Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Membuat Biografi Singkat UM UGM 2020 Baik dan Menarik

Berikut ini merupakan artikel yang membahas tentang Membuat Biografi Baik dan Menarik untuk UM UGM 2020

Pada salah satu langkah atau tahapan pendaftaran UM UGM 2020 yaitu peserta harus membuat biografi diri dan sifatnya wajib. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan UGM untuk menerima pesertanya.

Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat biografi yang baik adalah mengetahui apa itu sebenarnya biografi. Jadi, Biografi UM UGM atau secara umum adalah lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut (wikipedia).

Sebelum menuliskan biografi diri anda, silakan siapkan beberapa hal berikut ya.
  1. Ms. Word atau Notepad untuk menulis draft biografi (kasaran).
  2. Biografi ditulis maksimal sebanyak 250 kata.
  3. Buatlah sendiri, karena setiap orang memiliki style tulisan dan pengalaman masing-masing.
  4. Semenarik mungkin.
  5. HINDARI TYPO
Nah, kemudian kita akan menyusun bagaimana membuat biografi yang baik. Biografi ini tidak mutlak dan pasti seperti ini. Akan tetapi, ini secara umum yang digunakan untuk mencari beasiswa, mendaftar kuliah luar negeri, beasiswa, dan lainnya ya. Dan sekarang kita khususkan untuk seleksi UM UGM 2020. 

Ada 3 bagian yang harus diperhatikan, yaitu pembuka dan perkenalan, bagian isi dan pengalaman, serta harapan dan penutup.

Pembuka dan Perkenalan

Pada bagian pembua ini, kalian diharapkan untuk memperkenalkan diri anda secara umum sesuai data-data yang ada seperti nama, tanggal lahir, lokasi tinggal dan lain-lain. Contoh seperti dibawah ini.
Perkenalkan Saya, Yusuf A, lahir di kota Madiun pada tanggal 20 Juli 2020 dan sekarang berdomisili di Madiun. Saya anak ketiga dari dua bersaudara dari pasangan Bapak ... dan Ibu .... (tidak perlu panjang-panjang tetapi pasti)
Tidak perlu memakai judul, langsung saja pada intinya

Isi dan Pengalaman

Bagian ini adalah isi dari biografi yang berkaitan dengan pengalaman selama di sekolah serta latar belakang mengapa memilih prodi yang diinginkan. Isilah mulai dari sekolah dimana, pengalaman organisasi selama di SMA dan di Luar SMA (karang taruna/komunitas), prestasi yang diraih, kemudian latar belakang mengapa memilih jurusan X di UGM tersebut.
Saya sekolah di SMA/SMK ... . Selama SMA, saya aktif di organisasi KIR bagian pengembangan penelitian dan di luar sekolah pada karang taruna Tunas Jaya pada bagian HUMAS sehingga dapat belajar banyak tentang kepemimpinan, disiplin, dan bermsyarakat. Prestasi juga tidak terlupakan, selama 3 tahun masuk 10 besar se-sekokalahan dan pernah ikut O2SN bidang film pendek. Oleh karena itu, hal itu yang menjadi latar belakang saya mendaftar jurusan X ini karena passion dan didukung dengan pengalaman selama sekolah saya diatas.
Nah, untuk latar belakang ini bisa juga ditambahkan pengetahuan tentang jurusan yang ingin diambil, seperti : akreditasinya apa, keunggulan yang kalian ketahui tentang jurusan tersebut, dan lainnya supaya pihak pembaca tau bahwa kamu ingin masuk kesana tidak ikut-ikutan orang lain dan benar-benar tau tentang jurusan tersbut.
Prestasi yang dituliskan di biografi harus sesuai dengan sertifikat yang diupload di pendaftaran. Jika tidak sama, bisa jadi dianggap biografimu hanya karangan fiksi.

Harapan dan Penutup

Harapan ini, kalian tulis singkat saja, apa harapan kalian (misal ingin lolos di jurusan X) dan apa cita-cita kalian apabila setelah lolos di jurusan X tersebut. Kemudian tutup dengan kalimat terimakasih dan sekreatif kalian.

Hal yang harus diperhatikan adalah 250 Kata, jangan banyak kata penghubung sehingga tulisanmu malah jadi gak ada isinya. Hindari TYPO, karena ini menjadi indikasi bahwa kalian tidak perhatian dan tidak teliti pada hal kecil. 

Jika hal kecil seperti tanda baca dan typo saja diabaikan apalagi nanti menyelesaikan masalah yang besar, mungkin orang lain jadi bisa tidak percaya padamu.

Untuk cek typo bisa menggunakan aplikasi https://typoonline.com/kbbi-online/text ya (semoga membantu).

Jumlah kata pada word dapat dilihat pada bagian pojok kiri bawah seperti pada gambar dibawah ini.


@yusufabdhul
@yusufabdhul Saya hanya berbagi supaya membantu kesuksesan orang lain secara baik. Jika ada pertanyaan penting silakan follow dan komentar di instagram : @tanyautbk

Post a comment for "Contoh Membuat Biografi Singkat UM UGM 2020 Baik dan Menarik"