Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Prosedur dan Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Tipe A dan Tipe B



Pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020 akan dimulai tanggal 2 Juni - 20 Juni 2020 nanti. Hal yang perlu digaris bawahi adalah pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersamaan. Cara dan Jenis Pendafatran UTBK - SBMPTN 2020 memiliki 2 tipe, yaitu pendaftaran berbayar dan pendaftaran tidak berbayar.


  1. Pendaftaran Berbayar (untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK).
  2. Pendaftaran Tidak Berbayar (khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud).
Pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020, terbagi menjadi dua diatas. Disini saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang langkah dan prosedur itu karena sudah ada di laman resmi LTMPT 2020, silakan baca sendiri, sudah calon mahasiswa kan? bisa klik disini https://www.ltmpt.ac.id/?mid=8#a7. Hal yang akan dibahas adalah memahami perbedaan keduanya ya.

UTBK SBMPTN TIPE A

Pendaftaran Berbayar - UTBK-SBMPTN Tipe A

Secara umum, langkahnya sebagai berikut.
a. Login akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id
b. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A
c. Memilih tempat lokasi tes
d. Mengunduh slip dan membayar biaya pendaftaran (Rp150.000,00)
e. Menyelesaikan pendaftaran dan pengisian pemilihan jurusan.

Bagaimana sih maksudnya pendaftaran TIPE A ini?
Yaitu, bagi mereka yang ingin mendaftar seleksi jalur SBMPTN melalui jalur reguler (berbayar) sehingga dipungut biaya pendaftaran dan nanti ketika lolos akan membayar UKT.
Siapa saja yang dimaksud disini, dan mengapa ada KIP Kuliah berbayar? apakah KIP Kuliah UTBK-SBMPTN ada yang tidak gratis?
  1. Pertama, adalah mereka yang sejak awal tidak memilih jalur KIP Kuliah 2020 dan mampu, sehingga memilih jalur reguler.
  2. Kedua, bagi mereka yang awalnya ingin mengikuti jalur KIP Kuliah (baik waktu SNMPTN dulu atau yang berkehendak SBMPTN juga) tetapi ternyata tidak jadi
Maksdunya, kalian yang sudah memasukkan No. Pendaftaran KIP Kuliah di akun LTMPT maka dianggap sebagai pelamar KIP Kuliah. Karena berubah pikiran dan tidak jadi menggunakan jalur KIP Kuliah, maka untuk menggugurkan hal tersebut kalian harus memilih "TIPE A" ini. 

Nanti kalian tetap bayar biaya pendaftaran dan juga jika lolos SBMPTN kalian juga harus membayar UKT seperti yang Reguler. Nah status anda sudah sebagai pendaftar UTBK-SBMPTN Reguler, bukan KIP Kuliah lagi.
Dapat dipahami ya? jika bingung silakan komentar

UTBK SBMPTN TIPE B

Pendaftaran Tidak Berbayar (KIP Kuliah Gratis) - UTBK-SBMPTN Tipe B

Secara umum, langkah pendaftaran KIP Kuliah Gratis UTBK - SBMPTN Tipe B sebagai berikut.
a. Login akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id
b. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B
c. Memilih tempat lokasi tes
d. Sudah memasukkan No. Pendaftaran KIP Kuliah di LTMPT (wajib)
e. Menyelesaikan pendaftaran dan pengisian pemilihan jurusan.

Bagaimana maksudnya pendaftaran UTBK tipe B ini kak?
Jadi, UTBK tipe B ini adalah bagi mereka yang sudah yakin ingin mendaftarkan diri jalur seleksi SBMPTN menggunakan KIP Kuliah dan tidak mampu dibuktikan dengan sudah menyelesaikan pendaftaran KIP K, memilih seleksi, dan SUDAH memasukkan No. Pendataran KIPK di LTMPT, serta menyelesaikan alur pendaftaran.

Ciri-ciri sudah berhasil mendaftar menggunakan Tipe B (KIP Kuliah Gratis) seperti gambar berikut:



Pahami prosedur pendaftarannya di : Tutorial Panduan Daftar UTBK SBMPTN Reguler dan KIP Kuliah 2020 Lengkap

Nah, pada Tipe B ini, siswa tidak dipungut biaya untuk pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020 (alias gratis), dan nanti ketika lolos jalur SBMPTN biasanya gratis tidak bayar UKT serta ini hanya untuk keluarga yang tidak mampu saja ya. Banyak yang tanya begini juga?


a) Bagaimana supaya pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020 dengan KIP Kuliah ini Gratis?

"Pastikan kalian memilih pendaftaran Tipe - B (pasti gratis)"

b) Apakah siswa yang lolos SBMPTN dengan KIP Kuliah otomatis langsung dapat KIP Kuliah dan gratis biaya kuliah (tidak membayar UKT)?

Oke kita luruskan lagi ya. Jadi, status kalian sampai dinyatakan lolos SBMPTN 2020 (jika lolos amiin) adalah sebagai pelamar KIP Kuliah. Kapan dinyatakan resmi sebagai penerima KIP Kuliah? yaitu, ketika telah mengikuti seleksi lanjutan KIP Kuliah oleh pihak PTN yang menerima kamu (biasanya ada survei rumah, wawancara, atau metode lain terserah PTN).

Setelah itu, PTN akan membuat list nama siapa saja yang berhak menerima KIP Kuliah dan diajuka ke Kemdikbud RI. Bukti sebagai penerima KIPK adalah jika PTN sudah mengeluarkan SK Rektor Penerima KIP Kuliah dan nama anda ada disana.

c) Bagaimana jika lolos SBMPTN tetapi KIP Kuliah tidak lolos? apakah mungkin? 

Yaps, mungkin sekali, biasanya nanti buat yang kasus seperti ini peserta menjadi otomatis masuk pada Mahasiswa reguler dan disuruh membayar UKT yang ditetapkan ulang oleh PTN.

Nah, mungkin itu dulu ya. Jika ada pertanyaan silakan langsung komentar dibawah ya dan tidak menerima pertanyaan di DM Instagram tentang masalah ini.

*) Akan di update setelah tanggal 2 Juni 2020 pada saat pembukaan pendaftaran. Pantau terus artikel ini.
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

27 comments for "Memahami Prosedur dan Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Tipe A dan Tipe B"

  1. Saya tunggu updatenya kak tanggal 2 Juni secepatnya yaa kak. Karena saya pendaftar KIP-K tapi belum terdaftar di DTKS. Dan terimakasih kakk, artikel-artikel kakak sangat bermanfaat 🙏

    ReplyDelete
  2. Kak bagaiman jika kita pendaftar kip kuliah tidak ingin mendaftar perguruan negeri atau politeknik dgn menggunakan no kip maksud nya ingin berbayar saja dan mendaptkan ukt? Apakah tidak apa2 dan tidak memengaruhi lolos tidaknya jika tidak mendaftarkan kip pd saat pendaftaran utbk atau politeknik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya bagaimana ya? boleh diperjelas dan runtut?

      Jika kamu punya KIP Kuliah tetapi tidak jadi menggunakan untuk UTBK SBMPTN 2020, tetap bisa dan tidak mempengaruhi kelolosan ya. Silakan daftar UTBK SBMPTN dengan Tipe A (berbayar)

      Delete
  3. Kak kalo misal lolos sbmptn terus pake kip-k tapi ternyata pas disurvei ternyata mampu, itu bisa menggugurkan lolos sbmptn nya nggak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak. Biasanya langsung nanti disuruh bayar UKT sesuai kebijakan PTN.

      Delete
  4. Bang abdul maaf yg urutan pendaftaram utbk tipe B knp memilih menu tipe A yang bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih korksinya. Harusnya B. Sudah saya benarkan

      Delete
  5. Ka bagaimana kalau sya daftar kip kuliah trus ambil jalur sbmptn. Pas pengumuman saya dinyatakan tidak lolos SbMPTN. Apakah saya bisa menggunakan kip kuliah lagi untuk mendaftar jalur mandiri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa sekali ya. Memang begitu penggunaanya.

      Delete
  6. Kak , memang kalau tipe b disuruh juga ya kak " centang kotak akan membayar UKT sesuai dengan penghasilan orangtua " ? Soalnya tadi saya ada gitu kak . Dan saya kurang teliti , lupa entah pilih tipe a atau tipe b . Tapi contoh dua gambar yang kakak buat diatas itu , saya ada . Jadi saya sudah benar tipe b atau enggak kak?

    Mohon bantuannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan sudah ada seperti 2 gambar itu brti sudah Tipe B.

      Delete
  7. Bang saya sudah daftar kip k dan data sudah lengkap tapi kenapa pas saya cari di halaman ltmpt kip k nomer pendaftaran saya tidak ditemukan ya?
    saya harus ambil tipe A? tapi nanti ukt tetap bayar ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan terburu-buru waktu masih lama. Penautan No. KiP ke LTMPT memang kadang susah. Dicoba terus sampai bisa ya.

      Delete
  8. kak di bagian aset itu rumah dan lahan (kebun) termasuk aset ga kak ??? kalau itu termasuk aset merknya gimana ya kak ?

    ReplyDelete
  9. ka saya udah coba daftar kip kuliah dulu pas awal pembukaan pendaftaran kip kuliah,, oke udah daftar. terus saya juga emang punya kip kuliahnya jadi pas saya liat lamannya cuman 4 gak ada detail rumah sama ekonomi,,,, nah tapi pas saya buka portal ltmpt terus login , kok keterangan kip nya tidak terdaftar ya gimana itu ka ? mohon pejelasannya ya ka

    ReplyDelete
  10. Maaf kak sekadar ingin tau informasinya kalokalo m saya punya KIP kuliah tetapi lupa memasukkan no pendaftaran saat mendaftar utbk sebaiknya bagaimana ya jika saya sebenarnya ingin menggunakan kip kuliah saya?
    Terimakasih sebelumnya🙏

    ReplyDelete
  11. Slmt siang kak.
    Saya sudah mendaftar utbk sudah membayar namun sampai lewat batas waktunya habis tetap dinyatakan belum membayar. Dan saya mencoba membuat kipK. Dan seteh selesai saya mengisi nomor kipK saya. Kemudian pas saya kembali ke data utbk saya no kipK saya telah terdaftar. Namun dinyatakan belum memilih pusat UTBK. Padahal sebelumnya sudah memilih. Apakah mungkin karena saya baru mendaftar kipK setelah mendapatkan slip bayar dan membayar dibank? Lalu saya harus bagaimana? Bisakah mendaftar ulang?

    ReplyDelete
  12. Saya baru menautkan no KIPK, padahal saya sudah sampai tahap bayar ke BANK tapi karena bermasalah terus saya membuat KIPK dan baru menautkan. Setelah kembali di pendaftaran UTBK saya dinyatakan belum memilih pusat UTBK. Dan ketika akan memilih kembali, sudah tidak bisa. Bagaimana ya kal solusinya?

    ReplyDelete
  13. Bang saya bbas biasa utbk karena pendaftrkipk k ..tapi kenapa kartuny gak bisa dicetak ya bang tapi bisa disimpan waktu disimpan formatny jpg bukan pdf
    Tlg pencerahannya

    ReplyDelete
  14. Kak saya ingin mengurus KIP tapi salah satu prosesnya disuruh mencantumkan tempat seleksi, padahal saya belum memilih tempat di akun ltmpt karena saya blm mendapatkan no pendaftaran kip. Itu berrti saya tidak bisa mendaftar KIP?

    ReplyDelete
  15. Maaf kak mau nanya kalau udah daftar utbk reguler trus apakah nantinya bisa mengajukan kip kuliah stlh utbk. Tapi kalau nisn dan nik saya salah apakah nantinya bisa mendapatkan KIP Kuliah . Mohon pencerahannya kak.

    ReplyDelete
  16. ka masih ada yang bingung nih, aku sudah daftar kip kuliah tetapi belum terdata oleh DTKS, aku langsung daftar sbmptn, ketika daftar sbmptn semuanya sudah lengkap, aku dinyatakan tidak bayar atau non bayar, nah ini aku serius bisa ikut utbk, atau harus terdata DTKS dulu, karena pas daftar sbmptn pun no kip aou sudah terdaftar, hanya pas dicetak kip kuliah ternyata belum terdata, jadi mohon penjelasannya ka aku takutnya pas ke lokasi utbk gabisa ikut karena belum terdata, mohon bantuannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama juga kayak saya... saya juga merasa takut kalau nnti di tanya oleh panitia nya mana kartu kip k kamu dan saya belum mempunyai nya.. takutnya saya akan diusir

      Delete
  17. minn... apakah tdk papa kita telah mendaftarkan kip k kita di ltmpt tapi di situs kip k nya saya belum terdaftar,,, setelah itu saya mendaftar kan kip k saya di utbk sbptn dan ternyata saya tidak membayarnya (tidak mendapatkan no slip pembayaran)
    nahh jadi pertanyaan nya..
    apakah nnti pada saat tes utbk akan dilaksanakan pada tnggal 7 juli.. saya masih bisakah ikut utbk atau panitia nya menanyakan dimana kip k kamu..

    ReplyDelete