Apa itu Metode SAT, Metode Baru Masuk PTN Pengganti SBMPTN ?

Yusufstudi.com - Sudah hangat dibicarakan sejak tahun lalu, bahwa akan ada metode masuk perguruan tinggi yang akan menggantikan SBMPTN. Salah satunya yang muncul saat ini adalah metode SAT. Sebenarnya apasih Metode SAT ini, kok bisa menjadi jalur masuk PTN?


Nah, SAT sediri kependekan dari Scholastic Assessment Test untuk membatu siswa mengenali potensi dirinya itu sebenarnya apasih. Tes ini sudah digunakan di Amerika serikat
dan disana tidak banyak masalah. Dengan adanya SAT ini, peserta hanya melakukan tes Potensial Akademik untuk mendapatakn nilai yang nantinya digunakan untuk daftar ke PTN.

Mungkin seperti tes TPA kalo di SBMPTN dan ada tambahan lagi.

SAT ini sistemnya adalah seperti tes TOEFL , siswa tidak harus melakukan tes pada hari tertentu akan tetapi, bisa dilakukan kapan saja . Sertifikat yang berisi nilai ini bisa digunakan untuk mendaftar ke PTN.



Dilansir dari Medcom.id, bahwa metode ini tidak meniadakan jalur-jalur sebelumnya seperti SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Hanya ditambahkan saja karena SNMPTN bisa untuk memeratakan penerimaan peserta didik serta SBMPTN yang menilai berdasarkan Akademik siswa.

Rencana tes Center dengan SAT ini masih ditawarkan ke pihak PTN dengan tim kecil ritekdikti.

Sumber:
[Medcom.id]. 2018. "Keberadaan SAT tidak Meniadakan Jalur Seleksi PTN lainnya".
[medcom.od]. 2018. " Metode SAT, Persaingan Masuk PTN Lebih Terbuka dan Fair"
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Apa itu Metode SAT, Metode Baru Masuk PTN Pengganti SBMPTN ?"