Penjelasan Teknis Pendaftaran SNMPTN 2018

Selamat datang temen-temen kelas 12 pada khususnya. Gimana nih kabarnya. Maaf mimin jarang update tentang informasi SNMPTN ya. Akan tetapi, tenang saja kali ini aku akan kupas bagaimana sih proses seleksi SNMPTN 2018!


Oke langsung saja. Apasih SNMPTN itu? Silahkan baca aja semuanya di http://snmptn.ac.id aja kita langsung ke teknis saja.

Pertama kita lihat dulu  jadwal yang ada di web tersebut dan sebegai berikut.

Langkah pertama yang dilakukan adalah  PENGISIAN PDSS dan Verifikasi PDSS
Apasih PDSS tersebut? PDSS merupakan pangkalan data siswa dan sekolah nasional. Jadi, untuk kalian yang penge daftar maka data dan nilai rapor kalian harus di Inputkan ke PDSS ini. Siapa yang memasukkan? Pihak sekolah yang ditugaskan baik BK/Tu/dsb. Sekolah yang boleh daftar adalah yang memiliki NPSN. 

Kemudian melalukan Verifikasi PDSS oleh siswa. Nanti siswa diberi NISN dan Password oleh BK/yang ditugaskan untuk mengecek apakah sudah benar data dan nilai yang di inputkan oleh guru Bk kalian. Setelah itu klik Verifikasi.

Langkah selanjutnya yaitu menunggu pengumuman PDSS siapa saja yanh boleh lanjut daftar SNMPTN dan yag tidak boleh. Langkah inilah yang dinamakan perankingan.
Ketentuannya : Akreditasi A 50%, B 30%, C 10% dan Belum terakreditasi 5%.

Jadi data yang dimasukkan ke PDSS itu semua siswa bukan siswa yang diranking oleh sekolahan. Yang melajukan perankingan adalah panitia pusat SNMPTN 2018. Bagaimana sistemnya ? Baca untuk sangat lengkapnya di Cara perankingan SNMPTN 2018, Jangan Sampai salah paham!

Oke, setelah dilakukan perankinga maka akan diumumkan siapa saja yang daftar. Biasanya dilihat di http://web.snmptn.ac.id dengan memasukkan NISN kalian maka akan tau lolos atau tidak. Apabila lolos maka akan otomatis login dan masuk ke porta pendaftaran dan apabila gagal maka akan ada tulisan :"mohon maaf belum bisa mengikuti SNMPTN silahkan daftar SBMPTN" kira-kira seperti itu.

Setelah itu proses pendaftaran SNMPTN bagi yang lolos dan tidak lolos diharakan mendfatar SBMPTN 2018. Apa perbedaan SNMPTN dan SBMPTN ? Baca Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN 
Apabila lolos maka pendaftaran dilakukan di web.snmptn.ac.id untuk langkah perndaftaran secara detail silahkan baca dan ada tutorialnya tetapi dalam bentuk text dan gambar di Panduan Resmi pendaftaran SNMPTN 2018 kupas Tuntas

Disini kalian aka mengisi nama, identitas, data diri, dan yang penting Pilihan jurusan dan input KAP & PIN Bidikmisi (janga sampai kelewatan bagi pelamar bidimisi). Tips memaksimalkan lolos SNMPTN baca saja biar gk salah pilih dan bingung yang akhirnya rugi sendiri.  Dan untuk referensi jurusan apa yang banyak diminati ada sedikit tapi tahun 2016 ya! Jurusan Banyak peminat

Setelah mengisi semuanya maka tahap terakhir yaitu menunggu pengumuman yang degdegan banget. Tapi saran aku sih BELAJARLAH SBMPTN mulai sekarang. Karena SNMPTN iti tidak pasti da haya panitia dan Tuhan yang tau. Kalo menurutku itu hanya rejeki siapa yang lolos. Tapi kalo SBMPTN pasti kalo kamu bisa kemungkinan lolos besar juga. Nih admin kasih soal-soal buat latihan ya.

1. Soal usm STAN tahun 98-2010  (download)
2. Bank soal SBMPTN (download)
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Penjelasan Teknis Pendaftaran SNMPTN 2018"