Yusufstudi.com - Sudah mulai daftar-daftar ya baik SNMPTN maupun Bidikmisi ya. Apasih Bidikmisi itu? Bidikmisi adalah bantuan biaya bagi siswa dari keluarga yang kurang mampu. JAdi, nanti akan diberi uang untuk membyar UKT (gratis UKT) serta uang living kost sehingga adapat digunakan untuk biaya kehidupan sehari-hari.

Daftar Bidikmisi dahulu

Trus, sebenarnya langkahnya itu daftar SNMPTN atau Bidikmisi dahulus sih? hal ini sangatah banyak ditanyakan oleh para siswa.

Kak, kata guru BK saya katanya daftar SNMPTN dahulu baru kalo sudah ketrima nanti baru daftar Bidikmisi kak.
Kak, daftar SNMPTN dulu atau Bidikmisi dahulu sih?
Begitulah pertanyaan yang sering muncul . Wajarlah jika siswa kebingungan karena biasanya siswa jarang banget datang ke BK untuk bertanya-tanya tentang hal ini. Nggak tau kenapa sih. Masalah lainnya yaitu ada guru BK yang kurang perhatian dan baru yang akhirnya mengabaikan hal ini. Siswalah yang dirugikan jika sekolah tidak mau usahakan siswanya.

oke, langsung saja ya. Jadi, pertama yang dilakukan oleh siswa sesuai prosedur adalah mendaftar Bidikmisi dahulu baru kemudian mendafta SNMPTN,

Pertama, siswa meminta rekomendasi sekolah untuk mendapat Kode Akses & Password  untuk login ke halaman bidikmisi (bagian siswa).

kemudian, siswa melakukan pengisian data dan foto yang diperlukan untuk melengkapi serta yang penting adalah memiliki SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang berasal dari desa karena hal ini Wajib sebagi bukti bahwa kamu benar-benar warga kurang mampu di desamu.

kedua, setelah mengisi semua data yang diperlukan maka akan diberikan tampilan berupa jalur yang bisa dipilih (snmptn, sbmptn, um-pn) dan klik dapatkan PIN dan KAP (gb. 1)

Dapatkan PIN dan KAP 



Untuk peserta yang mendaftar SNMPTN silahkan klik dapatkan PIN dan KAP untuk SNMPTN ya.

Ketiga, silahkan buka pendaftaran SNMPTN di http://web.snmptn.ac.id/ isi semua data dan pilihan jurusannya disana. Kemudian dibagian atas, silahkan klik "BIDIKMISI" maka akan mucul tampilan seperti ini dan silahkan masukkan PIN dan KAP yang didapat dari laman Bidikmisi.

Memasukka PIN dan KAP

Setelah itu silahkan selesaikan pendaftaran dan silahakn Finalisasi. Finalisasi hanya dilakukan apabila semua sudah benar. Karena apa? Apabila sudah difinalisasi semua data tidak dapat diperbaharui ya baik NIS, Pilihan jurusan, maupun berkas prestasinya.

Nah masalahnya gini kak, tenyata aku udah terlanjur finalisasi dan ada foto yang salah serta bemu memasukkan PIN dan KAP. Apakah masih bisa ikut bidikmisi SNMPTN?

Oke, santai aja untung ada aku hehe. Jadi buat kalian yang belum memasukkan PIN dan KAP silahakn baca panduannya Solusi Foto salah dan Memasukkan PIN & KAP setelah Finalisasi 2018

 Terakhir, silahakn cetak kartu peserta SNMPTN kalian ya. Bukti kalo kalian pelamar Bidikmisi adalah di kartu peserta kalian ada tulisan "Pelamar Bidikmisi".

Baca juga : Kumpulan soal STAN SBMPTN STIS 
                    Tutorial Mengisi Pendaftaran SNMPTN 2018 dengan Benar 
                    Soal Utul UGM 2007-2008
                    Tips memaksimalkan Lolos SNMPTN 2018 


Oke sekian dulu semoga bermanfaat yang saya bagikan ini ya hehe. Jika iya komentar dan share ya

Salam Penulis
 (yaa/ys) 

Daftar SNMPTN atau Bidikmisi Dahulu? | 2018

Yusufstudi.com - Sudah mulai daftar-daftar ya baik SNMPTN maupun Bidikmisi ya. Apasih Bidikmisi itu? Bidikmisi adalah bantuan biaya bagi siswa dari keluarga yang kurang mampu. JAdi, nanti akan diberi uang untuk membyar UKT (gratis UKT) serta uang living kost sehingga adapat digunakan untuk biaya kehidupan sehari-hari.

Daftar Bidikmisi dahulu

Trus, sebenarnya langkahnya itu daftar SNMPTN atau Bidikmisi dahulus sih? hal ini sangatah banyak ditanyakan oleh para siswa.

Kak, kata guru BK saya katanya daftar SNMPTN dahulu baru kalo sudah ketrima nanti baru daftar Bidikmisi kak.
Kak, daftar SNMPTN dulu atau Bidikmisi dahulu sih?
Begitulah pertanyaan yang sering muncul . Wajarlah jika siswa kebingungan karena biasanya siswa jarang banget datang ke BK untuk bertanya-tanya tentang hal ini. Nggak tau kenapa sih. Masalah lainnya yaitu ada guru BK yang kurang perhatian dan baru yang akhirnya mengabaikan hal ini. Siswalah yang dirugikan jika sekolah tidak mau usahakan siswanya.

oke, langsung saja ya. Jadi, pertama yang dilakukan oleh siswa sesuai prosedur adalah mendaftar Bidikmisi dahulu baru kemudian mendafta SNMPTN,

Pertama, siswa meminta rekomendasi sekolah untuk mendapat Kode Akses & Password  untuk login ke halaman bidikmisi (bagian siswa).

kemudian, siswa melakukan pengisian data dan foto yang diperlukan untuk melengkapi serta yang penting adalah memiliki SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang berasal dari desa karena hal ini Wajib sebagi bukti bahwa kamu benar-benar warga kurang mampu di desamu.

kedua, setelah mengisi semua data yang diperlukan maka akan diberikan tampilan berupa jalur yang bisa dipilih (snmptn, sbmptn, um-pn) dan klik dapatkan PIN dan KAP (gb. 1)

Dapatkan PIN dan KAP 



Untuk peserta yang mendaftar SNMPTN silahkan klik dapatkan PIN dan KAP untuk SNMPTN ya.

Ketiga, silahkan buka pendaftaran SNMPTN di http://web.snmptn.ac.id/ isi semua data dan pilihan jurusannya disana. Kemudian dibagian atas, silahkan klik "BIDIKMISI" maka akan mucul tampilan seperti ini dan silahkan masukkan PIN dan KAP yang didapat dari laman Bidikmisi.

Memasukka PIN dan KAP

Setelah itu silahkan selesaikan pendaftaran dan silahakn Finalisasi. Finalisasi hanya dilakukan apabila semua sudah benar. Karena apa? Apabila sudah difinalisasi semua data tidak dapat diperbaharui ya baik NIS, Pilihan jurusan, maupun berkas prestasinya.

Nah masalahnya gini kak, tenyata aku udah terlanjur finalisasi dan ada foto yang salah serta bemu memasukkan PIN dan KAP. Apakah masih bisa ikut bidikmisi SNMPTN?

Oke, santai aja untung ada aku hehe. Jadi buat kalian yang belum memasukkan PIN dan KAP silahakn baca panduannya Solusi Foto salah dan Memasukkan PIN & KAP setelah Finalisasi 2018

 Terakhir, silahakn cetak kartu peserta SNMPTN kalian ya. Bukti kalo kalian pelamar Bidikmisi adalah di kartu peserta kalian ada tulisan "Pelamar Bidikmisi".

Baca juga : Kumpulan soal STAN SBMPTN STIS 
                    Tutorial Mengisi Pendaftaran SNMPTN 2018 dengan Benar 
                    Soal Utul UGM 2007-2008
                    Tips memaksimalkan Lolos SNMPTN 2018 


Oke sekian dulu semoga bermanfaat yang saya bagikan ini ya hehe. Jika iya komentar dan share ya

Salam Penulis
 (yaa/ys) 

3 comments:

  1. kalau sudah finalisasi snmptn, tapi di web bidik misi datanya masih bisa diubah2 kan, nah nanti data di snmptn nya bakal ngambil data bidikmisi yang terakhir diubah atau yang terakhir saat finalisasi?

    ReplyDelete
  2. kalau sudah finalisasi snmptn, tapi di web bidik misi datanya masih bisa diubah2 kan, nah nanti data di snmptn nya bakal ngambil data bidikmisi yang terakhir diubah atau yang terakhir saat finalisasi?

    ReplyDelete
  3. Kak mau tanya.. Untuk jalur snmptn itu yang berhak ikut snmptn apa dipilih dari sekolah atau kita yang mengajukan untuk jalur snmptn?

    ReplyDelete