Kesalahan Umum TPS Kuantitatif dan Strategi Lancar Mengerjakan



Pelaksanaan UTBK diundur dikarenakan kondisi yang seperti ini masih menghadang. Oleh karena itu, buat kalian yang ingin melajutkan kuliah dan belajar untuk UTBK masih lama waktunya dan gunakan kesempatan ini sebaik mungkin, salah satunya belajar materi TPS Kuantitatif.

TPS Kuantitatif biasanya berisi tentang matematika dan logika matematika, yang berkaitan dengan hitung-hitungan. Akan tetapi dalam praktiknya ternyata masih banyak sekali para pejuang UTBK yang mengerjakan salah padahal soal tersebut masih tergolong mudah.

Kesalahan TPS Kuantitatif

1. Salah Memahami Soal
Banyak sekali dan tidak kita sadari kita kadang salah memahami soal karena mungkin sudah terlalu gugup dan stress sehingga apa yang dilihat dan dipikirkan sangat beda.

Pada soal misalnya kita disuruh untuk mencari luas permukaan limas segiempat, tetapi yang kita pikirkan mencari panjang diagonal ruang atau volume.


2. Tidak Teliti
Tidak teliti dalam membaca dan meneliti ulang sebelum dikerjakan. Misalnya saja, kadang terlalu sering kita core-coret dikertas tetapi angka yang ada di soal dan yang kita tulis tidak sama. 

Kalau jawabannya tidak ada di pilihan sih tidak jadi masalah, tetapi kalau pilihan jawaban ada di soal dan padahal kita salah memasukkan angka? yaps jadi salah kan.

3. Buang-Buang Waktu
Buang-buang waktu untuk soal-soal yang tidak sering kita jumpai, pada akhirnya kita berfikir lebih lama dan menggunakan banyak sekali waktu untuk satu soal saja.

Kedua, buang-buang waktu karena terlalu berlebihan mengerjakan soal. Misalnya kita hanya disuruh untuk mencari nilai 4x dari sebuah persamaan, tetapi kita malah mencari nilai y dan nilai y tidak diperlukan dalam pengerjaan.

Strategi Optimalkan TPS Kuantitatif

1. Sering Latihan
Silakan kalian sering-sering untuk latihan soal. Belajar langsung dengan mengerjakan soal-soal jangan membaca materi baru mengerjakan soal. Waktu belajar akan terbuang lebih banya.

Ikutilah tryout, banyak sekali yang menyediakan secara gratis kok. Kalaupun berbayar paling juga tidak terlalu mahal. Jangan lupa soal-soal disimpan/difoto supaya dapat digunakan untuk belajar dilain waktu.

2. Berfikirlah Sederhana
AYO! berfikirlah bahwa soal-soal TPS Kuantitatif sebenarnya dikerjakan dengan matematika sederhana dan konsep-konsep dasar saja. Mungkin bentuk-bentuknya saja yang dibuat rumit kelihatannya sehingga kita yang tidak familiar dengan bentuk soal tersebut akan menganggap itu panjang cara menjawabnya.

Solusinya : Latihan untuk mengenali banyak jenis/model soal-soal.

3. Trik Cepat
Nah, hal yang harus dipelajari mulai sekarang adalah bagaimana mengerjakan soal-soal dengan tipe-tipe yang sama dan pasti sering keluar di tryout dengan mencari trik-trik cepatnya.

Banyak sekali media pembelajaran di youtube yang membahas tentang trik cepat mengerjakan hitungan soal-soal TPS Kuantitatif. Jangan hanya nonton drakor saja ya hehe.
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

No comments for "Kesalahan Umum TPS Kuantitatif dan Strategi Lancar Mengerjakan"