Hal Penting Jangan Dilupakan Sebelum Ujian SBMPTN 2018

Yusufstudi.com - Sebentar lagi ujian SBMPTN 2018 segera dilaksanakan. Pelaksaan Ujian SBMPTN 2018 dilaksanakan pada tangga 8 Mei 2018. Sebelum ujian SBMPTN yuk kenali beberapa tips dan hal penting yang harus disiapkan sebelum melaksanakan ujian

Tips ini diberikan karena kesalahan-kesalahn yang sering dilakukan oleh peserta SBMPTN yang terkadang mengabaikan hal-hal kecil yang padahal itu penting dan sangat krusial lho. Nah apa saja sih hal yang harus disiapkan sebelum melaksanakan Ujian SBMPTN 2018?

yusufstudi.com - Langka Sebelum Ujian SBMPTN

1. Cek Ruang Ujian H-1

 

Melakukan cek ruang ujian sebelum ujian dimulai sangatlah penting. Oleh karena itu, sebelum hari ujian atau minimal tgl 7 Mei 2018 sudah sampai di wilayah sekitar tempat ujian. Untuk yang rumahnya jauh dari tempat tes segera sampai di tempat sekitar wilayah tes pagi hari tanggal 7 Mei 2018 dan mencari kos harian.

Apabila mempunyai kakak kelas yang kuliah disekitar wilayah tersebut minta bantuan saja untuk menginap 1 hari satu malam dan pasti mau membantu kok. Nah, setelah sampai di tempat segera kunjungi dan cari tempat ujian kalian misalnya di PTN X, Ruang 1.02 fakultas Y. Minta bantuan kakak kelas atau dengan mencari mandiri.

Apasih manfatnya? biar kalian tidak dadakan mencari ruang ketika udah mulai ujian di hari H. Kebanyakan siswa sih menganggap bahwa wilayahnya dekat dan tidak mencari ruang sebelum hari H dan ketika hari H ujian kebingungan mencari ruangannya.

Akibat fatalnya adalah telat masuk ke ujian ataupun malah tidak tenang mengerjakan ujian dengan baik dan hasil yang akan dipengaruhi.

 

2. Makan Pagi (Sarapan)

 

Jumlah soal dalam ujian SBMPTN tidak tanggung-tanggung dan banyak. Apalagi aturan penilaian di SBMPTN 2018 yang baru ini tidak diketahui juga jumlah soal dan jenis soal apa saja yang keluar sehingga diperlukan energi untuk berjam-jam mengerjakan soal ujian. 

Oleh karena itu, makanlah makanan yang mengenyangkan dan mengandung protein yang banyak karena dapat menahan lapar lebih lama seperti telur, minum susu, makan tempe dan tahu disaat sarapan.

 

3. Bawa Bekal Cukup


Ternyata sarapan saja tidak cukup sobat, maka bawalah bekal yang cukup minimal untuk mengisi perut yang kosong. Biasanya antar ujian ada istirahat selama setengah jam. Misal antara Saintek dan TPA ada jeda istirahat. Nah, ini jangan digunakan sepenuhnya untuk mengulas materi untuk TPA. Sebaiknya makan dan minum dulu untuk suplai energi dan minum yang banyak supaya tidak dehidrasi.

Hal yang penting dalam bekal ini adalah minum air putih (air mineral) dan vitaminn C buat jaga-jaga ya

Nah bekal yang tidak kalah penting adalah ALAT TULIS. Bawa alat tulis dengan sangat cukup
 Pensil 2B minimal 2 - Sudah diraut semua sebelum masuk kelas
 Penghapus Minimal 2
 Rautan
 Pena yang cukup tebal - Biasanya untuk tanda tangan
 

4. Bawa Penunjuk Waktu


Nah, inilah yang sering dilupakan bagi siswa yang ingin menjalani ujian SBMPTN. Sebenarnya dengan membawa Jam tangan hal tersebut membantu kita mengatur strategi sperti pembagian waktu tiap bagian soal sehingga tidak kelupaan akibat fokus salah satu soal saja yang sulit sedangkan waktu terus berjalan.

Akan tetapi sejak adanya CBT, maka ini hanya berlaku untuk PBT ya karena menyiapakan saja ketika ruangan tidak ada jam dinding jadi bawa saja. Untuk CBT biasanya ada waktu dilayar monitor.

 

5. WAJIB! Bawa Dokumen SBMPTN 2018


Syarat utama mengikuti Ujian SBMPTN 2018 adalah membawa berkas yang diperlukan . Dokumen yang perlu dibawa adalah

Kartu Tanda Peserta Ujian SBMPTN 2018 - Dicetak menggunakan kertas A4 atau F4 dengan landscape saja. Yang penting Nomor Ujian, dan foto terlihat dengan jelas

Kartu Identitas - Kartu identitas berupa KTP/SIM yang masih berlaku. Jika tidak ada maka bawa saja Kartu Tanda Siswa (KTS) 

Fotocopy Ijazah SMK/SMA/MA sederajat yang telah dilegaliasi. Untuk jaga-jaga dan apabila tidak membawa kartu Indentitas bawa juga Ijazah Aslinya untuk menunjukan bahwa yang tes adalah benar-benar sobat ya. Bagi yang belum memperoleh Ijazah khusunya lulusan 2018 maka membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) Asli yang dilegalisasi oleh sekolah dengan foto bewarna.

6. Teliti Ulang


Masuk ruangan setelah ada aba-aba masuk ya jangan masuk sebelum waktunya nanti dianggap cuarang lho. Nah, oleh karena itu setelah masuk dan duduk maka akan diberikan kertas ujian untuk diisi identitas terlebih dulu dan biasanya waktunya setengah jam sebelum ujian.

Jadi jangan sampai telat ya. Isi data dan pastikan semua terisi dan semua data yang terisi sesuai dengan apa yang ada pada kartu Ujian Peserta

Bagi peserta CBT setelah login cek semuanya apakah PC telah terhubung sempurna dan data yang ditampilkan tidak ada yang salah

Nah, apabila sudah maka bulatkan niat kalian untuk mengerjakan sebanyak mungkin soal dengan benar dengan manajemen waktu yang baik. Jangan tergesa-gesa apalagi melihat teman di bangku lain yang sudah banyak mengerjakan. Siswa tersebut juga belum tentu benar kok, jadi fokus ke kerjaan sendiri.

Jika ada data yang salah segera laporkan ke pengawasa seperti kertas rusak, sobek, ataupun yang lainnya. Jangan keluar ruangan terlebih dahulu ya mendingan memanjatkan doa biar lolos SBMPTN 2018

Semoga bermanfaat share dan like jika artikel ini bermanfaat dan kami minta koreksinya dari pengunjung tentang artikel ini dengan komentar ya

- - - - - - - -
Penulis    : Yusuf (Owner)
Editor      : -
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Hal Penting Jangan Dilupakan Sebelum Ujian SBMPTN 2018"