kakak2 semua😇kak tolong dibantu,krna sebentar lagi saya harus mengecek hasil pengumuman snmptn nya kak..saya tidak tahu no pendaftarannya😨

    ReplyDelete
  16. Cara cetaknya gimana ya? ngga ada yg bsa d klik

    ReplyDelete
  17. Cara verifikasi data dan daftar ulangnya gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan cek website masing-masing PTN ya. (kampusmu)

      Delete

Post a Comment