Berubah! Pemeringkatan Siswa SNMPTN dilakukan Pihak Sekolah



Yusufstudi.com – Pendaftaran SNMPTN 2020 segera dibuka. Berdasarkan jadwal yang beredar SNMPTN dibuka pada bulan Januari 2020. Segera siapkan berkas dan baca aturan mainnya, salah satunya terkait dengan Pemeringkatan Siswa pada Input PDSS SNMPTN 2020 oleh Pihak sekolah.

Masih sama, kuota SNMPTN 2020  minimal adalah 20% dari semua jalur yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN. Rangkaian pendaftaran masih sama seperti tahun 2019 kemarin. Akan tetapi sepertinya ada sedikit berbeda dari tahun sebelumnya terkait dengan pemeringkatan siswa.

Pada tahun sebelumnya mulai 2016 – 2019, bahwa pemeringkatan dilaksanakan oleh panitia PDSS SNMPTN. Jadi, pihak sekolah menginput semua nilai dari semua siswa kelas 12 yang ada, kemudian panitia akan mengumkan siapa saja yang boleh lanjut mendaftar SNMPTN dan siapa yang gagal diawal.

Pada tahun 2020 nanti, aturan ini diganti. Pemeringkatan siswa yang dinyatakan lolos ke tahap pendaftaran SNMPTN dilakukan oleh pihak sekolah. Hal ini tercantum pada aturan LTMPT 2020.

Ketentuan Pemeringkatan oleh Sekolah


1) Pemeringkatan oleh sekolah berdasarkan kuota sesuai dengan akreditasi masing-masing sekolah. Akreditasi A (40% terbaik),
Akreditasi B (25% terbaik), 
dan Akreditasi C & lain-lain (5% terbaik).

2) Sekolah dapat menambahkan kriteria yang lain sebagai salah satu penentu perangkingan siswa (misal : juara OSN, O2SN, lomba LKTI, dsb)

3) Memperhatikan mata pelajaran berikut :

Jurusan IPA : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi

Jurusan IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, Geografi

Jurusan Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing.

SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian atau kejuruan.

Oleh karena itu, segera tanyakan pada pihak sekolah ya apa yang menjadi landasan mereka dalam melakukan pemeringkatan siswa pada PDSS ini. Sehingga kita dapat mengira-ngira dan mempersiapkan semuanya dengan baik.

Berikut ini rangkuman dalam bentuk gambar.

Pemeringkatan SNMPTN 2020 oleh Sekolah - Yusuf Studi


0 Response to " Berubah! Pemeringkatan Siswa SNMPTN dilakukan Pihak Sekolah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel