Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melihat Daya Saing, Keketatan dan Bisa Lintas Jurusan atau Tidak pada Jurusan/Prodi pada SBMPTN 2020

Artikel Sebelumnya, Penjelasan Tuntas Syarat, Ketentuan, Jadwal UTBK-SBMPTN 2020, Baru! 

Daftar Isi Artikel

Menanggapi hal tersebut maka untuk mengetahui apakah suatu prodi atau jurusan kuliah menerima siswa dari jurusan apa saja? Apakah jurusan / prodi ini menerima jurusan dari lintas IPA IPS AGAMA Sastra atau kejuruan yang lain? Lintas jurusan sbmptn 2020?

Berikut akan dijelaskan secara lengkap langkahnya ya.

Cara Melihat Jurusan atau Prodi menerima siswa dari Jurusan apa saja

1. Buka LTMPT

Silakan kalian mengunjungi link berikut : ltmpt.ac.id/?mid=5 , maka akan muncul tampilan sepeeti dibawah ini.


Silakan kalian memilih (2) apakah daftar PTN program sarjanan atau Diploma IV. Saya contohkan memilih Program sarjana. Kemudian klik "lihat prodi" Perguruan Tinggi-nya. Saya contohkan memilih UGM Yogyakarta dan klik lihat profil.

2. Pilih Jurusan/Prodi

Setelah klik "lihat prodi" maka akan muncul pilihan prodi/jurusan yang ditawarkan PT tersebut. Misalnya ini UGM dan klik Jurusan "Pembangunan Wilayah".



Setelah klik akan muncul "Informasi Umum". Perhatikan jenis rumpunnya. Ternyata Pembangunan wilayah UGM masuk rumpun Saintek. Daya tampung SBMPTN 2020 ada 23 orang

Apakah siswa selain dari IPA bisa mendaftar? yuk lanjut langkah ke-3

3. Peminat dan Keketatan Jurusan 

Silakan scroll kebawa maka akan muncul "Sebaran Peminat"



Sebaran peminat ini akan memberikan informasi keketatan suatu jurusan selama 5 tahun terakhir. Jadi kalian bisa mempredikisi nih apakah ini termasuk berat atau tidak untuk lolos SBMPTN 2020 nanti dari sini.

Persentase yang diterima = (daya tampung/jumlah peminat)* 100%

Semakin besar persentase maka semakin mudah untuk masuk pada tahun tersebut. Atau dalam kata lain peminatnya sedikit sedangkan daya tampunya besar.

4. Sebaran Jurusan SMTA Pendaftar

Setelah menikmati langkah ketiga, lanjut ya. 



Daftar Peminat ini merupakan menunjukkan siswa dari jurusan apa saja yang mendaftar pada jurusan pembangunan wilayah UGM ini tahun sebelumnya.

5. Melihat Bisa Lintas Jurusan atau Tidak


Nah, ini yang ditunggu-tunggu, yaitu sebenarnya Jurusan Pembangunan Wilayah UGM menerima lintas jurusan apa nggak sih?

Dari gambar poin 5, syarat jurusan yang diterima pada jurusan ini adalah silakan baca Syarat SMTA, antara lain SMA IPA, MA IPA, Lulusan Paket C IPA, SMA IPS, MA IPS, dan Lulusan Paket C IPS.

PERHATIAN!
Loh kak, kok gitu. Tapi tahun kemarin itu ada anak SMK yang masuk jurusan A itu lo kak dari SMK ku.
-----------------
Sebenarnya untuk memastikan hal tersebut. Tunggu saja pas hari pendaftaran ya. Intinya adalah jika ketika memilih jurusan pada pendaftaran SBMPTN 2020, berarti bisa menerima jurusan tersebut.

Misalnya, dulu ada dari SMK Pembangunan 1 Kota X jurusan pangan yang lolos SBMPTN di Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) UGM. Tetapi, ketika dilihat mengikuti langkah diatas ternyata jurusan TIP tidak menerima dari SMK nih. Jadi tunggu saja nanti pas kamu memilih jurusan ketika daftar SBMPTN kok ternyata bisa memilih Jurusan TIP, maka jurusan itu menerima dari SMK Pembangunan jurusan pangan. 

Tetapi, jika pada saat memilih tidak bisa, maka tidak menerima secara mutlak
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

1 comment for "Melihat Daya Saing, Keketatan dan Bisa Lintas Jurusan atau Tidak pada Jurusan/Prodi pada SBMPTN 2020"

  1. Hai ka, gimana kalo waktu ngisi no pendaftaran KIP Kuliah munculnya 'ID User yang didaftarkan di KIP Kuliah tidak sama' sedangkan saya cek berulang kali sudah benar. Saya sudah menyelesaikan mengisi semua data di KIP Kuliah, sudah memilih seleksi dan sudah muncul KAP dan PIN. Sedangkan posisi saya sudah simpan permanen biodata pendaftaran utbk. Bagaimana solusinya dan apakah bisa seandainya sudah keterima di PTN dengan jalur SBMPTN untuk mengajukan KIP Kuliah lagi walaupun pada saat pendaftaran UTBK tidak tercantum sebagai pendaftar KIP Kuliah? Mohon jawabannya. Terimakasih.

    ReplyDelete