Pengaruh dan Solusi Salah Isi Data SNMPTN (NIS, Uang UP, Alamat,dsb) SNMPTN 2019

Yusufstudi.com - Pendaftarn SNMPTN 2019 sudah hampir mendekati penutupan. Penutupan SNMPTN 2018 yaitu tanggal 6 Maret 2019. Biasanya sih, kalo udah mendekati hari H, maka banyak yang membuka laman pendaftaran dan akan terjadi banyak kendala.

Salah isi data SNMPTN 2018
Salah isi data SNMPTN 2018

Kendala yang sering muncul adalah salah memasukkan data, salah memilih PTN dan pilihan jurusa, dan salah satunya adalah server down  dari laman SNMPTN. Biasanya ditandai dengan ketika memilih jurusan atau input data, tiba-tiba log out sendiri. Nahh, karena udah mendekati maka ayolah segera mengisi dan medaftar SNMPTN sebelum H-3 ya biar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Mengisi data sangatlah melelahkan karena banyak data yang diisi mulai dari data diri sampai prestasi dan finalisasi. Nah, banyak banget nih awal-awal dulu masalah Foto yang kurang benar, hilang, dan banyak lagi serta lupa memasukkan PIN dan KAP bidikmisi di laman SNMPTN 2018. Bagi kalian yang mengalami masalh ini silahakn benarkan caranya mengatasi Foto yang salah dan Lupa Memasukkan PIN dan KAP setelah melakukan finalisasi.

Akhir-akhir ini, di banyak grup yang membahasa tentang jalur masuk dan bahkan admin sendiri disini sebagai penulis banyak banget yang nanya dan chating dengan berbagai pertanyaan. Ya, aku sendiri juga kurang tau masalh itu karena aku bukan Panitia SNMPTN 2018 apalagi ditanya pengaruhnya terhadap SNMPTN 2018. Contoh pertanyaan yang ditanyakan kemarin-kemarin

Kak, aku salah memasukkan NIS dan KK karena gak teliti dan aku memasukkan NISN malahan. Bagaimana pengaruhnya dan solusinya?
Selain diatas, masih banyak pertanyaan yang sangat menarik terkait SNMPTN ini. Ini menunjukkan bahwa Siswa sekarang itu hanya percaya dengan omongan orang saja dan Tidak mau Membaca Aturan SNMPTN.

Ketelitianlah yang harus ditekankan disini sih, kalian ingin kuliah tapi masih tahap pendaftaran saja tidak membaca aturan, kurang teliti, dan sebagainya. Bagaimana PTN mau percaya kepada anda?

Terus, bagaimana solusinya kalo gitu kak? aku bingung kak.

Oke, jadi yusufstudi.com akan selalu membantu proses pendaftaran SNMPTN kalian dan memberikn solusi-soluis supaya semuanya bisa berjalan dengan membantu menanyakan ke panitia. Nih pesan dari panitia SNMPTN 2018 terkait masalah tersebut.

Solusi Salah Isi Data SNMPTN 2018
Solusi Salah Isi Data SNMPTN 2018

Dari pesan tersebut, buat kalian yang salah memasukkan data terutama NIS dan Uang Pembangunan (UP), solusinya adalah ketika nanti kalian diterima di PTN X, maka kalian ketika daftar ulang membuat dan membawa surat pernyataan bahwa :
                         "data yang diisikan benar-benar salah dan benar murid sekolah Y".
Nah, jadi kalian minta aja surat keterangan dari sekolah masing-masing ya. Kemudian, ketika nanti sebelum daftar ulang silahkan tanyakan ke PTN X mu, bagaiaman format surat pernytaannya atau ada syarat lain yang sekiranya bisa membuktikan kessalahan yang dibutuhkan PTN X?

Akan tetapi ingat ya. Semua keputusan tetap ditangan PTN masing-masing dan pengaruhnya salah isi data adalah yang menentukan pihak PTN masing-masing

Menurut pengalamanku, kalau kesalahan tidak fatal dan ringan seperti NIS, UP, SPP, alamat, itu masih bisa ditolerir karena  mungkin kurang tau dari siswa dan tidak berurusan dengan penerimaan.

Data-data seperti keadaan ekonomi, dsb pasti nanti akan ada form daftar ulang untuk mengisi ketika kalian udah diterima dari masing-masing PTN.

Mudah kan? makanya jangan andalkan SNMPTN ya, dan segeralah memulai untuk belajar SBMPTN supaya sudah siap dan saingan kalian akan berat ketika SBMPTN karena pesaing kalian yang gak lolos pemeringkatan sudah belajar mulai sekarang sedangkan kalian hanya nunggu SNMPTN?

Salam penulis
(yaa/ys)

sumber jawaban : halo.snmptn.ac.id
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

91 comments for "Pengaruh dan Solusi Salah Isi Data SNMPTN (NIS, Uang UP, Alamat,dsb) SNMPTN 2019"

  1. Makasih banyak yah kak, soalnya saya juga salah dalam memasukkan NIS, saya isinya NISN kak. Jadi dari pengalaman beberapa kenalan kakak gak apa apa kan? Nggak bakal menganggu proses seleksi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak saya salah dalam mengisi Spp dan UP ,itu bagaimana berpengaruh dalam proses penerimaan?

      Delete
  2. Kalau salah nama gimana? Soalnya nama nisn salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti buat surat pernyataan aja jika diterima di PTN mu

      Delete
  3. Kak, saya kan masukin prestasi tingkat provinsi tapi ketekan yg kabupaten/kodya , dan udh di finalisasi. Itu ada pengaruh nya ga kak?

    ReplyDelete
  4. kalau salah tanggal lahir bisa di toleransi atau tidak kak.

    ReplyDelete
  5. Kak q salah masukin NIS malah tak tulis NISN . Cara memperbaiki gimana ya ?

    ReplyDelete
  6. kak aku salah memilih pendapatan orang tua per bulan itu gimana ya kak?? ngaruh gak kak kalau aku diterima dan nanti uang semester aku besar kak?? mohon bantuanya kak

    ReplyDelete
  7. Kak aku salah masukin spp gimana kak?

    ReplyDelete
  8. Kak kalau salah penghasilan orang tua bagaimana?

    ReplyDelete
  9. kak kalau NIK salah cuma satu angka bisa ditoleransi atau tidak?

    ReplyDelete
  10. bgaimana klau salah kirim sertifikat? apakah brpengaruh trhadap kelulusan?

    ReplyDelete
  11. kak, kalau tanggal dan bulan lahir salah bagaimana ya?

    ReplyDelete
  12. Kak saya salah masukkan pekerjaan orang tua dan pendapatan orang tau, Ayah saya sudah meninggal akan tetapi saya memasukkan pekerjaan dan gajinya ke gabungan pendapatan orang tua. Kalau buat pertanyaan bagaimana ya kak?

    ReplyDelete
  13. Kak ajarin cara buat surat pernytaan dong kak.Kalau misalnya kita di terima di ptn tpi nis kita salah mala yg digulis nisn.. Makasih

    ReplyDelete
  14. Kak kalau salah nulis biaya spp gmn kak?

    ReplyDelete
  15. Masya allah baru nyadar salah masukkin kode pos snmptn itu gimana ya berpengaruh gak kak?

    ReplyDelete
  16. Kalau salah masuk tahun SMK gimana seharusnya tahun 2015

    ReplyDelete
  17. Kak aku daftar sbmptn sudah finalisasi tetapi salah memasukan data pendidikan terakhri ayah, apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  18. Kak kalau di SBMPTN gimana ya? Saya salah nulis yang seharusnha NIK malah saya isi No.KK

    ReplyDelete
  19. tanggal lahir kebalik masukinnya kak,
    jadi bulan dulu baru tanggal, gimana kak?
    harusnya 07-12 malah salah ketik 12-07

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini sama banget kaya aku.
      Tapi udah keterima di ptn, jadi apa harus buat surat pernyataan juga?

      Delete
    2. Iya ini sama banget kaya aku.
      Tapi udah keterima di ptn, jadi apa harus buat surat pernyataan juga?

      Delete
    3. Kak mau tanya, terus kelanjutan nya gimana? Soalnya NIK ku juga salah kak, dan sudah finalisasi. Mohon solusinya 🙏

      Delete
  20. Kalau sbmptn gimana ya kak, saya salah menuliskan nisn?

    ReplyDelete
  21. Kak, kalau salah isi tanggal lahir gimana ya kak? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  22. kalo nik salah, surat pernyataannya seperti apa?

    ReplyDelete
  23. kak contoh surat pernyataan nya gimana yaa

    ReplyDelete
  24. Ka bagaimana klo salah pilih tahun ijasah apa itu fatal ka

    ReplyDelete
  25. Kak kalau salah tangtan lahir gmna kak? Yang saya kebalik antara bulan dan tanggal lahir
    Apakah harus membuat surat pernyataan juga kak?

    ReplyDelete
  26. Kak saya nama nya ada yg salah trus NIS nya juga salah malah pake NISN. Kalo bkin surat pernyataan itu gimana?

    ReplyDelete
  27. Kak, saya sudah finalisasi snmptn tapi saya belum mngisi prestasi. Bagaimana cara untuk memasukkan prestasi Ka? Apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain foto dan Bidikmisi tidak hisa diubah

      Delete
    2. Untuk foto saya yang terpotong saya sudah tanya ke pihak sekolah untuk mengatasinya, tapi ko sekolah malah balik nanya ke saya ya kak っ╥╯﹏╰╥c

      Delete
  28. Kk kalo aku salah tulis jumlah adik
    Seharusnya saya tdk pu nya adik tapi saya tulis 9 adik karna salh baca sih
    ....
    Tapi yg salah cuman itu doang
    Moga ngga berpengaruh yh kk

    ReplyDelete
  29. Kk tolong buat artikel mengenai cara mengatasi ketika salah dalam mengisi formulir snmptn donk....
    Kalo boleh sih.
    Ya kk yah mmoho .Nnnnn

    ReplyDelete
  30. Kak saya salah isi uang spp gimana ya kak? Harusnya 140000, malah ketulis 140?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika salah nanti kalo ketrima silahkan urus sesuai dengab yg diminta oleh pihak PtN

      Delete
  31. Kak saya kan sekolahnya di jogja, di jogja saya kos, rumah asli saya di kaltim, terus saya isi alamatnya yg di kaltim,itu gimana ya kak?

    ReplyDelete
  32. Kk aku salah masukan foto, lupa aq crop, jdi cuma background nya saja gk ada muka aq, sdh difinalisasi kk, bisa gk diperbaiki?

    ReplyDelete
  33. tadi aku daftar snmptn pas pengisian formulir PTN lamannya tiba2 log out
    itu gimana ya ? ,

    ReplyDelete
  34. Kak apa benar klo salah nulis nis nggak apa-apa?
    Soalnya aku takut banget klo smpe berpengaruh di seleksinya

    ReplyDelete
  35. Kak, aku salah dalam mengisi NIK, fatal kah pengaruh nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika salah ini silahkan hubungi ptn yg nerima kamu nanti

      Delete
  36. Kak,kalo aku salah posisi fotonya itu gimana kak? padahal waktu memberi file foto 4x6 udah pas eh pas waktu udah tak finalisasi kok ternyata fotonya kepotong setengah? tu bagaimana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ikuti cara https://www.yusufstudi.com/2018/02/solusi-foto-salah-dan-lupa-memasukkan-pin-kap-bidikmisi-snmptn-finalisasi.html

      Delete
  37. Bang, kira" bagaimana kalau hanya foto yang bermasalah?
    Apakah tetap bisa dimaklumi?
    Saya sudah memberikan info ini ke email snmptn

    ReplyDelete
  38. Hallo kak, mohon bantuannya jika salah memasukkan tempat lahir harusnya kota jakarta selatan jadi jakarta timur gimana kak?
    terimakasih

    ReplyDelete
  39. klo misal uda daftar kan, uda pilih kampus, pilih prodi,dan ngisi email, trs spp masi aku 0 in gtu, nah itu tapi blm finalisasi... misal mau ganti email trus sama ngisi spp itu masi bisa?

    ReplyDelete
  40. Kak aku Salah dalam pengisian tempat lahir gimana Apakah itu fatal ? Klau mau ganti tapi udah finalisasi gimana kak ? Apa bisa

    ReplyDelete
  41. Kak saya salah memasukan tempat lahir,apakah fatal ka?saya rada panik soalnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak... saya juga salah memasukan tempat lahir.. gimana??

      Delete
  42. Assalamualaikum Kak. Saya mau nanya Kak klo kesalahan nya itu di bagian data Tanggal lahir gimana kann, apakah sangat berpengarauhh?

    ReplyDelete
  43. Kak, maaf mau tanya. Adik saya ikut ptkin tapi dia salah klik di ptn nya, yang harusnya ptn A, malah jdi ptn B. itu solusinya gimana ya? Mohon pencerahannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  44. Kak kalau salah memasukkan nama kecamatan gimana?

    ReplyDelete
  45. Ka saya salah mengisi penghasilan orang tua bagaimana ??

    ReplyDelete
  46. Ka kalau tgl lahir kebalik gmn? Apa itu gpp? Mohon solusinya

    ReplyDelete
  47. Kak.. kalau salah memasukan tempat lahir gmn?? Mohon infonya..

    ReplyDelete
  48. kak , klo salah memasukkan jurusan SMA, gimana kak?

    ReplyDelete
  49. iya kak, saya jurun IPA tapi tidak sengaja saya masukkan Jurusan IPS dan tidak bisa dirubah lagi. fatal nggk ini kak?

    ReplyDelete
  50. Kak, kalau nisn kami salah dalam membuat akun ltmpt bagaimana kak? Bermasalah gak kak dalam seleksi SNMPTN

    ReplyDelete
  51. Kak,kalau misalnya tempat lahir salah buat tapi udh finalisasi data snmptn berpengaruh besar gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak nik ku jg salah, tpi udh finalisasi 😭

      Delete
  52. Kak mau tanya.. seandainya diterima di PTN pilihan kita saat SNMPTN.. tapi ga kita teruskan itu dampaknya apa ya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya nanti berpengaruh ya buat adik kelas kamu? Soalnya bisa dikatakan nanti di 'black list'

      Delete
    2. Dampaknya adalah kamu bakal di blacklist di jalur SBMPTN 2020 ini. Baru bisa daftar lagi tahun depan. Kemudian juga akan berpengaruh pada nilai sekolah dan nasib adik kelasmu di PTN tersebut akibat kelakuan anda. Sebaiknya dipikir matang-matang ya.

      Delete
  53. Kak, kalo salah penulisan jalan alamat rumah gimana kak? Ada contoh surat pernyataannya tidak kak? Gimana pengaruhnya sama seleksi d SNMPTN nya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika hanya salah jalan tidak apa-apa nanti dibenarkan ketika sudah dinyatakan lolos SNMPTN di kampus kamu ya.

      Delete
  54. Kakak dulu salah apanya? Tapi tetep ketrima?

    ReplyDelete
  55. Gimana kalo kita salah nulis data pendidikan terakhir ibu? Gini aslinya ibu saya lulus sma, nah di kartu keluarga saya katanya ibi tamat SD/sederajat. Gimana ni apa berpengaruh gk?

    ReplyDelete
  56. Klo aku salah ngisi no hp di no.telepon, dan lag banget servernya..trs nama kartu snmptn yg buat ttd itu msh nama lengkap..hadeh...
    smg aja kesalan ini jd pljrn buat kita semua...
    Bismillah smg snmptn ini rezeki buat kita..aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin. Lain kali hati-hati dan segera finalisasi jika sudah yakin benar ya.

      Untuk nomor hp yg dimasukkan di nomor telepon tidak jadi masalah kok

      Delete
  57. Kalo salah nya di bagian prestasi salah nulis gimana kak seharusnya nasional tapi malah nggak fokus jadi internasional ...itu fatal banget nggak kak??

    ReplyDelete
  58. Kak, kalau salh ngisi data pekerjaan dan penghasilan orang tua gimana kak? datanya nggak sesuai sama KK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data yg sudah difinalisasi tidak dapat diperbaiki. Ini nanti bakal ngaruh sama penetapa UKT ketika kalian diterima. Jika ada kesalah silakan untuk membuat surat pernyataan salah isi pekerjaan dan penghasilan dengan tanda tangan kepala desa. Nanti dibawa saat daftar ulang jika diterima.

      Bisa diurus ketika sudah dinyatakan lolos Snm ya

      Delete
  59. Kk kalau salah isi no nik di ltmpt,,lalu buat daftar kip kuliah gimana caranya kk?

    ReplyDelete
  60. Ka, ketika isi data snmptn saya slh nginput data pekerjaan ayah saya, saya ngisinya swasta bukan guru/dosen seharusnya saya ngisi wiraswasta jadi gimana ka? Ketika isi data KIP-K kuliah data pekerjaan ayah samakan data di snmptn atau isi data yang baru ka? Mohon solusinya ka

    ReplyDelete
  61. Ka saya salah masukin jenis kelamin giamana ya ka?

    ReplyDelete
  62. Diakun ltmpt tempat lahir betul tapi pas mengisi data snmptn tempat lahir salah karena kurang fokus jadi gimana tu kak?

    ReplyDelete

Post a Comment