Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Belajar dan Evaluasi Lolos UTBK - SBMPTN Tanpa Bimbel

 

UTBK dan SBMPTN 2020 akan segera datang dan seluruh siswa diharapkan untuk memperhatikan setiap langkah pendaftaran serta mempersiapkan ujian UTBK dan pilihan Prodi/Jurusan serta PTN yang dituju.

Akan tetapi, masalahnya adalah apakah bisa sih siswa yang tidak ikut bimbingan belajar (bimbel) bisa mendapatkan nilai UTBK yang tinggi dan dapat lolos SBMPTN di jurusan dan PTN impian?

Oke, langsung saja ya kita bahas satu per-satu.

Langkah 1 - Strategi Belajar UTBK tanpa Bimbel

1. Siapkan niat dan tekad yang kuat.
Hal pertama dan utama adalah kuatkan tekad untuk meraih PTN dan Jurusan impian ya serta niat untuk belajar. Hal ini harus didukung dengan kondisi keluarga yang kondusif, suasana nyaman, dan stok cemilan yang cukup.

Jika dirumah banyak masalah dan bising, silakan bagaimana caranya supaya belajarnya tetap asyik.
Lakukan ini : Tulislah harapan dan doa pada selembar kertas A4/A5 yang putih bersih. Kemudian pasanglah (tempel) di tempat ketika kamu bangun pasti melihat tulisan tersebut. Mengapa? supaya setiap bangun dan setiap masuk kamar selalu baca doa ini.

2. Siapkan soal-soal.
Siapkan soal-soal yang bisa dicari di internet banyak banget. Usahakan soal-soal "dicetak", karena kalian nanti bisa langsung coret-coret di lembar soal tersebut. Selain itu mengurangi potensi soal dan jawaban terpisah dan malah lupa caranya.


3. Menulis dan warna-warni.
Setelah itu, jika ada hal baru atau menemukan trik cepat mengerjakan usahakan bisa menggunakan stabilo warna-warni atau membuat dengan bolpoin warna yang beda supaya tetap diingat.
Kerapian tulisan menjadi kemudahan kalian dilain waktu untuk mengulas lagi.

Langkah 2 - Testing dan Evaluasi 

1. Testing
Silahkan cara testing ada 2 cara yaitu, testing secara mandiri dan secara kolektif.
a. Secara Mandiri
Testing secara mandiri adalah dengan cara kalian menyiapkan masing-masing sub tes TPS UTBK 20 soal (jadi total ada 80 soal). Kemudian lakukan pengerjaan tanpa ada batasan waktu sebisanya. 

Setelah tanpa waktu, coba kumpulkan lagi 80 soal dan ikuti sesuai waktu berikut ini.


Data diatas berdasarkan jumlah soal dan alokasi waktu UTBK 2019. Untuk tahun 2020 kita tidak tau berapa jumlah soalnya dan berapa waktunya karena tidak ada TKA soshum/saintek.

Pada tahap kedua menggunakan waktu, silakan perhatikan pada "kecepatan optimal". Jadi usahakan kalian mengerjakaan 1 soal PU sekitar 1.75 - 2 menit saja jangan lebih. Kebiasaan dan sering berlatih akan menambah pola dalam pikiran sehingga dapat menaikkan kecepatan pengerjaan.

Mengapa menggunakan kecepatan pengerjaan soal sih kak?

Oke, alasannya adalah kita tidak tau berapa jumlah soal  untuk masing-masing sub-tes TPS UTBK 2020 nanti. Hal yang pasti sama adalah panitia pasti sudah melakukkan setting untuk satu soal dapat dikerjakan berapa menit. Jadi, pastikan kalian melatih kecepatan mengerjakan ya.

Walaupun nanti jumlah soal dan waktu berubah, aku yakin kecepatan pengerjaan per soalnya sama. So, latihan mandiri.

b. Secara Kolektif
Kedua, secara kolektif yaitu dengan mengikuti Tryout (TO) dari bimbel yang ada. Banyak sekali di Indonesia yang menyediakan TO secara gratis maupun berbayar. Biasanya kalau yang berbayar soal bisa lebih banyak dan ada pembahasan, sedangkan untuk yang gratis hanya diberikan "kunci jawaban".

Nah, pastikan kalian menerapkan "kecepatan" yang konstan dalam menjawab soal ya. Biar banyak soal yang bisa dikerjakan. Jika dalam waktu 1.25 - 1.75 menit kok belum bisa, langsung ganti soal saj dulu.

Kemudian, jangan hanya ikut TO dari 1 Bimbel saja. Kita ulas di bagian evaluasi ya..

2. Evaluasi Tryout
Oke, evaluasi pertama adalah dari tryout secara mandiri. Dengan menilai diri kita sendiri bisa mengerjakan soal sebanyak apa dan sebanyak apa yang benar.

Kerjakan 70 soal per hari. Pengen tau strateginya? silakan komentar ya jika ingin. Karena panjang dan akan diulas di postingan lain jika banyak yang ingin.

Kedua, evaluas TO dari beberapa bimbel. Mengapa aku sarankan dari beberapa bimbel? karena biasanya dari setiap bimbel itu ada sub-tes yang paling sulit. Misalnya saja, zenius.net yang sulit disana adalah PK-nya, sedangkan di ruangguru yang sulit adalah PU-nya.

Untuk memudahkan planning dan evaluasi bisa menggunakan tabel yang sudah aku buat, bisa diunduh dan print serta dibagikan di grup-grup belajar jika bermanfaat ya.


Langkahnya :
Silakan kalian minimal mengikuti 3 TO dari TO online yang gratis yang beredar ya. Atau kalau ada yang berbayar alhamdulillah banget. Nah, setelah itu, isikan nilai masing-maisng pada kolom yang telah tersedia.

Selanjutnya, isilah Form Evaluasi Untuk Perbaikan. Isikan misal dari bimbel 1 - PK yang mendapat nilai terendah sampai bimbel 3.

Terkahir, usahkan jangan ikut TO lagi sebelum belajar apa yang harus diperbaiki minimal 2-4 hari untuk belajar mandiri dulu. Jika sudah silakan untuk mengikuti TO Online lagi dan lakukan evaluasi ulang ya.

TAHAP 3 - DOA dan Bermanfaat

1. Mintalah izin orang tua.
2. Koordinasikan kondisi rumah selama 1 bulan ini saja untuk tenang,
3. Belajarlah pada jam-jam produktif saja (misal 08.00 -10.00 wib dan waktu malam diatas jam 20.00 wib).
4. Jadilah orang yang bermanfaat. Maksudnya, jangan hanya belajar tetapi harus bantu orang tua, berbagi, sedekah dan mengajari teman yang belum bisa. Percuma pintar kalau tidak bermanfaat.
5. Pilihlah jurusan yang diinginkan dan yakin dengan hasil evaluasi beberapa TO ya.
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Strategi Belajar dan Evaluasi Lolos UTBK - SBMPTN Tanpa Bimbel"