Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan dan Tahapan Cara Mendaftar Akun LTMPT untuk SBMPTN 2020

Registrasi akun LTMPT 2020 untuk lulusan 2020 2019 dan 2018 yang akan mengikuti UTBK SBMPTN  dibuka mulai tanggal 17 Februari sampai 5 April 2020, oleh panitia LTMPT. Pada tahun 2020 ini seleksi dilaksanakan dengan menggunakan SSO (Single Sign On). Bagaimana maksudnya?

Maksudnya, satu akun LTMPT ini tidak hanya untuk SNMPTN (lulusan 2020) saja, tetapi nanti juga terintegrasi untuk UTBK yang digunakan juga pendaftaran SBMPTN. Sehingga antara SNMPTN dan SBMPTN datanya sama saja tidak dua kali mengisi data diri dan lampiran yang sama.

Misalnya, saya mendaftar punya akun LTMPTN dengan nama siswa “Admin Pokonya Lolos” kemudian, ternyata saya lolos SNMPTN, eh setelah pengumuman ternyata gak lolos SNMPTN maka bisa langsung menggunakan akun tersebut untuk daftar UTBK & SBMPTN tanpa harus mengisi dari awal.

Sedangkan untuk yang lolos SNMPTN diterima di PTN, maka otomatis tidak bisa daftar SBMPTN dengan nama yang sama. Jadi, aman tidak ada penggandaan akun dll. Siswa juga harus hati-hati tak seenaknya saja memilih jurusan yang kadang ngawur dan tidak disukai.

Oke, lanjut bagaimana cara dan “tahapan bagi siswa” untuk mendaftarkan dan mempunyai akun LTMPT baik untuk SNMPTN maupun SBMPTN 2020?

Tahap Daftar dan Aktivasi Awal

Akun LTMPT ini dilakukan mandiri oleh siswa yang bersangkutan. Supaya data yang diisikan benar dan sesuai dengan keadaan siswa.

Buka laman portal.ltmpt.ac.id , kemudian klik bagian “Daftar Disini”


Masuk pilihan menu siswa dan sekolah, maka pilih “Siswa” dan klik “daftar”



Muncul isian dan siswa diminta untuk mengisi beberapa hal, yaitu : NISN Siswa, Nomor NPSN Sekolah (bisa ditanyakan pada BK/TU), dan tanggal lahir. Isilah dengan seksama dan benar. Kemudian klik selanjutnya.



Seletah itu maka akan muncul laman dengan informasi sesuai data yang ada di Dapodik. Jika ternyata data salah maka siswa harus mengurus NISN yang salah kepada Guru BK supaya dimintakan perubahan nama atau data tanggal lahir.



Isikan email yang aktif dan password akun LTMPT.
(Peringatan : pastikan email kalian aktif, maksudnya kalian bisa login Gmail kalian dan bisa cek inbox. Karena kode verifikasi akan dikirim lewat email. Jika tidak ingat atau lupa password email kalian mending saranku BUAT GMAIL baru dan catat benar-benar biar tidak lupa lain waktu)



Setelah itu, klik daftar dan tinggal verifikasi akun kalian melalui email yang kalian inputkan tadi ya. Ingat verifikasi hanya lewat email dan bisa di cek di INBOX email, jika tidak ada cek di SPAM.



Melalui link yang dikirim di email tadi, langsung saja klik saja “aktivasi akun” atau link yang dikirim maka akun anda sudah diverifikasi.


Tahap Verifikasi dan Finalisasi Data

Login ulang untuk masuk menggunakan email dan password yang telah diverifikasi dan didaftarkan di awal tadi ya.



Kemudian ada beberapa tampilan, maka klik saja untuk “Verifikasi Data Sekolah dan Siswa” dan isikan sesuai dengan yang diinginkan.



Data diperbaharui, dengan klik “perbarui data dan isikan data yang kosong sesuai dengan perintah”. Klik, lanjut.



Verifikasi kedua adalah masuk untuk verifikasi data sekolah terkait dengan tahun masuk, jurusan, dan tahun masuk SMA/SMK/MA/SMAS. Jika sudah klik selanjutnya.



Kemudian upload pas foto. Syarat dan ketentuan sudah ada pada laman tersebut juga. Baca dulu jangan salah ya. Gak tanggung jawab saya hehe. Kemudian klik simpan.




Setelah terisi semua klik lanjut dan akan muncul bilah “simpan perubahan”. Disini lain hari masih bisa diganti datanya jika salah. Jika sudah benar-benar yakin dan benar maka tahap akhir adalah Finalisasi Akun dengan klik “simpan permanen”.



Data yang sudah disimpan permanen sudah tidak bisa lagi diperbaharui ya. Jadi pastikan semuanya benar sebelum permanen dan segera daftar jangan mepet.


Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

2 comments for "Panduan dan Tahapan Cara Mendaftar Akun LTMPT untuk SBMPTN 2020"

  1. Mau tanya apakah alamat yang diisi alamat asli kita, atau alamat kita tingg skrang (numpanh dikeluarga)

    ReplyDelete