Mengenal SNMPTN dan SBMPTN 2020


Pendaftaran akun LTMPT 2020 sudah dilaksanakan dan berjalan sampai nanti tanggal 7 Januari 2020. Nah, akan tetapi ternyata masih belum banyak yang tau ya apa itu SNMPTN dan SBMPTN. Kita akan bahas perbedaanya disini ya.

1) Sistem Seleksi

SNMPTN merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang seleksinya menggunakan nilai rapor (akademik) dengan tambahan prestasi. Disini siswa tidak melakukan tes/ujian sama sekali. Intinya hanya menggunakan nilai rapor untuk kemudian nanti diinputkan ke PDSS oleh pihak sekolah.

SBMTPN merupakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi dimana seleksinya menggunakan tes/ujian dan tidak menggunakan nilai rapor (murni nilai tes). Nilai tes ini didapatkan dari siswa yang harus mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan digunakan untuk daftar SBMPTN di laman portal.ltmpt.ac.id pada waktuknya nanti.

Ujian terdiri atas golongan saintek, soshum, dan campuran.

2) Biaya

Biaya dalam seleksi SNMPTN adalah gratis sedangkan untuk SBMPTN membayar Rp200.000,-

3) Kuota

Kuoata untuk SNMPTN minimal 20% dari total seluruh yang diterima di PTN sedangkan SBMPTN minimal 40%

4) Peserta


SNMPTN 2020 diikuti hanya oleh siswa SMA/SMK/MA sederajat lulusan tahun 2020 nanti dan yang lolos perangkingan oleh pihak sekolah sesuai akreditasi.

SBMPTN diikuti oleh lulusan 2018, 2019, 2020. Khusus lulusan 2020 yang sudah diterima PTN lewat jalur SNMPTN tidak dapat mengikuti SBMPTN.


-----
Semua pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN dilakukan dengan satu akun siswa yang terintegrasi (SSO) jadi satu dengan akun LTMPT. Jadi, jangan sampai dibuang ya akunnya karena akun ini akun masa depan kalian.

0 Response to "Mengenal SNMPTN dan SBMPTN 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel