Yusufstudi.com - Tidak lama lagi tinggal menghitung jam, kita semua akan meninggalkan tahun 2017 dan menyambut datangnya tahun baru 2018. Tahun ini, tanggal 1 Januari jatuh pada hari Senin. 

Selamat Tahun Baru
Selamat tahun baru (sumber : Yoho)


Keistimewaan tahun baru kali ini adalah bagi kalian siswa SMA, SMP, dan SD sudah menjalani Ujian Akhir semester Ganjil dan akan melanjutkan ke semester genap. Mimin mau tanya nih, bagaimana hasil dari pembagian rapor kemarin? hehe yuk komentar rata-rata dan ranking kalian di komentar kalo berani. Apalagi tahun ini tahun baru bebarengan dengan liburan Natal, Tahun Baru, dan Liburan semster sehingga semua bisa merasakan kesenangan karena tidak ada tanggungan lagi Ujian. Beda dengan kakak-kakak yang sedang kuliah nih masih ada yang beum ujian lho. Semangat!

Oke, ditahun baru ini yuk kita khususnya siswa-siswa SMA/SMK harus produktif dan semakin baik kedepannya. Bagaiamana sih caranya? 


1. Menengok ke belakang 

Setahun yang lalu (2017) pasti banyak kejadian baik disengaja maupun tidak disengaja dan bahkan tidak sesuai dengan rencana. Ayo list apa saja raihan kalian di tahun 2017.

Contoh :
Januari : Nraktir temen, Juara OSN Kabupaten, Juara Kelas, Rajin Nulis, ...... (lanjutin walapun kecil banget)
februari : . . . dst

 kemudian bandingkan dengan kegiatan yang gagal atau bahkan jelek.
Januari: Ngomongin guru killer, telat ngumpulin tugas
Febuari : Maksa minta uang saku, bantah di perintah, .
Maret : gagal OSP, gagal nilai 100, dst dst. dari kedua tersebut mari kita evaluasi mengapa banyak kegagala daripada keberhasilan? mengapa banyak kejelekan darpada kebaikan yang telah kulakukan?

 2. List kedepan 

Dari evaluasi tersebut yuk list hal kecil dan recanakan(jadwal) supaya semua berjalan dengan lancar dan sesuai apa yang diharapkan.

 INGAT : Kalo kalian menyepelekan "Ah hanya gitu aja mudah" itulah ciri-ciri orang yang gak bakal sukses dan menolak sukses. Kenapa? karena orang sukses adalah orang yang terjadwal kegiatanya.

 3. HARAPAN 

Ambil selebar kertas bewarna yang tebal (cover) kemudian tulislah harapan kalian setahun kedepan.

 Contoh untuk anak kelas 12.

 HARAPAN ... (Namamu) . . . LOLOS DI PERGURUAN TINGGI (X) JURUSAN (Y) DOA : . . . . (sesuai agama dan kepercayaan masing2) baca setiap baca ini.
Baca di tempat yang sering kamu ada dan baca : misal diatas tempat tidur sehingga ketika bangun langsung lihat tulisan. semua itu DOA

 Kedua : Panning B, Semua pasti gak tau kan bakal lolos atau tidak, tulis juga plan B kamu sama seperti diatas.

 Ketiga : Buat Jadwal Harian, jadwal bukan membatasi kalian liburan atau main lho ya. Biar kalian belajar jadi orang sukses aja. Nanti kalo dah kuliah bakal ngerasaain kok gimana efeknya nglakuin ini.

 Keempat : Ibadah yang rutin (WAJIB) kalo gk kamu lakuin selain dapet dosa nih, nanti hidupmu bakal gelisah banget dan ketika kamu dapat masalah hatimu tersa tertutup gk bisa nyelesaiin.

 4. Terakhir 

Checklist kegiatan yang sudah dilakukan dan evaluasi setiap hari Oke itu dulu sih, Coba lakuin selama 40 hari aja pasti kerasa perbedaanya

Keistimewaan Tahun Baru 2018 dan Tahun Baru Produktif bagi Siswa SMA/SMK

Yusufstudi.com - Tidak lama lagi tinggal menghitung jam, kita semua akan meninggalkan tahun 2017 dan menyambut datangnya tahun baru 2018. Tahun ini, tanggal 1 Januari jatuh pada hari Senin. 

Selamat Tahun Baru
Selamat tahun baru (sumber : Yoho)


Keistimewaan tahun baru kali ini adalah bagi kalian siswa SMA, SMP, dan SD sudah menjalani Ujian Akhir semester Ganjil dan akan melanjutkan ke semester genap. Mimin mau tanya nih, bagaimana hasil dari pembagian rapor kemarin? hehe yuk komentar rata-rata dan ranking kalian di komentar kalo berani. Apalagi tahun ini tahun baru bebarengan dengan liburan Natal, Tahun Baru, dan Liburan semster sehingga semua bisa merasakan kesenangan karena tidak ada tanggungan lagi Ujian. Beda dengan kakak-kakak yang sedang kuliah nih masih ada yang beum ujian lho. Semangat!

Oke, ditahun baru ini yuk kita khususnya siswa-siswa SMA/SMK harus produktif dan semakin baik kedepannya. Bagaiamana sih caranya? 


1. Menengok ke belakang 

Setahun yang lalu (2017) pasti banyak kejadian baik disengaja maupun tidak disengaja dan bahkan tidak sesuai dengan rencana. Ayo list apa saja raihan kalian di tahun 2017.

Contoh :
Januari : Nraktir temen, Juara OSN Kabupaten, Juara Kelas, Rajin Nulis, ...... (lanjutin walapun kecil banget)
februari : . . . dst

 kemudian bandingkan dengan kegiatan yang gagal atau bahkan jelek.
Januari: Ngomongin guru killer, telat ngumpulin tugas
Febuari : Maksa minta uang saku, bantah di perintah, .
Maret : gagal OSP, gagal nilai 100, dst dst. dari kedua tersebut mari kita evaluasi mengapa banyak kegagala daripada keberhasilan? mengapa banyak kejelekan darpada kebaikan yang telah kulakukan?

 2. List kedepan 

Dari evaluasi tersebut yuk list hal kecil dan recanakan(jadwal) supaya semua berjalan dengan lancar dan sesuai apa yang diharapkan.

 INGAT : Kalo kalian menyepelekan "Ah hanya gitu aja mudah" itulah ciri-ciri orang yang gak bakal sukses dan menolak sukses. Kenapa? karena orang sukses adalah orang yang terjadwal kegiatanya.

 3. HARAPAN 

Ambil selebar kertas bewarna yang tebal (cover) kemudian tulislah harapan kalian setahun kedepan.

 Contoh untuk anak kelas 12.

 HARAPAN ... (Namamu) . . . LOLOS DI PERGURUAN TINGGI (X) JURUSAN (Y) DOA : . . . . (sesuai agama dan kepercayaan masing2) baca setiap baca ini.
Baca di tempat yang sering kamu ada dan baca : misal diatas tempat tidur sehingga ketika bangun langsung lihat tulisan. semua itu DOA

 Kedua : Panning B, Semua pasti gak tau kan bakal lolos atau tidak, tulis juga plan B kamu sama seperti diatas.

 Ketiga : Buat Jadwal Harian, jadwal bukan membatasi kalian liburan atau main lho ya. Biar kalian belajar jadi orang sukses aja. Nanti kalo dah kuliah bakal ngerasaain kok gimana efeknya nglakuin ini.

 Keempat : Ibadah yang rutin (WAJIB) kalo gk kamu lakuin selain dapet dosa nih, nanti hidupmu bakal gelisah banget dan ketika kamu dapat masalah hatimu tersa tertutup gk bisa nyelesaiin.

 4. Terakhir 

Checklist kegiatan yang sudah dilakukan dan evaluasi setiap hari Oke itu dulu sih, Coba lakuin selama 40 hari aja pasti kerasa perbedaanya

No comments