Resolusi Yang Bisa Dilakukan Siswa Menuju Dunia Perguruan Tinggi 2019




Yusufstudi.com - Selamat tahun baru masehi 2019 semuanya teman-teman dan sahabat Yusuf Studi yang selalu mau melihat dan membaca artikel-artikel yang kami berikan.
Nah, kita sudah meninggalkan tahun baru 2018 dan memasuki tahun baru 2019. Sebenarnya apa saja sih yang menjadi harapanmu dan misimu setahun yang lalu? Apakah semuanya sudah terlaksana dengan baik?

Coba saya ingin tau resolusi terbesar kalian selama tahun 2018 apa aja sih? Tulis 2 resolusi saja dikomentar dan apakah sudah terlaksana di tahun 2018?
Hayoo komentar saja ya
Nah dari resolusi tersebut pasti banyak juga yang belum terlaksana juga kan, apalagi kalian anak SMA khususnya kelas 12 yang sebentar lagi mau kuliah aja (ciee. . .).

Apakah Masa kelas 12 satu semester kemarin hanya berisi senang-senang saja?

Kalo gitu rugi dong selama 1 semester. Coba renungkan sambil menunggu pergantian tahun tulis di buku catatan kecil apa saja yang belum di raih selama satu tahun.

Untuk itu, aku akan memberi sedikit perjalanan yang harus disiapkan bagi kalian kelas 12 SMA/SMK/MA sederajad yang ingin lanjut kuliah dan juga berlaku untuk alumni yang belum diterima kuliah tahun kemarin.
Resolusi Yang Bisa Dilakukan Siswa Menuju Perguruan Tinggi 2019

Persiapan SNMPTN 2019

Nah, jalur SNMPTN ini khusus untuk lulusan 2019 saja ya. Untuk kalian yang alumni tidak bisa mengikuti perhelatan masuk PTN jalur ini. Hehe.

Terus apa saja yang harus dipersiapkan?
  1. Nilai rapor semester 1-5
  2. Piagam penghargaan (jika mempunyai)
  3. NISN (data harus benar)
  4. Pilihan jurusan dan PTN yang sesuai dengan keinginan dan nilai rapor  
Silahkan siapkan diatas karana hal tersebut adalah syarat untuk bisa daftar SNMPTN 2019. SNMPTN biasanya diuruskan oleh pihak sekolah sehingga rajin-rajin ke BK untuk konsultasi masalah jurusan, nilai, ptn, dsb. Apalagi terkait dengan beasiswa (bagi yang kurang mampu secara ekonomi).

UN dan UASBN

Ini adalah rangkaian wajib siswa untuk dapat lulus SMA. Kelulusan tidak ditentukan oleh UN saja tetapi ditentukan juga oleh nilai UASBN beserta 6 semester kalian selama beajar (nilai rapor).

Kenapa harus lulus?
Syarat bisa kuliah ya harus lulus dong. Mana bisa kuliah kalo SMA saja gak lulus, hehe. Belajar yang giat dan sekuatnya jangan dipaksakan (suka cewe aja gk dipaksain kok)

Persiapan SBMPTN 2019

SBMPTN inilah jalur yang bisa dipakai baik siswa yang baru lulus SMA maupun alumni yang ingin daftar masuk kuliah (baik yang belum kuliah maupun yang mau pindah kampus). Jadi, saingan akan semakin banyak dan ketat. Oleh karena itu harus dipersiapkan sedini mungkin terkait ini.

Apa saja yang harus dipersipakan?
  1. Doa diri sendiri dan orang tua
  2. Lulus SMA
  3. Mengikuti rangkaian tes
  4. Pahami aturan baru SBMPTN 2019
  5. Banyak latihan dan tryout online (dengan sistem yang baru lho ya /test center)
  6. Biaya Rp200.000,00. Bagi yang keberatan bisa mencicil menabung setiap hari Rp 2,000 lah cukup
  7. Dibuka bulan januari
  8. Buat bidikmisi silahkan selalu pantau web bidikmisi, ya!

Jalur Mandiri PTN

Jalur dimana pendaftar paling banyak karena ini merupakan jalur terakhir untuk masuk suatu PTN. Penyelenggara dilaksanakan independen oleh masing-masing PTN. So? Selalu update PTN yang kalian inginkan ya dan gunain gadget untuk mencari informasi bukan untuk main instagram aja, hehe.

Biasanya dilaksakan setelah pengumuman penerimaan SBMPTN.



Nah mungkin itu yang bisa kau berikan sedikit resolusi bagi yang ingin kuliah di Indonesia. Jika ada pertanyaan dan bingung masing-masing, bisa langsung komentar, ya. Pasti akan langsung aku balas (7x24 jam ) wkwk.

Tak ada orang sukses yang tak berusaha. Berfikirlah selalu untuk memitigasi apapun yang terjadi dengan tindakan preventif.
Bye . . bye . .
(ys/yaa)

0 Response to "Resolusi Yang Bisa Dilakukan Siswa Menuju Dunia Perguruan Tinggi 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel