Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Memaksimalkan Potensi Lolos PTN Lewat Jalur SNMPTN 2020



Artikel ini akan membahas seluk beluk singkat yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur strategi untuk upaya memperbesar lolos Jalur SNMPTN 2020
Salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri adalah melalaui SNMPTN dimana dalam seleksinya yaitu menggunakan nilai rapor saja (ditambah prestasi lain jika mempunyai).

Jalur ini kadang memang disebut oleh banyak orang sebagai jalur masuk PTN penuh hoki, tetapi nyatanya kok bisa suatu sekolahan meloloskan siswanya sangat banyak melalui jalur ini. Pastinya ada hal yang menjadi latar belakang.

Nah, yuk simak berikut ini akan dibahas secara singkat dan jelas mengenai bagaimana sih strategi siswa supaya dapat lolos PTN lewat jalur SNMPTN 2020 nanti.


1. Pengertian, Jadwal, Syarat dan Panduan SNMPTN


Hal pertama adalah siswa harus memahami apa sih sebenarnya jalur SNMPTN itu dan siswa yang seperti apa yang diinginkan, yaitu siswa yang memiliki prestasi akademik unggul selama menempuh SMA/SMK sederajat dilihat dari rekam jejak nilai rapor.



Kemudian, siswa dan pihak sekolah harus memahami syarat dan panduan SNMPTN. Silahkan syarat dan ketentuan dapat di unduh pada ltmpt.ac.id bagian ‘unduhan’ dan di snmptn.ac.id. Memahami ini kalian akan lebih berhati hati dalam mengisikan pilihan nanti.

Kunci utama lolos adalah ikuti alur dan diisi data dengan benar. Jangan asal ‘finalisasi” sebelum semua data sudah dipastikan benar dan sudah dicek minimal dua kali ya. Perhatikan “jadwal” jangan suka mendaftar mepet-mepet ya. Kalau down dan ada data salah ya ditanggung sendiri ya.

2. Prestasi Sekolah dan Nilai Siswa


Kedua adalah prestasi sekolah yang dilihat dari nilai akreditas (misal akreditasi A dengan nilai 90,25 dll). Untuk nilai akreditasi silakan kalian menanyakan pada BK sekolah pasti tau. Kemudian, prestasi lain yaitu seperti keikutan siswanya pada lomba nasional maupun internasional, seperti : LKTI, OSN, O2SN, FLS2N, Conference dll baik menjadi juara atau tidak.



Kemudian, prestasi siswa dilihat individu masing-masing. Prestasi ini dilihat dari rangking kelas/paralel siswa, nilai yang selalu naik (stagnan atau bolehlah turun tapi dari 5 semester yang turun 1 semester saja), lomba baik akademik maupun non akademik serta aktif organisasi baik itu OSIS atau ektra lainnya yang menjabat sebagai Pengurus Inti.

Perhatian | Biasanya melampirkan 3 sertifikat kejuaran terbaik saja (tidak berlaku untuk juara kelas atau jurar paralel sekolah ya).


3. Faktor Alumni


Penilaian sekolah juga dilihat dari rekam jejak alumni SMA pada PTN masing-masing. Misalnya kita ingin mendaftar di PTN A maka kita harus mengetahui rekam jejak alumni kita 2-3 tahun diatas kita ya di PTN A tersebut.


Jangan malu-malu silahkan tanyakan saja pada alumni seperti IPK, aktif organisasi apa saja, pernah lomba dan mewakili PTN A, dll. Yang intinya berprestasi di PTN tersebut. Semakin baik maka nama sekolah kalian akan semakin baik karena percaya bahwa mahasiswa yang baik pasti adik kelasnya juga minimal demikian.

Selain dari segi prestasi, lihat rekam jejak jumlah alumni SMA kalian yang masuk di PTN A melalui jalur SNMPTN apakah banyak. Jika banyak peluang kalian semakin besar apalagi di jurusan yang sama dengan alumni kalian. Jika sedikit, tengok untuk Jalur SBMPTN dan Mandiri juga ya.

4. Pemilihan Program Studi dan PTN


Pemilihan program studi yang baik adalah yang sesuai dengan kemampuan, nilai rapor dan keinginan kalian. Akan tetapi, terkadang terbentur dengan nilai kan ya. Oleh karena itu, idealis boleh tetapi tetap rendah hati dan realistis ketika memilih jurusan disesuaikan dengan nilai.

Pilihlah jurusan yang relevan dengan nilai kalian

Carilah jurusan yang alumni kalian banyak, nilai kalian mendukung untuk masuk jurusan tersebut dan terakhir adalah wilayah PTN. Walaupun 2020 ini tidak ada keterangan prioritas putra daerah, menurut saya ini pasti tetap berlaku. Usahakan memilih yang sesuai wilayah kalian.

5. Rajin

Rajin mencari informasi tentang jurusan dan pengalaman kakak kelas kalian. Jangan bandingkan kalian dengan siswa sekolah lain tetapi bandingkan kalian dengan alumni sekolah kalian dahulu ya.

Rajin membaca dan update kanal informasi resmi. Biasanya ada informasi baru yang muncul dan diperhatikan. Mengisi data dengan benar dan hati-hati. Karena jika ada yang salah dalam pengisian data dan tidak ditolerir oleh PTN yang menerima kalian nanti, bisa jadi kalian gagal dan tertolak akibat verifikasi data yang salah dan diangap kecuarangan ya.

Strategi diatas memang tidaklah semuanya dan pasti membuat siswa lolos SNMPTN 2020. Akan tetapi, minimal ada kriteria diatas yang bisa jadi hal utama atau prioritas PTN menerima kalian lewat jalur ini ya. Untuk lebih detailnya dan khusus sekolah kalian silakan konsultasi dengan ahlinya yaitu BK kalian.

| Khusus bagi kalian yang ingin mendaftar SNMPTN 2020 dengan KIP Kuliah, silakan baca : pahami bagaimana memperolah bantuan KIP Kuliah ini
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Strategi Memaksimalkan Potensi Lolos PTN Lewat Jalur SNMPTN 2020 "