Memahami Prosedur dan Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Tipe A dan Tipe B



Pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020 akan dimulai tanggal 2 Juni - 20 Juni 2020 nanti. Hal yang perlu digaris bawahi adalah pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersamaan. Cara dan Jenis Pendafatran UTBK - SBMPTN 2020 memiliki 2 tipe, yaitu pendaftaran berbayar dan pendaftaran tidak berbayar.

  1. Pendaftaran Berbayar (untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK).
  2. Pendaftaran Tidak Berbayar (khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud).
Pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020, terbagi menjadi dua diatas. Disini saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang langkah dan prosedur itu karena sudah ada di laman resmi LTMPT 2020, silakan baca sendiri, sudah calon mahasiswa kan? bisa klik disini https://www.ltmpt.ac.id/?mid=8#a7. Hal yang akan dibahas adalah memahami perbedaan keduanya ya.


Pendaftaran Berbayar - UTBK-SBMPTN Tipe A

Secara umum, langkahnya sebagai berikut.
a. Login akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id
b. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A
c. Memilih tempat lokasi tes
d. Mengunduh slip dan membayar biaya pendaftaran (Rp150.000,00)
e. Menyelesaikan pendaftaran dan pengisian pemilihan jurusan.

Bagaimana sih maksudnya pendaftaran TIPE A ini?
Yaitu, bagi mereka yang ingin mendaftar seleksi jalur SBMPTN melalui jalur reguler (berbayar) sehingga dipungut biaya pendaftaran dan nanti ketika lolos akan membayar UKT.
Siapa saja yang dimaksud disini, dan mengapa ada KIP Kuliah berbayar? apakah KIP Kuliah UTBK-SBMPTN ada yang tidak gratis?
  1. Pertama, adalah mereka yang sejak awal tidak memilih jalur KIP Kuliah 2020 dan mampu, sehingga memilih jalur reguler.
  2. Kedua, bagi mereka yang awalnya ingin mengikuti jalur KIP Kuliah (baik waktu SNMPTN dulu atau yang berkehendak SBMPTN juga) tetapi ternyata tidak jadi. 
  3. Mereka yang tidak terdaftar DTKS BDT (ini berdasarkan asumsi saya melihat penjelasan panitia terkahir di youtube. Pastinya tunggu tanggal 2 Juni * )
Maksdunya, kalian yang sudah memasukkan No. Pendaftaran KIP Kuliah di akun LTMPT maka dianggap sebagai pelamar KIP Kuliah. Karena berubah pikiran dan tidak jadi menggunakan jalur KIP Kuliah, maka untuk menggugurkan hal tersebut kalian harus memilih "TIPE A" ini. 

Nanti kalian tetap bayar biaya pendaftaran dan juga jika lolos SBMPTN kalian juga harus membayar UKT seperti yang Reguler. Nah status anda sudah sebagai pendaftar UTBK-SBMPTN Reguler, bukan KIP Kuliah lagi.
Dapat dipahami ya? jika bingung silakan komentar

Pendaftaran Tidak Berbayar (KIP Kuliah Gratis) - UTBK-SBMPTN Tipe B

Secara umum, langkah pendaftaran KIP Kuliah Gratis UTBK - SBMPTN Tipe B sebagai berikut.
a. Login akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id
b. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A
c. Memilih tempat lokasi tes
d. Sudah memasukkan No. Pendaftaran KIP Kuliah di LTMPT (wajib)
e. Menyelesaikan pendaftaran dan pengisian pemilihan jurusan.

Bagaimana maksudnya pendaftaran UTBK tipe B ini kak?
Jadi, UTBK tipe B ini adalah bagi mereka yang sudah yakin ingin mendaftarkan diri jalur seleksi SBMPTN menggunakan KIP Kuliah dan tidak mampu dibuktikan dengan sudah menyelesaikan pendaftaran KIP K, memilih seleksi, dan memasukkan No. Pendataran KIPK di LTMPT, serta menyelesaikan alur pendaftaran. Terdaftar di BDT DTKS Kemensos (ini berdasarkan asumsi saya melihat penjelasan panitia terkahir di youtube *)
Nah, pada Tipe B ini, siswa tidak dipungut biaya untuk pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020 (alias gratis), dan nanti ketika lolos jalur SBMPTN biasanya gratis tidak bayar UKT serta ini hanya untuk keluarga yang tidak mampu saja ya. Banyak yang tanya begini juga?

a) Bagaimana supaya pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020 dengan KIP Kuliah ini Gratis?

Pastikan kalian memilih pendaftaran Tipe - B (pasti gratis)

b) Apakah siswa yang lolos SBMPTN dengan KIP Kuliah otomatis langsung dapat KIP Kuliah dan gratis biaya kuliah (tidak membayar UKT)?

Oke kita luruskan lagi ya. Jadi, status kalian sampai dinyatakan lolos SBMPTN 2020 (jika lolos amiin) adalah sebagai pelamar KIP Kuliah. Kapan dinyatakan resmi sebagai penerima KIP Kuliah? yaitu, ketika telah mengikuti seleksi lanjutan KIP Kuliah oleh pihak PTN yang menerima kamu (biasanya ada survei rumah, wawancara, atau metode lain terserah PTN).

Setelah itu, PTN akan membuat list nama siapa saja yang berhak menerima KIP Kuliah dan diajuka ke Kemdikbud RI. Bukti sebagai penerima KIPK adalah jika PTN sudah mengeluarkan SK Rektor Penerima KIP Kuliah dan nama anda ada disana.

c) Bagaimana jika lolos SBMPTN tetapi KIP Kuliah tidak lolos? apakah mungkin? 

Yaps, mungkin sekali, biasanya nanti buat yang kasus seperti ini peserta menjadi otomatis masuk pada Mahasiswa reguler dan disuruh membayar UKT yang ditetapkan ulang oleh PTN.

Nah, mungkin itu dulu ya. Jika ada pertanyaan silakan langsung komentar dibawah ya dan tidak menerima pertanyaan di DM Instagram tentang masalah ini.

*) Akan di update setelah tanggal 2 Juni 2020 pada saat pembukaan pendaftaran. Pantau terus artikel ini.
Kenal Penulis :
Yusuf Abdhul Azis Jika penting bisa follow dahulu dan Direct Message (DM) di ig : @yusufabdhul pesan anda.

1 comment for "Memahami Prosedur dan Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Tipe A dan Tipe B"

  1. Saya tunggu updatenya kak tanggal 2 Juni secepatnya yaa kak. Karena saya pendaftar KIP-K tapi belum terdaftar di DTKS. Dan terimakasih kakk, artikel-artikel kakak sangat bermanfaat 🙏

    ReplyDelete

Post a Comment