Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbaru! Finalisasi SNMPTN 2020 atau Daftar KIP Kuliah Dulu


KIP Kuliah telah diluncurkan sekitar 3 hari yang lalu akan tetapi banyak yang kebingungan akibat peraturan baru dan informasi yang kurang sekali banyak diketahui oleh siswa dan pihak sekolah.

Setelah siaran pers yang dilayangkan oleh Panitia LTMPT 2020 tentang KIP Kuliah, menimbulkan banyak kegaduhan akibat kalimat yang terdapat pada poin-poin membingungkan. Pertanyaan yang sering muncul adalah sebagai berikut.

Bagi pelamar KIP Kuliah jalur SNMPTN, apakah harus finalisasi pendaftaran SNMPTN 2020 sebelum tanggal 27 Februari 2020 atau menunggu sampai pendaftaran KIP Kuliah 2020?

Finalisasi SNMPTN atau daftar KIP Dahulu?


Setalah munculnya informasi ini, maka pertanyaan banyak orang dan siswa terkait dengan apakah siswa harus finalisasi SNMPTN 2020 dahulu atau menunggu setelah daftar KIP Kuliah? padahal KIP Kuliah baru dibuka mulai tanggal 2 Maret 2020.

Berdasarka informasi yang saya tanyakan kepada pihak panitia LTMPT 2020 (melalui kanal resminya) menjawab sebagai berikut:
Seluruh siswa yang eligible, "TERMASUK SISWA YANG MENGAJUKAN KIP KULIAH" mohon segera melakukan FINALISASI dan cetak kartu sampai batas waktu yang ditentukan yakni tanggal 27 Februari 2020 pukul 23.59. Data KIP Kuliah silakan disusulkan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id pada tanggal 25 Februari - 31 Maret 2020.
Terbaru! Finalisasi SNMPTN 2020 atau Daftar KIP Kuliah Dulu
Jawaban dari admin call center LTMPT 2020


Jadi, kesimpulannya adalah silakan kalian untuk Finalisasi SNMPTN 2020 dahulu baru nanti mendaftar KIP Kuliah di laman: kip-kuliah.kemdikbud.go.id pada tanggal yang sudah ditentukan ya.

Pesan pribadiku, yang perlu diingat nanti data antara di laman SNMPTN dan KIP Kuliah harus sama supaya mudah untuk sinkronisasi data ya. Terutama masalah Nama, NIK, NISN, dan NPSN.

Pelamar KIP Kuliah Bagi yang Tidak Punya KIP/KKS

Bagi yang mempunyai KIP Perlajar atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bisa mengisikan nomor KIP atau KKS pada kolom yang disediakan pada laman pendaftaran SNMPTN. Bagi yang tidak mempunyai untuk bisa menunggu bulan Maret dan melakukan pendataran KIP Kuliah.
Siswa yang tidak mempunyai KIP/KKS sebaiknya terdaftar di DTKS Kemensos sebagai BDT. Jika belum segera diurus ya.

Data BDT DTKS untuk KIP Kuliah

Mengapa data BDT ini penting sih? karena data yang digunakan untuk sinkronisasi antara wes SNMPTN, Kemensos, dan KIP Kuliah adalah NIK (Nomor Induk Keluarga) kalian. Jadi, jangan sampai salah menginput nomor NIK kalian ya. Kalau salah ya wassalam, eheh.

Contoh siswa yang belum terdata di DTKS kemensos baik belum ada BDT/KKS/atau KIP
saat daftar KIP Kuliah 2020 dilaman resmi

________
Sumber : 
Siswa Miskin Tanpa KIP Bisa Daftar SNMPTN Sekaligus KIP Kuliah. Diakses dalam  https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/siswa-miskin-tanpa-kip-bisa-daftar-snmptn-sekaligus-kip-kuliah pada 21 Feb 2020, pukul 13.00 WIB
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

5 comments for "Terbaru! Finalisasi SNMPTN 2020 atau Daftar KIP Kuliah Dulu"

  1. Mau bertanya.jika NIK salah,apakah masi bisa diubah? Jika bisa bagaimana caranya?saya sangat berharap bisa mendaftar KIP kuliah.mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. Bagaimana cara mendaftarkan bdt KK? Tolong dijelaskan KK caranya

    ReplyDelete
  3. Permisi pak, saya ingin bertanya. Bagaimana cara memperbaharui data di kip kuliah yang sudah si seleksi?.

    sekian, terima kasih!.

    ReplyDelete
  4. Kak gimana kalau nisn nya ganda terus pas daftar SNMPTN ituu yang satu dan yang di KIP K yang satu nyaa gimana yaa kak ??
    Tolong responnya kak

    ReplyDelete