Hati-Hati Mendaftar! yang Lolos PDSS, Perhatikan Secara Lengkap Alur Pendaftaran SNMPTN 2020

Artikel ini akan membahas tentang prosedur dan pengisian SNMPTN 2020 secara tuntas dan hati-hati mulai dari awal sampai akhir supaya memperbesar peluang lolos

Yusufstudi.com - Pendaftaran SNMPTN 2020 sudah dibuka sejak kemarin tanggal 14 Februari 2020 pukul 14.00 WIB. Akan tetapi, karena banyaknya yang akses server down dan mulai normal lagi sejak tadi pagi.


Siswa dapat mendaftar SNMPTN 2020 melalui laman http://web.snmptn.ac.id dengan menggunakan akun LTMPT 2020. 

Siswa yang bisa mengikuti tahap selanjutnya SNMPTN 2020 adalah siswa yang lolos pemeringkatan oleh sekolah DAN telah memiliki akun LTMPT yang sudah disimpan permanen sejak sebelum tanggal 10 Januari 2020, selain itu silahkan ikut SBMPTN

Tahapan secara umum pendaftaran SNMPTN 2020 adalah sebagai berikut ini.


Pertama, siswa login dengan ke portal LTMPT (portal.ltmpt.ac.id) dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.


Siswa melakukan pernyataan kesungguhan untuk mendaftar SNMPTN dengan cara klik "centang setuju" dan klik "proses"


Jika tidak lolos maka tampilan akan seperti ini


Kedua, siswa melakukan pendaftaran dengan klik formulir pendaftaran


Ketiga, Memilih program studi dan PTN
Program studi dapat dipilih dengan aturan, (1) memilih 1 PTN dengan maksimal 2 program studi, atau (2) memilih 2 PTN dengan masing-masing 1 program studi, atau (3) memilih 1 PTN dengan 1 Program Studi
Keempat, mengisi form pendaftaran
Mengisi data yang diminta pada form tersebut. Mulai dari alamat, sampai data-data yang diperlukan. Perhatian! Sebelum lanjut keproses selanjutnya cek 2x apakah sudah benar atau belum mulai dari satu angka nomor telepon atau typo.

Kelima, mengisi data prestasi
Isikan 3 prestasi terbaik kalian selama SMA/SMK sederajat, maksimal 3 saja jadi dipilih jika punya banyak sertifikat. Tidak berguna bagi sertifikat juara kelas atau juara paralel sekolahan. Jika pernah sebagai ketua osis juga bisa dilampirkan dengan meminta surat keterangan dari sekolah pernah aktif di Osis/Pramuka/ekstrakulikuler tetapi harus pengurus.
Keenam, mengisi portofolio
Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga untuk mengunggah portofolio yang dapat diunduh panduannya pada : Unduh Panduan Portofolio, jangan lupa baca minimal ukuran file ya maks berapa MB.
Ketujuh, Pengisian KIP 
Bagi pelamar Bidikmisi/KIP Kuliah, silahkan upload foto kartu KIP yang menunjukkan nomor KIPnya (ukuran maks 1 Mb, silahkan dicompress ukurannya ya), dan tulis No. KIP Pelajar pada bagian yang disediakan
Terakhir, finalisasi Pendaftaran
Ada hal yang diperhatikan disini.
Jika belum yakin dan masih merasa ada data yang salah silahkan klik saja "Tunda Finalisasi", jika sudah yakin benar 100% tidak ada typo atau alamat yang salah silahkan klik "Finalisasi"

Siswa memfinalisasi pendaftaran SNMPTN (setelah difinalisasi, pendaftaran TIDAK DAPAT DIUBAH lagi; jika tidak difinalisasi, akan dianggap TIDAK mendaftar).
Jika sudah maka akan ditampilkan laman terkahir dan Siswa mengunduh dan mencetak kartu tanda peserta. Kartu peserta ini silahkan dicetak (print) dengan kertas ukuran apa saja (baiknya HVS A4 atau F4) kemudian disimpan. Gunanya untuk daftar ulang nanti ketika lolos SNMPTN 2020.

Unduh panduan lengkap dan rinci perbagian silahkan unduh berikut :
[Unduh Resmi Panduan dan Langkah Pendaftaran SNMPTN 2020 bagi yang lolos PDSS 2020.pdf]

1 Response to "Hati-Hati Mendaftar! yang Lolos PDSS, Perhatikan Secara Lengkap Alur Pendaftaran SNMPTN 2020"

  1. Kak itu yang pengisian KIP. Aku kan punya KIP tpi di kartu tersebut kartu yang atm tidak terdapat no. KIP. Kata guruku isi aja 000000 trus di uploud fotonya .. apa tidak apa apa ? Nanti masuknya ke peserta reguler atau kip ? Atau gagal ? Masalahnya aku udah di finalisasi:( mohon bantuannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel